Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Pupuk Daun im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
9111 Baca ulasan

🥇 Pupuk Daun Terbaik 2022 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Memiliki tanaman yang tumbuh subur tentu menjadi impian para petani dan pehobi tanaman, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Dengan nutrisi yang cukup, tanaman akan tumbuh dengan maksimal. Selain mendapatkan nutrisi secara alami, tanaman juga memerlukan tambahan nutrisi. Salah satu cara terbaik pemberian nutrisi tambahan banyak direkomendasikan adalah dengan cara pemberian pupuk. Salah satu jenis pupuk yang paling banyak digunakan adalah pupuk daun. Pupuk daun adalah salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan karena kemudahan pemakaiannya. Pupuk daun terbaik bisa Anda dapatkan pada toko pertanian baik secara offline maupun online. Harga pupuk daun terbaik cukup bervariasi. Secara umum kandungan pupuk daun yang paling banyak adalah kandungan Nitrogen, Fosfor dan Kalium. Selain membeli pupuk, Anda juga bisa membuat pupuk daun dari bahan organik yang bisa Anda dapatkan di sekeliling Anda. Jika Anda belum menemukan pupuk daun terbaik yang tepat untuk Anda, berikut ini beberapa daftar pupuk daun dengan penilaian terbaik yang sudah melewati tes produk serta pengujian sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi

Pupuk Daun Daftar Produk Terbaik 2022

Pupuk Daun Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa itu pupuk daun?

Pupuk daun adalah salah satu jenis pupuk terbaik yang digunakan untuk tanaman. Penggunaan pupuk daun yaitu dengan cara disemprotkan ke daun. Penyemprotan pada daun tersebut bertujuan untuk mempercepat penyerapan zat yang dibutuhkan oleh tanaman.

 

Siapa yang memerlukan pupuk daun?

Semua orang yang memelihara tanaman memerlukan pupuk daun, tidak hanya petani saja. Pehobi tanaman juga membutuhkan pupuk daun agar tanamanya tumbuh sehat dan terhindar dari hama.

 

Kegunaan pupuk daun

pupuk daun dan petaniSecara umum pupuk daun berguna untuk menyuburkan tanaman. Selain untuk menyuburkan tanaman, pupuk daun memiliki kegunaan lainnya, yaitu

  • Mengurangi kerontokan daun dan menghijaukan daun.
  • Memberikan perlindungan tambahan pada tanaman
  • Mempercepat pertumbuhan tunas baru

 

Jenis-jenis pupuk daun

Secara umum, pupuk daun tidak memiliki jenis-jenis khusus, namun berdasarkan bentuknya, pupuk daun terbagi menjadi beberapa jenis yaitu,

  • Pupuk daun cair, jenis pupuk daun cair merupakan jenis pupuk daun yang paling sering dijumpai, cara penggunaan pupuk daun cair juga cukup mudah. Anda bisa langsung menyemprotkannya atau mencampurnya dengan air terlebih dahulu.
  • Pupuk daun bentuk kristal, selain berbentuk cair, pupuk daun juga dijual dalam bentuk padat seperti berbentuk kristal. Untuk menggunakan jenis pupuk daun ini, Anda harus melarutkannya ke dalam air terlebih dahulu.

Selain terbagi berdasarkan bentuknya, pupuk daun juga terbagi menjadi dua berdasarkan bahan pembuat pupuk. Berikut ini kedua jenis pupuk daun tersebut.

  • Bahan kimia, pupuk daun terbuat dari bahan kimia yang aman untuk diberikan kepada tanaman dan tanah.
  • Bahan organik, pupuk daun jenis ini terbuat dari bahan-bahan organik seperti daun-daunan, kotoran hewan dan bahan organik lainnya.

 

Pertimbangkan hal ini sebelum membeli pupuk daun

tujuan penggunaan pupuk daunSebelum Anda memilih pupuk daun, pastikan Anda sudah mengetahui tujuan penggunaan pupuk daun yang akan Anda berikan ke tanaman Anda. 

