Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Serum Anti Aging im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
7939 Baca ulasan

🥇 Serum Anti Aging Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Seiring bertambahnya usia, kondisi penuaan pada kulit tidak bisa dihindari. Namun, masalah penuaan dini bisa diatasi dengan serum anti aging.

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

Mehr zu Cornelia

Serum Anti Aging Daftar Produk Terbaik 2021

Serum Anti Aging Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Pengertian Serum Anti Aging

 

Manfaat Pemakaian Serum RutinSerum anti aging adalah serum yang mengandung bahan-bahan aktif yang berfungsi untuk memperlambat penuaan dini. Bentuknya sendiri ada dua, yaitu gel dan cair. Teksturnya cair dan lembut. Hal ini karena serum anti aging kebanyakan berbahan dasar air.

 

Formulanya juga ringan karena hanya sedikit mengandung bahan-bahan tambahan. Hasil akhirnya tidak lengket dan tidak tampak berminyak.

 

Cara Kerja Serum Anti Aging

 

Pada dasarnya, serum anti aging bertugas untuk mengalirkan zat-zat yang menutrisi ke dalam kulit. Cara kerja serum anti aging lebih efektif daripada pelembab dan lotion.

 

Karena formulanya ringan, maka serum anti aging ini bisa lebih meresap ke dalam lapisan kulit epidermis lebih cepat.

 

Manfaat Serum Anti Aging

 

Memperbaiki Tekstur Kulit

Memperbaiki Tekstur Kulit

Kandungan yang ada dalam serum anti aging terbaik bisa memperbaiki tekstur kulit. Kulit pun menjadi lebih kencang dan halus.

Mengatasi Kerutan

Mengatasi Kerutan

Wajah yang memiliki kerutan dan garis halus bisa dihilangkan dengan serum anti aging terbaik. Selain itu, serum anti aging juga dapat mencegah timbulnya garis halus dan kerutan pada kulit wajah.

Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Serum anti aging terbaik akan mengeksfoliasi kulit sehingga teksturnya lebih halus dan menjadi tampak cerah.

Menghilangkan Noda-noda Kulit

Menghilangkan Noda-noda Kulit

Serum anti aging terbaik secara perlahan akan menghilangkan noda-noda pada kulit akibat sinar matahari, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi. Wajah pun tampak lebih mulus.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Zat antioksidan yang terdapat dalam serum anti aging terbaik dapat mencegah kerusakan kulit seperti kerutan dan noda-noda hitam akibat sinar UV dan polusi.

 

Jenis Serum Anti Aging

 

Untuk usia 20-an

 

Di pertengahan usia 20-an, garis halus dan kerutan mulai muncul. Kulit juga akan mulai mengering dan tampak kusam. Hal ini terjadi karena produksi sel kolagen yang ikut menurun. Penyebabnya adalah faktor-faktor dari luar seperti polusi, cahaya matahari, dan zat-zat pemicu iritasi.

 

Serum anti aging terbaik yang cocok untuk usia 20-an adalah yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E, peptide, retinol, dan hyaluronic acid.

 

Untuk usia 30-an

 

Hormon tubuh mulai menurun pada usia 30-an, begitu pula dengan produksi kolagen, elastin, dan sel. Pada kulit, mulai tampak noda-noda gelap, bekas jerawat, atau garis halus. Kulit pun menjadi kering.

 

Di dalam serum anti aging terbaik terdapat zat-zat aktif  untuk melawan penuaan seperti retinol dan antioksidan seperti vitamin C dan E.

 

Untuk usia 40-an

 

Tanda-tanda yang sering muncul pada kulit wanita usia 40-an adalah garis halus, kerutan, kulit kering dan tidak kencang, serta noda hitam akibat terkena sinar UV.

 

Berdasarkan analisis, ada dua produk serum anti aging yang sebaiknya digunakan yaitu serum pagi yang mengandung hyaluronic acid dan antioksidan serta serum malam yang mengandung peptide, retinol, atau niacinamide.

