Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Serum im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
7976 Baca ulasan

🥇 Serum Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Selain pembersih, penyegar, dan pelembap wajah, serum tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Bahan-bahan aktif dalam serum sangat bermanfaat untuk menutrisi wajah.

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

Mehr zu Cornelia

Serum Daftar Produk Terbaik 2021

Serum Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa yang Dimaksud dengan Serum?

 

Apa yang Dimaksud dengan Serum

Serum adalah produk skincare yang mengandung zat-zat dengan konsentrasi tinggi. Sebagai perbandingan, serum mengandung bahan aktif hingga 70 persen, sedangkan produk pembersih dan pelembap biasa hanya mengandung zat aktif antara 5-10 persen

 

Kebanyakan serum berbahan dasar air yang ringan sehingga menyerap cepat ke dalam kulit.Serum membantu memperbaiki kondisi kulit dan mengatasi masalah kulit seperti kerutan, jerawat, kulit kering, dan sebagainya.

 

Cara Kerja Serum

 

Serum terbuat dari molekul-molekul yang sangat kecil agar bisa menyerap cepat ke bagian dalam kulit. Karena teksturnya yang sangat halus, maka setelah dioleskan pada kulit tidak akan terasa lengket.

 

Manfaat Serum

 

Melembapkan Kulit

 

Manfaat Pemakaian Serum Rutin

Kulit harus tetap terjaga kelembapannya. Kelembapan ini bisa didapatkan dari konsumsi air minum dan makanan sehari-hari. Anda juga bisa mengandalkan serum terbaik yang dapat memberikan kelembapan tinggi pada kulit. Kulit yang lembap juga akan terlihat cerah dan terasa halus.

 

Mengatasi Garis Halus dan Kerutan

 

Garis-garis halus dan kerutan bisa timbul karena faktor usia atau faktor luar seperti gaya hidup atau paparan sinar matahari dan polusi. Atasi saja dengan serum. Serum terbaik yang mengandung retinol sangat efektif mengatasi masalah wajah ini.

 

Mengatasi Hiperpigmentasi

 

Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana terdapat noda-noda berwarna gelap pada kulit. Hal ini terjadi kelebihan melanin yang menumpuk pada kulit. 

 

Melanin adalah pigmen berwarna cokelat yang memproduksi warna kulit. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari atau fluktuasi hormon. Noda-noda ini tentu mengganggu penampilan. Serum terbaik dengan bahan-bahan khusus bisa mengatasi noda-noda hitam dan membuat wajah kembali mulus.

 

Jenis-jenis Serum

 

  • Serum anti aging
  • Serum pencerah kulit
  • Hydrating serum
  • Serum anti jerawat
Garis halus dan kerutan pada kulit wajah seringkali datang sebelum waktunya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengaplikasikan serum anti aging. Serum ini mendorong peremajaan kulit dan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis dan mulus.
Ada pula serum untuk mencerahkan kulit. Serum ini mengandung antioksidan seperti vitamin C  dan E yang akan menetralkan radikal bebas pada kulit. Warna kulit menjadi lebih cerah dan merata. Zat-zat lain yang sering juga ditambahkan adalah glycolic acid, kojic acid, ferulic acid, dan licorice.
Tujuan hydrating serum adalah mencegah kulit agar tidak kering. Maka, dibutuhkan serum yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan. Hyaluronic acid seringkali digunakan dalam serum karena zat aktif ini dapat menarik kelembaban ke dalam kulit dan menguncinya. Kulit pun menjadi terlihat segar, kenyal, dan muda.
Masalah jerawat bisa diatasi dengan serum anti jerawat. Di dalamnya terdapat zat-zat seperti asam salisilat, niacinamide, dan retinol. Zat-zat ini membuka penyumbatan pada pori-pori kulit untuk membersihkan kotoran dan sebum penyebab jerawat serta mengatasi peradangan.

