Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Sunscreen im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
25 lama pengujian
5 studi evaluasi
2000 Baca ulasan

🥇 Sunscreen Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

Mehr zu Cornelia

Sunscreen Daftar Produk Terbaik 2021

Sunscreen Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Paparan sinar matahari tidak bisa kita hindari saat berada di luar ruangan. Sunscreen terbaik bisa membantu mencegah dampak negatif yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

 

Apa yang Dimaksud dengan Sunscreen?

 

Sunscreen adalah produk kecantikan yang diaplikasikan ke kulit untuk menghalau sinar UVA dan UVB dari matahari.

 

cream lotion sunscreen tanganMatahari mengandung tiga macam sinar ultraviolet dengan panjang gelombang yang berbeda, yaitu UVA, UVB, serta UVC.

 

Sinar UVA dapat masuk ke lapisan kulit dalam sehingga dapat merusak DNA tubuh. Sinar UVB hanya bisa mencapai lapisan terluar kulit, namun juga bisa merusak.

 

Membandingkan dua jenis sebelumnya, sinar UVC tidak bisa mencapai bumi sehingga tidak memiliki efek merusak kulit.

 

Cara Kerja Sunscreen

 

Sunscreen mengandung bahan-bahan aktif yang menimbulkan reaksi kimia ketika terekspos sinar matahari.

 

Sinar matahari ini diserap lalu diubah menjadi panas dan kemudian dikeluarkan melalui kulit.

 

Bahan-bahan aktif yang ada di dalam sunscreen adalah oksibenzon, octyl methoxycinnamate, dan octyl salicylate. Sunscreen terbaik bisa bekerja efektif saat menyerap ke dalam kulit.

 

Berbagai uji praktek telah menunjukkan bahwa sunscreen efektif melindungi kulit dari penuaan dini dan hiperpigmentasi.

 

Manfaat Sunscreen

 

Memakai sunscreen secara rutin saat berada di luar ruangan sangat bermanfaat untuk kulit. Inilah manfaat yang bisa didapatkan.

 

Mencegah kerutan

Mencegah kerutan

Sinar UVA bisa merusak kolagen dan jaringan kulit. Hal ini bisa berpengaruh pada elastisitas kulit sehingga muncul kerutan-kerutan.

Mencegah noda pada kulit

Mencegah noda pada kulit

Terpapar sinar UVA bisa menimbulkan noda-noda pada kulit. Warnanya berbeda dari area sekitar kulit lainnya. Noda ini biasanya muncul pada wajah, bahu, lengan, punggung, dan punggung tangan.

Mencegah kulit terbakar

Mencegah kulit terbakar

Terlalu lama terpapar sinar UVB juga menyebabkan kulit terbakar atau sunburn. Kulit menjadi memerah dan terasa panas. Keadaan ini bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit.

Meningkatkan kesehatan kulit

Meningkatkan kesehatan kulit

Protein pada kulit yaitu kolagen, keratin, dan elastin berguna untuk menjaga kulit tetap sehat. Sunscreen terbaik dapat melindungi protein kulit tersebut dari paparan sinar matahari.

 

Jenis-jenis Sunscreen

 

Jenis-jenis SunscreenSunscreen terbaik hadir dengan berbagai jenis pengaplikasian. Pertama ada bentuk losion yang paling sering dijumpai di pasaran. Sunscreen ini mudah diaplikasikan dan tidak membuat kulit kering. Namun, biasanya terasa lengket di kulit.

 

Ada pula sunscreen berbentuk krim. Memiliki kemiripan dengan losion, namun lebih kental. Sunscreen berbentuk krim hadir dalam kemasan tube.

 

Selanjutnya ada sunscreen berbentuk cair. Dibandingkan yang lain, sunscreen ini memang lebih praktis digunakan. Saat dipakai tidak terasa lengket, namun bisa membuat kulit kering. Selain itu juga berisiko membuat zat-zat kimianya terhirup.