 

Untuk usia 50-an

 

Hormon estrogen bertugas menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen yang sehat. Pada usia 50-an, hormon estrogen akan berkurang.

 

Hal ini berpengaruh terhadap kondisi wajah dan leher yang menjadi kering, tidak kencang, tampak kusam, dan timbul noda-noda hitam. Pada saat inilah serum anti aging yang mengandung antioksidan dan hyaluronic acid diperlukan.

 

Untuk usia di atas 50 Tahun

 

Hormon estrogen terus mengalami penurunan setelah menopause. Produksi kolagen dan elastin menjadi menurun. Kulit pun menjadi rapuh dan kusam.

 

Garis-garis halus dan kerutan semakin tampak pada kulit yang kering, tipis, dan sensitif. Belum lagi noda-noda hitam akibat sinar UV juga semakin terlihat.

 

Pada usia ini, kulit perlu diremajakan agar tetap tampak cerah dan halus. Serum anti aging yang mengandung peptide dan antioksidan adalah produk yang sesuai untuk kulit wanita usia di atas 50 tahun.

 

Tips Membeli Serum Anti Aging Terbaik

 

Cek Bahan-bahannya

 

Bahan-bahan untuk membuat Serum TerbaikSerum anti aging mengandung bahan-bahan yang menutrisi kulit. Bahan-bahan utama yang terkandung dalam serum anti aging adalah retinol, vitamin C, hyaluronic acid, dan peptide.

 

Vitamin C memiliki kelebihan bisa membentuk kolagen. Manfaatnya adalah melindungi kulit, memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV, dan meningkatkan teksturnya.

 

Serum anti aging berbahan vitamin C dapat mencegah munculnya kerutan dan membuat kulit lebih halus.

 

Retinol dapat meningkatkan produksi sel dan membentuk kolagen. Serum anti aging terbaik yang mengandung retinol dapat mengatasi garis halus dan kerutan. Wajah pun menjadi cerah dan halus.

 

Semakin lama kulit akan kehilangan kelembapannya. Di sinilah diperlukan serum anti aging yang mengandung hyaluronic acid yang bertugas untuk melembapkan kulit dan meningkatkan teksturnya sehingga tampak lebih segar.

 

Serum anti aging juga harus mengandung antioksidan. Fungsi antioksidan adalah melindungi struktur protein di dalam kulit dari radikal bebas yang bisa merusak sel kulit, sinar UV, dan polusi.

 

Selain vitamin C, vitamin B5 dan E, beta karoten, teh hijau, dan niacinamide termasuk dalam golongan antioksidan.

 

Zat terakhir yang terkandung dalam serum anti aging terbaik adalah peptide. Manfaatnya adalah untuk memperbaiki kulit yang rusak dengan merangsang produksi kolagen sehingga muncul sel-sel baru yang membuat kulit tampak bersinar dan mulus.

 

Hindari Bahan-bahan Tambahan

 

Serum antioksidan memiliki konsentrasi bahan-bahan aktif yang tinggi. Karena fungsinya untuk mengantarkan zat-zat ini hingga ke lapisan terdalam kulit dengan cepat, maka serum anti aging terbaik tidak mengandung zat-zat tambahan lain seperti silikon dan minyak mineral.

 

Silikon dapat menghambat penyerapan serum ke dalam kulit, menimbulkan jerawat, dan memperlambat pembentukan sel baru. Jika suatu serum anti aging mengandung minyak, maka bahan minyak ini juga bisa menghambat zat-zat dalam serum masuk ke dalam kulit.

 

Cek Jenis Kulit

 

Pemilihan serum anti aging terbaik berdasarkan jenis kulit

Pemilihan serum harus memiliki kesesuaian dengan kondisi kulit. Berdasarkan tes laboratorium, serum anti aging terbaik yang mengandung bahan aktif hyaluronic acid dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

 

Serum anti aging sesuai untuk kulit berminyak karena formulanya yang lebih ringan daripada krim pelembab. Pori-pori kulit tidak tersumbat dan produksi sebum juga melambat sehingga kulit tidak mudah berjerawat . Rekomendasi serum anti aging terbaik yang mengandung hyaluronic acid, AHA, minyak jojoba, dan asam amino sangat cocok untuk kulit berminyak.