Cara Memilih Serum

 

Perhatikan beberapa hal berikut ini sebagai pertimbangan saat memilih serum terbaik untuk kulit wajah Anda:

 

Perhatikan jenis kulit

 

Serum harus disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit yang normal memerlukan serum terbaik yang dapat memelihara kelembapan dan menutrisinya. Anda bisa menggunakan serum berbahan hyaluronic acid, lidah buaya, dan glycolic acid.

 

Kulit kering bisa menggunakan hydrating serum yang berbahan hyaluronic acid dan glycolic acid yang melembapkan kulit.

 

Untuk kulit berminyak, pilihlah serum terbaik yang dapat menyeimbangkan minyak alami kulit dan mengecilkan pori-pori.

 

Serum tersebut mengandung vitamin C, hyaluronic acid, atau retinol. Jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi, maka serum terbaik yang cocok adalah yang mengandung vitamin C, hyaluronic acid, dan peptide.

 

Bahan-bahan Serum

 

Bahan-bahan untuk membuat Serum Terbaik

Berdasarkan survey, biasanya bahan pertama yang tercantum dalam serum adalah air dan kemudian diikuti bahan-bahan aktif lainnya. Pada dasarnya, serum terbaik mengandung zat-zat botani, antioksidan, dan pelembap.  

 

Zat-zat botani yang terkandung dalam serum misalnya adalah licorice, lidah buaya, teh hijau, dan lain sebagainya. 

 

Vitamin A, C dan E termasuk antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit, meremajakan kulit, dan meningkatkan tampilan kulit. Hyaluronic acid sebenarnya dihasilkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan.

 

Namun, zat ini akan berkurang seiring pertambahan usia. Serum yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu melembabkan kulit dengan cara mengunci kelembaban di dalam kulit.

 

Jika Anda membutuhkan serum yang mengandung bahan tertentu sesuai dengan kebutuhan spesifik kulit, maka bahan tersebut harus berada pada urutan awal. Jika dicantumkan pada urutan terakhir, berarti konsentrasi zat tersebut tidak cukup tinggi.

 

Usia

 

Penggunaan serum bisa dimulai saat usia akhir 20-an dan awal 30-an. Pada rentang usia ini sudah mulai muncul tanda-tanda penuaan. Apalagi menurut survey, faktor-faktor seperti contohnya gaya hidup, sinar matahari, dan polusi mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan ini. 

 

Garis-garis halus dan kerutan mulai muncul, warna kulit tidak rata, dan permukaan kulit pun kasar. Pilihlah serum terbaik yang mengandung antioksidan untuk mengatasi masalah penuaan dini dan retinol yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

 

Pada rentang usia antara 40 hingga 50-an, terjadi hal-hal pada kulit yaitu produksi sebum (minyak) dan estrogen menurun sehingga kulit menjadi lebih kering, kasar, dan kusam. 

 

Rekomendasi serum terbaik yang cocok adalah yang mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit serta vitamin C dan E untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin.Setelah melewati usia 50, hormon estrogen, kolagen, dan elastin semakin menurun.

 

Jadi yang perlu dilakukan adalah melakukan peremajaan kulit. Pilihlah serum yang mengandung peptide dan antioksidan.

 

Serum Siang atau Serum Malam?

 

Pilih serum yang mengandung hyaluronic acid

Kalau Anda menginginkan hasil yang sempurna, maka gunakan rekomendasi serum terbaik yang berbeda untuk siang dan malam. 

 

Serum untuk siang hari memiliki konsentrasi yang lebih rendah daripada serum malam hari. Berdasarkan uji coba, konsentrasi dalam serum malam hari lebih tinggi karena lebih efektif bekerja saat Anda tidur.

 

Aplikasikan serum yang mengandung antioksidan untuk di pagi hari sebagai perlindungan terhadap sinar matahari dan polusi. 

