Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Skincare im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
7987 Baca ulasan

🥇 Skincare Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh kita. Oleh sebab itu, setiap orang wajib merawat kulitnya dengan baik. Menggunakan skincare adalah salah satu cara untuk menutrisi dan merawat kesehatan sekaligus penampilan kulit, terutama kulit wajah. Temukan informasi tentang skincare di sini. Kemudian, setelah melakukan eksperimen dan survey, kami akan merekomendasikan dan membandingkan 10 merek skincare terbaik.

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

Mehr zu Cornelia

Skincare Daftar Produk Terbaik 2021

Skincare Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Skincare?

 

Skincare dapat mengacu kepada serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk merawat kesehatan dan penampilan kulit. Dalam konteks lain, skincare juga dapat mengacu kepada produk-produk perawatan kulit yang membantu kegiatan tadi.

 

Bagaimana Sebuah Rangkaian Skincare Dapat Merawat Kulitmu?

 

Urutan penggunaan skincare yang dapat merawat kulitSeperti yang telah dijelaskan tadi, skincare merupakan serangkaian kegiatan perawatan kulit. Namun, bagaimana cara skincare dapat melakukan hal itu?

 

Setiap produk dan langkah dalam rangkaian skincare memiliki fungsi masing-masing. Sebagai contoh, sebuah produk cleanser berfungsi membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, debu, dan toksin. 

 

Selanjutnya, sebuah moisturizer berfungsi menghidrasi kulit, menutrisi kulit, dan mengunci molekul air dalam jaringan kulit, sehingga meningkatkan kelembaban kulit.

 

Dan sebuah sunscreen membentuk lapisan protektif yang melindungi kulit dari sinar UV yang berpotensi menyebabkan bintik hitam dan bahkan memicu kanker kulit.

 

Tiga langkah skincare tadi, membersihkan, melembabkan, dan melindungi kulit wajah dari sinar UV, merupakan fondasi esensial dari rangkaian skincare terbaik.

 

Selain ketiga produk dan langkah tadi, artikel ini juga akan membicarakan mengenai jenis skincare lainnya.

 

Manfaat Menggunakan Skincare

 

Rangkaian skincare yang berbeda dapat memberikan manfaat yang berbeda pula. Tetapi berikut ini adalah berbagai manfaat dasar yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan skincare sesuai dengan rekomendasi mengenai tiga langkah skincare utama.

 

Menyehatkan kulit

 

Produk-produk skincare umumnya mengandung nutrisi seperti vitamin, bahan aktif, dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit.

Penggunaan skincare secara rutin dapat membantu meningkatkan dan merawat kesehatan kulit.

 

Mengurangi masalah kulit

 

Manfaat Menggunakan Skincare secara rutin

Banyak produk skincare yang diformulasikan khusus untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu, mulai dari kulit berjerawat hingga kulit mengelupas karena kering.

 

Penggunaan skincare secara rutin dapat mengatasi masalah-masalah tersebut.

 

Tidak hanya itu, penggunaan skincare yang baik juga bersifat preventif. Sehingga dapat mengurangi resiko munculnya permasalahan kulit sehingga dapat menunda tanda penuaan.

 

Meningkatkan kepercayaan diri

 

Siapa yang tidak akan percaya diri apabila memiliki kulit sehat bercahaya? Penampilan adalah aspek yang penting dalam meningkatkan kepercayaan diri.

 

Rangkaian skincare yang baik bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik, membuatmu lebih percaya diri saat tampil di depan umum.

 

Jenis-Jenis Produk Skincare

 

Masih bingung memilih produk skincare mana yang perlu kamu beli? Berikut ini adalah penjelasan dan analisis mengenai berbagai macam produk skincare yang dapat kamu gunakan

