Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
SSD im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
26 lama pengujian
5 studi evaluasi
6000 Baca ulasan

🥇 SSD Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Andry Priatna

Seorang yang berpengalaman di bidang Full-Stack Web Developer dan Graphic Designer.

Mehr zu Andry

SSD  Daftar Produk Terbaik 2021

SSD Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Istilah ‘mending rakit PC‘ memang sangat familiar di telinga masyarakat. Terutama buat orang-orang yang tertarik dengan dunia teknologi seperti komputer. Tapi sebelum merakit PC sendiri, Anda perlu tahu tentang apa itu SSD atau Solid State Drive terbaik.

 

Media penyimpanan ini merupakan generasi baru yang digunakan pada komputer. Untuk lebih tahu detail, berikut ulasan lengkap mengenai rekomendasi SSD, keuntungan, dan tips bermanfaat lainnya untuk Anda.

 

Apa Itu SSD?

Solid State Drive atau biasa disingkat dengan SSD merupakan media penyimpanan terbaik generasi baru yang dipakai pada komputer.

AtomX 500GB SSDHadirnya SSD ini menggantikan hard disk, yang memang umum digunakan sebagai penyimpanan pada komputer.

 

SSD menggunakan memori berbasis flash, sehingga secara signifikan bekerja lebih cepat. Hard disk yang biasanya digunakan sebagai media penyimpanan, acap kali membuat kerja komputer Anda lebih lambat.

 

Namun teknologi SSD terbaik ini direkomendasikan dan diklaim membuat kerja komputer lebih cepat. Teknologi dengan kinerja tinggi ini sebetulnya belum diketahui oleh banyak orang.

 

Namun seiring berkembangnya zaman, SSD mulai diminati dan bahkan menjadi settingan default pada komputer maupun laptop saat ini.

 

Cara Kerja SSD

 

SSD terbaik memiliki tujuan yang sama dengan hard disk, yaitu menyimpan data dan file dalam jangka panjang.

 

Namun cara kerja SSD berbeda dengan hard disk, di mana SSD menggunakan ‘memori flash‘ yang mirip dengan RAM (Random Access Memory).

 

SDD vs HDDAkan tetapi SSD tidak seperti RAM, yang menghapus data setiap kali komputer mati. Data pada SSD akan tetap ada bahkan saat komputer dalam keadaan mati.

 

SSD menggunakan jaringan Sel listrik untuk mengirim dan menerima data.

 

Berbeda dengan Hard Disk, SSD menyimpan data ke dalam sebuah ‘halaman‘. Jika ‘halaman‘ tersebut sudah penuh, maka SSD akan melakukan proses untuk membuat halaman itu menjadi kosong kembali.

 

Jadi tak menutup kemungkinan jika SSD menyimpan terlalu banyak data, maka kinerjanya akan menurun tak secepat saat pemakaian awal.

 

Keuntungan Menggunakan SSD Terbaik

 

  • Tahan banting

Teknologi penyimpanan terobosan baru ini direkomendasikan karena memiliki daya tahan yang lebih Tangguh dibandingkan dengan komponen komputer yang lain. Sebagai contoh, jika laptop Anda jatuh di jalan maka SSD yang terpasang akan baik-baik saja.

 

  • Kecepatan SSD terbaik

SSD terbaik memiliki kecepatan akses 35 hingga 100 mikrodetik dengan kinerja 100 kali lipat dari hard disk drive (HDD). Hal ini membuat pemuatan aplikasi lebih cepat, begitu juga dengan daya tanggap sistem yang lebih baik.

 

  • Desain minimalis dan mudah dibawa

SSD terbaik direkomendasikan karena memiliki komponen yang ringan dibandingkan HDD. Selain itu SSD juga hemat listrik, sehingga memungkinkan untuk dibawa kemana saja.

 

  • Tidak banyak menimbulkan bunyi

Karena tak menggunakan piringan dalam komponennya, SSD terbaik relatif lebih hening saat dipakai.

