Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Pomade im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
8 studi evaluasi
8000 Baca ulasan

🥇Pomade Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Pomade adalah salah satu produk andalan pria untuk tampil keren di kehidupan sehari-hari. Setelah melakukan evaluasi, survey, dan uji coba atas berbagai macam dan merek pomade, kami akan merekomendasikan beberapa merek pomade terbaik yang beredar di pasaran. Sebelumnya, simaklah pengertian lebih lanjut mengenai pomade

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

Mehr zu Cornelia

Pomade Daftar Produk Terbaik 2021

Pomade Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Pomade?

 

pomade terbaikPomade adalah produk yang umumnya digunakan untuk menata rambut. Produk ini dapat membuat rambut seseorang tampak lebih rapi, klimis, dan umumnya, lebih bercahaya.

 

 

Pomade sudah ada sejak abad ke-18, namun hanya digunakan oleh masyarakat kelas atas dan bangsawan pada saat itu. Pomade baru mulai populer di seluruh kalangan masyarakat pada abad ke-20 sejak dipopulerkan oleh gaya rock and roll.

 

Hingga sekarang, pomade sudah menjadi senjata andalan terbaik seorang pria untuk tampil keren setiap harinya.

 

Bagaimanakah Pomade Dapat Membantu Menata Rambut?

 

Pomade dapat membuat rambut lebih mudah diatur dan tatanan rambut tampak lebih rapi. Saat kamu mengaplikasikan pomade ke rambutmu, molekul-molekul pomade mulai mengelilingi helaian rambut yang ada di kepalamu.

 

Untuk beberapa saat, rambutmu akan terasa seperti basah dan gampang dibentuk untuk membuat berbagai macam model rambut.

 

Kemudian, molekul-molekul pomade akan mengering dan mengeras. Sebagai akibatnya, rambut yang terlapisi oleh pomade pun akan mengikuti bentuk sebagaimana pomade mengering.

 

Pada umumnya, pomade terbaik bisa bertahan selama 12 hingga 24 jam. Lapisan pomade tidak akan luntur atau menjadi lembek kembali apabila tidak terkena air atau dibersihkan dengan shampoo.

 

Manfaat Memakai Pomade

 

 

Masih ragu-ragu ingin menggunakan pomade atau tidak? Pomade memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah manfaat-manfaat terbaik yang ditawarkan oleh pomade untuk penampilanmu.

 

  • Merapikan rambut

Menurut penilaian publik, rambut yang acak-acakan dan tidak terawat pasti terlihat kurang menarik. Pomade adalah senjata andalan terbaik bagi pria modern untuk tampil lebih percaya diri.

 

Dengan pomade, rambutmu akan terlihat lebih baik, lembut, dan bercahaya. Rambut yang licin, terawat, dan apik tentu akan mendorong rasa percaya diri dan memberi impresi baik terhadap orang-orang di sekitarmu.

 

  • Menjaga tatanan model rambut

memakai pomade untuk menata rambut

Dengan memakai pomade, kamu tidak perlu khawatir rambutmu akan terlihat berantakan, sekalipun kamu melakukan banyak aktivitas. Bahkan pomade dengan daya rekat dan daya tahan paling rendah sekalipun dapat tetap menjaga penampilan rambutmu agar terus terlihat rapi.

 

Cara terbaik dan paling mudah untuk terlihat keren sepanjang hari adalah cukup dengan menyisir rambutmu dan mengaplikasikan pomade di pagi hari.

 

  • Membantu menata rambut yang susah diatur

Apakah rambutmu gampang berantakan atau susah diatur? Kontrol rambut yang paling bandel sekalipun dengan menggunakan pomade.

 

Baik rambutmu ikal dan susah dibentuk atau rambutmu terlalu lurus dan lemas sehingga terus-menerus jatuh menghalangi wajahmu, pomade bisa mengatasi masalah seperti ini.

 

  • Mempermudah mencoba tren gaya rambut baru

Ada banyak model rambut kekinian pada saat ini. Daripada repot-repot pergi ke salon untuk menata rambut, cara terbaik untuk mencoba tren baru adalah dengan mengaplikasikan pomade untuk bereksperimen dengan gaya-gaya rambut yang sedang terkenal.

