Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Shuttlecock im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
21 lama pengujian
8 studi evaluasi
7361 Baca ulasan

🥇 Shuttlecock Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Graha Nurdian
Graha Nurdian

Seorang blogger dan penulis konten yang sudah mengenal dunia IT sejak SMP. Di waktu senggangnya, ia menulis segala sesuatu tentang pemasaran digital di blog pribadinya. Juga, hobi favorit saya adalah menyetel mobil.

Mehr zu Graha

Shuttlecock Daftar Produk Terbaik 2021

Shuttlecock Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Badminton menggunakan shuttlecock terbaikOlahraga badminton atau yang dikenal juga dengan olahraga bulu tangkis merupakan olahraga yang cukup digemari di Indonesia.

 

Menurut beberapa survey, cabang olahraga badminton menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. 

 

Cabang olahraga ini bisa Anda jumpai dimana saja di seluruh Indonesia. Untuk memainkan badminton, Anda tentu saja membutuhkan beberapa macam perlengkapan. Mulai dari raket, net, hingga shuttlecock. Di Indonesia shuttlecock juga biasa dikenal dengan nama kok.

 

Untuk Anda yang masih bingung untuk membeli shuttlecock yang akan digunakan untuk bermain badminton. Berikut ini beberapa daftar shuttlecock terbaik yang banyak digunakan oleh pemain pemula hingga atlet profesional. 

 

Produk shuttlecock ini sudah melewati berbagai macam uji coba, seperti uji kecocokan shuttlecock pada raket dan tes lainnya, sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

 

Apa Itu Shuttlecock?

 

Shuttlecock adalah salah satu perlengkapan dari olahraga badminton. Shuttlecock biasanya terbuat dari bulu angsa. Namun seiring dengan perkembangannya, selain terbuat dari bulu angsa, shuttlecock juga terbuat dari bulu unggas lainnya, seperti bebek dan ayam. 

Bahkan, terbuat terbuat dari bahan plastik. Plastik yang digunakan merupakan bahan plastik terbaik, sehingga shuttlecock tidak mudah rusak.

Siapa Saja yang Memerlukan Shuttlecock?

Untuk Anda yang akan bermain atau baru belajar badminton, maka Anda membutuhkan shuttlecock untuk bermain badminton. Selain pemula, atlet juga memerlukan shuttlecock. Shuttlecock sangat penting karena tanpa shuttlecock, badminton tidak bisa dimainkan.

 

Kegunaan Shuttlecock

Kegunaan utama dari shuttlecock adalah untuk perlengkapan badminton. Tanpa adanya shuttlecock, Anda tidak bisa bermain badminton. Shuttlecock digunakan berdampingan dengan raket badminton, net dan perlengkapan badminton lainnya.

 

Jenis-Jenis Shuttlecock

Dari bahan pembuatnya, shuttlecock terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Nylon atau plastik
  • Bulu Angsa

Jenis shuttlecock yang pertama adalah shuttlecock yang terbuat dari bahan nylon. Pemilihan bahan nylon dikarenakan hasil eksperimen bahwa bahan nylon lebih awet dan ringan dibandingkan dengan bahan lainnya.

 

Walaupun bentuk shuttlecock ini memiliki kemiripan dengan shuttlecock biasa, shuttlecock ini belum bisa digunakan pada pertandingan resmi dan hanya bisa digunakan untuk latihan saja.

Shuttlecock yang kedua adalah shuttlecock yang terbuat dari bulu unggas. Unggas yang dipakai adalah ini terbuat dari bulu angsa atau bebek.

 

Namun seiring dengan permintaan shuttlecock dengan harga yang murah, khususnya shuttlecock yang digunakan untuk pemula, maka bulu ayam dan bebek juga digunakan untuk membuat shuttlecock.

Pertimbangkan Hal Ini Saat Membeli Shuttlecock

Jika Anda baru pertama kali membeli shuttlecock, saya merekomendasikan untuk membeli shuttlecock dengan harga yang paling murah terlebih dahulu. Tidak semua shuttlecock yang murah memiliki kualitas yang buruk.