 

Jenis – jenis SSD Terbaik

 

Inilah jenis-jenis SSD yang bisa jadi panduan Anda untuk memilih:

 

  • SATA SSD Solid State Drive
  • Solid State Drive SSD mSATA
  • Solid State Drive SSD M.2
  • Solid State Drive SSD PCI-Express
SATA SSD Solid State Drive merupakan generasi pertama dari SSD. Jenis SSD ini mampu membaca dengan kecepatan mencapai 570MB per detik. SATA SSD juga bekerja lima kali lebih cepat dibanding HDD. Varian SATA SDD yang paling umum ditemui pada laptop yaitu SSD 2,5 inci. Jenis SSD ini akan membuat laptop Anda lebih cepat, dan memuat game hanya dalam beberapa saat.
Solid State Drive SSD mSATA memiliki bentuk lebih kecil dibanding jenis sebelumnya. Tipe SSD yang satu ini biasa dipasang pada perangkat portable, seperti laptop, tablet, maupun netbook. Selain bentuknya yang kecil, SSD mSATA tak banyak memakan daya baterai, dan kemampuan boot dan mematikan perangkat lebih cepat.
Solid State Drive SSD M.2 memiliki bentuk yang hampir sama dengan mSATA. Jenis ini biasa ditemukan pada tablet atau ultrabook. M.2 dapat mendukung NVMe, dan memberikan peningkatan kinerja yang lebih baik.
Jenis Solid State Drive SSD ini belum lama masuk ke pasaran. Bentuk SSD yang satu ini harganya ditaksir lebih mahal dibanding sebelumnya. Ia menggunakan slot PCI-E sebagai interface sehingga akan dibatasi pada kecepatan slot PCI-E.

 

Tips Saat Membeli SSD

 

memilih ssd terbaikAnda tertarik untuk membeli SSD yang terbaik untuk laptop Anda?

 

Jangan terburu-buru, lebih baik ketahui dulu rekomendasi, tips penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli SSD terbaik.

 

Anda perlu melakukan pemeriksaan, perbandingan produk yang teruji dan yang lolos uji.

 

Tips 1: Pertimbangkan kebutuhan kapasitas memori

Tips 1: Pertimbangkan kebutuhan kapasitas memori

Sebelum membeli SSD terbaik, tentu saja Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan kapasitas memori sebesar apa. Jangan sampai Anda membeli SSD yang memiliki kapasitas yang kecil, padahal kebutuhan penyimpanan Anda cukup besar. Kebutuhan memori juga mempengaruhi jenis SSD yang akan dibeli, terutama dalam membaca dengan kecepatan yang sesuai harapan. Analisis yang menjadi pertimbangan pembeli dari SSD dan HDD adalah kapasitas penyimpanan atau storage. HDD biasanya menggunakan Disk Defrag untuk merapikan file berantakan, namun hal ini tidak bisa dilakukan oleh SSD. Begitu juga dengan kapasitas storage SSD, semakin besar maka harganya semakin mahal.

Tips 2: Perhatikan spesifikasi SSD terbaik yang akan dibeli

Tips 2: Perhatikan spesifikasi SSD terbaik yang akan dibeli

Karena kapasitasnya yang cukup besar dengan kinerja yang cepat, orang mudah tergiur dengan hal tersebut. Perhatikan lebih detail mengenai spesifikasi SSD terbaik yang akan dibeli secara fisik. Akan percuma bila membeli SSD dengan ukuran besar namun tak dapat dipasang pada komputer atau laptop Anda. Kesalahan dalam memperhatikan spesifikasi sangat berdampak besar terhadap komputer milik Anda. Untuk ukuran SSD terbaik, saat ini yang biasa digunakan adalah ukuran 2,5 inchi untuk slot di HDD laptop. Sedangkan di PC, perlu ukuran 3,5 inchi. Atau Anda bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan membeli SSD mount dari ukuran 2,5 inchi ke 3,5 inchi.

Tips 3: Perhatikan kecepatan SSD

Tips 3: Perhatikan kecepatan SSD

Penting untuk memperhatikan kecepatan SSD terbaik yang akan dibeli. Standar kecepatan umumnya berkisar 300MB sampai 400MB per detik. Sesuaikan dengan keinginan yang Anda mau, selama tidak di bawah standar. Misal ingin SSD hemat baterai, dan kemampuan boot dan mematikan perangkat lebih cepat, Anda bisa memilih SSD jenis mSATA. Untuk urusan kecepatan read and write, SSD bisa dibilang 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Kecepatan read SSD mencapai 557MB/s, dan kecepatan write bisa mencapai 507MB/s.

Tips 4: Mencocokan interface dengan komputer

Tips 4: Mencocokan interface dengan komputer

Rekomendasi SSD terbaik menggunakan jenis SATA sebagai interface. Hal ini berhubungan dengan kecepatan transfer data. Setiap interface tentunya memiliki kecepatan yang berbeda, mulai dari SATA 1 dengan kecepatan 1,5GB sampai SATA 3 dengan kecepatan 6GB. Namun pastikan apakah PC milik Anda mendukung penggunaan SATA 3.