  • Pembersih wajah atau cleanser
  • Pembersih makeup
  • Pelembab wajah atau moisturizer
  • Sunscreen
  • Toner
  • Serum
  • Essence
  • Eksfoliator
Seperti namanya, cleanser berguna untuk membersihkan wajahmu. Kebersihan adalah kunci terbaik dari kulit yang sehat. Ada beragam jenis cleanser yang dapat kamu gunakan, seperti gel, foam, krim, dan padat seperti sabun wajah batangan.
Bila kamu sering merias wajah, maka kamu wajib memiliki pembersih makeup. Cleanser biasa umumnya hanya bisa mengangkat debu dan kotoran, namun kurang kuat untuk mengangkat residu makeup. Karena itulah kamu memerlukan produk ini. Ada banyak jenis pembersih makeup, contohnya micellar water, milk cleanser, cleansing oil, dan cleansing balm.
Seperti namanya, moisturizer berguna untuk melembabkan kulitmu. Semua orang, bahkan yang memiliki kulit berminyak, membutuhkan moisturizer. Ada dua jenis moisturizer, yaitu yang water-based dan oil-based. Moisturizer water-based cocok untuk kulit normal dan berminyak, sedangkan moisturizer oil-based cocok untuk kulit normal dan kering.
Sunscreen adalah sumber perlindungan dari sinar UV yang berbahaya. Untuk hasil terbaik, pakailah sunscreen setiap hari, sekalipun hari itu cuaca mendung atau hujan. Direkomendasikan untuk memakai sunscreen dengan minimal SPF 30.
Toner mengacu kepada produk skincare yang digunakan untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah menggunakan cleanser. Selain itu, toner juga bisa menghidrasi kulit secara cepat karena konsistensinya yang sangat cair.
Serum adalah produk skincare yang memiliki formulasi dan konsentrasi zat aktif yang pekat. Biasanya serum digunakan untuk mengatasi sebuah masalah kulit tertentu. 
Karena kemiripannya, essence sering dianggap sama dengan serum. Padahal essence biasanya memiliki formulasi yang lebih ringan dan tidak memberatkan dibandingkan dengan serum. Formulasi essence tidak sepekat serum, maka lebih direkomendasikan untuk kulit sensitif.
Eksfoliator berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong sel kulit baru untuk muncul ke permukaan. Ada dua jenis eksfoliator, yaitu eksfoliator fisik dan kimia. Eksfoliator fisik biasanya berupa scrub dan eksfoliator kimia biasanya berupa zat AHA dan BHA. Eksfoliator kimia lebih biasanya direkomendasikan untuk orang berkulit sensitif.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Produk Skincare

 

Hati-hati, jangan sembarangan saat memilih produk skincare. Memilih produk skincare yang salah justru dapat menghancurkan kulit wajahmu. Perhatikanlah hal-hal berikut ini agar kamu dapat memilih produk skincare terbaik untuk kebutuhan kulitmu.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit

Ada lima jenis kulit, yaitu normal, kering, berminyak, sensitif, dan menua. Kenali mana jenis kulitmu dan pastikan kamu memilih produk skincare terbaik yang cocok dengan jenis kulitmu tersebut.

Kalau bisa, lakukan pengujian dengan sampel produk atau produk share in jar untuk mengetes kecocokan produk dengan kulitmu. Bila kulitmu iritasi setelah menggunakan produk tertentu, segera bilas dan jangan gunakan produk tersebut lagi.

Perhatikan izin edar

Perhatikan izin edar

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Untuk khasiat terbaik, pastikan setiap produk skincare yang kamu beli telah memiliki izin edar dan telah teruji keamanannya.

Pastikan untuk selalu memakai produk skincare yang lolos uji dan memiliki izin edar dari BPOM. Dan juga jangan pernah memakai produk skincare yang diklaim merupakan produk racik yang tidak jelas asalnya.

Jangan lupa untuk terus waspada akan produk KW atau palsu.

Tentukan budget

Tentukan budget

Pasti kamu pernah mendengar bahwa skincare adalah sebuah investasi. Maka dari itu, mulai dari sekarang tentukanlah budget skincare-mu.

Ingat bahwa kamu harus menggunakan skincare secara rutin, maka pastikan semua produk yang kamu beli sesuai dengan anggaranmu.

Jangan ragu untuk melakukan survey mengenai harga produk skincare di pasaran. Lakukan perbandingan harga di toko dan marketplace online bila perlu untuk mendapatkan harga terbaik.

Konsultasikan dengan dokter kulit bila perlu

Konsultasikan dengan dokter kulit bila perlu

Bila kamu masih ragu dengan jenis dan kebutuhan kulitmu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Konsultasi dengan dokter kulit atau dermatologis dapat membantumu mengenal kulitmu lebih baik.