 

Untuk malam hari, gunakan serum anti aging untuk memberi kesempatan kulit memproduksi sel-sel baru  agar kulit tampak awet muda.

 

Jika ingin praktis, Anda bisa menggunakan rekomendasi serum yang mengandung hyaluronic acid untuk memberikan kelembapan pada siang dan malam hari. Serum yang mengandung niacinamide juga cocok dipakai pada siang dan malam hari. Jika digunakan pada siang hari juga tidak membuat kulit sensitif akibat sinar matahari.

 

Harga

 

Jika dibandingkan dengan produk-produk skincare lain, serum yang lolos uji memiliki harga yang lebih mahal. Menurut tes produk, serum terbaik mengandung lebih banyak zat aktif  dalam bentuk konsentrat yang menutrisi kulit.

 

Dengan membeli serum yang bagus, Anda tidak akan membuang uang karena hasilnya akan tampak nyata.

 

Hal yang paling penting adalah mengetahui kebutuhan kulit Anda agar bisa menemukan produk serum yang teruji dan sesuai dengan anggaran Anda agar tidak memberatkan.

 

Namun sebagai perbandingan, lebih baik membeli sebuah serum dengan harga lebih mahal namun berkualitas daripada membeli beberapa produk skincare berharga murah. Berdasarkan penilaian, serum berkualitas jauh lebih efektif mengatasi masalah kulit Anda.   

 

Tips Penting Dalam Memilih Serum

 

Hindari zat-zat tambahan

Hindari zat-zat tambahan

Serum terbaik mengandung zat-zat aktif dan kuat. Berdasarkan uji praktek, adanya zat-zat tambahan seperti pewangi, pewarna, silikon, dan minyak bisa mengganggu penyerapan serum ke dalam kulit. Kandungan silikon juga dapat memperlambat peremajaan sel kulit. Adanya kandungan minyak dalam serum juga malah menciptakan penghalang pada kulit sehingga zat-zat serum yang lain sulit masuk ke dalam kulit.

Bahan-bahan yang menyebabkan iritasi

Bahan-bahan yang menyebabkan iritasi

Anda yang memiliki kulit sensitif perlu lebih teliti dalam memilih rekomendasi produk serum terbaik. Berdasarkan tes, serum yang mengandung vitamin C yang bersifat asam bisa menimbulkan iritasi atau membuat kulit menjadi kering. Pilihlah serum dengan kandungan vitamin C dengan bentuk sodium ascorbyl phosphate yang lebih lembut. Retinol juga banyak digunakan dalam serum. Namun, berhati-hatilah karena zat ini bisa menimbulkan kemerahan pada kulit. Demikian pula dengan asam salisilat yang baik untuk mengatasi jerawat. Namun, untuk pemilik kulit sensitif bisa menimbulkan kondisi kulit kering.

Kemasan

Kemasan

Serum terbaik dikemas dalam wadah yang buram dan kedap udara. Berdasarkan hasil pengujian, wadah seperti ini berguna untuk menjaga mutu zat-zat di dalam serum agar tidak terpapar cahaya dan udara. Wadah ini biasanya berbentuk botol pump atau dilengkapi dengan aplikator. 

Kebutuhan kulit

Kebutuhan kulit

Dari uraian sebelumnya, Anda sudah mengetahui jenis-jenis serum dan manfaatnya. Kini, Anda harus melakukan analisis terhadap masalah yang terjadi pada kulit dan apa yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis serum yang terbaik. Namun jika ragu-ragu, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kulit. Mereka bisa melakukan pemeriksaan terhadap kulit Anda dan merekomendasikan serum terbaik yang cocok.

Efektivitas serum

Efektivitas serum

Hasil dari penggunaan serum terbaik bervariasi dan tergantung pada jenis serumnya. Berdasarkan pemeriksaan, serum membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk menunjukkan hasilnya. Namun, hasil ini juga tergantung pada kualitas produk dan teknologi yang digunakan untuk membuat formula serum. Berdasarkan evaluasi, respons tiap konsumen juga berbeda-beda terhadap produk serum yang sama sehingga mempengaruhi efektivitasnya.