Shuttlecock dengan harga yang mahal, biasanya merupakan shuttlecock yang digunakan oleh pemain badminton profesional. Tidak semua orang nyaman menggunakan shuttlecock tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal lain yang perlu diperhatikan:

Perhatikan Harga shuttlecock

Perhatikan Harga shuttlecock

Harga dari shuttlecock menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan pada saat memilih shuttlecock. Shuttlecock biasanya dijual mulai dari harga puluhan ribu hingga harga ratusan ribu rupiah. Harga shuttlecock biasanya mempengaruhi bahan dasar shuttlecock, untuk shuttlecock dengan harga ratusan ribu, tentu terbuat dari bahan terbaik.

 

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan shuttlecock dengan harga yang cukup terjangkau, shuttlecock tersebut juga tidak mudah rusak meski Anda menggunakannya setiap hari. Pilihlah shuttlecock yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

 

Direkomendasikan untuk membeli shuttlecock dengan harga terjangkau untuk Anda yang baru mempelajari atau hanya bermain badminton.

Pilih shuttlecock dari nylon untuk latihan badminton

Pilih shuttlecock dari nylon untuk latihan badminton

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah bahan dari shuttlecock. Seperti yang sudah Anda ketahui, selain dari bulu, shuttlecock juga terbuat dari bahan plastik atau nylon. Bahan ini lebih awet dibandingkan dengan shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa.

 

Jika Anda akan menggunakan shuttlecock secara rutin, terlebih jika digunakan untuk latihan, direkomendasikan untuk membeli shuttlecock nylon terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan lebih menghemat membeli shuttlecock.

Perhatikan keterangan speed number pada kemasan

Perhatikan keterangan speed number pada kemasan

Pada setiap kemasan shuttlecock, biasanya tertulis keterangan speed number dari shuttlecock. Speed number ini menjelaskan mengenai shuttlecock apabila digunakan pada suhu yang berbeda, hingga kemampuan shuttlecock saat digunakan pada daerah yang cukup berangin.

 

Penggunaan speed number pada shuttlecock biasanya digunakan pada perlombaan yang cukup besar. Jika Anda sedang berlatih menjadi seorang atlet badminton, Anda bisa mulai memilih shuttlecock berdasarkan speed numbernya.

Cek gabus shuttlecock untuk mendapatkan shuttlecock terbaik

Cek gabus shuttlecock untuk mendapatkan shuttlecock terbaik

Salah satu komponen terpenting pada shuttlecock adalah gabus. Pada komponen ini juga yang akan bersentuhan secara langsung dengan raket badminton. Selain itu, gabus ini akan mempengaruhi berat dari shuttlecock.

 

Gabus pada shuttlecock ini terbuat dari bahan yang berbeda-beda, biasanya setiap perusahaan pembuat shuttlecock memiliki tiga pilihan gabus yang bisa Anda pilih. Untuk Anda yang menginginkan pukulan terbaik pada shuttlecock, direkomendasikan untuk memilih shuttlecock dengan gabus asli.

 

Selain gabus asli, beberapa shuttlecock juga dibuat dengan gabus campuran dan gabus buatan. Shuttlecock yang menggunakan gabus buatan, biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau.

Perhatikan juga standarisasi shuttlecock

Perhatikan juga standarisasi shuttlecock

Shuttlecock biasanya. Masing-masing kejuaraan biasanya memiliki standarisasi yang berbeda-beda. Memperhatikan keterangan pada shuttlecock.

 

Shuttlecock yang digunakan pada pertandingan tingkat kabupaten tentu akan berbeda dengan tingkat internasional.

 

Dengan memperhatikan hal ini, Anda akan lebih mudah memilih shuttlecock yang sesuai dengan tujuan Anda dalam bermain badminton.

 

Definisi yang Perlu Diketahui pada Saat memilih Shuttlecock

Saat Anda akan membeli shuttlecock pada toko perlengkapan olahraga, atau membelinya secara online, Anda akan menjumpai beberapa istilah. Istilah tersebut merupakan penjelasan spesifikasi dari shuttlecock.