 

Sunscreen berbentuk gel tidak terasa lengket saat diaplikasikan. Sunscreen jenis ini sangat tepat untuk kulit berminyak. Bagus juga dioleskan di bagian-bagian tubuh yang memiliki bulu karena terasa nyaman.

 

Sunscreen berbentuk roll on berbentuk kecil sehingga mudah dibawa dan cocok digunakan pada area tubuh yang kecil. Namun, berdasarkan eksperimen, sunscreen ini tidak efektif untuk diaplikasikan pada area tubuh yang lebih luas.

 

Sunscreen berbentuk stik biasa digunakan untuk melindungi bagian-bagian seperti hidung, bibir, dan telinga. Pengaplikasiannya akan terasa kering pada kulit.

 

Ada lagi sunscreen berbentuk tabur yang terbilang baru. Cara penggunaannya menggunakan kuas bedak. Teksturnya kering dan tidak berminyak. Anda bisa menggunakannya saat melakukan touch up riasan.

 

Tips Memilih Sunscreen

 

Perhatikan Jenis Kulit

 

Sunscreen terbaik harus memiliki kesesuaian dengan jenis kulit.

 

Orang yang berkulit normal bisa dibilang tidak akan kesulitan untuk mencari produk sunscreen. Berbeda dengan pemilik kulit kering, berminyak, dan sensitif yang harus jeli memilih produk yang cocok.

 

Sunscreen terbaik yang cocok untuk jenis kulit kering adalah yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan kulit seperti ceramide, gliserin, dan hyaluronic acid.

 

Pemilik kulit berminyak harus menggunakan sunscreen terbaik berbahan dasar air atau gel. Bahan-bahan seperti teh hijau, minyak tea tree, atau niacinamide dapat mengontrol produksi minyak pada wajah.

 

Perhatikan pula, apakah sunscreen tersebut memiliki label non komedogenik atau tidak. Sunscreen seperti ini tidak akan menyumbat pori-pori penyebab jerawat.

 

Untuk pemilik kulit sensitif, hindari sunscreen yang mengandung bahan-bahan yang bisa memunculkan peradangan kulit dan bersifat hipoalergenik. Pilihlah produk berbahan dasar air yang ringan.

 

Perhatikan Teksturnya

 

Kita tentu menginginkan sunscreen yang terasa nyaman saat dioleskan di kulit. Sunscreen yang terasa lengket biasanya mengandung silikon dan acrylate polimer yang tinggi.

 

Jadi, usahakan untuk mencari sunscreen terbaik yang tidak mengandung kedua bahan ini. Sunscreen terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat memiliki tekstur yang ringan dan bebas minyak.

 

Namun, sudah banyak juga sunscreen terbaik untuk kulit kering yang tetap melembabkan tanpa meninggalkan rasa lengket.

 

Aroma Sunscreen

 

Sebagian besar produk skincare mengandung pewangi agar disukai oleh konsumen. Hal ini berbeda dengan sunscreen. Sebagian produk sunscreen terbaik tidak mengandung pewangi karena bisa mempengaruhi efektivitasnya.

 

Namun, banyak juga produk sunscreen yang memiliki aroma. Aroma tertentu dari suatu produk sunscreen terbaik bisa memberikan kenyamanan saat kita memakainya.

 

Pilihlah aroma yang lembut dan tidak menyengat. Jika aromanya kita sukai, maka kita tak akan malas untuk mengoleskannya sering-sering. Bukan tak mungkin juga suasana hati jadi meningkat karena mencium aroma sunscreen favorit.

 

Cari yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Kulit 

 

Carilah produk sunscreen terbaik yang tidak sekadar melindungi kulit. Jika ada produk sunscreen yang mengandung bahan-bahan lain yang bisa membuat kulit lebih sehat, tentu ini menjadi nilai tambah.

 

Sunscreen terbaik yang mengandung vitamin C dan vitamin E akan merawat kulit agar tetap cerah, lembab, dan kencang.

 

Sunscreen Tubuh Berbeda dengan Wajah

 

Sunscreen WajahDi pasaran tersedia sunscreen untuk wajah dan tubuh secara terpisah. Kulit wajah pada dasarnya lebih rentan mengalami iritasi daripada kulit tubuh.