Saya merekomendasikan untuk memilih pupuk daun berdasarkan tujuan pemberian pupuk daun, karena dengan mengetahui tujuan pemberian pupuk maka resiko kesalahan atau kelebihan pemberian pupuk daun dapat dicegah.

Untuk mengetahui tujuan pemberian pupuk, Anda bisa melakukan analisis sederhana mengenai kebutuhan nutrisi pada tanaman Anda.

Tujuan penggunaan dan kebutuhan penggunaan pupuk daun

Tujuan penggunaan dan kebutuhan penggunaan pupuk daun

Pemberian pupuk daun merupakan salah satu cara pemenuhan nutrisi pada tanaman. Dengan nutrisi yang cukup, tanaman Anda akan tumbuh subur. Pemilihan pupuk daun juga menjadi hal yang sangat penting, contohnya apabila Anda sedang berusaha untuk meningkatkan hasil buah tanaman Anda, maka direkomendasikan untuk memilih pupuk daun yang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan tanaman, seperti pemilihan pupuk dengan kandungan Fosfat dan Kalium yang cukup besar. Namun berbeda saat Anda sedang berusaha menumbuhkan daun pada tanaman Anda, direkomendasikan untuk memilih pupuk daun dengan kandungan Nitrogen yang cukup tinggi.

Cara penggunaan pupuk daun

Cara penggunaan pupuk daun

Kemudahan untuk menggunakan pupuk juga harus Anda perhatikan, mengingat pemberian pupuk daun merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan selama berhari-hari. Apabila Anda memiliki tanaman dalam jumlah yang cukup banyak, direkomendasikan untuk memilih pupuk daun dengan bentuk cair, sehingga lebih praktis dan tidak menyita waktu yang cukup lama untuk menyiapkan pupuk daun. Untuk memudahkan penggunaan, sebagian besar produk pupuk daun, bahkan sudah tersedia dalam kemasan langsung pakai.

Izin edar pupuk daun

Izin edar pupuk daun

Izin edar dari pupuk daun juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Setiap pupuk yang dijual di Indonesia harus memiliki izin edar. Untuk memperoleh izin edar tersebut, produk pupuk daun juga harus melewati beberapa tes terlebih dahulu. Selain itu, izin edar juga akan memudahkan Anda untuk memeriksa keaslian produk pupuk daun, mengingat adanya oknum-oknum penjual yang menjual pupuk palsu. 

Harga pupuk daun

Harga pupuk daun

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah harga pupuk daun. Pupuk daun biasanya dijual dengan harga mulai dari 30 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Untuk menemukan pupuk daun terbaik, Anda bisa membandingkan kandungan dalam pupuk daun yang satu dengan yang lainnya. Selain kandungan yang terkandung dalam pupuk daun, perbandingan harga sebuah pupuk daun biasanya juga dipengaruhi oleh kemasan dari pupuk daun.

 

Definisi Istilah Pada pupuk daun

definisi istilah pada pupuk daunTidak semua orang bisa menemukan pupuk daun terbaik dengan mudah, pencarian pupuk daun terbaik akan terasa sulit apabila Anda baru pertama kali membeli pupuk daun. Salah satu penyebabnya adalah Anda akan menemukan beberapa istilah asing pada saat mencari pupuk daun terbaik. 

 

Berikut ini beberapa istilah yang akan Anda temui pada saat memilih pupuk daun terbaik.

