Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Susu Formula im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
7996 Baca ulasan

🥇 Susu Formula Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Memberikan si kecil ASI eksklusif tentu menjadi rekomendasi terbaik bagi kebanyakan ibu. Sayangnya, nafsu makan si kecil terkadang terlalu besar sehingga produksi ASI ibu kurang untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati. Bila hal ini terjadi, maka susu formula adalah pilihan terbaik selanjutnya agar si kecil dapat bertumbuh dengan sehat. Dalam artikel ini kami akan memberi penjelasan lebih lanjut mengenai susu formula. Kemudian, setelah melakukan pengujian dan membandingkan kandungan berbagai susu formula, kami akan memberikan rekomendasi merek susu formula terbaik untuk si kecil.

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi

Susu Formula Daftar Produk Terbaik 2021

Susu Formula Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Susu Formula?

 

susu formula teraik untuk bayi

Susu formula merupakan susu yang telah diformulasikan dan difortifikasi dengan vitamin dan mineral agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. 

 

Meskipun terkadang dipandang negatif dan dibandingkan kualitasnya dengan ASI, susu formula merupakan alternatif pengganti ASI terbaik untuk bayi. 

 

Menurut pemeriksaan klinis dan perbandingan tumbuh kembang, bayi yang diberikan susu formula sama sehatnya dengan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif.

 

Susu formula dapat diberikan kepada bayi apabila bayi tidak memiliki sumber ASI yang stabil. Susu formula juga bisa diberikan kepada bayi berdampingan dengan ASi untuk menambah asupan gizi.

 

Bagaimana Cara Kerja Susu Formula

 

Susu formula yang dapat ditemukan di pasaran biasanya berupa serbuk. Hal ini karena menurut uji praktek, susu bubuk lebih tahan lama dan lebih stabil.

 

Bubuk ini nantinya dilarutkan dalam air, membentuk cairan susu yang mudah diminum oleh bayi dan balita.

 

Manfaat Dari Susu Formula

 

Masih ragu untuk memberikan susu formula untuk si kecil? Jangan khawatir, susu formula adalah salah satu sumber gizi terbaik untuk bayi setelah ASI. 

 

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat ditawarkan susu formula untuk buah hati Anda.

 

Menjadi tambahan sumber nutrisi

 

Bagi ibu yang kesulitan untuk menghasilkan ASI yang cukup, susu formula adalah solusi terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. 

 

Susu formula dipastikan memiliki kandungan nutrisi yang setara dengan ASI, sehingga Anda tidak perlu khawatir anak Anda kekurangan gizi.

 

Mendukung perkembangan fisik dan otak anak

 

Susu formula untuk perkembangan fisik dan otak anakSusu formula biasanya diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Tidak jarang susu formula bahkan mengandung lebih banyak gizi dibandingkan dengan ASI. 

 

Kandungan seperti protein, kalsium, fosfor, dan magnesium dapat mendukung tumbuh kembang fisik anak. Sedangkan kandungan AA, DHA, omega-3, dan omega-6 dapat mendukung perkembangan otak buah hati Anda.

 

Mudah disiapkan

 

Susu formula dapat menjadi alternatif yang terbaik untuk mencukupi gizi si kecil untuk ibu yang bekerja. Memompa ASI di kantor bisa memakan waktu yang lama dan terkadang sulit atau bahkan sakit. 

 

Dengan susu formula, perawat bayi di rumah dapat dengan mudah memberi asupan nutrisi bagi bayi.

 

Pasangan dapat berkontribusi

 

Dengan susu formula pasangan dapat berkontribusiDengan memberikan susu formula pada anak, ayah sang anak pun dapat ikut berkontribusi. Hal ini terutama penting di malam hari saat ibu perlu beristirahat. 

 

Tidak hanya demikian, momen pemberian susu formula juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menguatkan hubungan antara ayah dan anak.

 

Jenis-Jenis Susu Formula

 

Anda tentu ingin memberikan susu formula terbaik bagi si kecil agar dapat tumbuh sehat. Jangan sembarangan dalam memilih susu formula. Ternyata ada banyak jenis susu formula yang dapat Anda temukan.