 

Berikut contoh beberapa istilah yang akan Anda temui.

  • Speed Number
  • BWF
  • Speed number 78
  • PBSI
  • Gabus Compressed

Keterangan yang menerangkan seberapa jauh shuttlecock dapat digunakan. Dengan pemilihan speed number yang tepat, Anda dapat memainkan badminton terbaik.

BWF merupakan singkatan dari Badminton World Federation, sebuah organisasi yang menaungi olahraga badminton. BWF sendiri semula bernama IBF (International Badminton Federation). Shuttlecock yang sudah lolos standar BWF biasanya sudah digunakan pada beberapa perlombaan badminton dunia.

Penjelasan mengenai speed number pada shuttlecock. Shuttlecock dengan speed number 78 cocok digunakan pada daerah yang cukup dingin.

Sama seperti dengan BWF, PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia merupakan organisasi yang menaungi olahraga badminton di Indonesia. Ketika mengadakan perlombaan, shuttlecock yang digunakan PBSI.

Salah satu jenis gabus yang merupakan bahan pembuat shuttlecock. Karena terbuat dari serpihan-serpihan kecil, shuttlecock dengan gabus ini biasanya tidak terlalu kuat.

10 Merk Shuttlecock Terbaik Untuk Anda

Cara termudah untuk menemukan shuttlecock terbaik adalah dengan cara melakukan uji praktek pada shuttlecock. Namun cara ini tidak mudah, karena Anda harus mencoba semua shuttlecock untuk menemukan shuttlecock terbaik untuk Anda. 

Jika Anda masih bingung untuk memilih shuttlecock yang akan Anda beli, Anda bisa membandingkan beberapa review dan penilaian mengenai shuttlecock terbaik, sehingga Anda tidak perlu melakukan uji praktek pada semua shuttlecock yang ada.

Dengan perbandingan review tersebut, Anda akan mengetahui shuttlecock terbaik yang cocok untuk Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi shuttlecock terbaik untuk Anda.

 

Yonex

 

Bentuk shuttlecock terbaik berbulu angsaSalah satu merk perlengkapan olahraga badminton asal Jepang, Yonex memiliki produk shuttlecock terbaik. Secara umum, shuttlecock buatan buatan Yonex memang diperuntukkan untuk pemain profesional. 

 

Shuttlecock buatan Yonex sering muncul sebagai shuttlecock yang digunakan pada beberapa kejuaraan internasional mulai dari Thomas Uber, hingga Olimpiade. 

 

Namun Anda tidak perlu berkecil hati, Anda juga bisa menggunakan shuttlecock ini untuk latihan badminton atau menggunakannya untuk berolahraga. Harga shuttlecock Yonex tergolong mahal, namun kualitasnya tentu saja sebanding.

 

Menggunakan bahan terbaik, seperti bulu angsa terbaik dan gabus terbaik, shuttlecock akan selalu seimbang meski digunakan berkali-kali. Yonex juga memiliki beberapa jenis pilihan shuttlecock berdasarkan speed numbernya, mulai dari 79 hingga 76. Anda bisa memilih shuttlecock sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Victor

 

Shuttlecock terbaik selanjutnya adalah shuttlecock buatan asal Taiwan, yaitu Victor. Victor merupakan salah satu perusahaan pembuat peralatan badminton terbaik, seperti sepatu, baju, hingga raket badminton. 

 

Untuk jenis shuttlecock, Victor memiliki beberapa jenis shuttlecock mulai dari yang direkomendasikan untuk pemula, hingga atlet badminton profesional. 

 

Kualitas shuttlecock ini juga sudah tidak diragukan lagi, karena terbuat dari bulu angsa yang sudah lolos pemeriksaan quality control yang ketat. Shuttlecock Victor hanya menggunakan bulu angsa terbaik untuk kualitas terbaik.

 

Untuk speed number dari shuttlecock, Victor memiliki shuttlecock dengan speed number 77. Dengan speed number tersebut, shuttlecock buatan Victor cocok dengan keadaan lapangan badminton di Indonesia. 