 

Rekomendasi Merek Serum Terbaik

 

Sudah tahu serum yang tepat untuk kebutuhan kulit Anda? Jika ya, maka sekarang Anda tinggal memilih produk serum terbaik yang tepat. Inilah sejumlah merek serum terbaik dengan tabel perbandingannya.

 

Safi

 

Ingin mendapatkan rekomendasi produk serum terbaik dan halal? Anda bisa memilih produk dari Safi. Serumnya dibuat dari bahan baku alami serta tidak mengandung alkohol dan gelatin. 

 

Proses pembuatannya juga sesuai dengan syariat Islam. Serum Safi mengandung ekstrak emas dan protein sutra. Ekstrak emas dipilih karena dapat meremajakan kulit sehingga awet muda. 

 

Sedangkan protein sutra yang mengandung 18 jenis asam amino bermanfaat untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Serum Safi juga memiliki formula Tri Tone Equalizer yang bekerja cepat ke dalam kulit. 

 

Manfaatnya adalah memelihara kolagen kulit, membuat kulit elastis, dan memelihara kulit agar tampak cerah. Serum Safi juga sesuai dengan iklim di Indonesia.

 

Natur-E

 

Natur-E memiliki dua rekomendasi produk serum terbaik yaitu Natur-E Advanced Anti-Aging Serum dan Natur-E White Brightening Serum. 

 

Natur-E Advanced Anti-Aging Serum mengandung astaxanthin yang berasal dari ganggang merah dan Prolift Tech Formula. Kedua kandungan ini dapat membuat kulit jadi lebih kencang dan elastis serta menyamarkan kerutan dan garis halus. 

 

Jika Anda menginginkan wajah yang cerah, gunakan Natur-E White Brightening Serum. Produk serum terbaik ini mengandung vitamin E, glutathione, ekstrak zaitun, dan giga white. 

 

Semua bahan ini dapat mencerahkan kulit jika dipakai secara rutin dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Semua produk serum Natur-E ini diklaim sudah terlihat hasilnya dalam 14 hari.

 

L’oreal

 

Rekomendasi produk-produk serum terbaik dari L’oreal menggunakan hyaluronic acid sebagai bahan utamanya. Tak cuma satu, merek ini menggunakan dua bentuk hyaluronic acid, yaitu  macro hyaluronic acid dan micro hyaluronic acid.

 

Keduanya sama-sama memiliki fungsi utama yaitu melembapkan kulit. Hanya saja macro hyaluronic acid memiliki fungsi lain yaitu menghaluskan permukaan kulit dan micro hyaluronic acid akan meresap ke dalam lapisan kulit untuk menghilangkan kerutan. 

 

Selain hyaluronic acid, digunakan pula bahan centella asiatica untuk mengencangkan kulit dan pro-retinol A untuk meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan.  

 

Produk-produk serum terbaik ini aman dipakai karena tidak mengandung pewarna buatan, pewangi, dan tidak menyumbat pori-pori kulit.

 

Sariayu

 

Merek lokal lain yang memiliki rekomendasi serum terbaik adalah Sariayu.  Serum dari Sariayu ini termasuk dalam seri Econature Nutriage. 

 

Rangkaian skincare ini memiliki konsep ramah lingkungan dan menggunakan 90 persen bahan-bahan alami sehingga aman untuk kulit. Serum terbaik dari seri Econature Nutriage memiliki kandungan ekstrak delima, marine collagen, dan sea lettuce. 

 

Manfaatnya adalah memelihara kelembapan kulit dan elastisitas kulit serta membuat kulit tampak cerah. Garis-garis halus pada wajah pun akan berkurang dengan serum ini. 