 

Kenalilah dan pastikan Anda memberikan jenis susu formula terbaik untuk kebutuhan anak Anda. Perhatikan tabel perbandingan di bawah ini berikut penjelasan lengkap mengenai masing-masing jenis susu formula.

  • Susu sapi
  • Susu kambing
  • Susu anti-reflux
  • Susu soya atau kedelai
  • Susu hipoalergenik
  • Susu bebas laktosa
Susu sapi merupakan bahan dasar sebagian besar susu formula. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi susu sapi mudah dicerna kebanyakan bayi dan mengandung ragam nutrisi yang baik dan seimbang untuk bayi. Menurut penilaian para ahli, susu formula berbasis susu sapi adalah pilihan terbaik untuk kebanyakan bayi sehat. Pilihan harga, merek, dan varian susu formula sapi sangat bervariasi.
Sesuai namanya, susu formula jenis ini menggunakan susu kambing sebagai bahan dasarnya. Susu formula kambing mulai populer beberapa tahun belakangan ini. Pasalnya, menurut analisis, pH susu kambing lebih mendekati ph ASI apabila dibandingkan dengan susu formula sapi. Kandungan gizi, vitamin, dan mineral susu formula kambing pun mirip dengan susu formula sapi. Oleh sebab itu, susu formula kambing juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk bayi dan balita.
Apakah Anda memperhatikan bayi Anda sering muntah atau gumoh dalam jumlah besar setelah meminum susu? Bila ya, kemungkinan bayi Anda mengalami refluks asam lambung. Jangan khawatir, susu anti-reflux adalah solusi terbaik bagi buah hati Anda. Jenis susu ini terkenal lebih kental daripada susu formula biasa. Menurut penelitian, tekstur yang lebih kental ini teruji membantu sistem pencernaan bayi dan mencegah muntah. Direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli susu anti-reflux.
Apabila setelah menjalani uji kecocokan dengan susu formula sapi bayi Anda mengalami reaksi alergi seperti muntah, diare, dan ruam, kemungkinan bayi Anda alergi dengan susu sapi. Bila demikian, susu soya atau kedelai bisa menjadi pilihan terbaik selanjutnya. Sesuai namanya, susu formula jenis ini diproduksi dengan soya atau kacang kedelai sebagai bahan dasar. Susu formula soya juga merupakan pilihan terbaik bagi bayi yang alergi terhadap laktosa atau mengidap kelainan galaktosemia. Selain itu, karena terbuat dari protein nabati, susu formula soya juga direkomendasikan untuk orangtua yang ingin bayinya menjadi vegetarian.
Susu formula hipoalergenik adalah susu yang diformulasikan khusus untuk mencegah reaksi alergi pada bayi. Partikel protein dalam susu formula jenis ini dihidrolisis agar menjadi lebih kecil dan lebih mudah dicerna bayi. Susu hipoalergenik adalah pilihan terbaik untuk bayi yang memiliki masalah pencernaan. Menurut eksperimen dan tes produk, susu hipoalergenik juga bisa menambah berat badan bayi dengan lebih cepat, sehingga direkomendasikan untuk bayi prematur. Susu formula hipoalergenik hanya boleh dikonsumsi bayi dengan rekomendasi dan pengawasan dokter.
Susu formula bebas laktosa adalah pilihan terbaik untuk bayi yang memiliki alergi atau intoleransi pada laktosa, jenis gula yang sering ditemukan dalam susu. Susu bebas laktosa tidak akan memberatkan sistem pencernaan bayi dan memudahkan penyerapan nutrisi. Susu formula jenis ini biasanya mengganti laktosa dengan jenis gula atau karbohidrat lainnya. Namun menurut uji kontrol produk, susu bebas laktosa biasanya tetap mengandung susu sapi.  Jadi bila bayi Anda memiliki alergi susu sapi, susu bebas laktosa bukanlah pilihan terbaik untuk Anda. Direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli susu bebas laktosa.