 

Shuttlecock ini juga sudah lolos standar dari BWF, sehingga sudah banyak digunakan di berbagai kejuaraan badminton.

 

JP Gold

 

Shuttlecock terbaik selanjutnya adalah shuttlecock buatan JP Gold. Shuttlecock ini sudah melewati berbagai macam tes dan pengujian shuttlecock, sehingga memiliki daya tahan yang cukup bagus, walaupun shuttlecock ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. 

 

JP Gold menggunakan bahan terbaik untuk shuttlecock buatannya, mulai dari rangka shuttlecock hingga penggunaan bulu angsa terbaik. Shuttlecock ini juga tidak mudah rusak dan awet walaupun Anda gunakan setiap hari untuk bermain badminton. 

 

Untuk pilihan speed number, speed number yang dimiliki shuttlecock ini adalah 78. Dengan speed number tersebut, Anda bisa menggunakan shuttlecock ini pada lapangan yang memiliki angin yang cukup kencang. Karena  pada saat dipukul, shuttlecock mampu bergerak dengan stabil.

 

Li-Ning

 

Selain Yonex yang berasal dari Jepang, produsen pembuat perlengkapan olahraga asal China juga tidak mau ketinggalan dalam pembuatan shuttlecock badminton terbaik. Salah satu shuttlecock terbaik buatan China adalah Li-Ning

 

Shuttlecock Li-Ning terbuat dari bulu angsa terbaik, walaupun menggunakan bulu angsa terbaik, berat shuttlecock Li-Ning juga tidak terlalu berat, sehingga mudah untuk dipukul. 

 

Shuttlecock ini juga memiliki ketahanan yang cukup bagus, Anda tidak perlu khawatir shuttlecock Anda rusak pada saat digunakan. Untuk pilihan speed number, shuttlecock buatan Li-Ning memiliki banyak pilihan speed number

 

Mulai dari speed number 76 hingga 78, Anda bisa memilih sesuai dengan lapangan badminton yang Anda gunakan. Shuttlecock Li-Ning dijual dengan harga mulai dari 175 ribu rupiah.

 

Glory

 

Bentuk-shuttlecock-atau-kokBeralih ke shuttlecock buatan dalam negeri yaitu shuttlecock Glory. Shuttlecock Glory dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan memiliki kualitas yang sama dengan shuttlecock buatan luar negeri. 

 

Untuk jenis pilihan shuttlecock, shuttlecock Glory memiliki banyak jenis pilihan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jenis pilihan ini dibedakan dari warna kemasannya, seperti warna merah, hijau dan orange. 

 

Shuttlecock Glory memiliki kualitas bulu angsa terbaik yang tidak mudah patah. Untuk speed number, shuttlecock Glory memiliki speed number 78. Dengan speed number tersebut, shuttlecock ini tetap nyaman digunakan pada lapangan indoor. 

 

Selain pada lapangan indoor, Anda juga bisa menggunakan shuttlecock ini pada lapangan outdoor.

 

Adidas

 

Adidas yang merupakan salah satu perusahaan peralatan olahraga terbaik di Eropa, juga memiliki produk shuttlecock terbaik. Shuttlecock dari Adidas bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. 

 

Adidas memiliki pilihan jenis shuttlecock, yaitu nylon dan bulu angsa. Berbeda dengan produk shuttlecock lainnya yang biasa identik dengan warna putih, shuttlecock Adidas memiliki pilihan warna selain putih, yaitu warna kuning. 

 

Untuk shuttlecock nylon buatan Adidas, dibuat menggunakan teknologi terbaik, sehingga memiliki kestabilan terbaik. Oleh karena itu, shuttlecock ini mudah digunakan oleh siapa saja. 

 

Karena terbuat dari nylon, daya tahan shuttlecock ini sudah teruji kehebatannya. Shuttlecock buatan Adidas ini direkomendasikan untuk Anda yang baru mempelajari olahraga badminton dan berniat untuk menjadi atlet badminton profesional.