 

Makanya, sunscreen terbaik untuk wajah sudah diformulasikan agar tidak menimbulkan iritasi dan jerawat.

 

Jadi, jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, hindari memilih sunscreen tubuh yang sekaligus nantinya digunakan untuk wajah.

 

Ada Tidaknya Kandungan Alkohol 

 

Kandungan alkohol banyak ditemukan dalam produk perawatan kecantikan termasuk sunscreen. Alkohol seperti cetearyl alcohol, tokoferol, dan retinol bermanfaat untuk menutrisi kulit.

 

Hal yang memberatkan adalah ada jenis alkohol seperti benzyl alcohol, etanol, isopropyl alcohol, metanol, dan denatured alcohol yang bersifat mengeringkan kulit bahkan iritasi.

 

Jadi, kalau Anda memiliki kulit yang sensitif, perhatikan ada tidaknya kandungan alkohol dalam suatu produk sunscreen terbaik.

 

Perhatikan zat-zat yang Terkandung di Dalam Sunscreen

 

Sunscreen terbuat dari berbagai kandungan yang tujuan utamanya adalah melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. Ada beberapa zat yang umum ditemukan dalam sunscreen berdasarkan uji penilaian.

 

  • Avobenzone
  • Octinoxate
  • Octisalate
  • Oxybenzone
  • Octocrylene
Zat ini paling banyak digunakan dalam sunscreen. Sifatnya tidak stabil sehingga cepat terurai saat terkena sinar matahari.
Zat ini paling cepat menyerap ke dalam kulit. Octinoxate juga bisa mempengaruhi fungsi tiroid.
Zat ini berperan menyerap sinar UVB sekaligus meningkatkan kadar zat-zat lain yang masuk ke dalam kulit. Jadi, jika suatu produk sunscreen mengandung zat-zat berbahaya, maka octisalate akan membantu meningkatkan kemungkinan zat-zat tersebut masuk ke dalam kulit.
Oxybenzone berperan untuk menyerap sinar UVA dan UVB, namun juga meningkatkan produksi radikal bebas dalam tubuh setelah terekspos sinar matahari. Zat ini bisa mempengaruhi produksi estrogen.
Seperti zat sebelumnya, octocrylene juga dapat menyerap sinar UVA dan sinar UVB. Namun setelah itu, tubuh akan meningkatkan produksi radikal bebas.

 

Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Dalam Sunscreen

 

Sun Protection Factor

 

Sunscreen memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Hal ini bisa dilihat dari parameter sun protector factor atau SPF. SPF menunjukkan seberapa lama suatu produk sunscreen terbaik melindungi kulit dari sinar matahari.

 

Inilah daftar perbandingannya:

 

  • SPF 15 melindungi kulit sebanyak  93%
  • SPF 30 melindungi kulit sebanyak 97%
  • SPF 50 melindungi kulit sebanyak 98%
  • SPF 100 melindungi kulit sebanyak 99%

 

Berdasarkan pengujian, produk sunscreen terbaik yang disarankan minimal memiliki SPF 30. Namun, jangan bergantung kepada patokan SPF ini. Mengaplikasikan ulang suatu produk sunscreen harus dilakukan terlepas dari nilai SPF-nya.

 

Broad Spectrum

 

Pada kemasan sunscreen terbaik biasanya terdapat tulisan “broad spectrum”. Ini artinya, sunscreen tersebut bisa melindungi kulit dari sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan UVB yang menyebabkan sunburn dan dapat meningkatkan potensi terjadinya kanker kulit.

 

Water-Resistant

 

Berdasarkan pemeriksaan, kulit masih bisa terpapar sinar UV saat kita berenang karena air bisa memantulkan sinar UV. Pilihlah sunscreen terbaik yang lolos uji dan bersifat water-resistant yang mampu melindungi kulit antara 40-80 menit di dalam air.