 

Kulit yang kering memerlukan rekomendasi serum anti aging terbaik yang berbahan melembabkan seperti hyaluronic acid, gliserin, betaine, dan panthenol. Bahan-bahan ini akan menarik kelembaban dari udara dan melembabkan kulit.

 

Jika kulit yang kondisinya kering ini juga tampak kusam, Anda bisa menggunakan rekomendasi produk serum anti aging terbaik dengan antioksidan seperti ekstrak teh hijau dan ferulic acid yang akan mencerahkan kulit.

 

Dibandingkan dengan jenis kulit yang lain, kulit normal cenderung cocok dengan serum anti aging apa pun dan tidak menimbulkan iritasi. Gunakan serum anti aging yang mengandung bahan glycolic acid agar kelembapan kulit tetap terjaga dan segar.

 

Jika memiliki kulit kombinasi, Anda bisa menggabungkan dua jenis serum anti aging. Hal ini memungkinkan karena serum anti aging memiliki formula yang ringan sehingga mudah untuk dicampur.

 

Gunakan serum anti aging yang mengandung bahan yang melembabkan pada bagian wajah yang kering.

 

Untuk bagian wajah yang berminyak, bubuhkan serum anti aging yang mengandung niacinamide yang dapat menghilangkan kelebihan minyak.

 

Jenis Kemasan

 

Kemasan juga harus diperhatikan saat membeli serum anti aging terbaik. Berdasarkan pemeriksaan dan penilaian, bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan peptide bisa menurun kualitasnya akibat terekspos udara dan cahaya.

 

Berdasarkan hasil pengujian, serum anti aging terbaik harus dikemas dalam tube berwarna gelap untuk menjaga kualitasnya.

 

Bandingkan Harga

 

Rekomendasi serum anti aging terbaik memang umumnya memiliki harga yang cukup tinggi. Berdasarkan survey, hal ini karena bahan-bahan yang ada di dalam serum anti aging terbaik bersifat konsentrat.

 

Namun, jika membandingkan harga, banyak juga rekomendasi serum anti aging terbaik yang harganya tidak memberatkan. Asal Anda benar-benar tahu kebutuhan kulit, maka Anda bisa mendapatkan produk serum anti aging terbaik dan sesuai.

 

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Serum Anti Aging

 

Selain mempertimbangkan beberapa faktor di atas, ada juga hal-hal detail lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih serum anti aging yang berkualitas, yaitu:

 

  • Pilih Serum Anti Aging yang Tidak Berwarna

Serum anti aging terbaik tidak memiliki warna karena memiliki molekul yang lebih kecil. Dengan ukuran molekul yang kecil, serum anti aging tanpa pewarna akan semakin cepat mencapai lapisan kulit terdalam.

 

  • Pilih Serum Anti Aging Tanpa Pengharum

Serum anti aging terbaik tidak mengandung pengharum. Berdasarkan eksperimen, zat ini tidak memiliki manfaat yang signifikan untuk kulit, malah bisa menghambat penyerapan dan menyebabkan iritasi pada kulit.

 

  • Perhatikan Bahan-bahan yang Dapat Memicu Alergi atau Iritasi

Bahan-bahan yang terkandung di dalam serum anti aging bisa menimbulkan alergi atau iritasi. Misalnya saja AHA dan retinol yang bisa menimbulkan sensasi yang tidak nyaman. Carilah serum anti aging yang mengandung bahan yang cocok untuk kulit sensitif dan terasa menenangkan seperti lidah buaya dan peptide.

