Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Whey Protein im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
23 lama pengujian
6 studi evaluasi
3200 Baca ulasan

🥇Whey Protein Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi

Whey Protein Daftar Produk Terbaik 2021

Whey Protein Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

olahraga optimal dengan whey protein terbaikMemiliki tubuh yang ideal, bugar dan berotot tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu, asupan protein dalam jumlah yang optimal sangat diperlukan.

 

Mengonsumsi whey protein adalah salah satu cara untuk meningkatkan asupan protein.

 

Pengertian Whey Protein

Whey protein merupakan protein susu yang berasal dari proses produksi pembuatan keju. Susu terdiri dari dua bagian yaitu casein dan whey. Di dalam whey protein terdapat 9 asam amino esensial yang terbagi dalam tiga kelompok yaitu leucine, isoleucine, dan valine.

 

Cara Kerja Whey Protein

Tubuh tidak bisa membuat asam amino sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan whey protein untuk meningkatkan asam amino leucine.  Whey protein akan diserap dan dicerna oleh sistem pencernaan secara cepat, mengalir di dalam aliran darah, dan akhirnya masuk ke dalam otot.

 

Manfaat Whey Protein

 

Meningkatkan Perkembangan Otot

Meningkatkan Perkembangan Otot

Whey protein sering dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga. Menurut penelitian, jika dikonsumsi sebelum berolahraga, maka dapat memberikan nutrisi ke dalam tubuh sehingga aktivitas olahraga semakin efisien. Saat dikonsumsi setelah berolahraga, whey protein membantu mengisi kembali nutrisi dan elektrolit yang hilang sekaligus membantu pemulihan otot.

Menekan Rasa Lapar

Menekan Rasa Lapar

Whey protein bisa menekan rasa lapar karena adanya kandungan protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu whey protein juga dapat meningkatkan hormon yang dapat mengontrol nafsu makan. Anda pun akan merasa kenyang dalam waktu lama.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Karena Anda merasa kenyang setelah mengonsumsi whey protein, maka asupan kalori ke dalam tubuh akan berkurang karena Anda hanya makan sedikit. Menurut analisis, whey protein juga dapat meningkatkan metabolisme yang bermanfaat untuk membakar kalori.

Meningkatkan Antioksidan

Meningkatkan Antioksidan

Fungsi antioksidan di dalam tubuh sangat penting untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh. Salah satu antioksidan yang penting adalah glutathione. Produksi glutathione bergantung pada sejumlah asam amino, seperti cysteine. Whey protein mengandung cysteine yang tinggi sehingga bisa meningkatkan glutathione dalam tubuh.

Mengatasi Diabetes tipe 2

Mengatasi Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi karena tingginya kadar gula darah dan juga insulin yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Whey protein dapat meningkatkan hormon insulin dan menurunkan gula darah.

 

Jenis Whey Protein

 

  • Whey Protein Concentrate (WPC)
  • Whey Protein Hydrolysate (WPH)
  • Whey Protein Isolate (WPI)
Whey protein concentrate memiliki bentuk konsentrat. WPC mengandung protein dalam jumlah antara 25-89 persen serta laktosa, lemak, dan mineral lain antara 4-8 persen. Berdasarkan survey, whey protein ini paling banyak tersedia di pasaran.
Whey protein hydrolysate berperan untuk menguraikan protein panjang menjadi protein pendek. Hal inilah yang membuat WPH lebih mudah diserap tubuh dan mengurangi risiko alergi dan masalah usus. Berdasarkan pemeriksaan, whey protein jenis ini banyak ditemukan dalam susu formula bayi dan produk-produk nutrisi olahraga dan medis.
Dilihat dari perbandingannya, whey protein isolate adalah bentuk yang paling murni dari whey protein . Di dalamnya terdapat lebih banyak kandungan protein antara 90-95 persen, karbohidrat (0,5-1,0 persen), dan lemak (0,5-1,0 persen). Berdasarkan uji coba, whey protein ini lebih cepat dicerna dibandingkan WPC. Cocok untuk orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa. Namun hal yang memberatkan adalah, WPI seringkali kekurangan banyak komponen whey yang penting seperti imunoglobulin dan molekul-molekul yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