 

Dakota

 

Selain dari Jepang dan China, Indonesia juga memiliki shuttlecock badminton terbaik. Shuttlecock terbaik buatan Indonesia yang banyak dijual secara online maupun offline pada toko olahraga adalah Dakota

 

Shuttlecock ini sering digunakan oleh pemain badminton di beberapa lapangan badminton. Walaupun buatan lokal, shuttlecock ini memiliki kualitas yang tidak kalah dari shuttlecock buatan luar negeri. 

 

Dibuat menggunakan bulu angsa terbaik, shuttlecock ini tidak mudah rusak walaupun Anda sering melakukan pukulan smash pada saat Anda bermain badminton. Shuttlecock ini juga cukup ringan pada saat dipukul. 

 

Untuk harga shuttlecock ini, Anda bisa membelinya dengan harga 40 ribu rupiah. Dengan harga tersebut Anda sudah mendapatkan shuttlecock dengan kualitas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk bermain badminton. 

 

Gadjah Mada

 

Shuttlecock atau kok GadjahmadaShuttlecock terbaik selanjutnya yang banyak dijual di marketplace dan toko peralatan olahraga adalah shuttlecock buatan Gadjah Mada.

 

Kualitas shuttlecock ini sudah diakui oleh pemain badminton tanah air, karena sudah banyak digunakan untuk beberapa perlombaan badminton di Indonesia. 

 

Sama seperti shuttlecock lainnya, Gadjah Mada juga menggunakan bulu angsa yang lolos uji dengan kualitas terbaik untuk shuttlecocknya. Selain bulu angsa terbaik, shuttlecock ini juga memiliki gabus terbaik yang awet saat dipakai. 

 

Kombinasi bulu angsa dan gabus terbaik membuat gerakan shuttlecock tetap stabil dan mempermudah ketika dipukul. Termasuk untuk melakukan berbagai macam pukulan pada badminton, seperti pukulan chop, dropshot, hingga pukulan smash. 

 

Shuttlecock Gadjah Mada direkomendasikan digunakan oleh pemula atau atlet. Shuttlecock ini juga merupakan shuttlecock buatan asli Indonesia.

 

Arjuna

 

Banyak sekali shuttlecock terbaik buatan Indonesia yang dijual di pasaran, salah satunya adalah Arjuna. Untuk kualitas shuttlecock, Anda tidak perlu khawatir, karena shuttlecock Arjuna sudah melewati berbagai macam pengujian produk sebelum dijual di pasaran. 

 

Bulu pada shuttlecock ini, terbuat dari bulu angsa terbaik, bulu tersebut tidak mudah patah dan lepas, meski shuttlecock sering digunakan. Gabus pada shuttlecock ini menggunakan gabus spon, sehingga shuttlecock memiliki bobot yang cukup ringan dan tidak merusak senar raket Anda. 

 

Untuk speed number, shuttlecock Arjuna memiliki speed number 78, bisa Anda gunakan untuk bermain pada lapangan outdoor. Untuk harga, Anda bisa mendapatkan shuttlecock ini dengan harga kurang dari 80 puluh ribu rupiah.

 

Garuda Internasional

 

Shuttlecock kok Garuda InternasionalSelain Dakota, Arjuna dan Glory, shuttlecock terbaik buatan lokal selanjutnya adalah Garuda Internasional. Shuttlecock Garuda Internasional merupakan salah satu shuttlecock yang sudah diakui kualitasnya dari PBSI. 

 

Dengan demikian, penggunaan shuttlecock ini sudah banyak digunakan pada beberapa perlombaan bulu tangkis di Indonesia, mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional. Untuk speed number, shuttlecock ini memiliki speed number 77 dan 78. 

 

Untuk bahan, shuttlecock ini terbuat dari bulu angsa dan gabus terbaik, sehingga bulu dan gabus pada shuttlecock tidak mudah rusak. Shuttlecock ini juga mudah untuk dipukul. 

 

Dengan harganya yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari 50 ribu rupiah, shuttlecock ini banyak direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula yang baru bermain badminton.