  • NPK
  • ZPT
  • Unsur hara makro
  • POC
  • Pupuk Foliar
NPK merupakan kandungan yang terdapat pada pupuk daun terbaik, NPK sendiri merupakan singkatan dari Nitrogen, Fosfor dan Kalium.
ZPT merupakan singkatan dari zat pengatur tumbuh, kandungan ZPT pada pupuk daun dibutuhkan tanaman untuk membantu proses pertumbuhan tanaman.
Unsur hara makro merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah yang banyak. Beberapa zat yang masuk ke dalam unsur hara makro antara lain, Phospor, Nitrogen, Kalium hingga Magnesium.
POC merupakan singkatan dari Pupuk Organik Cair. Pupuk ini terbuat dari bahan-bahan organik dengan proses fermentasi. Salah satu jenis bahan organik yang sering digunakan adalah daun-daunan.
Salah satu jenis pupuk yang banyak dijual di pasaran, penggunaan pupuk jenis foliar adalah dengan cara disemprotkan ke daun secara langsung.

 

10 Merk Pupuk Daun Terbaik Untuk Anda

Macam macam pupuk daunUntuk mempermudah Anda dalam mencari pupuk daun terbaik, Anda bisa mencari pupuk daun yang sudah memiliki izin edar dari Kementerian Pertanian, karena dengan memiliki izin tersebut, makan pupuk daun tersebut sudah teruji kualitasnya. 

 

Dengan demikian Anda tidak perlu melakukan uji coba pada semua produk pupuk daun. Namun jika banyaknya pilihan produk pupuk daun yang ada semakin membuat Anda bingung, berikut ini beberapa daftar pupuk daun terbaik yang sudah lolos uji sehingga akan mempermudah Anda dalam menentukan pupuk yang akan Anda beli.

 

Mutiara

Pupuk daun Mutiara merupakan salah satu pupuk daun terbaik yang sering dijumpai di toko pertanian. Harga pupuk daun Mutiara cukup terjangkau. Dengan harga yang cukup terjangkau, pupuk daun ini sudah mengandung zat-zat NPK yang banyak dibutuhkan saat fase pertumbuhan tanaman hingga proses pembentukan bunga. 

 

Pupuk daun Mutiara cocok digunakan untuk berbagai macam tanaman, mulai dari tanaman buah hingga sayur mayur. Beberapa kandungan unsur hara makro dan mikro pada pupuk ini akan membuat tanaman Anda semakin kuat. 

 

Untuk menggunakan pupuk daun ini, Anda harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Pupuk daun Mutiara juga aman digunakan saat digunakan secara berdampingan dengan pupuk lainnya.

 

Gandasil

Produk pupuk Gandasil merupakan salah satu produk pupuk terbaik dengan banyak pilihan, mulai dari pupuk untuk buah hingga pupuk daun. Selain mengandung NPK, pupuk daun Gandasil juga mengandung beberapa zat tambahan terbaik lainnya, mulai dari Mangan hingga Tembaga. 

 

Kandungan Mangan pada pupuk Gandasil akan membantu tanaman dalam proses fotosintesis. Dengan pemakaian yang teratur, pupuk daun Gandasil mampu mempercepat pertumbuhan tanaman. 

 

Hampir semua tanaman dapat diberikan pupuk ini, mulai dari tanaman hias hingga sayur mayur. Untuk mendapatkan hasil terbaik saat menggunakan pupuk Gandasil, direkomendasikan untuk menggunakan kedua jenis pupuk Gandasil yaitu Gandasil D dan B. 

 

Sama seperti dengan pupuk daun terbaik lainnya, pupuk Gandasil juga aman saat digunakan berdampingan dengan pestisida.

 

Mamigro

Banyak pupuk daun terbaik dengan harga terjangkau, salah satunya adalah pupuk Mamigro. Pupuk daun Mamigro sudah melewati berbagai macam proses penelitian dan pengujian untuk memastikan kualitas pupuknya. 

 

Meskipun dijual dengan harga yang cukup terjangkau, pupuk daun Mamigro sudah melewati uji kecocokan dengan beberapa tanaman, sehingga pupuk ini bisa digunakan untuk berbagai jenis macam tanaman, mulai dari tanaman buah-buahan hingga tanaman pangan. 