Hal ini sangat direkomendasikan apabila kulitmu sensitif, mudah alergi, atau sedang mengalami masalah seperti jerawat atau rosacea.

Dokter kulit dapat memberikan rekomendasi merek skincare terbaik untukmu. Atau bila diperlukan, dokter kulit pun dapat memberikan skincare racik yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan kulitmu.

 

Zat-Zat Terbaik Yang Dapat Kamu Temukan Dalam Produk Skincare

 

Setiap produk skincare pasti memiliki formulasi yang unik. Berikut ini adalah zat-zat terbaik yang mungkin kamu temukan dalam produk skincare beserta fungsi-fungsinya.

  • Hyaluronic acid
  • AHA
  • BHA
  • Salicylic acid
  • Kafein
Merasa kulitmu kering? Hyaluronic acid adalah jawabannya. Zat ini super efektif dalam menarik dan mengunci molekul air ke dalam jaringan kulitmu.

Jangan heran kalau zat ini sering digunakan dalam berbagai moisturizer dan serum yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

AHA atau Alpha-Hydroxy Acid adalah zat eksfoliator kimia yang berasal dari laktosa atau fruktosa. Meskipun bersifat asam, jangan salah, zat ini justru sangat lembut dan cocok untuk kulit sensitif yang tidak bisa menggunakan scrub.
BHA atau Beta-Hydroxy Acid juga merupakan zat eksfoliator kimia yang ampuh. Zat ini dapat mempenetrasi pori-pori kulit untuk mengeluarkan kotoran dan toksin. BHA juga sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat dan komedo
Kontrol masalah jerawatmu dengan salicylic acid. Menurut pemeriksaan klinis, salicylic acid merupakan bahan terbaik untuk mengatasi jerawat, mehilangkan kemerahan pada kulit, dan meredakan inflamasi kulit.
Jangan berpikir kafein hanya ada di kopi saja. Ternyata kafein juga sangat berguna dalam merawat kulit. Zat ini sangat efektif untuk melawan kebengkakan pada kulit, terutama di bawah mata. 

Tidak hanya itu, kafein juga bisa mencerahkan kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Rekomendasi Merek Skincare Terbaik

 

Setelah melakukan evaluasi dan tes produk, kami akan merekomendasikan 10 merek skincare terbaik bagi perempuan Indonesia. Perhatikan tabel perbandingan berikut ini beserta penjelasan dari masing-masing merek skincare di bawah.

 

Wardah

 

Siapa yang tidak kenal Wardah? Sebagai salah satu pelopor skincare halal, Wardah sudah sejak lama dikenal oleh para perempuan Indonesia. 

 

Meskipun merek skincare halal lainnya sudah banyak bermunculan, Wardah tetap dianggap salah satu brand skincare terbaik di Indonesia.

 

Wardah memiliki banyak pilihan produk skincare yang tergabung dalam delapan rangkaian skincare yang memiliki formulasi dan manfaat yang berbeda.

 

Rangkaian skincare best-seller Wardah adalah White Secret yang berfungsi mencerahkan kulit kusam, Renew You yang berfungsi meregenerasi kulit dan melawan tanda-tanda penuaan, serta Acnederm yang bertugas melawan jerawat.

 

Lacoco

 

Lacoco pilihan skincare terbaikKamu pasti sudah sering melihat merek skincare satu ini di sosial media. Lacoco adalah brand skincare viral yang telah menjadi favorit para influencer dan beauty blogger terbaik di Indonesia.

 

Brand lokal ini mengedepankan konsep alami, sehingga setiap produk Lacoco diformulasikan dengan dengan bahan-bahan terbaik yang murni dari alam.

 

Meskipun dianggap sebagai brand baru, Lacoco memiliki varian produk skincare yang cukup lengkap. Lacoco menawarkan berbagai macam produk, mulai dari moisturizer dan sunscreen hingga masker wajah dan essence.

 

Harga produk-produk skincare Lacoco dapat dibilang cukup tinggi bila dibandingkan dengan merek lokal lainnya, namun kualitasnya sudah teruji. Bila kamu ingin kulit glowing bak influencer, Lacoco adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Sensatia Botanicals

 

Sensatia Botanicals adalah merek skincare lokal yang berasal dari Bali. Sensatia Botanicals mengedepankan konsep spa Bali. Produk-produknya menggunakan bahan-bahan alami tradisional yang kemudian diformulasikan secara modern.