Tips Membeli Whey Protein Terbaik

Setiap orang memiliki preferensi whey protein masing-masing dan dapat berbeda satu sama lain

Pilih Sesuai dengan Tujuan

 

Untuk mendapatkan manfaat yang tepat, maka pemilihan whey protein harus memiliki kesesuaian dengan tujuan konsumsinya. Jika tujuan Anda adalah ingin meningkatkan berat badan, maka whey protein concentrate adalah pilihan yang tepat.

 

Lain lagi jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus memilih whey protein isolate. Whey protein concentrate juga bisa dipilih karena bisa mencerna lebih lambat. Jenis whey protein ini juga mengandung protein dengan persentase tinggi.

 

Untuk Anda yang gemar berolahraga, pilihlah whey protein isolate. Whey protein ini bagus dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga karena tubuh akan mencernanya dengan cepat. Selain itu juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan setelah pemulihan.

 

Cek Kandungan Proteinnya

 

Karena yang Anda cari adalah produk whey protein, maka kandungan protein harus ada dalam teratas. Pastikan pula daftar bahan-bahannya sesedikit mungkin karena yang ingin Anda cari adalah kandungan whey protein.

 

Idealnya, produk whey protein terbaik seharusnya hanya mengandung whey protein saja. Namun, urusan rasa juga menjadi pertimbangan konsumen. Sehingga penambahan zat-zat tambahan untuk menciptakan rasa yang lebih enak pun dilakukan.

 

Di luar penambahan itu, setidaknya harus terdapat 75-80 persen kandungan protein di dalam suatu produk. Semakin rendah persentase proteinnya, maka kemungkinan semakin banyak zat-zat tambahannya.

 

Coba Produk dengan Kemasan Kecil atau Sampel

 

Mencoba sampel whey protein terbaik adalah cara yang tepat untuk mengetahui rasa, tekstur, dan kualitas suatu produk. Banyak merek yang menyediakan sampel produknya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Atau Anda juga bisa membeli kemasan yang kecil dulu.

 

Jika cocok dengan rasanya dan tidak mengalami masalah, Anda bisa melanjutkan membeli produk dengan ukuran besar. Melakukan tes produk juga bisa berguna untuk mengetahui reaksi tubuh Anda, apakah Anda mengalami alergi atau tidak.

 

Cek Rasa Produk

 

Memilih whey protein terbaik

Membandingkan rasa, whey protein hydrolysate memiliki rasa yang kurang enak di antara kedua jenis lainnya. Namun, di pasaran tersedia whey protein dengan rasa ataupun tawar.

 

Produk dengan rasa tawar tidak mengandung gula sehingga lebih cocok dijadikan campuran berbagai makanan dan minuman. Orang-orang juga menyukai whey protein tawar karena bebas dari bahan tambahan lain seperti gula, perasa, atau zat pewarna.

 

Hal ini juga berarti produk tersebut tinggi kandungan proteinnya. Berdasarkan uji praktek, produk whey protein dengan rasa tawar juga lebih mudah jika ingin dijadikan minuman atau makanan sehat.

 

Whey protein terbaik dengan rasa banyak disukai orang-orang yang ingin mencampurnya dengan air atau susu saja. Rasa yang populer adalah cokelat, stroberi, dan vanilla. Ada pula varian rasa seperti peanut butter, pisang, dan cookies and cream.

 

Cek Harga

 

Pemilihan produk whey protein terbaik yang berkualitas bisa dilihat dari harganya. Harga whey protein yang mahal biasanya disebabkan oleh harga bahan bakunya yang tinggi. Biaya yang tinggi ini lalu dibebankan kepada konsumen.

 

Banyak juga produsen yang menjual whey protein dengan harga terjangkau karena terbuat dari bahan baku yang tidak mahal.