 

Pupuk daun Mamigro memiliki kandungan Nitrogen lebih dari 20%, sehingga akan mempercepat proses pertumbuhan tanaman Anda. Selain mempercepat pertumbuhan tanaman, pupuk daun Mamigro juga bisa digunakan untuk proses pematangan buah. 

 

Selain itu, kandungan unsur mikro dan makro, seperti kandungan Seng dan Mangan pada pupuk daun ini juga dapat membantu menyuburkan tanah. 

 

Growmore

Pupuk daun terbaik lainnya yang sudah memiliki kandungan NPK adalah Growmore. Untuk komposisi zat yang terkandung pada pupuk ini adalah Nitrogen, Phospor, Kalium dan kandungan unsur mikro lainnya. 

 

Kandungan Nitrogen pada pupuk daun ini akan membuat tanaman Anda tumbuh subur. Selain menyuburkan tanaman, hasil pengujian pada pupuk daun Growmore, pupuk ini juga dapat membantu proses pematangan buah.

 

Pupuk ini aman digunakan untuk semua jenis tanaman, karena sudah lolos uji laboratorium Amerika Serikat. Untuk penggunaan pupuk daun Growmore juga cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan pupuk ini ke dalam air, kemudian lakukan penyemprotan pupuk sebanyak 2 kali dalam sehari. 

 

Selain menyemprotkan secara langsung pada daun, pupuk daun Growmore juga bisa diberikan ke tanaman melalui akar.

 

Super Grow

Selain terbuat dari bahan kimia, banyak pupuk daun terbaik yang terbuat dari bahan organik, salah satunya adalah pupuk daun Super Grow. Meskipun terbuat dari bahan organik, hasil dari uji praktek pada pupuk ini membuktikan kualitas dan kandungan nutrisi yang terdapat pada pupuk daun ini dapat membantu pertumbuhan tanaman. 

 

Pupuk Super Grow juga sudah dilengkapi dengan izin dari Kementerian Pertanian. Untuk kandungan nutrisi, pupuk Super Grow memiliki kandungan yang sama dengan pupuk daun terbaik lainnya yaitu kandungan NPK. 

 

Selain NPK kandungan lainnya pada pupuk Supergrow adalah kandungan unsur hara mikro dan makro. Pupuk daun Super Grow termasuk pupuk terbaik yang multifungsi, karena bisa digunakan di berbagai fase tanaman, baik di fase vegetatif maupun di fase generatif. 

 

Herbafarm

Pupuk daun terbaik selanjutnya adalah pupuk Herbafarm. Produk Herbafarm merupakan produk pupuk daun terbaik yang dibuat oleh PT Sido Muncul. Pupuk daun Herbafarm dijual dengan dua pilihan kemasan yaitu 5 liter dan 1 liter. 

 

Untuk kandungan nutrisi pada pupuk ini cukup lengkap, selain mengandung zat NPK yang dibutuhkan tanaman, pupuk daun Herbafarm juga mengandung unsur hara mikro dan makro. 

 

Kualitas dan kemampuan pupuk Herbafarm sudah teruji, karena pupuk daun buatan Herbafarm juga sudah melewati berbagai macam pengujian pada jenis tanaman yang berbeda-beda. 

 

Selain menyuburkan tanaman, pupuk daun Herbafarm juga dapat membantu menyuburkan tanah. Pupuk ini juga memiliki aroma seperti jamu yang mampu mengusir hama pada tanaman.

 

Bayfolan

Bayfolan adalah pupuk daun yang dibuat oleh salah satu perusahaan terbaik yang sudah berpengalaman di dunia pertanian yaitu PT Bayer Indonesia. Bayfolan memiliki komposisi kandungan terbesar pada kandungan Nitrogen. 

 

Selain berguna untuk memperkuat daun dan akar tanaman, kandungan lainnya pada pupuk Bayfolan juga akan meningkatkan kualitas buah pada tanaman Anda. Sehingga buah akan matang dengan sempurna. 