Tips 5: Memilih jenis level cell

Tips 5: Memilih jenis level cell

SSD terbaik menggunakan teknologi yang berbeda. Ada dua rekomendasi teknologi yang bisa kamu pakai, yaitu Multi Level Cell atau MLC dan Single Level Cell atau SLC . Kecepatan SLC lebih baik dibanding MLC, ia juga lebih awet ketimbang MLC.

Tips 6: Usia pemakaian

Tips 6: Usia pemakaian

Setiap produk elektronik, tak terkecuali komponen komputer seperti SSD memiliki masa pakai. Berdasarkan hasil penelitian, masa pakai atau usia dari SSD berkisar 5-7 tahun. Usia pemakaian ini tergantung dengan kebutuhan pengguna. Semakin sering dilakukan proses write pada SSD terbaik, maka usia pemakaian semakin pendek. Jika Anda ingin membeli SSD dengan durasi pemakaian yang lama, kami rekomendasikan Anda untuk memikirkan kembali kebutuhan yang memang diperlukan dari SSD tersebut.

Tips 7: Budgeting

Tips 7: Budgeting

Karena harganya yang lumayan mahal, tentu saja perlu merencanakan budget. Anda perlu membuat tabel perbandingan baik dari spesifikasi, keunggulan, kemiripan performa dan harga terbaik. Anda bisa memilih SSD yang sesuai dengan kemampuan kantong serta tidak memberatkan. Harga SSD disesuaikan dengan kemampuan dan performa yang ditawarkan. Jika membandingkan dengan HDD, harga SSD terbaik 500GB lebih mahal dibandingkan HDD dengan memori 1TB. Jika ANda memiliki dana yang sedikit, kami rekomendasikan memilih HDD. Namun jika harus membeli SSD, pastikan kapasitasnya jangan terlalu kecil, minimal 250GB.

 

10 SSD Terbaik

 

Samsung SSDJika ingin mendapatkan performa dan kinerja mengesankan dari laptop atau komputer, Anda dapat memasang SSD.

 

Memasang SSD merupakan solusi terbaik. SSD diklaim mampu memberikan performa lebih cepat, daya tahan yang tangguh dibandingkan hard disk drive (HDD).

 

Usia pemakaian SSD juga disebut sanggup bertahan lebih lama. Kenapa Anda kami rekomendasikan menggunakan SSD? SSD dapat membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan efisien.

 

Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa poin berikut. Spesifikasi SSD yang sesuai dengan kebutuhan dan beban kerja, luas memori untuk menjalankan suatu program, kapasitas memori, hingga kemampuan transfer data.

 

Berikut ini adalah rekomendasi merek SSD terbaik dan keunggulannya. Anda bisa menemukan contoh produk yang telah melalui; pengujian dan uji coba berdasarkan tes serta hasil pengujian yang akurat.

 

Addlink

 

Merk Addlink sangat familiar bagi Anda yang suka merakit PC, terutama untuk keperluan gaming. Addlink merupakan sebuah perusahaan elektronik yang berdiri di Taiwan pada tahun 2014.

 

Addlink sendiri memproduksi media penyimpanan dan aksesori untuk komputer, tablet dan smartphone.

 

Salah satu produknya di ranah SSD adalah Addlink S70 yang memakai controller Phison PS5012-E12 dengan memori 64 lapis Toshiba 3D TLC.

 

Meskipun tidak terlalu terkenal, produk Addlink ini memiliki performa yang tak kalah gahar. Addlink memiliki 4 variasi kapasitas dari 256GB hingga 2TB.

 

Samsung

 

Samsung, perusahaan raksasa elektronik dunia yang juga berasal dari Seoul, Korea Selatan. Samsung dikenal sebagai pemimpin pasar produk elektronik dengan lebih dari 60 produk.

 

Mulai dari handphone, laptop, monitor, kulkas, mesin cuci, pendingin ruangan hingga televisi. Salah satu produk Samsung untuk komputer adalah SSD. SSD Samsung paling terkenal yaitu 860 Evo.

 

Samsung 860 EVO SSD yang dirancang mampu meningkatkan performa laptop atau PC. Evo 860 juga didukung dengan teknologi Intelligent Turbo Write, dengan kecepatan tulis sekuensial hingga 520 MB/s.