 

  • Menutrisi rambut

Beberapa pomade terbaik, terutama pomade berbahan dasar minyak, yang beredar di pasaran mampu memberi nutrisi lebih bagi rambutmu. Menurut pemeriksaan ilmiah, penggunaan pomade dengan benar dan sesuai dengan takaran dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambutmu.

 

Tipe-tipe Pomade

 

Secara umum, ada dua jenis pomade, yaitu yang berbahan dasar air atau water-based dan yang berbahan dasar minyak atau oil-based. Berikut ini adalah tabel perbandingan dan penjelasan mengenai keduanya.

 

Tipe Oil-Based

 

Pomade merk terbaikPomade oil-based merupakan jenis pomade yang menggunakan bahan dasar minyak.

 

pomade oil-based menggunakan campuran beberapa jenis minyak seperti petroleum jelly, beeswax, minyak zaitun, minyak almond, dan lain-lain untuk menghasilkan daya rekat dan daya tahan terbaik.

 

Dibandingkan dengan pomade water-based, pomade oil-based lebih tradisional dan mirip dengan pomade yang umumnya digunakan di tahun 1930an. Apabila kita membandingkan pomade water based dengan oil-based, pomade oil-based umumnya memiliki daya rekat yang lebih kuat.

 

Selain itu, menurut analisis dan tes produk, pomade tipe ini juga mengandung bahan yang mampu menutrisi rambut, contohnya minyak jojoba dan minyak almond.

 

Namun sayangnya, pomade oil-based juga memiliki kekurangan. Sebagai contoh, karena berbasis minyak, pomade jenis ini lebih sulit dibilas dan dibersihkan.

 

Kemudian, minyak dari pomade jenis ini dapat terkena dan meninggalkan bekas pada pakaian. Terakhir, karena sulit dibersihkan, pomade oil-based berpotensi menyumbat folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok dan berketombe.

 

Tipe Water-Based

 

Pomade water-based adalah pomade versi modern yang merupakan opsi terbaik bagi para pria modern yang menjalani kehidupan sehari-hari di era ini.

 

Pomade water-based masih diformulasikan berdampingan dengan minyak seperti beeswax dan minyak castor, namun dalam kadar yang lebih sedikit. Karena itu, pomade tipe ini lebih mudah diratakan dan diaplikasikan ke rambut, sehingga lebih cocok untuk pemula.

 

Menurut analisis, kekuatan dan daya tahan pomade water-based juga tidak kalah dengan pomade oil-based. Kemudian, pilihan daya tahan, kekuatan, dan jenis finish pomade water-based juga lebih bervariasi. Pomade water-based juga lebih mudah dicuci jika dibandingkan dengan yang oil-based.

 

Sehingga, pomade water-based adalah opsi terbaik bagi mereka yang rentan akan rambut rontok dan ketombe namun tetap ingin tampil bergaya.

 

Kekurangan dari pomade water-based adalah hasil tatanan rambut lebih kaku dibandingkan dengan hasil dari pomade oil-based. Maka, pomade ini lebih direkomendasikan untuk model rambut yang lebih klimis dan rapi, bukan jenis model rambut yang lebih natural.

 

Selain itu, pomade ini juga bisa luntur jika terkena air atau keringat. Terakhir, dibandingkan dengan pomade oil-based, pomade water-based biasanya lebih mahal, sehingga tidak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki budget terbatas.

 

Istilah-Istilah Tentang Pomade yang Penting untuk Diketahui

 

Sebelum memilih pomade yang akan kamu gunakan, kamu perlu mengetahui istilah-istilah penting berikut ini.