 

Pupuk ini juga cocok digunakan untuk tanaman yang masih dalam tahap pembibitan. Pupuk daun Bayfolan juga tidak mudah mengendap, sehingga tidak mengakibatkan penyumbatan pada alat semprot Anda. 

 

Untuk memaksimalkan pembasmian hama pada tanaman serta memberikan perlindungan terbaik pada tanaman, Anda bisa mencampur pupuk Bayfolan dicampur dengan pestisida. 

 

Qiuvita

Fase pembentukan daun dan batang adalah salah satu fase terpenting tanaman, sehingga pada fase ini memerlukan banyak nutrisi Nitrogen, salah satu pupuk daun terbaik yang banyak digunakan pada fase ini adalah pupuk daun Qiuvita. 

 

Pupuk Qiuvita sudah melewati berbagai macam tes produk dan tes lainnya, untuk membuktikan meskipun terbuat dari bahan kimia, namun pupuk ini tetap aman untuk tanaman dan tanah. 

 

Pupuk daun ini juga mudah diserap oleh daun, sehingga membantu memaksimalkan proses fotosintesis. Kandungan terbaik lainnya pada pupuk ini adalah kandungan ZPT dan tambahan mikroba. 

 

Dengan kandungan zat tersebut, pupuk Qiuvita juga memberikan perlindungan tambahan tanaman dari serangan hama. Selain pupuk untuk memperkuat daun dan batang, Qiuvita juga memiliki jenis pupuk daun khusus yang berguna untuk memaksimalkan kematangan buah. 

 

Hyponex

Pupuk daun Hyponex adalah salah satu pupuk daun terbaik dengan harga yang cukup terjangkau dan memiliki kandungan NPK yang cukup berimbang, baik NPK pada pupuk daun ini memiliki kandungan sebesar 20%. 

 

Pupuk Hyponex juga bisa diberikan untuk tanaman hias yang Anda rawat di rumah. Sama seperti dengan pupuk daun terbaik lainnya, pupuk daun Hyponex memberikan nutrisi pada tanaman untuk memperkuat daun serta memperkuat batang tanaman. 

 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, direkomendasikan untuk menyemprotkan pupuk ini selama 7 hari berturut-turut setiap pagi dan sore hore. Untuk penggunaan pupuk daun Hyponex, Anda harus melarutkan pupuk yang masih berbentuk kristal ke dalam air terlebih dahulu.

 

GDM

Selain terbuat dari bahan kimia, banyak pupuk daun terbaik yang dibuat dari bahan-bahan organik, salah satunya adalah pupuk daun GDM. 

 

Terbuat dari bahan organik yang lolos uji dengan nilai terbaik, seperti rumput laut dan minyak hewan, pupuk daun GDM memiliki kegunaan yang cukup lengkap, selain menyuburkan tanaman, pupuk daun ini mampu melindungi tanaman Anda dari serangan hama. 

 

Selain melindungi serangan hama, penggunaan pupuk GDM ini juga membuat bunga tumbuh dengan warna yang cerah dan tidak mudah layu. 

 

Pupuk GDM memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk tanaman Anda, mulai dari kandungan unsur makro dan mikro serta kandungan nutrisi terbaik lainnya seperti NPK hingga kandungan bakteri pendukung pertumbuhan tanaman. 

 

Maxi

Banyak produk pupuk daun terbaik yang dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman palawija hingga tanaman perkebunan. Salah satu produk pupuk daun tersebut adalah Maxi

 

Sama seperti pada pupuk daun yang lainnya, pupuk daun Maxi juga memiliki kandungan ZPT yang berguna untuk pertumbuhan tanaman. Selain ZPT, pupuk daun Maxi juga memiliki kandungan Fitohormon, yaitu zat untuk menumbuhkan akar lebih maksimal, sehingga tanaman Anda dapat menyerap unsur hara lebih maksimal. 