 

Namun, produk ini biasanya sedikit kandungan proteinnya sehingga asam amino di dalamnya juga hilang. Hal ini tentu berpengaruh pada pertumbuhan otot yang ingin dibentuk. Kandungan yang tinggi malah lemak dan karbohidrat. Seringkali pula terdapat berbagai zat tambahan.

 

Namun harga juga bisa dilihat dari jenis whey protein. Jenis whey protein isolate memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

 

Baca Ulasan Produk

 

Cara ini memang umum dilakukan sebelum kita membeli suatu produk. Anda bisa mengecek website suatu produk whey protein terbaik untuk mengetahui berbagai info tentang kandungan bahan, cara konsumsi, dan hal-hal lainnya.

 

Cari tahu juga pendapat orang-orang lain yang telah mencoba suatu produk whey protein terbaik yang ingin Anda beli. Hal ini tentu akan memudahkan untuk mengambil keputusan pembelian.

 

Cek Izin BPOM

 

Adanya keterangan izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang tertera pada kemasan suatu produk whey protein terbaik akan menjamin keamanannya.

 

Konsumen pun tak akan ragu mengonsumsi produk ini whey yang dikonsumsi. Sesuai dengan ketentuan BPOM, whey protein terbaik termasuk dalam kategori Pangan Tambahan Olahragawan Tinggi Energi Protein bukan Minuman Serbuk.

 

Faktor-faktor Teknis yang Harus Diperhatikan Dalam Whey Protein

 

Kandungan penting dalam whey protein terbaik

Cek zat-zat tambahan lain

 

Setelah melakukan penilaian terhadap kandungan protein, perhatikan juga zat-zat tambahan lain yang mungkin ada. Whey protein terbaik hanya mengandung bahan-bahan yang murni tanpa zat tambahan atau pemanis buatan. 

 

Jika ingin membesarkan otot, hindari produk yang memiliki kandungan zat-zat yang tidak penting seperti pemanis buatan. Pemanis buatan yang banyak digunakan adalah sukrosa, aspartam, dan sakarin. 

 

Kandungan BCAA

 

BCAA merupakan singkatan dari branch-chain amino acids atau kumpulan asam amino. BCAA sangat penting untuk pemeliharaan otot, dan membantu pemulihan otot serta peradangan pada otot yang dapat terjadi setelah berolahraga. Penambahan bahan BCAA juga sering terdapat pada produk whey protein terbaik.

 

Protein Spiking

 

Protein spiking merupakan istilah untuk penambahan asam amino seperti gliserin, arginine, glutamin, dan creatin ke dalam suatu produk whey protein. Berdasarkan evaluasi, protein spiking dilakukan untuk menekan biaya produksi. 

 

Misalnya pada suatu kemasan tercantum keterangan kandungan protein sebanyak 25 gram. Ini berarti produk tersebut tidak mengandung protein murni, melainkan sudah ditambah dengan zat-zat asam amino. Jadi, kemungkinan kandungan proteinnya hanya sekitar 10-25 gram saja.

 

Alergi dan Intoleransi Laktosa

 

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap whey protein. Ada orang yang mengalami reaksi alergi terhadap laktosa.

 

Reaksinya bisa berupa diare atau perut kembung. Berdasarkan uji kecocokan, pengidap alergi ini bisa mengonsumsi whey protein hydrolysate atau whey protein isolate. Zat-zat penyebab alergi sudah dihilangkan dari jenis whey protein ini.

 

Filler

 

Filler adalah zat-zat tambahan seperti perasa, pengawet, dan pewarna yang ada dalam suatu produk whey protein. Misalnya saja bahan-bahan seperti lemak.

 

Hal ini menurunkan kualitas suplemen tersebut. Namun, ada produk-produk yang sepertinya mengandung filler, namun sebenarnya merupakan sumber serat. Contohnya adalah maltodextrin atau psyllium.