 

Lakukan Cara Ini Agar Shuttlecock Tidak Mudah Rusak

Jika Anda sudah membeli shuttlecock, jangan lupa untuk merawat shuttlecock Anda agar tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa contoh cara untuk merawat shuttlecock yang bisa Anda lakukan dirumah.

 

Simpan Shuttlecock pada tempat yang aman

 

Bulu shuttlecock akan mudah rusak jika tertindih barang lainnya, direkomendasikan untuk menyimpan shuttlecock pada wadahnya.

 

Jika Anda menyimpan shuttlecock pada tempat yang cukup panas, bulu shuttlecock juga akan lebih cepat mengalami kerusakan. Anda bisa menyimpan shuttlecock pada suhu ruangan.

 

Lakukan penguapan agar bulu shuttlecock tidak mudah rusak

 

Selain memperhatikan penyimpanan shuttlecock, cara terbaik untuk merawat shuttlecock adalah dengan melakukan penguapan. Seperti yang Anda ketahui, bulu shuttlecock yang kering akan mudah patah ketika dipukul. Berikut ini cara melakukan penguapan pada shuttlecock Anda.

 

  • Pertama, susun shuttlecock pada slop, dengan posisi kepala shuttlecock berada di bagian atas dan tutup bagian atas slop. Biarkan bagian bawah slop terbuka.

 

  • Taruh slop shuttlecock yang sudah berisi shuttlecock di atas teko atau atau gelas dan biarkan uap masuk ke dalam slop.

 

  • Biarkan proses penguapan berlangsung hingga beberapa jam. Direkomendasikan untuk tidak terlalu lama melakukan penguapan. Tidak direkomendasikan untuk melakukan penguapan saat cuaca lembab, karena akan memberatkan shuttlecock.

 

Pahami Speed Number Shuttlecock Anda

 

Untuk menemukan shuttlecock yang sesuai dengan tempat Anda bermain badminton, Anda bisa memilih shuttlecock berdasarkan speed numbernya. Speed number sendiri dipengaruhi oleh berat dari shuttlecock, suhu lingkungan dan kecepatan angin. 

 

Biasanya, atlet badminton dan wasit akan melakukan beberapa pengujian pada shuttlecock sebelum bertanding. Setelah itu dilakukan analisis untuk menentukan shuttlecock terbaik yang akan digunakan. 

 

Pilihlah shuttlecock yang memiliki kesesuaian dengan cuaca dan suhu lokasi dimana Anda bermain badminton. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai speed number pada shuttlecock

Speed number 79-80

Speed number 79-80

Shuttlecock dengan speed number ini, direkomendasikan untuk digunakan pada daerah yang cukup dingin, seperti pada saat musim dingin di Eropa. Shuttlecock ini juga bergerak lebih cepat dari shuttlecock lainnya. Berat shuttlecock biasanya sekitar 5.1 gram.

Speed number 78

Speed number 78

Berbeda dengan shuttlecock dengan speed number 79 dan 80, shuttlecock ini tidak begitu cepat pada saat dipukul. Untuk shuttlecock ini direkomendasikan digunakan pada lapangan badminton yang dingin.

Speed number 77

Speed number 77

Jika Anda bermain badminton pada lapangan dengan angin yang cukup kencang atau di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia, direkomendasikan untuk memilih shuttlecock dengan speed number 77.

Speed number 76

Speed number 76

Speed number selanjutnya adalah 76. Shuttlecock ini bergerak cukup lambat. Shuttlecock dengan speed number 76 ini cocok jika digunakan di Indonesia.

Speed number 75

Speed number 75

Speed number yang terakhir adalah 75. Shuttlecock dengan speed number 75 biasanya memiliki berat 4.8 gram.