 

Perhatikan Hal Penting Ini Saat Membeli Susu Formula

Kesesuaian dengan kondisi bayi

Kesesuaian dengan kondisi bayi

Perhatikan kondisi bayi Anda. Bayi yang sehat dapat dengan mudah beradaptasi dengan susu formula sapi atau kambing biasa. Tapi bayi dengan kondisi khusus, contohnya bayi prematur, biasanya membutuhkan susu formula spesial untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Apabila bayi Anda memiliki kondisi khusus, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda dapat memilih jenis susu formula terbaik untuk bayi Anda.

Kesesuaian dengan umur bayi

Kesesuaian dengan umur bayi

Pastikan susu formula yang Anda beli sesuai dengan rentang usia anak. Susu formula biasanya diformulasikan untuk rentang usia tertentu karena anak membutuhkan kandungan kalori, vitamin, dan mineral yang berbeda seiring dengan tumbuh kembangnya.

Perhatikan ijin edar

Perhatikan ijin edar

Pilihlah susu formula terbaik dengan kualitas yang terjamin untuk pertumbuhan yang optimal bagi si kecil. Pastikan untuk memilih susu formula yang lolos uji BPOM dan diproduksi oleh merek yang terjamin keamanannya. Direkomendasikan juga untuk membeli susu formula dari distributor terpercaya sehingga Anda tidak tanpa sengaja membeli susu formula palsu atau terkontaminasi zat berbahaya.

Sesuaikan dengan bujet

Sesuaikan dengan bujet

Susu formula diminum si kecil secara rutin. Oleh sebab itu, pastikan susu formula yang Anda pilih sesuai dengan bujet Anda. Harga tidak menentukan kualitas. Pastikan saja susu formula yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan nutrisi si kecil. Jangan ragu juga untuk melakukan survey dan membandingkan harga di toko dan marketplace online agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik.

Kandungan susu formula

Kandungan susu formula

Jadilah konsumen yang cermat dan perhatikan kandungan susu formula yang hendak Anda beli. Perhatikan kandungan gula dalam susu formula. Direkomendasikan untuk memilih susu formula yang tidak mengandung terlalu banyak gula untuk mencegah obesitas dan karies gigi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi terbaik untuk si kecil, bacalah bagian selanjutnya. 

 

Kandungan Susu Formula Terbaik Untuk Si Kecil

 

Jadilah pembeli yang cermat. Perhatikan formulasi susu formula yang hendak Anda beli untuk si kecil. Berikut ini adalah nutrisi tambahan terbaik untuk si kecil.

  • AA dan DHA
  • Prebiotik FOS
  • Probiotik
  • Omega-3 dan omega-6
AA, atau Arachidonic Acid, dan DHA, atau Docosahexaenoic Acid, merupakan dua nutrisi paling penting yang bisa Anda berikan pada si kecil. Kedua zat ini berperan besar dalam merangsang perkembangan saraf mata dan juga perkembangan otak pada anak.  Banyak penelitian yang mengatakan bahwa asupan AA dan DHA pun dapat menambah kecerdasan anak.
Prebiotik FOS adalah adalah salah satu jenis karbohidrat terpenting bagi si kecil. Prebiotik FOS berperan dalam memperkuat sistem imun bayi dan anak yang cenderung masih rentan. Selain itu, prebiotik FOS juga mampu melancarkan sistem pencernaan si kecil.
Probiotik mengacu kepada sekelompok mikroorganisme baik yang esensial dalam sistem pencernaan. Selain melancarkan sistem pencernaan anak, kandungan probiotik dalam susu formula juga dapat meningkatkan kekebalan anak terhadap penyakit.
Omega-3 dan omega-6 adalah lemak tak jenuh yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Sehingga anak Anda membutuhkan asupan omega-3 dan omega-6 dari sumber lain, seperti susu formula. Keduanya memiliki banyak fungsi, seperti mendukung perkembangan otak, memelihara keseimbangan hormon, mencegah kerusakan sel, serta menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut.