 

Merek Whey Protein

 

 

Berdasarkan tabel perbandingan, Anda tentu dapat menentukan whey protein yang terbaik untuk Anda. Inilah 10 merek whey protein yang ternama di Indonesia.

Setiap orang memiliki preferensi whey protein masing-masing dan dapat berbeda satu sama lain

 

ANS Performance

Sesuaikan whey protein terbaik dengan kebutuhan anda

ANS Performance memiliki rekomendasi produk terbaik dengan kandungan 100 persen whey protein. Hal ini tentu berguna jika Anda ingin mempercepat perkembangan otot tubuh.

 

ANS Performance menggunakan bahan protein terbaik yang berasal dari 3 sumber whey murni. Bahan baku terbaik ini diproses dengan teknologi mikrofiltrasi sehingga mudah dilarutkan saat diracik. Tidak ditambahkan pula gluten atau zat-zat berbahaya lainnya.

 

Khusus untuk rekomendasi varian WPI terbaik, terdapat kandungan BCAA yang bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan dan pemulihan otot.

 

Varian WPI ini juga telah diuraikan proteinnya dengan enzim agar tidak sulit dicerna. Anda bisa memilih beragam rekomendasi yaitu vanilla, cokelat, atau cookies and cream dari produk-produk terbaik ANS Performance.

 

Optimum Nutrition

 

Jika Anda sedang mencari rekomendasi produk whey protein terbaik, Optimum Nutrition menyediakannya. Merek ini memiliki produk terbaik untuk WPI, WPC, dan hidrolisat. Produk-produk whey protein terbaik ini berasal dari bahan premium.

 

Produk-produk WPI terbaik dibuat dengan teknologi filtering canggih untuk mengeluarkan kandungan karbohidrat, lemak, dan laktosa berlebih. Di dalamnya juga tidak terkandung gluten, hormon pertumbuhan artifisial, dan zat-zat yang dilarang.

 

Produknya dibuat sedemikan rupa agar mudah dicampur dengan makanan atau minuman lainnya hanya dengan menggunakan gelas dan sendok saja. Untuk pilihan rekomendasi rasanya, tersedia beberapa rasa seperti cokelat, vanilla, stroberi, dan cokelat mint yang bisa dipilih sesuai selera Anda.

 

Musclepharm

 

Rekomendasi produk terbaik yang menggunakan 100 persen whey protein datang dari Musclepharm. Ini merupakan produk yang merupakan gabungan dari WPI dan WPC. Proteinnya terdiri dari protein cepat sedang, dan lambat.

 

Ditambahkan pula kasein dan albumin ke dalam produk terbaik ini. Hal ini berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan otot dan memudahkan proses pencernaan.

 

Rekomendasi produk-produk terbaik Musclepharm juga rendah lemak, karbohidrat, gula, dan kalori.  Tak ada pula kandungan pewarna artifisial, filler, dan bahan-bahan tambahan berbahaya lainnya.

 

Orang-orang yang alergi terhadap gandum juga bisa mengonsumsinya karena produk Musclepharm terbaik tidak menggunakan gluten. Varian rasa yang ditawarkan adalah vanilla, cokelat susu, dan stroberi. Produk-produk Musclepharm juga mudah untuk dilarutkan.

 

Fitlife

 

Fitlife menyediakan rekomendasi produk-produk terbaik dengan bahan baku whey yang berasal dari Amerika dan Selandia Baru. Merek ini menyediakan produk WPI dan WPC terbaik.

 

Kadar BCAA di dalam rekomendasi produk-produk terbaiknya cukup tinggi yaitu di atas 5,5. Tidak digunakan gula tambahan, gluten, dan filler. Selain itu juga bersifat rendah lemak, laktosa, dan kolesterol.

 

Produk-produk Fitlife terbaik ini cocok untuk Anda yang sedang ingin meningkatkan berat badan atau yang melakukan olahraga berintensitas tinggi.