 

Kenalilah perbandingan istilah-istilah berikut ini supaya kamu memilih pomade yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

  • Light hold
  • Medium hold
  • Firm hold
  • Shiny finish
  • Natural finish
  • Matte finish

Istilah hold mengacu kepada daya rekat dari sebuah pomadePomade yang bersifat light hold berarti pomade tersebut dapat membantu menata rambut tanpa membatasi gerak rambut. Sehingga rambutmu akan terlihat lebih rapi namun tetap natural dengan pomade light hold. Pomade dengan light hold adalah pilihan terbaik bagi mereka yang tidak ingin pomade yang terlalu memberatkan rambut.
Pomade yang dikategorikan sebagai medium hold berarti memiliki daya rekat yang lumayan tinggi untuk menghasilkan gaya rambut yang spiky. Tekstur pomade medium hold umumnya padat namun masih lembut dan mudah diratakan di tangan. Pomade dengan kategori ini direkomendasikan untuk mereka yang ingin rambut mereka tampak lebih rapi dan tahan lama.
Pomade yang dikategorikan sebagai firm atau heavy hold adalah pomade yang daya rekat dan daya tahannya paling tinggi. Pomade kategori ini adalah pilihan terbaik untuk membentuk gaya rambut pompadour yang tinggi. Selain itu, pomade ini juga merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin menata rambut yang ikal dan sangat tebal.
Istilah finish mengacu kepada hasil penampilan rambut setelah pengaplikasian pomade. Setelah menggunakan pomade yang menghasilkan shiny finish, maka rambutmu akan terlihat lebih berkilau. Pomade dengan shiny finish adalah pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan rambut klimis yang bersinar, cocok untuk acara-acara penting.
Kemudian, pomade yang memiliki natural finish akan membuat rambutmu terlihat rapi dan bercahaya tanpa berlebihan. Finish ini membuat rambutmu terlihat rapi secara natural, seperti tidak menggunakan produk apapun. Pomade dengan natural ini adalah pilihan terbaik untuk aktivitas sehari-hari.
Terakhir, matte finish adalah salah satu kategori pomade yang paling terkenal sekarang. Pomade dengan matte finish membuat rambut tidak terlihat memiliki kilau atau cahaya, bahkan di bawah sinar matahari sekalipun. Finish ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin tampil keren, modern, dan maskulin.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Pomade

 

Jangan buru-buru dalam memilih pomade. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar bisa memilih pomade terbaik untuk jenis rambutmu dan kebutuhanmu.

 

Sesuaikan dengan jenis rambut

 

Pomade terbaik untuk tatanan rambut awet

Rambut lurus dan rambut ikal tentu memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda.

 

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk menyesuaikan pomade dengan jenis rambutmu.

 

Contohnya, pomade dengan light sampai medium hold adalah pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki rambut lurus dan tidak terlalu tebal.

 

Sebaliknya, apabila rambutmu ikal atau bergelombang, pomade terbaik untukmu adalah pomade berkategori firm atau heavy hold. Maka lakukanlah uji kecocokan pomade dengan jenis rambut yang kamu miliki.

 

Sesuaikan dengan aktivitas keseharianmu

 

Aktivitas keseharian setiap orang pasti berbeda-beda, maka kebutuhan masing-masing orang pun berbeda pula. Penting untuk memperhatikan kesesuaian jenis pomade dengan aktivitasmu agar penampilanmu tetap terjaga.

 

Bagi yang memiliki banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, pomade oil-based adalah pilihan terbaik untukmu. Karena apabila kamu menggunakan pomade water-based, teriknya matahari akan membuatmu berkeringat dan menyebabkan pomademu luntur.

 

Terlebih lagi jika kamu kehujanan saat beraktivitas di luar ruangan. Jadi, direkomendasikan untuk menggunakan pomade water-based hanya jika kamu banyak beraktivitas di dalam ruangan.

 

Tentukan finishing yang diinginkan

 

Setiap pomade yang beredar di pasaran memiliki finish atau daya kilap yang berbeda, ada yang natural, shiny, dan matte. Pilihlah finishing yang sesuai dengan kepribadianmu dan tampilan yang kamu inginkan.

 

Pomade shiny menunjukkan kepribadian yang rapi, klimis, dan cenderung formal. Sedangkan hasil finish matte adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin tampil sederhana namun tetap keren dan modern. Terakhir, hasil finish natural adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin tampil keren secara alami.