 

Pupuk daun Maxi juga memberikan perlindungan maksimal dari serangan hama dan gulma untuk tanaman Anda. Jika dibandingkan dengan penggunaan dengan pupuk daun lainnya, penggunaan pupuk Maxi lebih hemat, karena pupuk diberikan satu kali dalam satu minggu. 

 

Cara Menyimpan Pupuk Daun

Untuk menjaga kualitas pupuk daun dalam kondisi terbaik, perlu dilakukan beberapa cara penyimpanan pupuk daun yang baik dan benar, karena berdasarkan beberapa penelitian, cara penyimpanan juga dapat mempengaruhi kualitas pupuk daun. Berikut ini direkomendasikan untuk melakukan beberapa cara berikut, yaitu

 

Menyimpan pupuk daun pada tempat yang teduh

Sama dengan jenis pupuk lainnya, tempat yang banyak direkomendasikan untuk menyimpan pupuk daun adalah tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari. Selain memastikan terhindar dari sinar matahari, direkomendasikan juga untuk menyimpan pupuk pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik

 

Perhatikan kemasan pupuk tertutup

Sebagian besar pupuk daun berbentuk cair, oleh karena itu direkomendasikan untuk memastikan tempat penyimpanan sudah tertutup dengan rapat. 

 

Tips Menggunakan Pupuk Daun

Menurut beberapa survey, masih banyak petani atau pehobi tanaman yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan pupuk daun dengan baik, sehingga hasil yang didapatkan juga masih belum maksimal. Berikut ini beberapa tips terbaik dan cara penggunaan pupuk daun agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan larutan pupuk daun. Beberapa pupuk daun harus dilarutkan terlebih dahulu ke dalam air. Siapkan larutan pupuk sesuai dengan takaran. 
  • Masukkan larutan pupuk air ke dalam alat penyemprot. Atur dan sesuaikan nozzle atau alat penyemprot agar pupuk daun dapat keluar dengan merata.
  • Lakukan penyemprotan pada bagian bawah daun, pemilihan bagian bawah daun dikarenakan pada bagian ini banyak terdapat stomata yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari pupuk daun.
  • Apabila masih terdapat cairan sisa pupuk daun, direkomendasikan untuk membuang sisa pupuk ke tanah media tanam.

 

Alternatif Produk Pupuk Daun

Pupuk kompos alternatif Produk Pupuk DaunAlternatif pupuk daun cukup banyak, seperti pupuk kompos maupun pupuk kandang. Namun, perbandingan pemberian nutrisi menggunakan pupuk daun masih lebih cepat dibandingkan menggunakan pupuk kompos dan pupuk kandang.

 

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri

Selain membeli pupuk daun organik, Anda juga bisa membuat pupuk daun organik sendiri. Untuk membuatnya, cukup mudah Anda hanya membutuhkan bahan-bahan organik yang bisa Anda dapatkan di sekeliling Anda. Berikut ini beberapa bahan untuk membuat pupuk alami.

  • Daun, jerami.
  • Kotoran hewan ternak
  • Air 
  • EM4
  • Nasi

Setelah bahan terkumpul, maka Anda bisa langsung membuat pupuk organik cair, berikut ini panduan pembuatan pupuk organik cair.

  • Campur semua bahan pada toples.
  • Siapkan larutan air gula atau larutan air EM4 pada wadah yang berbeda, aduk hingga merata.
  • Campur larutan air tersebut ke dalam wadah yang sudah berisi dengan nasi, daun serta bahan lainnya. Tidak direkomendasikan mengisi air hingga penuh, beri sedikit sisa ruang pada wadah, kemudian tutup hingga rapat. 
  • Lakukan pemeriksaan dan kontrol wadah setiap 2 hari sekali. Apabila wadah mulai mengembung, buka sedikit tutup sehingga udara dapat keluar. Kemudian tutup kembali. 
  • Lakukan pemeriksaan dan evaluasi proses pembusukan setelah satu minggu, setelah semua bahan larut tercampur dengan air dan memiliki kemiripan bentuk dengan pupuk daun cair pada umumnya, maka pupuk organik cair sudah siap untuk digunakan.