 

Rekomendasi pilihan rasa terbaik dari produk-produk Fitlife adalah chocomalt, taro, teh hijau, vanilla mint, hingga durian. Produk-produk Fitlife sudah memiliki izin BPOM dan melewati hasil pengujian laboratorium.

 

L-Men

 

menyajikan whey protein terbaik dengan coklat

Anda sedang menjalani program pembentukan otot? Rekomendasi produk-produk whey protein terbaik dari L-Men bisa mendukung hal ini.

 

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan BCAA untuk pembentukan otot dan mencegah terjadinya penguraian otot. Dilengkapi pula dengan L-carnitine yang bermanfaat untuk mengubah lemak menjadi energi.

 

Ada pula kandungan creatine untuk menambah volume otot dan L-glutamine untuk membentuk otot. Agar metabolisme dan penyerapan asam amino semakin lancar, produk-produk terbaik ini juga mengandung B-kompleks.

 

Penambahan kalsium berguna untuk pembentukan tulang yang kuat. Bahan whey proteinnya sendiri berasal dari Eropa. Produk-produk whey protein terbaik yang lolos uji BPOM ini memiliki varian rasa cokelat, cappuccino, dan choco vanilla.

 

MuscleTech

 

Jika Anda adalah atlet, sedang ingin menurunkan berat badan, atau meningkatkan berat badan, maka bisa memilih produk-produk MuscleTech terbaik. Untuk menjamin kualitas produk whey protein terbaik, MuscleTech menggunakan teknologi Multi-phase Filtration.

 

Teknologi ini dapat menghilangkan karbohidrat dan lemak sehingga yang tersisa hanya protein bermutu.  Zat creatine ditambahkan untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

 

Sedangkan kandungan BCAA akan mempercepat pemulihan otot. Tak ada filler yang ditambahkan ke dalam produk-produk terbaik ini. Produknya juga gampang dicerna dan diserap ke dalam tubuh.

 

Zat perasa atau gula tidak terdapat dalam produk-produk rekomendasi MuscleTech sehingga masih terasa whey protein asli namun diolah sedemikian rupa sehingga tetap enak. Anda bisa memilih rasa vanilla, stroberi, cappuccino-mochaccino, atau cokelat.

 

International Protein

 

Jika tidak menyukai adanya gula tambahan pada suatu produk whey terbaik, International Protein menyediakannya. Produk-produk dari merek ini tidak mengandung gula tambahan seperti aspartam dan masih mempertahankan rasa asli dari whey protein.

 

Produk whey protein-nya merupakan gabungan dari WPC, WPI, dan whey protein hydrolysate. Bahan bakunya berasal dari protein saja dan tanpa filler agar mudah dan cepat dicerna.

 

Tidak ada pula tambahan vegetable gum atau protein kedelai agar tidak terasa kembung setelah dikonsumsi. Orang-orang yang memiliki kondisi alergi gandum juga bisa mengonsumsinya karena di dalam produk terbaik ini tidak ada kandungan gluten. Varian rasa yang tersedia adalah pisang, cokelat, dan stroberi.

 

Mutant Whey

 

Mutant Whey menggunakan whey protein terbaik yang berasal dari sapi yang memakan rumput saja untuk menjamin kualitasnya. Untuk mengoptimalkan penyerapan, ditambahkan enzim-enzim pencernaan.

 

Produk-produk terbaik merek ini tidak menggunakan gula tambahan seperti aspartam dan zat-zat rekayasa genetika. Jadi tidak ada praktek protein spiking dalam produk-produknya.

 

Mutant Whey memiliki banyak varian rasa, contohnya adalah cokelat, vanila, stroberi, cookies and cream, dan pisang. Digunakan teknologi rasa yang teruji dari merek-merek es krim terkemuka di dunia untuk menjamin kelezatan produk-produknya.

 

Salah satu merek whey protein yang direkomendasikan ini menyediakan produk dengan tipe whey protein concentrate, whey protein isolate, dan whey protein hydrolysate yang bisa dipilih. Produk Mutan Whey juga mudah dilarutkan. 