 

SSD yang satu ini direkomendasikan karena dibanderol dengan harga terjangkau berkisar 1,2 juta. SSD ini cocok untuk menyimpan data yang bersifat privat dan penting.

 

SSD tersebut dilengkapi dengan perangkat AES 256-bit yang cocok dengan  IEEE 1667 dan TCG Opal. Buat yang suka bermain game, SSD ini bisa dipakai untuk PS 4.

 

Sandisk

 

Anda tentu sangat familiar dengan merek SanDisk. Perusahaan yang berdiri sejak 1988 ini memproduksi software dan flash memory. Produk terbaik SanDisk diantaranya seperti digital audio player, kartu SIM, USB flash drives, dan flash memory card.

 

Perusahaan yang bermarkas di Milpitas, California. Produk SanDisk dijual di lebih dari 250.000 lokasi ritel di lebih dari 100 negara dengan fasilitas pabrik di China.

 

Sandisk juga memproduksi SSD. Salah satu SSD produksi SanDisk yang banyak digunakan yaitu SanDisk Extreme Pro Portable SSD. SSD Eksternal ini direkomendasikan karena memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi hingga 1050Mbps.

 

Desainnya yang kokoh, kuat, dan simpel membuat komponen di dalamnya lebih aman dari benturan dan mengurangi panas pada SSD. Terdapat tiga kapasitas yang bisa Anda pilih, yaitu 500GB, 1 TB, dan 2 TB.

 

Seagate

 

Seagate dikenal sebagai pemimpin global dalam produk penyimpanan data, dan sukses mengembangkan berbagai produk yang luar biasa.

 

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1979 ini telah memproduksi macam-macam produk komputer terbaik. Salah satunya produk BarraCuda SSD SATA III.

 

Teknologi SSD ini direkomendasikan karena memiliki form factor 2,5 inci dan memiliki tebal 7 mm. Produk yang satu ini dilengkapi dengan flash memory dari Toshiba, yaitu 3D TLC NAND. SSD Seagate juga menggunakan MLC.

 

Crucial

 

Crucial merupakan salah satu produsen memori terbesar di dunia. Crucial memproduksi berbagai macam produk komputer selama lebih dari 40 tahun. Anda akan melihat perbedaannya.

 

Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini melakukan pemeriksaan kualitas produk hingga ratusan kali demi menciptakan produk terbaik dan berkualitas, terutama produk SSD.

 

Crucial sendiri memiliki produk SSD andalan, yaitu Crucial MX500. SSD satu-satunya yang menggunakan ATA sebagai interface-nya.

 

Produk ini direkomendasikan karena punya kinerja ruang penyimpanan sekunder yang tak kalah keren dari SSD dengan interface PCI-E. Kapasitas memori tersedia yaitu, 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB.

 

Western Digital (WD)

 

Western Digital merupakan perusahaan yang populer di bidang industri teknologi informasi di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tanggal 23 April 1970 di Amerika Serikat ini dikenal dengan produk media penyimpanan data.

 

Beberapa produk WD mudah ditemukan di pasar global, termasuk Indonesia. Produk terbaiknya antara lain HDD dan SSD.

 

SSD WD yang paling populer adalah WD My Passport Go. SSD ini direkomendasikan karena tahan banting, mungkin yang satu ini akan cocok. Dengan bantalan karet pada permukaannya, membuat komponen SSD di dalam lebih aman.

 

Bahkan produk ini mengklaim SSD akan aman meski jatuh dalam ketinggian 2 meter. Hanya terdapat tiga macam kapasitas, 500 GB, 1 TB, dan 2TB.

 

Adata

 

Merek Adata sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Adata terkenal sebagai sebuah brand memori dan penyimpanan yang berasal dari Taiwan.

 

Berbagai produk Adata mudah ditemukan di Indonesia, seperti kartu memori, flash disk hingga aksesoris smartphone. Selain itu, Adata juga mengembangkan teknologi robotik dan sistem rangkaian tenaga elektrik.

 

Adata juga menjual perangkat komputer, salah satunya SSD. Salah satu produk terbaik SSD Adata yaitu Adata SSD SU650 Ultimate. Bila Anda mencari SSD dengan harga terjangkau, maka yang satu ini bisa masuk dalam list.

 

Meski dibanderol dengan harga berkisar Rp 450.000, namun kecepatan SSD ini cukup baik dan stabil. Produk ini menawarkan fitur caching SLC yang canggih. Ada juga teknologi ECC, dan MTBF yang sangat lama hingga 2 juta jam.