 

  • Serum Anti Aging Pagi atau Malam?

serum anti aging terbaikSerum anti aging terbaik umumnya harus diaplikasikan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Namun, Anda tidak harus menggunakan formula yang sama.

 

Untuk pagi hari, gunakan serum yang memiliki bahan aktif antioksidan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan polusi, serta hyaluronic acid yang melembabkan kulit.

 

Di malam hari, aplikasikan serum dengan kandungan peptide dan vitamin A untuk memperbaiki kondisi kulit.

 

Jika tidak ingin repot, Anda bisa mencari serum anti aging terbaik dan sudah teruji yang bisa digunakan pagi dan malam hari sekaligus. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di pagi dan siang hari.

 

  • Perhatikan Serum Anti Aging yang Mengandung Minyak

Berdasarkan evaluasi, kini juga banyak produk serum anti aging yang mengandung minyak. Serum anti aging yang mengandung minyak memiliki kemiripan dengan serum anti aging berbahan dasar air yaitu menutrisi kulit.

 

Namun, dilihat dari perbandingannya, serum yang mengandung minyak memiliki molekul yang lebih besar sehingga tidak bisa meresap ke dalam kulit.

 

Rekomendasi Merek Serum Anti Aging Terbaik

 

Kami sudah menyiapkan 10 rekomendasi merek serum anti aging terbaik dan tabel perbandingannya untuk Anda.

 

Pond’s

 

Jika ingin mencegah tanda-tanda penuaan dini, rekomendasi produk-produk serum anti aging terbaik dari Pond’s bisa jadi andalan Anda.

 

Produk-produk serum terbaiknya menggunakan berbagai teknologi penuaan dini terbaru untuk mencerahkan kulit seperti Retinol-C Complex (merupakan kombinasi 3 bahan aktif) untuk menghasilkan retinol yang bekerja 24 jam di dalam kulit.

 

Selain itu juga ada teknologi Intelligent Pro-Cell Complex (merupakan kombinasi 6 bahan bioaktif) yang bisa meremajakan kulit tiga kali lebih cepat. Semua ini bisa menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, membuat kulit lebih kenyal, dan juga mencerahkan kulit.

 

Produk-produk serum anti aging terbaik Pond’s bekerja dalam dua minggu untuk memberikan hasil yang memuaskan.

 

Olay

 

Olay memiliki rekomendasi produk-produk serum anti aging terbaik yang tersedia untuk kulit kering, normal, berminyak, dan kombinasi. Konsepnya adalah merawat sel kulit mulai dari permukaannya untuk mencegah penuaan dini.

 

Teknologi Skin Energizing Complex yang mengandung peptide membuat kulit dapat memproduksi kolagen dengan cepat untuk meremajakan kulit. Kandungan Amino-Peptida Complex memiliki konsentrat yang tinggi dan berperan untuk melembapkan kulit.

 

Zat lain yaitu niacinamide juga digunakan untuk mengatasi kerutan pada kulit. Kulit tidak terasa lengket maupun berminyak setelah diolesi serum anti aging Olay ini. Anda harus menggunakannya pada pagi dan malam hari secara teratur. Dalam 2 minggu pemakaian, kulit yang sehat akan terlihat.

 

Erha

 

Saat ini banyak produk skincare yang menggunakan bahan ekstrak siput. Rekomendasi produk serum terbaik dari Erha menggunakan ekstrak siput yang bermanfaat untuk melembabkan wajah dan meremajakan kulit.

 

Ada pula bahan-bahan seperti bio sodium hyaluronate dan D-panthenol yang juga berfungsi melembabkan wajah. Bahan-bahan seperti beta white dan ekstrak soybean phytoplacenta menjadi antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kerutan.

 

Agar kulit tetap kenyal dan kencang, produk serum Erha dilengkapi dengan kandungan peptide. Untuk mencapai hasil terbaik, serum anti aging Erha harus digunakan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam.

 

Setelah itu, lihat hasilnya dalam 4 minggu. Produk serum Erha tersedia dalam botol ukuran 20 ml.