 

PABA Free

 

Ada produk-produk sunscreen yang mengandung para-aminobenzoic acid atau PABA. Berdasarkan hasil pengujian dan serangkaian tes, zat ini memang dapat menangkal sinar matahari, namun juga dapat memicu reaksi alergi, iritasi, dan pigmentasi.

 

Jadi pilihlah produk sunscreen terbaik yang tidak mengandung PABA.

 

Reef-friendly

 

Zat-zat kimia seperti oxybenzone pada sunscreen bisa masuk ke dalam air. Berdasarkan penelitian, praktik penggunaan zat-zat ini ini bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan terumbu karang dan membuat warnanya menjadi putih.

 

Banyak produk sunscreen terbaik yang tidak hanya melindungi kulit, tetapi juga aman untuk biota laut dan sudah teruji.

 

Merek-merek Sunscreen

 

Berdasarkan survey dan uji coba, ada 10 merek sunscreen yang bisa dipertimbangkan beserta tabel perbandingannya. Uji kecocokan juga dilakukan terhadap merek-merek ini.

 

Banana Boat

 

Mau berlibur dan butuh rekomendasi produk-produk sunscreen terbaik untuk keluarga? Banana Boat menyediakannya. Merek ini memiliki produk untuk bayi, anak-anak, hingga orang dewasa.

 

Bentuknya ada yang semprot, stik, minyak, dan balm. Untuk memberi perlindungan yang optimal, Banana Boat juga memiliki pilihan produk terbaik dengan SPF 15, 30, 50, hingga 100 yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

 

Saat diaplikasikan, teksturnya tidak terasa lengket dan cepat menyerap ke dalam kulit. Pemilik kulit sensitif pun tak perlu khawatir menggunakan produk-produk Banana Boat yang aman untuk kulit.

 

Produk-produk terbaik Banana Boat juga berlabel “reef-friendly” tanpa bahan-bahan berbahaya yaitu oxybenzone dan octinoxate.

 

Bali Breeze

 

Cobalah rekomendasi produk sunscreen terbaik dari merek lokal, Bali Breeze. Produk-produk Bali Breeze dirancang dengan teknologi sport-active agar semakin optimal untuk menghalau dampak buruk sinar UVA dan UVB.

 

Dengan SPF 50, masalah seperti sunburn bisa dicegah. Kandungan ekstrak eidelweiss di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Sambil melindungi kulit, kandungan tersebut juga akan merawat kulit agar tetap sehat.

 

Rekomendasi produk terbaik ini juga aman bagi kulit karena tanpa paraben dan tidak diujikan terhadap hewan.

 

Tak ada orang yang menginginkan kondisi kulit yang lengket, karena itu produk-produk sunscreen terbaik dari Bali Breeze dibuat agar terasa lembut dan nyaman untuk kulit.

 

Innisfree

 

Untuk mendapatkan produk sunscreen terbaik yang ringan dan segar di kulit, Anda bisa mencoba rekomendasi produk-produk dari Innisfree. Sunscreen dari Innisfree memakai kandungan bahan-bahan alami seperti green tea dan aloe vera.

 

Adanya bahan-bahan alami  ini juga mengusir kekhawatiran terhadap kondisi kulit kering, kemerahan, atau iritasi.

 

Selain mencegah masalah seperti keriput dan kulit terbakar akibat sinar matahari, sunscreen terbaik Innisfree juga menjaga kulit Anda agar tetap cerah, kencang, dan lembab.

 

Ada pilihan bentuk stik dan krim serta pilihan SPF 45 dan SPF 50 untuk memudahkan Anda. Tak masalah jika kulit Anda normal, berminyak, kering, atau sensitif, karena produk-produk terbaik Innisfree bisa menyesuaikannya.

 

Nivea

 

Nivea menyediakan rekomendasi produk-produk sunscreen terbaik dengan bahan alami yaitu ekstrak tumbuhan pro melanin. Sunscreen Nivea memiliki formula yang cepat menyerap dan ringan sehingga cocok untuk digunakan setiap hari.

 

Kulit tidak akan terasa lengket, namun lembap. Sensasi dingin akan terasa saat memakai produk-produk sunscreen ini.