 

Rekomendasi Merek Susu Formula Terbaik

 

Jangan sembarangan memilih susu formula untuk buah hati Anda. Pastikan si kecil mendapatkan yang terbaik agar dapat bertumbuh dengan sehat.

 

Setelah melakukan penelitian dan evaluasi, berikut ini adalah rekomendasi merek susu formula terbaik dari kami.

 

SGM

 

Para ibu di Indonesia tentu sudah kenal dengan merek susu legendaris ini. Berdiri sejak tahun 1965, SGM merupakan salah satu pelopor merek susu formula lokal di Indonesia.

 

SGM menawarkan susu formula untuk berbagai rentang usia. SGM memproduksi susu formula untuk bayi baru lahir hingga anak usia 5 tahun ke atas. Varian rasa susu SGM juga beragam, dari madu, vanila, hingga cokelat.

 

SGM juga menawarkan susu formula soya untuk anak usia 1 hingga 5 tahun yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

 

Selain susu formula untuk bayi dan anak, SGM juga menawarkan susu formula untuk ibu hamil. Susu khusus ibu hamil SGM adalah salah satu cara terbaik menutrisi anak sejak dalam kandungan.

 

Frisian Flag

 

Siapa yang tak kenal dengan Frisian Flag? Merek asal Belanda ini sudah beroperasi di Indonesia bahkan sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya sejak tahun 1922.

 

Frisian Flag menawarkan beberapa pilihan susu untuk beragam rentang usia, dimulai dari 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun, dan 4-6 tahun. Susu formula Frisian Flag juga memiliki beragam varian rasa yang lezat, seperti madu, cokelat, dan vanila.

 

Uniknya, susu Frisian Flag untuk rentang usia 1-3 tahun dan 4-6 tahun bisa disiapkan dengan air dingin maupun hangat. 

 

Mirip seperti SGM, Frisian Flag juga menawarkan susu formula khusus ibu hamil. Menurut Frisian Flag, susu khusus ini adalah solusi terbaik untuk menutrisi baik ibu maupun anak selama kehamilan

 

Dancow

 

Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal merek susu legendaris ini. Dancow berada di bawah naungan Nestle dan sudah mulai beredar di Indonesia sejak tahun 1976.

 

Dancow menawarkan susu formula untuk berbagai rentang usia, dimulai dari 0-6 bulan hingga 6 tahun ke atas. Pilihan rasanya pun cukup beragam, dimulai dari vanila, madu, cokelat, hingga stroberi.

 

Selain susu formula biasa, Dancow juga menawarkan susu Fortigro yang mengandung kalsium, vitamin, dan mineral lebih banyak untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

 

Susu formula Dancow juga termasuk salah satu merek yang paling mudah Anda temukan di pasaran. Hal ini karena susu formula Dancow tersedia dalam bentuk sachet yang mudah ditemukan di toko dan warung.

 

Bebelac

 

Bebelac merupakan salah satu merek susu paling dipercaya di Indonesia. Bebelac berada di bawah naungan Danone yang terkenal akan produk-produk konsumsinya.

 

Susu formula Bebelac terkenal mengandung minyak ikan dan kadar omega-6 yang lebih tinggi dibandingkan susu formula merek lain.

 

Bebelac menawarkan beberapa jenis susu formula. Sayangnya Bebelac tidak menawarkan susu formula untuk bayi yang baru lahir. Namun, Bebelac menawarkan susu formula untuk rentang usia 1-3 tahun dan 3-6 tahun.

 

Selain itu, Bebelac juga menawarkan susu formula soya yang direkomendasikan untuk si kecil yang tidak dapat mencerna susu sapi. Ada juga susu Bebelac Gold yang mengandung serat lebih tinggi untuk melancarkan pencernaan si kecil.

 

Nutrilon

 

Nutrilon juga berasal dari Danone, serupa dengan Bebelac. Merek ini juga merupakan salah satu merek susu formula bayi dan anak yang paling terkenal di Indonesia.