 

Saat dipakai juga tidak terasa lengket di kulit. Formulanya juga cepat meresap ke dalam kulit. Anda bisa menggunakan serum terbaik ini dua kali sehari.

 

Ultima II

 

Rekomendasi serum terbaik dari Ultima II mengandung beberapa bahan khusus. CollaSense merupakan perpaduan tiga jenis kolagen untuk menutrisi dan meregenerasi kulit. 

 

Ada pula bahan-bahan lain seperti ekstrak kaviar untuk memperlambat penuaan, polymarine saccharides untuk melembapkan kulit, dan hydorxyprosilane untuk meregenerasi kulit. 

 

Formula anti-pollutant matrix akan meremajakan kulit dan meminimalkan tanda-tanda penuaan. Dengan kandungan marine elastin, jaringan kolagen pada kulit semakin kuat dan membuat kulit menjadi kencang.

 

Cukup oleskan sebanyak 2-3 tetes saja pada wajah dan leher dan beri pijatan ringan agar dapat meresap ke dalam kulit. Anda bisa menggunakan serum-serum ini pada pagi dan malam hari. Ukuran produknya adalah 30 ml.

 

Biokos

 

Anda juga bisa mencoba rekomendasi produk serum terbaik dari merek Biokos. Digunakan teknologi Bio Filler untuk meningkatkan kekencangan kulit dan mencerahkannya hanya dalam waktu 4 minggu saja. 

 

Inovasi formula Botu-like bermanfaat untuk mengurangi keriput dan membuat kulit elastis. Kulit pun akan terjaga kelembabannya selama 24 jam.

 

Botu-like terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak biji okra, akar yam, dan hydroviton. Serum ini juga diperkaya dengan ekstrak chamomile, sehingga tidak menyebabkan iritasi. 

 

Agar kulit tetap sehat dan berkilau, serum terbaik dari Biokos memiliki Total Whitening Concept yaitu kombinasi tiga langkah yaitu sebelum, selama, dan sesudah pembentukan melanin.

 

Pond’s

 

Melalui penelitian dan eksperimen yang dilakukan oleh The Pond’s Institute, dihasilkan produk-produk kecantikan dengan inovasi terbaru dan sesuai dengan kebutuhan kulit. 

 

Contohnya adalah rekomendasi produk serum terbaiknya. Produk serum terbaik dari Pond’s menggunakan teknologi Next Generation of Anti-Aging dan New Skin Lightening. 

 

Dilengkapi pula dengan kandungan Retinol-C Complex. Produk ini diklaim 40 kali lebih kuat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. 

 

Selain itu, garis-garis halus serta kerutan pun lebih tersamarkan dan kulit menjadi lebih lembap. Saat dioleskan terasa ringan dan tidak lengket. Produk serum terbaik ini dikemas dalam botol kaca dalam ukuran 30 ml.

 

Mineral Botanica

 

Mineral Botanica memiliki rangkaian produk serum terbaik yang lengkap untuk mencerahkan kulit, melawan tanda-tanda penuaan, dan mengatasi jerawat. 

 

Bahan-bahan yang biasa ada dalam serum seperti peptide dan vitamin C juga terkandung dalam produk serum terbaik Mineral Botanica. Ditambahkan pula bahan-bahan botani seperti lidah buaya, pir, dan plum. 

 

Khusus untuk serum jerawat diperkaya dengan asam salisilat, zinc PCA, dan dipotasium glycirhizinate. Semua bahan ini membuat kulit bebas tanda penuaan dini, cerah, lembap, dan kencang. 

 

Daya serap serumnya sangat cepat. Jika digunakan secara rutin, maka dalam 2 bulan akan tampak hasilnya. Semua produk serum ini aman untuk dipakai ibu hamil dan menyusui.

 

Estee Lauder

 

Rekomendasi produk serum terbaik dari Estee Lauder cocok untuk segala jenis kulit. Serum-serum terbaik ini terdiri dari serum untuk melembapkan kulit, melawan tanda-tanda penuaan, dan mencerahkan kulit. 