 

Selain produk skincare untuk wajah, uniknya Sensatia Botanicals juga menawarkan berbagai produk perawatan kulit untuk tubuh pula.

 

Jadi, selain produk skincare wajah seperti moisturizer dan essence, merek ini juga menawarkan sabun mandi, lotion, scrub, dan lain-lain.

 

Sensatia Botanicals bahkan juga sudah dipercaya  untuk menyuplai produk-produk toiletries untuk hotel-hotel bintang lima di Bali. Jadi, kualitas produk-produk Sensatia Botanicals sudah terjamin.

 

Bila kamu ingin perawatan kulit menyeluruh yang terasa mewah dan membuat rileks, maka Sensatia Botanicals adalah merek skincare terbaik untukmu

 

Avoskin

 

Bila kamu sering mengikuti perkembangan tren skincare di sosial media, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Avoskin. Brand lokal ini sudah menjadi salah satu merek favorit dari para beauty blogger Indonesia.

 

Komitmen Avoskin untuk menggunakan bahan-bahan terbaik dari alam telah menjadikannya salah satu merek skincare terbaik dan paling dipercaya di Indonesia.

 

Avoskin memiliki beberapa rangkaian skincare yang memiliki fungsi masing-masing. Namun, rangkaian skincare Avoskin yang paling terkenal adalah rangkaian Miraculous Series yang dikatakan dapat meregenerasi dan mentransformasi kulit menjadi lebih berseri dan cerah.

 

Mayoritas produk-produk Avoskin bebas dari paraben, parfum, dan alkohol. Bila kamu memiliki kulit sensitif, Avoskin bisa jadi pilihan skincare terbaik untukmu.

 

For Skin Sake

 

For Skin Sake, atau sering disebut FSS, adalah salah satu pelopor skincare organik di Indonesia. Merek skincare satu ini sudah terkenal di sosial media karena konsep organiknya.

 

Semua produk FSS dijamin dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang organik. Uniknya, setiap produk pun diformulasikan secara klinis dan telah melalui uji praktek yang teliti agar kualitasnya terjamin.

 

FSS menawarkan berbagai macam produk skincare, mulai dari moisturizer dan sunscreen hingga lip balm dan eye cream. Namun, produk best-seller FSS adalah serum-nya yang super efektif dan bebas dari paraben, pewarna sintetis, parfum, dan testing pada hewan.

 

Selain produk skincare, FSS juga menawarkan alat-alat yang dapat menunjang proses perawatan kulitmu. Contohnya, FSS juga menjual jade roller yang dapat melancarkan sirkulasi darah di sekitar wajahmu, membuat kulit wajahmu lebih sehat dan berseri.

 

Bila kamu menginginkan produk skincare organik yang tidak hanya baik untukmu tapi juga untuk lingkungan, maka FSS adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Sariayu

 

Siapa yang tidak kenal dengan merek skincare legendaris ini? Sariayu adalah salah satu merek kecantikan tertua dan paling terpercaya di Indonesia. Produk-produk Sariayu diformulasikan khusus untuk kulit perempuan Indonesia. 

 

Dalam proses pembuatan produk-produknya, Sariayu terinspirasi dari berbagai tradisi kecantikan kearifan lokal, digabungkan dengan proses pembuatan dan uji coba produk dengan standard modern.

 

Sariayu memiliki berbagai rangkaian skincare. Tetapi yang paling terkenal adalah rangkaian Putih Langsat yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan rangkaian Econature yang berfungsi menutrisi kulit secara mendalam serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.

 

Selain produk skincare untuk wajah, Sariayu juga memiliki berbagai pilihan produk untuk perawatan tubuh dan rambut. Tidak hanya itu, Sariayu pun terkenal sebagai salah satu produsen makeup terbaik di kalangan perempuan Indonesia.

 

Bila kamu ingin produk-produk skincare holistik yang dibuat khusus untuk kulit Indonesia, maka Sariayu adalah pilihan terbaik untukmu. 