 

Sensatia Botanicals

 

Serum anti aging dari Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals yang merupakan merek lokal memiliki rekomendasi produk-produk serum anti aging yang sesuai untuk wanita berusia 20-an, 30-an, 40-an, dan 50-an.

 

Menariknya lagi, produk-produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Bahan-bahan alami yang digunakan contohnya adalah schisandra berry, geranium, palmarosa, dan fennel.

 

Tidak ada bahan-bahan sintetis yang digunakan untuk produk-produk serum anti aging terbaik ini. Melalui pengujian dan kontrol yang ketat, produk-produknya juga dibuat agar aman untuk kulit sensitif.

 

Cukup digunakan pada malam hari saja untuk menghasilkan wajah yang tampak muda, kencang, bebas tanda-tanda penuaan, dan lembab. Produk-produk serum anti aging Sensatia Botanicals juga halal digunakan untuk kaum muslim.

 

The Body Shop

 

Produk-produk The Body Shop terkenal mengandung bahan-bahan alami. Selain itu, juga tidak dilakukan uji coba terhadap hewan sehingga lebih ramah lingkungan.

 

Rekomendasi produk serum anti aging terbaik dari merek ini juga mengandung bahan-bahan seperti edelweiss, camu-camu berry, dan tea tree oil.

 

Bentuk produk  serumnya adalah gel sehingga lebih cepat meresap ke kulit. Setelah dipakai, kulit juga tidak terasa berminyak atau lengket. Tersedia berbagai produk serum anti aging terbaik untuk segala jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekali pun. 

 

Tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, wajah kusam, dan kerutan bisa dicegah dan wajah menjadi tampak cerah dan kenyal. Cukup digunakan 2-3 tetes saja.

 

L’Oréal

 

Untuk wanita-wanita yang tinggal di kawasan Asia bisa menggunakan rekomendasi produk-produk serum anti aging terbaik dari L’Oréal. Semua produknya sudah diuji secara dermatologi. L’Oréal menggunakan pure retinol untuk serum anti aging-nya.

 

Pure retinol merupakan bahan anti aging yang paling efektif  untuk memberikan hasil yang optimal, namun tidak efektif jika terpapar udara dan cahaya. L’Oréal melengkapinya dengan teknologi Retinol Guard agar kualitasnya tetap terjaga.

 

L’Oréal juga menggunakan hyaluronic acid dengan molekul rendah dan tinggi untuk memberikan kelembaban ganda pada wajah. Ada lagi bahan utama yang digunakan yaitu centella asiatica. Bahan ini dapat meremajakan kulit sehingga jauh dari kerutan dan tampak kencang.

 

Kiehl’s

 

Rekomendasi produk serum terbaik berikutnya adalah dari merek Kiehl’s. Kiehl’s menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan seperti daun shiso, vitamin C murni, dan hyaluronic acid untuk mengatasi sejumlah masalah penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

 

Teknologi liquid-to-serum membuat produk-produk ini dapat melembabkan kulit secara mendalam. Untuk serum yang digunakan di pagi hari memiliki tekstur yang ringan.

 

Dengan begitu, kulit tidak terasa lengket. Serum untuk malam hari memiliki konsentrat yang tinggi, sehingga saat tidur proses regenerasi kulit berlangsung cepat.

 

Produk serum anti aging terbaik ini harus digunakan pada pagi dan sore hari. Aplikasikan pada wajah dan leher secara merata.

 

Viva

 

Ingin mencoba produk serum anti aging terbaik dari merek lokal yang lain? Cobalah produk serum anti aging dari Viva. Viva sudah lama dikenal dengan produk-produknya yang cocok untuk wanita di negara tropis.

 

Produk serum anti aging Viva mengandung vitamin C sebagai antioksidan, niacinamide untuk mencerahkan kulit, natural betain dan allantoin sebagai pelembab, dan ekstrak chamomile. Tanda-tanda penuaan dini bisa dicegah dan kulit tetap pun jadi sehat.