 

Terdapat teknologi Chronolux Power Signal agar serum bekerja cepat masuk ke dalam kulit. Ada pula formula Rapid Brightening Treatment untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. 

 

Estee Lauder juga menggunakan bahan-bahan berkonsentrasi tinggi yaitu yeast ferment dan molasses ferment untuk meratakan warna kulit dan mencerahkannya. 

 

Serumnya akan bekerja siang dan malam untuk merawat kulit. Kelembapan yang dihasilkan bervariasi yaitu 48 jam dan 72 jam. Kemasan produknya tersedia dalam ukuran 7 ml, 30 ml, dan 50 ml.

 

Mazaya

 

Untuk rekomendasi produk-produk serum terbaiknya, Mazaya menggunakan bahan utama yaitu astaxanthin. Zat ini diketahui merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi efek radikal bebas. 

 

Selain astaxanthin, serum terbaik dari Mazaya juga diperkaya dengan vitamin C agar kulit tampak cerah dan terasa elastis. 

 

Untuk serum anti aging-nya mengandung biomimetic peptide yang terdiri dari argireline, synake, dan syncholl serta hyaluronic acid untuk mengatasi kerutan dan melembapkan kulit. Jika ingin mencerahkan wajah, serum keluaran Mazaya diperkaya pula dengan clair blanche-II dan albatin. 

 

Selain cerah, kulit pun bebas dari tanda-tanda penuaan. Agar hasilnya maksimal, serum harus dioleskan secara merata dan dipijat lembut.

 

Cara Menggunakan Serum

 

Memakai serum terbaik

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memakai  serum terbaik adalah membaca instruksi pada kemasannya. Ada serum yang bisa digunakan baik siang atau malam hari. Namun, ada juga serum yang dikhususkan untuk siang atau malam saja. 

 

Jika sudah mengetahui instruksinya, lakukan pengaplikasian serum yang tepat. Berdasarkan pengujian, serum terbaik harus diaplikasikan pertama kali setelah wajah dibersihkan agar zat-zat aktifnya bisa menyerap lebih ke dalam ke kulit. 

 

Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan produk-produk skincare lain. Untuk pagi hari, aplikasikan serum setelah wajah dibersihkan. Setelah itu baru gunakan pelembap dan tabir surya

 

Di malam hari, aplikasikan serum setelah wajah dibersihkan. Jangan mengoleskan serum terlalu banyak agar kulit bisa bernapas. Setelah itu Anda bisa mengoleskan krim malam.

 

Ambil serum seukuran kacang, bubuhkan pada lima area kulit wajah yaitu dahi, kedua pipi, hidung, dan dagu. Tepuk-tepuk atau pijat dengan jari sekitar 30-60 detik agar menyerap. 

 

Serum tidak boleh digosok dengan jari karena bisa menyerap pada jari. Tunggu serum menyerap ke dalam kulit sekitar satu menit, baru kemudian oleskan pelembap.

 

Hati-hati jika Anda memiliki kulit sensitif. Kulit harus didiamkan selama 10-15 menit setelah dibersihkan agar benar-benar kering, baru serum dioleskan. Jika kulit masih lembap setelah dibersihkan lalu dioleskan serum, dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi.

 

Serba-Serbi Serum

 

✔ Jangan terlalu banyak mengaplikasikan serum karena bisa membuat kulit teriritasi.

✔ Jika menggunakan serum terbaik yang mengandung vitamin C, hindarilah bagian mata dan bagian-bagian wajah lain yang sensitif agar tidak terjadi iritasi. 

✔ Jangan gunakan serum malam untuk siang hari. Zat-zat yang terkandung dalam serum malam bisa menimbulkan iritasi pada kulit apabila terpapar sinar matahari.