 

Perlindungan terhadap masalah kulit terbakar, penuaan dini, dan noda hitam sangat efektif karena Nivea memiliki rekomendasi produk terbaik dengan SPF 25, 30, dan 50.

 

Nivea juga menyediakan rekomendasi produk-produk sunscreen untuk anak-anak dan orang dewasa. Mau bentuk semprot atau losion pun tersedia.

 

Nivea juga peduli dengan lingkungan dan membuat produk-produk sunscreen terbaiknya agar tidak merusak lingkungan laut.

 

SK-II

 

Merek SK-II dikenal dengan produk-produk skincare terbaiknya yang menggunakan pitera. Pitera mengandung lebih dari 50 micronutrient yang terdiri dari vitamin, mineral, asam organik, dan asam amino.

 

Dengan berbagai kandungan ini, kulit akan tampak cerah merata, pori-pori mengecil, mengurangi kadar minyak, dan noda-noda hitam pun sirna. Rekomendasi produk sunscreen terbaik SK-II juga mengandung bahan pitera.

 

Selain itu juga dilengkapi dengan fitur Atmosphere Therapy Complex O. Dengan begitu, kerusakan akibat sinar UVA dan UVB bisa dicegah.

 

Efek antioksidan di dalam produk sunscreen terbaik SK-II dapat mengatasi masalah radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini. Tersedia rekomendasi produk sunscreen SPF 30 dan SPF 50.

 

Garnier

 

Garnier menggunakan teknologi Meroxyl untuk produk-produk sunscreen terbaiknya. Hal ini membuat kulit terlindungi secara menyeluruh dari paparan sinar matahari sekaligus mencegah timbulnya noda hitam, garis-garis halus, dan masalah kulit lainnya.

 

Kandungan bahan aktif pencerah kulit seperti vitamin A dan vitamin C juga membuat sunscreen Garnier layak diperhitungkan. Rekomendasi produk sunscreen terbaik Garnier memiliki SPF 50 dan tersedia untuk kulit kering, berminyak, dan normal.

 

Kulit akan terasa lembap dan tidak tampak berkilau. Teksturnya yang cair membuat sunscreen ini mudah dibaurkan ke kulit sehingga cocok dipakai bersama kosmetik wajah tanpa meninggalkan rasa lengket.

 

Jika menyukai aroma skincare yang segar, rekomendasi produk-produk sunscreen terbaik dari Garnier ini bisa menjadi pertimbangan.

 

Wardah

 

Merek Wardah memiliki konsep halal untuk memproduksi produk-produk skincare terbaiknya termasuk sunscreen yang sudah lolos uji. Bahan alkohol tidak ditemukan dalam rekomendasi produk-produk sunscreen-nya.

 

Dengan SPF 30, produk-produk ini akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Produk sunscreen terbaik Wardah pun bisa mencegah efek buruk sinar biru dari peralatan elektronik.

 

Digunakan bahan-bahan seperti contohnya vitamin E, lidah buaya, dan Pro Vitamin B5 yang akan menutrisi kulit agar tetap lembab dan sehat. Sunscreen yang lengket tentu bukan menjadi pilihan konsumen.

 

Oleh karena itu, Wardah membuat produk sunscreen terbaiknya dengan ringan dan langsung meresap begitu dioleskan agar tidak meninggalkan rasa tidak nyaman.

 

Kiehl’s

 

Jika ingin lebih ekonomis, Kiehl’s menyediakan rekomendasi produk sunscreen terbaik untuk wajah sekaligus tubuh berbentuk losion yang cocok untuk semua jenis kulit. Apalagi produk-produk ini juga sudah teruji secara dermatologi sehingga aman.

 

Formulanya ringan sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit dan tidak menyebabkan jerawat. Karena mengandung vitamin E, maka kulit akan terjaga kelembabannya. Kulit akan tampak matte dan tidak berminyak.

 

Teknologi filter matahari pada produk-produk sunscreen terbaik Kiehl’s berfungsi untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar UVA dan UVB.