 

Sesuaikan dengan model rambut yang kamu inginkan

Pomade digunakan untuk menata rambut, tapi jangan sembarangan berpikir bahwa semua pomade sama saja. Pomade jenis tertentu akan lebih cocok dengan model rambut tertentu pula.

 

Contohnya, apabila kamu ingin model rambut yang terangkat dan terlihat bervolume seperti model pompadour, maka pomade dengan firm hold dan finish natural atau matte adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Kemudian, apabila kamu ingin rambut yang terlihat messy tapi tetap keren, kami merekomendasikan pomade dengan light atau medium hold dengan finish natural. Terakhir, untuk model rambut yang tertata rapi dan sleek, maka pomade dengan medium hold dan shiny finish adalah andalan terbaik untukmu.

 

Rekomendasi Merek Pomade

 

merk pomade yang bagus

Memang banyak pomade yang beredar di pasaran, namun jangan sembarangan memilih merek pomade.

 

Memilih pomade secara sembarangan berpotensi merusak rambutmu dan bahkan menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

 

Pilihlah pomade yang lolos uji BPOM atau badan serupa sekaligus pomade yang telah menjalani pengujian klinis agar aman dipakai. Berikut ini adalah rekomendasi merek pomade terbaik.

 

Murray’s

 

Murray’s merupakan salah satu merek pomade klasik terbaik. Didirikan pada tahun 1925, semua pomade dari Murray’s telah menjalani berbagai tes klinis dan uji praktek agar kualitasnya tetap terjaga. Maka, kualitas, daya tahan, dan daya rekat dari pomade merek Murray’s sudah tidak perlu diragukan lagi.

 

Pomade dari Murray’s semuanya termasuk jenis pomade oil-based. Hal ini wajar karena Murray’s memang mengedepankan aspek klasik yang tak lekang oleh waktu. Pomade-pomade merek ini memiliki daya tahan yang sangat lama, maka mampu membuat rambutmu tampil rapi dan bersinar sepanjang hari.

 

Dengan formulasi tradisional tetapi dibuat dengan standard modern, kamu akan terlihat bak artis dengan tampilan klasik yang dijamin mampu memikat hati para perempuan di sekitarmu.

 

Wak Doyok

 

Siapa yang tidak kenal dengan produk-produk Wak Doyok? Sejak tahun 1960-an, produk-produk Wak Doyok sudah menjadi andalan bagi pria-pria Malaysia dan Indonesia. Wak Doyok terkenal dengan produk-produk penumbuh rambutnya, tapi ternyata merek ini juga memproduksi pomade yang kualitasnya tidak kalah bagus.

 

Pomade asal negeri jiran ini adalah pomade water-based yang modern dan teruji efektivitasnya karena telah menjalani berbagai penelitian ilmiah. Mau rambutmu tumbuh sehat? Pomade Wak Doyok adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Pomade Wak Doyok mengandung minyak jojoba, minyak buah limau, dan minyak zaitun yang mampu menutrisi rambutmu hingga ke akar. Dengan menggunakan pomade Wak Doyok, rambutmu tidak hanya akan terlihat keren, tapi rambutmu juga akan tumbuh lebih lebat dan sehat.

 

Barbers

 

Mau mendukung perekonomian Indonesia? Gunakanlah pomade merek Barbers. Barbers adalah salah satu merek pomade water-based terbaik di Indonesia.

 

Barbers muncul di Indonesia pada tahun 1990-an dengan tujuan menyediakan pomade premium namun dengan harga yang terjangkau. Pomade Barbers juga sudah lulus uji BPOM, jadi kualitasnya jelas sudah teruji.

 

Jangan tertipu dengan packagingnya yang sederhana. Menurut hasil survey dan penelitian, pomade Barbers kualitasnya tidak kalah dengan pomade impor atau pomade yang berasal dari merek internasional.

 

Pomade Barbers memiliki daya rekat dan daya tahan yang kuat, teksturnya pun mudah diratakan dan diaplikasikan, dan yang paling penting, pomade Barbers memiliki aroma yang menyegarkan dan mampu menarik perhatian orang-orang di sekitarmu.