 

Kingston

 

Siapa sih yang nggak kenal brand Kingston? Kingston merupakan perusahaan teknologi komputer yang terkenal dengan produk flash disk, memori dan produk komponen komputer seperti SSD drive solid-state, keyboard hingga mouse pads.

 

Berkantor pusat di Fountain Valley, California, Amerika Serikat, Kingston Technology memiliki beberapa produk SSD terbaik unggulan. Salah satunya Kingston SSD A400 480 GB.

 

SSD yang menawarkan performa 10 kali lebih cepat dibanding HDD ini mungkin bisa masuk dalam list Anda. SSD ini bisa digunakan pada komputer maupun laptop. Selain itu kapasitasnya sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari.

 

Intel

 

Intel Corporation adalah perusahaan terbaik yang bergerak di bidang perangkat dan komputer pribadi, prosesor, komponen server, produk ethernet, nirkabel, barang elektronik, dan juga solid state drive SSD.

 

Perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 1968 di California sangat populer di dunia. Nama Intel merupakan gabungan dari Integrated Electronics.

 

Berkat inovasinya, Intel mampu menjadi pelopor prosesor dan komponen komputer dalam perkembangan teknologi di dunia. Salah satu produk Intel dalam ranah SSD yaitu 760p. Drive boot terbaik dengan performa mengesankan di kelasnya.

 

SSD ini memiliki kecepatan membaca hingga 3.056 MB/s dan 1.606/s untuk menulis menjadikanya sebagai perangkat yang bisa diandalkan untuk bermain game. Kapasitas memori SSD Intel 760p mulai dari 128 GB hingga 512 GB.

 

Sabrent

 

Anda tentu asing dengan merk SSD Sabrent. Sabrent merupakan pemain baru di dunia storage. Namun, kehadiran Sabrent cukup menyita perhatian banyak orang. Produk Sabrent dikenal memiliki kualitas yang tinggi dan terbaik.

 

Produk Sabrent yang dijual di pasaran memiliki harga yang terjangkau. Salah satunya produk SSD  Sabrent Rocket Q 8TB. Kinerja SSD Rocket sangat cepat berkat teknologi pengontrol Phison E12S dan Flash QLC 96-Layer.

 

Teknologi canggih ini memungkinkan sequential read hingga 3.300 MB/s dan sequential write 2.900 MB/s. SSD ini mendukung standard PCIe 3.1, SMART dan TRIM.

 

Sabrent juga menyematkan Sabrent Acronis True Image yang memudahkan Anda melakukan proses back up dan cloning pada SSD ini.

 

Tips Perawatan SSD Agar Awet dan Tahan Lama

 

 

Merawat SSD terbaik pada tentu berbeda dengan merawat HDD. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar performa SSD Anda tidak menurun, berikut diantaranya:

 

Menghindari proses defrag

 

Kepingan Cakram HarddiskTak seperti HDD, SSD terbaik tak memerlukan proses defrag. Karena hanya akan memperpendek usia pemakaian SSD.

 

Mengapa tak perlu ada proses defrag? Karena SSD tak memakai cakram seperti HDD. Jika difraksi dilakukan, maka akan membuat proses write atau menulis jadi lebih sering.

 

Melakukan proses kloning dengan aman

 

Ketika ingin melakukan proses kloning, anda perlu berhati-hati. Proses kloning dilakukan saat Anda memindahkan sistem operasi dari media simpan satu ke lokasi lainnya.

 

Jika mengharuskan untuk kloning pastikan utility yang digunakan tepat dan aman. Pilih utiliti yang dikhususkan untuk SSB misalnya Paragon Migrate OS to SSD.

 

Jangan menyimpan data dengan ukuran besar

 

Meski memiliki kapasitas yang cukup besar namun SSD terbaik yang sering digunakan untuk proses menulis maupun membaca, akan semakin menurunkan performa dari SSD tersebut.

 

Jika harus menyimpan data dengan ukuran besar, ada baiknya menggunakan HDD berdampingan sebagai media simpan cadangan. Hal ini dapat membantu memperpanjang usia SSD.

 

Menggunakan sistem operasi terupdate

 

Penting untuk menggunakan sistem operasi yang paling baru. Ada beberapa sistem operasi yang direkomendasikan untuk SSD terbaik misalnya, Windows 7, make OS X 10.6.6+, dan Linux Kernel 2.6.33+.