 

Dengan SPF 50, masalah kulit dan penuaan dini bisa dicegah. Tak cuma itu, kulit pun bisa terlindungi dari polusi lingkungan dan kotoran.

 

La Tulipe

 

La Tulipe berkomitmen untuk membuat produk-produk terbaik yang cocok untuk iklim tropis. Jadi, produk sunscreen merek ini bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk konsumen Indonesia.

 

Rekomendasi sunscreen terbaiknya ada yang berbentuk losion, krim, maupun gel dengan pilihan SPF 17 dan SPF 21. Produk sunscreen La Tulipe tidak terasa lengket karena bebas kandungan minyak dan mengandung bahan PCA sodium moisturizer.

 

Kulit pun akan terhidrasi dan tidak kering. Sebelum beraktivitas di luar ruangan, Anda bisa mengaplikasikan sunscreen La Tulipe ke seluruh tubuh.

 

La Tulipe menjamin keamanan produk-produknya karena sudah ditinjau oleh Badan Obat dan Pangan Amerika Serikat (FDA) dan terdaftar di BPOM.

 

Azarine 

 

Merek lokal lain yang memiliki rekomendasi produk-produk sunscreen terbaik adalah Azarine. Azarine memakai bahan-bahan herbal dan rempah-rempah.

 

Hal ini dapat terlihat dari produk-produk sunscreen terbaiknya yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, delima, air kelapa, propolis, dan teh hijau.

 

Dengan pilihan SPF 45 dan SPF 50, sunscreen terbaik Azarine akan melindungi kulit dari sinar matahari dan menutrisinya. Produk Azarine ini diperuntukkan untuk segala jenis kulit karena tidak mengandung alkohol, minyak, dan silikon.

 

Tak  perlu khawatir muncul jerawat atau radang pada kulit. Pemakaian produk sunscreen terbaik ini akan membuat kulit terasa sejuk. Cocok digunakan setiap hari saat beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.

 

Sunscreen Berbeda dengan Sunblock

 

Banyak orang yang menganggap kalau produk sunscreen dan sunblock adalah produk dengan manfaat yang sama yaitu melindungi kulit dari sinar matahari. Padahal, keduanya cukup berbeda.

Seperti dijelaskan sebelumnya, sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari kemudian melepaskannya keluar melalui kulit.

 

Hal ini berbeda dengan sunblock yang membentuk perlindungan pada kulit untuk menghalangi masuknya sinar matahari.

 

Jadi sunblock hanya berada di permukaan kulit saja. Bahan utama sunblock adalah titanium dioksida atau zinc oxide yang merupakan zat mineral.

 

Sunblock SkincareSunblock cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif karena kandungan zat-zat mineral di dalamnya. Zat-zat ini hanya bekerja di atas permukaan kulit dan tidak diserap oleh kulit.

 

Berbeda dengan sunscreen yang mengandung zat-zat kimia yang bisa menimbulkan masalah pada kulit sensitif seperti jerawat, kemerahan, atau gatal.

 

Saat diaplikasikan, sunblock sering menimbulkan bercak putih atau white cast yang tentu saja bisa mengganggu penampilan.

 

Hal ini karena tekstur sunblock yang kental dan bisa jadi juga karena Anda terlalu banyak mengoleskannya. Bisa juga disebabkan oleh faktor warna kulit karena white cast cenderung sering muncul pada kulit berwarna gelap.

 

Untuk mengatasinya, sunblock tidak boleh digosok-gosok saat dioleskan, tetapi cukup ditepuk-tepuk saja. Setelah itu diamkan sebentar. Jika menggunakannya bersama kosmetik, setelah menggunakan sunblock, lapisi dengan bedak tabur atau bedak padat.