 

Nutrilon menawarkan susu formula dengan beragam varian, dimulai dari Nutribaby untuk bayi baru lahir hingga Nutrilon Royal 4 untuk anak usia 3-6 tahun. 

 

Selain itu, ada juga Nutrilon Royal yang merupakan merek turunan dari Nutrilon. Nutrilon Royal mengandung kadar antioksidan yang tinggi dan juga Nukleotifa, sehingga mampu mengoptimalkan daya tahan tubuh anak.

 

Nutrilon Royal juga menawarkan varian susu formula yang serupa dengan Nutrilon biasa. Ada pula Nutrilon Royal Prosyneo yang merupakan susu hipoalergenik, solusi terbaik untuk si kecil yang memiliki sensitivitas dengan susu sapi dan laktosa.

 

Neocate Advance

 

Neocate Advance adalah merek susu formula terbaik untuk bayi yang alergi dengan susu sapi dan laktosa. Neocate Advance berasal dari perusahaan Danone yang juga menaungi susu formula merek Bebelac dan Nutrilon.

 

Uniknya, merek ini merupakan satu-satunya produsen susu formula hipoalergenik berbahan dasar asam amino di Indonesia. 

 

Susu Neocate Advance mengandung semua kebaikan dan gizi susu formula biasa tanpa kandungan protein susu sapi yang bisa menyebabkan reaksi alergi di beberapa anak. Neocate menawarkan susu untuk bayi di bawah satu tahun hingga anak berusia 12 tahun. 

 

Morinaga

 

Morinaga merupakan merek susu formula dari Jepang. Barangkali Anda lebih mengenalnya dari nama produknya, yakni BMT, Chil Kid, dan Chil School.

 

BMT merupakan susu Morinaga khusus bayi usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan. Sedangkan Chil Kid diperuntukkan anak usia 1-3 tahun dan Chil School untuk anak usia 3-12 tahun. 

 

Morinaga juga menawarkan susu formula soya dan susu hipoalergenik untuk buah hati Anda yang memiliki alergi atau sensitivitas pada susu sapi maupun laktosa.

 

Uniknya, selain susu formula bubuk, Morinaga juga menawarkan Chil Go yang merupakan susu cair yang diformulasi khusus untuk anak 1-12 tahun.

 

Susu Chil Go ini adalah pilihan terbaik bagi si kecil yang aktif dan menyukai minuman yang menyegarkan. Pilihan rasanya pun unik, mulai dari original, cokelat, vanila, stroberi, hingga melon.

 

Similac

 

Similac merupakan salah satu merek yang mungkin terdengar asing di telinga orang awam, namun sudah terkenal di kalangan medis.

 

Dengan kandungan AA, DHA, dan nukleotida yang tinggi, susu Similac mampu menyehatkan dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Oleh sebab itu, susu Similac dianggap sebagai salah satu susu terbaik untuk bayi prematur. 

 

Selain itu, Similac juga menawarkan susu untuk anak berusia 1-3 tahun dan 3-9 tahun. Susu formula anak Similac mengandung gizi yang seimbang dan cocok untuk anak yang susah makan karena kandungan gizinya lebih tinggi dibanding kebanyakan susu formula lainnya.

 

Terlebih lagi, susu formula Similac dibuat tanpa tambahan gula sama sekali. Maka Similac adalah pilihan terbaik bagi Anda yang khawatir akan obesitas dan karies gigi pada anak.

 

Pediasure

 

Pediasure berada di bawah naungan perusahaan yang sama dengan Similac, yakni Abbott Family.

 

Merek ini terkenal akan susunya yang memiliki kalori dan kandungan gizi yang tinggi. Sehingga susu Pediasure sangat cocok untuk bayi dan anak yang susah makan.

 

Susu formula Pediasure merupakan sumber nutrisi yang lengkap dan seimbang bagi si kecil. Susu formula Pediasure mengandung 12 vitamin, 7 mineral, asam linoleat, asam linolenat, dan campuran 3 minyak nabati.