 

Cetaphil

 

Kamu mungkin sudah sering mendengar merek yang satu ini di media sosial. Cetaphil sudah viral di media sosial belakangan ini karena produk-produk skincare-nya yang lembut dan cocok bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

 

Produk-produk Cetaphil diformulasikan dengan standard dermatologis yang tinggi. Jadi jangan heran apabila Cetaphil sering direkomendasikan oleh dokter kulit.

 

Saat ini, Cetaphil menawarkan produk-produk skincare dasar seperti moisturizer, lotion, face wash, dan sunscreen. Cetaphil menawarkan beberapa varian yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit normal, berminyak, dan kering.

 

Produk-produk tadi juga ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, contohnya jerawat akut, rosacea, rosacea, dan psoriasis.

 

Cetaphil adalah pilihan terbaik bagi kamu yang membutuhkan perawatan kulit dasar namun menghadapi berbagai masalah kulit yang menyebabkan kulitmu menjadi sensitif. 

 

Cerave

 

Karena kemiripan namanya, mungkin kamu menganggap Cerave sama dengan Cetaphil, tapi keduanya merupakan merek skincare yang berbeda. 

 

Meskipun begitu, keduanya sama-sama merupakan merek skincare terbaik menurut penilaian dokter kulit. Cerave pun sering direkomendasikan untuk orang-orang dengan kulit bermasalah dan sensitif.

 

Mirip seperti Cetaphil, produk-produk Cerave juga efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti, kulit bersisik, pengelupasan kulit, rosacea, psoriasis, dan jerawat akut.

 

Cerave adalah pilihan terbaik bagi kamu yang menginginkan produk skincare dasar yang terjamin aman untuk kulit sensitif.

 

Innisfree

 

Innisfree pilihan skincare terbaikSemua penggemar K-Pop dan Hallyu pasti sudah mengenal brand skincare asal Korea Selatan ini. Innisfree dianggap sebagai salah satu brand kecantikan terbaik di pasar Indonesia.

 

Innisfree adalah salah satu merek yang memiliki varian produk skincare yang paling lengkap. Mulai dari moisturizer dan sunscreen hingga sheet mask dan eye cream, Innisfree menawarkan banyak sekali jenis produk skincare.

 

Selain itu, produk-produk Innisfree juga diformulasikan khusus untuk jenis kulit tertentu dan masalah kulit tertentu. Contohnya rangkaian Jeju Cherry Blossom diformulasikan untuk kulit kering dan kusam. 

 

Kemudian, rangkaian Brightening Pore diformulasikan untuk menghaluskan tekstur dan penampilan kulit. Bila kamu ingin rangkaian skincare yang menyeluruh dan spesifik untuk kebutuhan kulitmu, produk-produk Innisfree bisa menjadi pilihan terbaik untukmu.

 

SKII

 

Semua orang pasti pernah mendengar tentang SKII. Dikenal sebagai merek skincare ‘sultan’, SKII terkenal akan produk-produknya yang mahal namun super efektif dalam merawat dan menutrisi beragam jenis kulit.

 

SKII menawarkan berbagai produk skincare esensial yang baik digunakan untuk menjadi fondasi dari rangkaian skincare yang efektif.

 

Kebanyakan produk-produk SKII berfokus kepada perawatan anti-aging, contohnya menyamarkan bintik hitam, mengembalikan elastisitas kulit, dan menghilangkan kerutan halus. 

 

Tapi tidak sedikit juga produk skincare SKII yang dapat digunakan oleh perempuan muda agar kulitnya tampak selalu segar dan berseri.

 

Bila kamu ingin memanjakan kulitmu, melawan tanda-tanda penuaan kulit, dan tidak ragu untuk merogoh kocek lebih dalam, maka SKII adalah pilihan terbaik untukmu. 

 

Tips dan Trik Terbaik Untuk Menggunakan Skincare

 

Apakah kamu seorang pemula dalam menggunakan skincare? Takut kamu tidak bisa menggunakan skincare dengan baik? Jangan khawatir! Berikut ini adalah tips dan trik terbaik supaya kamu bisa menggunakan skincare-mu dengan optimal dan mendapatkan hasil terbaik. 

 

Ada tiga jenis produk skincare wajib

 

Bila kamu adalah seorang pemula, hanya ada tiga produk skincare yang wajib kamu miliki dan gunakan. Ketiga produk itu adalah pembersih wajah atau cleanser, pelembab wajah atau moisturizer, dan tabir surya atau sunscreen.