 

Cara Mengaplikasikan Sunscreen

 

 

  • Ketahui waktu matahari bersinar terik. Matahari bersinar kuat antara pukul 10 pagi dan pukul 4 sore. Jadi, oleskan sunscreen terlebih dahulu pada jam-jam tersebut.
  • Kocok sebelum digunakan.  Cara ini berlaku untuk sunscreen cair. Berdasarkan analisis, cara ini dapat membantu bahan-bahan aktif dalam sunscreen menyebar merata.
  • Gunakan dalam jumlah yang tepat. Oleskan sunscreen secara merata dan tidak terlalu tipis. Untuk sunscreen semprot, aplikasikan sebanyak mungkin.
  • Aplikasikan dalam waktu yang tepat. Aplikasikan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar rumah. Aplikasikan lagi setiap 2 jam sekali.
  • Jangan lupakan oleskan sunscreen pada kepala, telinga, serta leher depan dan belakang. Bagian-bagian tubuh ini juga sering terpapar matahari.
  • Kontrol pengaplikasian sunscreen dengan tingkat aktivitas. Sunscreen harus kembali diaplikasikan setelah kulit mengeluarkan banyak keringat atau setelah berenang.
  • Hati-hati menggunakan sunscreen semprot. Zat-zat dalam sunscreen semprot berbahaya jika terhirup. Semprotkan dulu pada telapak tangan, lalu gosokkan ke bagian tubuh.
  • Jika ingin menggunakan sunscreen berdampingan dengan produk skincare lainnya, perhatikan urutannya agar terserap dengan baik. Aplikasikan dulu pelembab, lalu diikuti sunscreen. Hasil riasan pun tampak mulus dan rapi.
  • Perhatikan penggunaan sunscreen untuk anak. Berdasarkan evaluasi, kulit anak-anak masih sensitif terhadap sinar UV. Lakukan tes produk di pergelangan tangannya. Jika timbul iritasi atau ruam, cobalah produk lain.

 

Sumber

 

https://kesehatan.kontan.co.id/news/perbedaan-sunscreen-dengan-sunblock-mana-yang-lebih-baik

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/#gref

https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/cara-memilih-sunscreen-terbaik

https://doktersehat.com/cara-memilih-sunscreen-yang-bagus/

https://haigadis.com/sunscreen-untuk-kulit-sensitif/

 

FAQ

Siapa yang menemukan sunscreen?

Saat mendaki gunung Piz Buin di perbatasan Swiss dan Austria, Franz Greiter mengalami kulit terbakar. Ia lalu menemukan sunscreen pada tahun 1938.

Apakah memakai sunscreen bisa menyebabkan kekurangan vitamin D?

Tidak. Menggunakan sunscreen secara rutin bisa memelihara vitamin D dalam tubuh.

Kapan harus mengoleskan sunscreen pada bagian tubuh yang bertato?

Oleskan 15 menit sebelum keluar rumah. Aplikasikan lagi minimal dua jam sekali.

Apakah perlu menggunakan sunscreen saat berada di dalam ruangan?

Ya. Sinar UVA masih bisa menembus ke dalam ruangan melalui jendela.

Apakah sunscreen bisa melindungi tubuh dari sinar biru?

Bisa. Sunscreen yang mengandung iron oxide bisa menangkal sinar biru.

Bagaimana jika sunscreen digunakan hingga malam hari?

Sunscreen tidak perlu dipakai hingga malam hari. Bersihkan sunscreen sebelum tidur agar tidak menyumbat pori-pori.

Apakah sunscreen bisa digunakan sebagai primer wajah?

Ya. Sunscreen yang tahan air dan keringat bisa digunakan untuk primer wajah.

Berapa lama masa kadaluarsa sunscreen?

Sunscreen bisa bertahan hingga tiga tahun. Namun, tetap perhatikan label kadaluarsanya.

Apakah sunscreen bisa digunakan untuk anjing?

Tidak. Bahan-bahan yang terkandung dalam sunscreen untuk manusia bisa berbahaya untuk anjing.

Siapa yang menyanyikan lagu “The Wear SunScreen”?

Lagu The Wear Sunscreen mulanya adalah sebuah esai yang ditulis oleh Mary Schmich. Kemudian diubah menjadi lagu dan dinyanyikan oleh Baz Luhrmann.

Tinggalkan Balasan