 

Susu formula Pediasure tersedia dalam tiga rasa yang lezat dan menggugah selera makan, yaitu cokelat, madu, dan vanilla.

 

Enfa

 

Enfa merupakan salah satu merek susu formula yang banyak direkomendasikan. Enfa terkenal akan produk-produknya yang beragam dan tergolong memiliki harga yang bersahabat.

 

Anda mungkin sudah lebih mengenal Enfa dengan nama-nama produknya, yaitu Enfamil, Enfagrow, dan Sustagen.

 

Pilihan varian susu formula dari Enfa cukup lengkap. Dimulai dari susu formula reguler untuk bayi, balita, dan anak usia 6 tahun ke atas, hingga susu hipoalergenik dan juga susu khusus bayi prematur.

 

Selain susu formula untuk bayi dan anak, Enfa juga menawarkan susu formula khusus untuk ibu hamil. Meminum susu khusus ini, Enfamama adalah salah satu cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan ibu dan bayi yang dikandung.

 

Yang Harus Dihindari Saat Menyajikan Susu Formula

 

susu formula bayiMenurut survey, ternyata masih banyak orangtua yang keliru dalam menyiapkan susu formula untuk buah hatinya. Hindarilah kesalahan-kesalahan umum berikut ini untuk menyajikan susu formula terbaik untuk si kecil.

 

Menggunakan air terlalu panas

 

Susu formula bukanlah teh atau kopi yang harus diseduh dengan air mendidih apalagi direbus. Hindari menyeduh susu formula dengan air yang terlalu panas karena dapat merusak kandungan nutrisinya.  

 

Suhu terbaik untuk menyeduh susu formula adalah 70 derajat Celsius. Untuk menyiapkan air untuk susu formula, direkomendasikan untuk merebusnya hingga mendidih dan mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit. 

 

Memasukkan lebih banyak air daripada rekomendasi

 

Sebelum menyiapkan susu formula, sangat direkomendasikan untuk melihat takaran penyajian yang biasanya tertera di kemasan susu. Untuk hasil terbaik, pastikan perbandingan air dan bubuk formula sesuai dengan petunjuk.

 

Jangan sampai Anda memasukkan air terlalu banyak atau bubuk terlalu sedikit. Melakukan hal tersebut dapat membuat bayi Anda kekurangan gizi atau mengalami malnutrisi.

 

Menghangatkan susu dalam microwave

 

Sangat tidak dianjurkan untuk memanaskan susu dalam microwave. Penggunaan microwave akan menyebabkan panas air tidak merata dan merusak kandungan nutrisi susu formula.

 

Kemudian, apabila botol susu ikut dipanaskan dalam microwave, ada kemungkinan botol akan menjadi terlalu panas dan membakar kulit dan bibir bayi yang sensitif.

 

Untuk hasil terbaik, rebus air seperti biasa dan gunakan dinginkan air tersebut selama 30 menit sebelum menggunakannya untuk menyiapkan susu formula.

 

Menaruh bubuk susu sebelum air di botol susu

 

Untuk takaran terbaik, tuangkanlah dulu air ke dalam botol susu agar Anda bisa mengukurnya dengan tepat. Bila Anda memasukkan bubuk susu terlebih dahulu, pengukuran volume air tidak akan tepat.

 

Membersihkan botol susu sekadarnya

 

Cara membersihkan botol susu formulaPastikan botol susu yang Anda gunakan bersih dan bebas dari kuman. Untuk penggunaan pertama, direkomendasikan untuk merendam botol dan dot di air panas untuk mensterilkannya. Untuk penggunaan selanjutnya, cucilah botol dan dot dengan air hangat.

 

Menyentuh dot saat menyiapkan susu

 

Banyak orang yang memegang dot saat hendak mengocok atau mencampurkan susu formula dengan air. Hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan bakteri menempel pada dot.