Ketiga produk tadi adalah fondasi utama dari rangkaian skincare yang baik. Produk skincare di luar tiga jenis produk yang tadi telah disebutkan hanyalah tambahan. Bila diperlukan, kamu bisa menggunakan produk-produk lain seperti serum, essence, masker, dan lain-lain.

 

Jangan langsung mencoba terlalu banyak produk

 

Sudah memiliki ketiga produk wajib tadi? Ingin menambahkan produk skincare baru ke dalam rutinitasmu? Jangan terburu-buru. Mencoba terlalu banyak produk secara bersamaan berpotensi membuat kulitmu iritasi dan stres.

 

Direkomendasikan untuk tidak mencoba terlalu banyak produk dalam waktu bersamaan. Untuk hasil terbaik, cobalah satu atau dua produk dulu dalam sebulan. Hal ini dilakukan sebagai tahap pengujian untuk melihat reaksi kulitmu, apakah produk yang kamu pakai sesuai atau tidak dengan kebutuhan kulitmu. 

 

Gunakan skincare secara rutin

 

Anggaplah skincare sebagai sebuah investasi untuk kulitmu. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakannya secara rutin agar kulit tetap sehat terlindungi Berikut ini adalah panduan seberapa sering kamu harus menggunakan produk tertentu untuk hasil terbaik:

  • Cleanser: setiap hari, pagi dan malam
  • Moisturizer: setiap hari, pagi dan malam
  • Sunscreen: setiap hari, pagi dan direkomendasikan untuk melakukan aplikasi ulang setiap 2 jam
  • Toner: setiap hari, pagi dan malam
  • Serum dan essence: setiap hari, pagi dan malam
  • Masker wajah: 2-3 kali seminggu (untuk kulit sensitif direkomendasikan hanya seminggu sekali)
  • Eksfoliasi: seminggu sekali
  • Obat jerawat: secukupnya

 

Suka menggunakan makeup? Coba metode double cleansing

 

Review penggunaan skincare dengan metode double cleansing

Apabila kamu sering menggunakan makeup, maka cleanser atau sabun wajah biasa tidak akan cukup untuk membersihkan wajahmu. 

 

Wajah yang kurang bersih bisa membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat. Direkomendasikan untuk menggunakan metode double cleansing.

 

Untuk hasil terbaik, gunakan metode ini setiap selesai menggunakan makeup. Pertama, bersihkan residu makeup dengan pembersih makeup khusus. Setelah wajahmu bersih dari makeup, bersihkan pori-porimu secara menyeluruh dengan cleanser favoritmu.

 

Jangan menggosok wajah terlalu keras saat mengaplikasikan skincare

 

Saat mengaplikasikan skincare, biasakan untuk tidak menggosok wajahmu terlalu keras. Melakukan hal tersebut dapat menarik kulitmu dan menyebabkan munculnya kerutan dini.

 

Kebanyakan orang biasanya menganggap menggosok wajah saat membersihkannya dan menggunakan eksfoliator atau scrub akan meningkatkan efektivitas produk. Ini adalah sebuah miskonsepsi besar. 

 

Saat menggunakan cleanser dan scrub direkomendasikan untuk memijat wajah dengan lembut menggunakan gerakan melingkar. Hindari menarik kulit wajah.

 

Lalu untuk hasil terbaik, biasakan untuk menepuk-nepuk lembut wajah saat menggunakan moisturizer, toner, serum, dan essence. Selain menghindari munculnya kerutan, kebiasaan ini juga dapat membantu produk terserap optimal dan meningkatkan peredaran wajah.

 

Pelajari urutan pengaplikasian produk skincare

 

Agar setiap produk dapat bekerja secara optimal dan memberikan khasiat terbaik, pastikan kamu menggunakannya dengan urutan yang benar. Urutan yang salah bisa membuat produk skincare tidak dapat terserap dengan baik.