Meskipun cara pembuatan dan bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah dan tidak memberatkan pengeluaran, namun pembuatan pupuk organik cair tidak begitu direkomendasikan mengingat setiap pembuatan pupuk memerlukan waktu 7 hingga 12 hari.

Sumber:

https://www.npkmutiara.com/post/pupuk-daun-untuk-hasil-panen-maksimal

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/05/144200576/cara-penyemprotan-pupuk-daun-yang-benar-pada-tanaman-hias-?page=all

https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/44951

https://pertanian.jogjakota.go.id/detail/index/12104

https://www.pertanianku.com/waktu-yang-tepat-untuk-pemberian-pupuk-daun/

 

FAQ

Apakah pupuk daun dapat digunakan pada tanaman cabai?

Bisa, tanaman cabai dapat diberikan pupuk daun untuk meningkatkan hasil panen dan terhindar dari hama.

Kapan waktu yang tepat untuk menyemprotkan pupuk daun ke tanaman?

Beberapa waktu yang banyak direkomendasikan adalah pada jam 08 hingga 09 pagi, kemudian jam lainnya adalah pada jam 15.00 hingga jam 16.30. Waktu tersebut merupakan waktu terbaik karena posisi stomata sedang membuka secara maksimal.

Berapa kali pemberian pupuk daun dalam satu hari?

Anda bisa menyemprotkan pupuk daun 2 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan hasil terbaik, beberapa produk pupuk daun harus digunakan selama 7 hingga 10 hari berturut-turut.

Apakah mencampur pupuk daun dengan pestisida dapat dilakukan?

Bisa, untuk mendapatkan perlindungan terbaik dari hama, pupuk daun dan pestisida dapat dicampur menjadi satu. Namun tidak direkomendasikan untuk melakukan eksperimen pupuk daun dengan pestisida yang mengandung zat perekat.

Apa perbedaan pupuk daun dengan pupuk akar?

Perbedaan yang paling mendasar adalah cara pemberian pupuk pada tanaman, pupuk akar deng, sedangkan pupuk daun dengan cara disemprotkan ke daun.

Apakah semua pupuk daun mengandung ZPT?

Sebagian besar produk pupuk daun mengandung ZPT. Untuk mengetahui ZPT pada pupuk daun, Anda bisa membacanya pada deskripsi produk pupuk daun atau membacanya pada kemasan pupuk daun.

Berapa harga pupuk daun terbaik?

Anda bisa mendapatkan pupuk daun mulai harga 36 ribu. Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan sekitar 1 liter pupuk daun cair. Untuk mengetahui pupuk daun terbaik dengan harga terjangkau, Anda bisa mencarinya pada tabel perbandingan pupuk daun yang tersedia di internet.

Apakah POC dapat diberikan ke tanaman dengan cara disemprotkan?

Bisa, Anda bisa menyemprotkan POC langsung ke tanaman Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan pemberian POC sesuai dengan aturan dan takaran yang dianjurkan.

Apa akibat pemberian pupuk daun berlebih pada tanaman?

Akibat dari pemberian pupuk berlebih adalah tanaman dapat layu bahkan terbakar. Selain itu, media tanah akan mengeras sehingga akan berkurang kesuburannya.

Apakah tanaman hias bisa diberikan pupuk daun?

Bisa, selain pada tanaman pangan dan tanaman buah-buahan, pupuk daun juga bisa diberikan ke tanaman hias. Bahkan banyak produk pupuk daun terbaik yang dibuat secara khusus untuk tanaman hias.

Tinggalkan Balasan