 

Evolene

 

Jika ingin mendapatkan rekomendasi produk terbaik yang tinggi protein,  Anda bisa mempertimbangkan Evolene. Dalam setiap sachet, terdapat kandungan whey protein sebanyak 25 gram. Selain itu, di dalamnya hanya terdapat 4 gram karbohidrat dan 1 gram lemak saja.

 

Produk terbaik Evolene menggunakan bahan whey protein terbaik yang disaring beberapa kali. Hal ini dimaksudkan agar tubuh mudah menyerapnya.

 

Terdapat pula tambahan vitamin A, B kompleks, dan vitamin C sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan kalsium di dalamnya akan membentuk tulang yang kuat dan menjaga jantung dan aliran darah. Produk Evolene terbaik yang memiliki rasa cokelat ini telah melalui pengujian BPOM sehingga aman dikonsumsi.

 

Vectorlabs

 

Vectorlabs memiliki rekomendasi produk whey protein blend terbaik yang merupakan gabungan dari PC dan WPI yang diproses dengan teknologi membran ultrafiltrasi dingin.

 

Kandungan proteinnya sebanyak 25 gram per saji. Dilengkapi pula dengan BCAA sebanyak 4600 mg. Semua ini dapat membantu meningkatkan massa otot, mencegah penyusutan otot, memelihara berat badan, dan memelihara metabolisme tubuh.

 

Pilihan rasanya cukup banyak yaitu milk chocolate, dark chocolate, choco amaretto, mangga, leci, moka, matcha, bailey, dan vanilla.

 

Tersedia berbagai ukuran mulai dari ukuran besar sampai kemasan sachet. Memiliki kemiripan dengan merek-merek sebelumnya, produk Vectorlabs terbaik juga sudah melewati tes produk sehingga teruji dan terdaftar di BPOM.

 

Sumber

 

https://www.alodokter.com/seputar-whey-protein-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan

https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-whey-protein-sebagai-suplemen-olahraga

https://id.wikipedia.org/wiki/Whey

https://www.sfidn.com/mengenal-lebih-jauh-dari-whey-protein

https://www.sfidn.com/article/post/whey-protein-isolate-dan-whey-protein-concentrate-apa-sih-perbedaannya

 

Hal yang sering ditanyakan

Mengapa whey protein bisa menimbulkan jerawat?

Kemasan whey protein yang belum dibuka bisa bertahan antara 6-9 bulan setelah melewati tanggal kadaluarsa.

Apakah whey protein bisa menyebabkan konstipasi?

Sebagian orang yang memiliki intoleransi laktosa bisa mengalami konstipasi karena pergerakan usus yang melambat.

Apakah whey protein berdampak negatif untuk ginjal?

Berdasarkan tes, tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan whey protein berdampak buruk terhadap ginjal.

Apakah whey protein bisa menyebabkan kerontokan rambut?

Whey protein isolat mengandung asam amino yang tinggi sehingga meningkatkan hormon testosteron yang memicu kerontokan rambut.

Apakah whey protein aman untuk remaja?

Whey protein bermanfaat untuk remaja karena bisa membantu pertumbuhannya.

Apakah whey protein bisa dicampur dengan suplemen bubuk creatine?

Ya. Whey protein bisa dicampur dengan suplemen creatine, namun kandungan glutamine-nya pun menjadi bertambah banyak.

Apakah whey protein baik untuk menangkal kolesterol?

Ya. Whey protein bisa menurunkan kadar kolesterol khususnya kolesterol LDL.

Apakah whey protein bisa dicampur dengan kopi?

Bisa. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengoptimalkan asupan protein khususnya untuk orang-orang yang tidak suka sarapan.

Apakah ibu hamil bisa mengonsumsi whey protein?

Bisa. Carilah yang tidak mengandung zat-zat tambahan. Namun jika ibu hamil alergi terhadap susu, whey protein harus dihindari.

Tinggalkan Balasan