 

Dengan berat tersebut, shuttlecock akan lambat ketika dipukul. Shuttlecock dengan speed number ini direkomendasikan untuk Anda yang bermain badminton di lapangan yang terletak di pegunungan.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Kok

https://www.kompas.com/sports/read/2021/03/29/11000028/shuttlecock-dalam-bulu-tangkis-sejarah-dan-standar-internasional?page=all

https://www.kompasiana.com/indococks/5510b839a333119837ba8ad9/memahami-kecepatan-speed-pada-shuttlecock-badminton?page=all

https://bobo.grid.id/read/082011061/supaya-terbang-dengan-baik-benarkah-kok-bulu-tangkis-hanya-terbuat-dari-bulu-sayap-kiri-angsa?page=all

http://www.penjasorkes.com/2019/03/standar-ukuran-berat-dan-bahan.html

 

Hal yang sering ditanyakan

Berapa harga shuttlecock yang murah?

Anda bisa mendapatkan shuttlecock dengan harga di bawah 100 ribu. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan shuttlecock terbaik. Anda bisa melihat tabel perbandingan harga shuttlecock untuk mendapatkan shuttlecock terbaik dengan harga yang terjangkau.

Apakah keunggulan menggunakan shuttlecock dari bahan plastik?

Keunggulan menggunakan shuttlecock dari bahan plastik adalah lebih awet. Shuttlecock yang terbuat dari plastik, direkomendasikan digunakan untuk berlatih badminton. BWF juga sedang mengkaji penggunaan shuttlecock plastik pada kejuaraan resmi.

Apakah ada shuttlecock buatan asli Indonesia?

Ada, beberapa shuttlecock terbaik buatan asli Indonesia seperti Glory, Dakota. Produk shuttlecock buatan lokal juga sudah melewati berbagai macam tes produk dan pengujian sehingga kualitas shuttlecock dalam negeri tidak kalah dengan shuttlecock import.

Berapa jumlah bulu yang ada pada shuttlecock?

Satu shuttlecock biasanya memiliki 16 bulu. Bulu angsa yang dipakai juga tidak boleh sembarangan, bulu angsa harus dipotong dengan ukuran panjang 62 sampai dengan 70 milimeter saja.

Apa yang mengakibatkan shuttlecock diganti pada saat pertandingan?

Penggantian shuttlecock pada saat pertandingan biasanya terjadi karena kerusakan pada shuttlecock. Shuttlecock yang rusak akan susah untuk dipukul, kontrol terhadap shuttlecock juga ikut berpengaruh, sehingga bisa mengganggu jalannya pertandingan.

Apakah semua shuttlecock bisa digunakan pada pertandingan resmi?

Tidak semua shuttlecock bisa digunakan pada pertandingan resmi. BWF dan PBSI memiliki standar sendiri untuk shuttlecock pada pertandingan resmi. Misalnya berat shuttlecock yang tidak boleh lebih dari 5.50 gram, hingga ukuran bulu yang ada pada shuttlecock.

Mengapa bulu angsa lebih bagus untuk bahan shuttlecock?

Penggunaan bulu angsa pada shuttlecock dikarenakan dari beberapa hasil penelitian terhadap penggunaan bulu angsa pada shuttlecock, bahwa bulu angsa lebih kuat dan mampu membuat shuttlecock terbang lebih baik dibandingkan dengan bulu ayam dan bulu bebek ketika digunakan untuk membuat shuttlecock.

Shuttlecock apa yang baik digunakan pada lapangan outdoor?

Direkomendasikan untuk memilih shuttlecock yang tidak terlalu cepat ketika dipukul. Anda bisa menggunakan shuttlecock dengan speed number antara 75 hingga 77.

Apakah pukulan smash dapat merusak shuttlecock?

Ya, pukulan smash yang keras dapat merusak shuttlecock. Banyak pemain badminton profesional yang memiliki pukulan smash yang sangat keras sampai mengakibatkan kerusakan pada shuttlecock.

Shuttlecock apa yang bagus untuk pemain pemula?

Untuk pemula, Anda bisa membeli shuttlecock dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu. Shuttlecock dengan speed number 76 juga biasanya banyak digunakan untuk belajar badminton. Jika Anda sudah menguasai dan berniat bermain badminton lebih lanjut, Anda bisa melakukan evaluasi untuk mengganti shuttlecock Anda dengan shuttlecock yang lainnya.

Tinggalkan Balasan