 

Menyiapkan susu formula di pagi hari untuk seharian

 

Untuk orangtua yang sibuk, mungkin terpikir untuk menyiapkan seluruh botol yang diperlukan di pagi hari. Hal ini tidak direkomendasikan karena susu formula yang telah diseduh tidak tahan lama dan dapat terkontaminasi oleh bakteri.

 

Untuk hasil terbaik, siapkanlah susu persis sebelum waktu makan si kecil.

 

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Susu_formula

http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/149/jtptunimus-gdl-nurazizahg-7428-3-babii.pdf

https://kumparan.com/kumparanmom/apa-bedanya-susu-formula-dengan-susu-sapi-biasa-1sJeCBsV4Sd

https://hellosehat.com/parenting/bayi-susu-formula-lebih-rentan-sakit/

https://www.honestdocs.id/susu-formula-baik-atau-buruk

 

FAQ

Apakah ASI lebih baik daripada susu formula?

Susu formula diformulasikan sebagai pengganti ASI. Direkomendasikan untuk memberikan susu formula pada si kecil apabila Anda tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup untuknya. Yang terpenting adalah si kecil mendapatkan gizi yang cukup.

Apakah susu formula boleh disimpan di dalam kulkas?

Menurut hasil pengujian, waktu penyajian susu formula terbaik adalah langsung setelah diseduh. Tidak direkomendasikan untuk menyimpan susu formula yang sudah diseduh di dalam kulkas. Jika terpaksa, simpan dalam wadah yang tertutup rapat, jauhkan dari daging dan sayuran mentah, dan jangan simpan lebih lama daripada 24 jam.

Mengapa bayi diare setelah meminum susu formula?

Kemungkinan air yang digunakan untuk menyeduh susu formula kurang bersih. Bisa juga bayi kurang cocok atau alergi dengan susu formula tersebut. Cara terbaik untuk mengetahui apakah bayi alergi dengan kandungan tertentu dalam susu formula adalah dengan menghubungi dokter dan melakukan tes alergen.

Mengapa bayi terkena eksim setelah meminum susu formula?

Bila bayi terkena eksim atau ruam yang tak kunjung sembuh setelah beberapa lama meminum susu formula tertentu, ada kemungkinan si bayi alergi dengan susu tersebut. Direkomendasikan untuk membawanya ke dokter dan menghentikan konsumsi susu formula tersebut.

Apakah susu formula dapat dibuat dengan air dingin?

Bisa saja, namun air hangat lebih direkomendasikan karena mempercepat proses pelarutan bubuk susu dan membunuh bakteri yang mungkin menempel di gelas atau bubuk formula.

Apakah susu formula boleh dicampur dengan gula?

Sebaiknya tidak. Tambahan gula dalam susu formula dapat menyebabkan obesitas dan kerusakan gigi. Untuk hasil terbaik, cukup larutkan bubuk susu dengan air sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Sampai kapan anak perlu minum susu formula?

Anak di bawah 2 tahun direkomendasikan untuk meminum susu formula untuk mendapatkan nutrisi terbaik apabila ASI tidak mencukupi. Setelah itu, anak bisa meminum susu formula hingga umur lima tahun, tetapi menurut uji coba klinis, hal ini tidak diwajibkan.

Seberapa lama susu formula bisa bertahan setelah diseduh?

Direkomendasikan langsung memberikan susu formula yang diseduh langsung kepada anak apabila temperatur sudah sesuai dan dapat diminum. Menurut penelitian, kondisi terbaik susu formula dapat terjaga selama 2 jam di suhu ruangan dan hingga 24 jam di dalam kulkas.

Mengapa susu formula terlihat berbusa?

Apakah Anda telah mendiamkan susu formula selama beberapa jam? Busa tersebut kemungkinan disebabkan karena susu telah terkontaminasi bakteri. Untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk membuang susu formula yang sudah asam dan berbusa.

Apakah susu formula sama saja dengan susu full cream bubuk?

Karena kemiripan penampilan dan teksturnya, banyak orang yang menganggap susu formula sama dengan susu full cream bubuk biasa. Padahal susu formula sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral sehingga lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Tinggalkan Balasan