 

Mengaktifkan TRIM

 

Beberapa SSD memiliki fitur TRIM, fitur ini berfungsi untuk mengkomunikasikan blok mana yang dianggap digunakan. Selanjutnya TRIM akan menghapus data secara internal dan membuat SSD bisa bekerja optimal.

 

Menyisakan ruang kosong

 

Beberapa produsen menyarankan untuk menyisakan 10 hingga 20 persen ruang kosong pada SSD. Tujuannya untuk mengoptimalkan peralatan algoritma, agar distribusi data pada modul NAND bisa seimbang.

 

Mengurangi kegiatan menulis data

 

Sebagaimana teknologi terbaik pada umumnya, performa SSD juga bisa menurun bila aktivitas menulis data terus menerus dilakukan.

 

Sebab SSD sangat cocok bila digunakan sebagai sistem operasi dan bukan sebagai media penyimpanan. Itulah mengapa anda perlu media penyimpanan cadangan seperti HDD.

 

Mengkondisikan suhu

 

SSD memiliki limitasi suhu tertentu untuk dapat bekerja. Peningkatan suhu yang melebihi batas akan memperpendek umur SSD tersebut. Jadi usahakan menjaga suhu pada PC maupun laptop agar selalu di bawah suhu rata-rata.

 

Mematikan fitur hibernate

 

SSG terbaik tanpa melakukan hibernate akan tetap melakukan booting dengan sangat cepat. Untuk itu anda perlu mematikan fitur hibernate ini.

 

Meningkatkan kapasitas RAM

 

Saat sistem operasi melakukan program maka dibutuhkan kapasitas RAM yang sangat besar. Oleh karena itu anda perlu meningkatkan memori agar bisa menjalankan program dengan stabil.

 

Sumber

 

https://pemmzchannel.com/2016/02/26/10-tips-memaksimalkan-ssd-agar-awet-dan-tetap-jos/

https://hot.liputan6.com/read/4430780/7-cara-merawat-ssd-yang-tepat-agar-performa-terjaga-dan-tetap-awet

https://teknoding.com/cara-merawat-optimasi-ssd-windows-10/

https://www.septian.web.id/jenis-ssd-dan-tips-memilih-ssd-yang-tepat/

https://blog.anugrahpratama.com/tips-memilih-ssd/

 

FAQ

Apakah fungsi SSD pada laptop?

Menyimpan data dan file dalam jangka panjang. Namun cara kerja SSD berbeda dengan hard disk, di mana SSD menggunakan ‘memori flash' yang mirip dengan RAM (Random Access Memory).

Lebih baik HDD atau SSD?

Tergantung kebutuhan Anda. Untuk performa, SSD lebih baik karena lebih cepat dalam proses read and write jika dibandingkan HDD.

Apakah SSD terbaik bisa diganti?

Tentu saja bisa, menyesuaikan dengan spesifikasi SSD dan uji kecocokan yang dipakai pada laptop atau komputer Anda.

Apakah SSD terbaik mempercepat laptop?

Tentu saja, SSD menggunakan memori berbasis flash, sehingga secara signifikan bekerja lebih cepat.

Apakah SSD terbaik bisa untuk semua laptop?

SSD jenis SATA kompatibel dengan semua perangkat, laptop atau komputer. SSD ini sama dengan hardisk pada umumnya.

Apakah SSD terbaik mahal?

Iya, SSD mahal karena menggunakan teknologi terbaru dibandingkan dengan HDD. Anda bisa membuktikan performa dengan tes produk, uji praktek produk dan memberikan penilaian di store resmi sebagai bahan evaluasi sebelum membeli SSD.

Mengapa SSD tidak muncul di manajemen disk?

Bisa jadi kesesuaian driver pengendali penyimpanan tidak kompatibel dan perlu diperbaharui.

Apa itu SSD Sata?

Sata merupakan jenis SSD yang memiliki kontrol membaca dengan kecepatan mencapai 570MB per detik. SATA SSD juga bekerja lima kali lebih cepat dibanding HDD.

Apakah SSD terbaik bisa di-upgrade?

Tentu bisa, dan akan sangat berpengaruh terhadap performa laptop atau komputer Anda. Namun Anda tidak bisa mengubah sistem kinerja komputer low-end hanya dengan mengupgrade dan eksperimen ke SSD.

Apakah SSD terbaik berpengaruh pada game?

Tentu, survey membuktikan SSD berpengaruh dalam meningkatkan performa sistem PC atau laptop. Selain mempercepat proses booting, SSD juga mempercepat membuka aplikasi berat termasuk game.

Tinggalkan Balasan