 

Secara umum, direkomendasikan untuk menggunakan produk yang memiliki konsistensi lebih cair diikuti dengan produk yang lebih kental atau berminyak. Berikut ini adalah rekomendasi urutan pengaplikasian skincare:

  • Cleanser
  • Toner
  • Essence
  • Serum
  • Sheet mask (bila perlu)
  • Moisturizer
  • Sunscreen 

 

Berikan waktu antar pengaplikasian produk

 

Setiap produk skincare harus menyerap dengan sempurna apabila kamu ingin mendapatkan hasil terbaik. Jangan aplikasikan produk skincare di wajah apabila produk sebelumnya belum menyerap sempurna.

 

Biasakan memberikan jeda waktu 30-90 detik antara setiap produk agar zat aktif yang penting bagi kulit dapat terserap sempurna.

 

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Perlindungan_untuk_kulit

https://www.sehatq.com/artikel/arti-skincare-serta-manfaat-dan-macam-macamnya-sudah-tahu

https://hot.liputan6.com/read/4285593/6-tahapan-skincare-yang-benar-untuk-pemula-kulit-lebih-sehat-dan-cerah

https://www.kompasiana.com/nadyanabilla/5c0a9e3843322f50a87ebb8a/manfaat-skincare-binus-university?page=all

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/19/123458720/urutan-memakai-skincare-agar-kesehatan-kulit-terjaga?page=all

 

FAQ

Mengapa produk skincare saya terasa panas, gatal, dan perih di kulit?

Hal itu berarti produk skincare yang kamu pilih tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Segera bilas hingga bersih. Untuk memilih produk skincare terbaik yang sesuai dengan kulitmu, direkomendasikan untuk melakukan uji kecocokan produk di sebagian kecil kulit di lehermu untuk melihat apakah produk tersebut berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi.

Mengapa produk skincare saya tidak bekerja?

Ada beberapa kemungkinan. Bisa jadi produk skincare-mu butuh waktu untuk bekerja, biasanya lebih dari sebulan sampai hasil terbaiknya terlihat. Bisa jadi produk skincare-mu kurang cocok dengan kebutuhan kulitmu. Atau bisa juga kulitmu sudah dalam kondisi terbaik dan skincare-mu hanya membantu menjaganya dalam kondisi optimal tersebut.

Apakah laki-laki boleh menggunakan skincare?

Tentu saja! Laki-laki dan perempuan sama-sama direkomendasikan untuk menggunakan skincare dan merawat kesehatan serta penampilan kulit.

Apakah produk skincare dapat menyebabkan jerawat?

Bisa saja. Kesesuaian produk skincare dengan jenis dan kebutuhan kulitmu sangat penting. Bila kulitmu sensitif dan rentan berjerawat, direkomendasikan berkonsultasi dengan dokter kulit atau dermatologis untuk mendapat rekomendasi skincare terbaik.

Apakah rangkaian produk skincare harus bermerek sama?

Tidak harus. Yang terpenting adalah kesesuaian semua produk dengan kulitmu. Tetapi, produk skincare dari merek yang sama biasanya diformulasikan untuk dipakai berdampingan dan melengkapi satu sama lain.

Kapan saya harus mulai menggunakan skincare?

Tidak ada kata terlambat mengenai skincare. Tetapi untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk mulai menggunakan skincare sejak usia remaja.

Apakah skincare aman dipakai oleh ibu hamil atau menyusui?

Ada beberapa zat aktif yang sering terkandung dalam formulasi skincare yang berpotensi kurang baik digunakan ibu hamil dan menyusui. Untuk rekomendasi skincare terbaik selama hamil dan menyusui, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Apakah saya harus menyimpan produk skincare dalam kulkas?

Tidak harus. Penelitian menunjukkan menyimpan produk skincare di dalam kulkas tidak meningkatkan efektivitas produk. Cara terbaik untuk menyimpan produk skincare adalah dengan menaruhnya di lokasi yang sejuk, tidak lembab, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Kapan saya harus mulai menggunakan skincare anti-aging?

Menurut hasil pengujian, untuk mendapatkan hasil terbaik direkomendasikan untuk mulai menggunakan produk skincare anti-aging sejak usia 20an.

Apakah saya boleh produk skincare yang sudah kadaluarsa?

Jangan! Menurut uji coba klinis, efektivitas produk skincare yang telah kadaluarsa biasanya menurun dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jangan gunakan produk yang sudah kadaluarsa sekalipun belum pernah dibuka.

Tinggalkan Balasan