 

Tak perlu khawatir jika kulit Anda sensitif, karena produk serum anti aging terbaik ini mengandung chamomile yang dapat menenangkan kulit sensitif  dan tidak menimbulkan iritasi. Produk serum anti aging Viva tersedia dalam kemasan 30 ml.  

 

The Face Shop

 

Produk-produk skincare dari Korea Selatan banyak yang menggunakan bahan ginseng. The Face Shop juga menggunakan bahan ginseng untuk produk serum anti aging terbaik.

 

Merek ini sebenarnya juga menggunakan bahan-bahan alami dari bunga, biji-bijian, buah, dan air mineral.

 

Rekomendasi produk serum anti aging terbaik dari The Face Shop selain mengandung ginseng juga ada yang terbuat dari delima, safflower, dan goji berry.

 

Bahan-bahan ini dapat menutrisi kulit agar tetap sehat, kenyal, cerah, dan mulus. Formula serumnya ringan dengan warna yang bening. Produk serum anti aging The Face Shop cocok untuk kulit normal hingga kering dan tersedia untuk usia 20-40 tahun ke atas.

 

Innisfree

 

Innisfree juga mengambil bahan-bahan alami dari Korea yang lolos uji untuk produk-produk serum anti aging terbaik. Bahan yang digunakan antara lain adalah delima. Digunakan metode ekstraksi untuk memproses buah delima segar agar antioksidannya tetap terjaga.

 

Kandungan antioksidannya diambil dari biji, kulit, dan dagingnya. Kulit dan biji delima diketahui memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada daging buah. Teknologi Dual Moisture Rising memberikan kelembaban lebih pada kulit.

 

Serum anti aging terbaik ini juga diperkuat dengan kandungan green tea yang mengandung asam amino. Dengan semua keunggulan ini, produk serum anti aging Innisfree dapat mencegah penuaan dini dari luar hingga ke dalam kulit.

 

 

Manfaat Serum Anti Aging Itu Tidak Instan

 

penggunakan serum anti aging tidak instanPenggunaan serum anti aging harus dilakukan dengan konsisten untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kulit memerlukan waktu 24 jam untuk menghasilkan sel kulit baru.

 

Berdasarkan hasil penelitian, produk-produk skincare membutuhkan waktu antara 4-8 minggu untuk memberikan hasil nyata. Jadi, jangan tergiur dengan klaim produk serum anti aging yang bisa memberikan hasil cepat.

 

Lakukan uji praktek dengan cara memotret wajah sebelum menggunakan serum anti aging. Ini menjadi patokan untuk mengetahui perbedaannya setelah beberapa minggu kemudian.

 

Namun, berdasarkan eksperimen, kemungkinan Anda bisa melihat hasil awalnya. Misalnya saja dalam beberapa hari setelah pemakaian, kulit menjadi sedikit lebih lembab.

 

Cara Memakai Serum Anti Aging

 

Inilah langkah-langkah yang tepat untuk mengaplikasikan serum anti aging.

 

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu. Jika kulit Anda sensitif, tunggu 10-15 menit hingga benar-benar kering. Kulit sensitif yang masih lembab tidak boleh langsung diberi serum karena bisa memicu iritasi. 

 

  • Ambil serum seukuran kacang dengan menggunakan bantuan aplikator yang biasanya ada pada produk serum anti aging. Jangan digosokkan terlebih dahulu di tangan, karena serum harus meresap ke kulit wajah, bukan tangan.

 

  • Bubuhkan pada wajah dan leher. Tepuk-tepuk dan oleskan langsung secara merata ke seluruh kulit dengan gerakan pelan.

 

  • Jangan digosok terlalu keras dan biarkan meresap dengan sendirinya sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan pelembab.

 

Tips Menggunakan Serum Anti Aging

 

  • Serum anti aging bisa digunakan satu atau dua kali sehabis membersihkan wajah. 