✔ Jika serum Anda mengandung zat asam, berhati-hatilah saat mengoleskan produk skincare lain yang juga mengandung asam. Dikhawatirkan hal ini bisa menyebabkan iritasi.

✔ Simpanlah serum terbaik di tempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari agar kandungannya tetap terjaga.

✔ Gunakan serum terbaik dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun. Bahan-bahan di dalam serum tidak akan bersifat aktif selamanya dan bisa menurunkan efektivitasnya.

✔ Jika serum sudah berubah warna menjadi cokelat, ini berarti sudah tidak bisa digunakan. Segera buang dan ganti dengan serum baru.

✔ Gunakan jari untuk mengaplikasikan serum. Jangan gunakan kain atau kapas, karena bisa menyerap serum.

 ✔ Untuk mengetahui kesesuaian suatu produk serum terbaik dengan kulit Anda, lakukan uji kecocokan dengan mengoleskannya sedikit pada kulit. Jika tidak timbul iritasi, Anda bisa meneruskan penggunaannya.

✔ Jika Anda menggunakan skincare jerawat yang mengandung vitamin B3 (niacinamide), maka penggunaan serum yang mengandung vitamin C menjadi kurang efektif. 

 

Sumber

 

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190722171655-277-414453/mengenal-apa-itu-serum-wajah-dan-cara-pemakaiannya

https://www.alodokter.com/jangan-asal-pakai-manfaat-serum-wajah-berbeda-beda

https://cantik.tempo.co/read/1329535/cara-tepat-memakai-serum-wajah-sebelum-atau-sesudah-pelembap

https://womantalk.com/beauty/articles/ini-urutan-skincare-saat-pakai-serum-di-malam-hari-yang-tidak-boleh-terlewatkan-Adod3

https://www.merdeka.com/gaya/mengenal-serum-manfaat-jenis-kandungan-dan-cara-pemakaian-yang-tepat.html

 

FAQ

Apa bedanya serum dan essence?

Membandingkan teksturnya, tekstur serum lebih kental daripada essence. Namun, keduanya memiliki kemiripan yaitu mengandung bahan aktif berkadar tinggi.

Apa bedanya serum dan face oil?

Serum menyerap ke dalam lapisan kulit. Face oil hanya bekerja di permukaan kulit saja.

Apa bedanya serum dan toner?

Serum mengandung bahan-bahan aktif untuk mengatasi masalah yang spesifik pada kulit. Toner berfungsi menyeimbangkan pH- kulit.

Apakah serum bisa digunakan sebagai primer wajah?

Ya. Serum yang dioleskan pada wajah selain bisa memberikan perlindungan juga bisa menjadi primer wajah secara berdampingan.

Apakah serum bisa menggantikan pelembap?

Serum bisa meningkatkan fungsi pelembap pada wajah. Jadi, Anda harus tetap menggunakan pelembap setelah memakai serum.

Apakah serum bisa menyebabkan jerawat?

Jika menggunakan produk serum baru, mungkin bisa menyebabkan jerawat. Namun hal ini bersifat sementara. Jerawat juga dapat disebabkan oleh pemakaian serum yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Dapatkah serum dicampur dengan pelembap?

Bisa saja, karena kebanyakan bahan serum dan pelembap sama. Jadi, keduanya aman untuk dicampur.

Apakah kita bisa menggunakan lemon sebagai pengganti serum vitamin C?

Jika air perasan lemon yang mengandung vitamin C dioleskan langsung ke wajah, bisa menyebabkan iritasi. Serum vitamin C lebih aman jika digunakan.

Apakah jade roller bisa digunakan bersama serum?

Jade roller adalah alat untuk memijat wajah. Setelah serum dioleskan pada wajah, maka wajah bisa dipijat dengan jade roller.

Mengapa serum vitamin C bisa membuat kulit menjadi gelap?

Hal ini terjadi karena kandungan vitamin C mengalami oksidasi di dalam botolnya atau di permukaan kulit.

Tinggalkan Balasan