 

  • Waktu yang baik untuk menggunakannya adalah saat melakukan skincare routine pagi dan malam. 

 

  • Serum anti aging dengan formula ringan paling baik dioleskan sebagai lapisan pertama sebelum produk-produk skincare lainnya yang memiliki formula lebih berat.

 

  • Saat menggunakan serum, usahakan untuk tidak memakai produk makeup yang terlalu banyak karena bisa bereaksi negatif terhadap serum.  

 

  • Jika serum anti aging membuat kulit iritasi atau kering, Anda bisa mengaplikasikannya setelah produk skincare lain. 

 

  • Jika kulit sensitif, lakukan uji kecocokan dan tes produk pada area kulit yang kecil. Jika tidak muncul reaksi alergi atau iritasi, Anda bisa melanjutkan penggunaannya. 

 

  • Gunakan serum anti aging sesuai takaran. Jika terlalu banyak, malah bisa menimbulkan iritasi.

 

  • Hentikan pemakaian jika kondisi memburuk setelah memakai serum anti aging dan hubungi dokter. 

 

  • Bahan-bahan aktif di dalam serum anti aging cenderung lebih cepat mengalami kadaluarsa. Apalagi serum anti aging hanya berusia 6 bulan setelah pertama kali dibuka. Jadi, Anda harus menggunakannya secara rutin setiap hari. 

 

  • Simpan serum anti aging di tempat yang sejuk dan kering. Hal ini dilakukan untuk memperlambat penurunan kualitas bahan-bahan di dalamnya seperti vitamin C dan retinol.

 

Sumber

 

https://www.beautynesia.id/berita-skincare/penting-ketahui-hal-ini-sebelum-memakai-serum-anti-aging-ladies/b-126723

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/produk-anti-aging/

https://www.merdeka.com/gaya/mengenal-serum-manfaat-jenis-kandungan-dan-cara-pemakaian-yang-tepat.html

https://www.alodokter.com/jangan-asal-pakai-manfaat-serum-wajah-berbeda-beda

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3621141/tips-cara-pakai-serum-dengan-benar-untuk-hasil-optimal

 

FAQ

Apa bedanya serum anti aging dan pelembab?

Pelembab mengandung zat-zat pengikat seperti petrolatum dan minyak mineral agar air tidak menguap. Serum tidak mengandung zat-zat ini.

Apa bedanya serum anti aging dan krim anti aging?

Krim anti aging lebih lembut dan bisa melembabkan kulit. Serum anti aging terkadang bisa membuat kulit kering.

Apakah pria harus menggunakan serum anti aging?

Ya. Serum anti aging juga bisa mengurangi keriput dan mencegah penuaan dini pada kulit pria.

Apa itu serum anti aging kapsul?

Ini adalah kapsul yang berisi serum anti aging sekali pakai yang praktis.

Apakah ada serum anti aging dengan SPF?

Ada. Serum sunscreen bekerja menutrisi kulit sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari.

Apakah saya bisa melewatkan penggunaan pelembab setelah menggunakan serum anti aging?

Pelembab tetap harus dioleskan setelah serum agar bisa lebih meresap ke dalam kulit.

Apakah saya bisa menggunakan serum anti aging dengan pelembab secara berdampingan?

Bisa. Namun, jika serum anti aging dicampur dengan pelembab yang mengandung SPF, maka bisa melarutkan zat pelindung sinar UV.

Pelembab apa yang harus digunakan setelah mengaplikasikan serum yang mengandung vitamin C?

Pelembab yang mengandung hyaluronic acid dan vitamin E memberikan hasil yang optimal dengan vitamin C.

Apakah saya bisa menggunakan serum anti aging di bawah mata?

Bisa, asalkan serum anti aging tersebut cocok dengan jenis kulit.

Mana yang lebih baik, krim retinol atau serum yang mengandung retinol?

Serum anti aging dengan kandungan retinol cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Krim retinol cocok untuk kulit kering.

Tinggalkan Balasan