 

Gatsby

 

Siapa yang belum kenal dengan Gatsby? Sejak dulu Gatsby sudah menjadi produsen produk styling rambut andalan di kalangan pemuda Indonesia.

 

Produk-produk Gatsby memiliki harga yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan dari supermarket sekalipun. Oleh sebab itu, Gatsby merupakan merek pomade terbaik bagi para kaum muda dengan budget terbatas.

 

Gatsby memiliki beragam jenis pomade, masing-masing dengan fungsi, jenis, dan aroma yang berbeda. Bahkan selain pomade styling biasa, Gatsby juga menyediakan pomade berwarna yang bisa mentransformasi warna rambutmu secara sementara.

 

Semua pomade Gatsby memiliki tekstur yang lembut dan berminyak dengan daya tahan yang sudah teruji. Kalau kamu ingin pomade ampuh yang tidak akan menguras kantong, makan Gatsby adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Smith

 

Smith juga merupakan salah satu merek pomade lokal terbaik. Terinspirasi dari gaya pria tahun 1960-an yang keren dan elegan, Smith didirikan untuk membawa sentuhan klasik dan maskulin bagi pria-pria Indonesia jaman sekarang.

 

Pomade-pomade di bawah merek ini diciptakan setelah penelitian ilmiah serta tes untuk menghasilkan produk yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

 

Saat ini, Smith menawarkan dua jenis pomade water-based, yang bernama Dapper Spatter dan Dashing Slick, sekaligus tiga jenis pomade oil-based, yang bernama, Premium Medium, Bold Hold, dan Fine Shine.

 

Kelima pomade ini menawarkan efek finish dan jenis hold yang berbeda-beda, sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Harga dari pomade merek Smith juga tidak terlalu mahal dan bisa dibilang cukup terjangkau untuk produk premium.

 

Chief

 

Mau memiliki rambut keren seakan baru abis ditata di salon? Cobalah pomade-pomade dari Chief. Chief sendiri awalnya berdiri sebagai barbershop, baru kemudian Chief mulai menawarkan juga produk-produk styling rambut. Oleh sebab itu, kualitas pomade Chief setara dengan pomade yang biasa digunakan di salon.

 

Chief memiliki berbagai macam pilihan pomade untukmu, mulai dari oil-based, water-based, hingga hybrid pomade yang merupakan perpaduan terbaik dari pomade oil-based dan water-based.

 

Tidak hanya itu, uniknya, Chief juga menyediakan pomade khusus anak kecil. Apabila kamu ingin anakmu tampil bergaya, Junior Chief Pomade adalah pilihan terbaik untuk anak usia 3 hingga 10 tahun karena diformulasikan dengan khusus untuk mencegah iritasi.

 

Oh Man!

 

Dengan packaging yang premium dan branding yang sangat keren dan kekinian, mungkin kamu kaget mengetahui bahwa Oh Man! merupakan merek lokal Indonesia. Pomade Oh Man! juga merupakan salah satu merek pomade terbaik.

 

Hal ini dikarenakan setiap pomade dari Oh Man! diformulasikan dengan vitamin E, minyak zaitun, dan minyak argan yang mampu menjaga kesehatan rambutmu.

 

Oh Man! adalah salah satu produsen pomade oil-based terbaik di Indonesia. Selain mampu menutrisi rambut, pomade Oh Man! Juga memiliki berbagai jenis finish dan hold yang sudah teruji kualitasnya.

 

Terlebih lagi, pomade Oh Man! juga memiliki 5 macam aroma yang wangi, seperti fruity, tropical, dark chocolate, dan coffee. Tidak hanya itu, meskipun memiliki kualitas premium, pomade oh Man! memiliki harga yang terjangkau, sehingga kamu dapat tampil keren dengan budget terbatas sekalipun.

 

Sweet Jerry

 

Sweet Jerry agak berbeda dibandingkan dengan merek-merek lain di daftar ini. Sweet Jerry juga menawarkan pomade clay-based, yang merupakan inovasi pomade terbaru dan mulai terkenal di jaman sekarang.

 

Dibandingkan dengan pomade water-based dan oil-based, pomade clay-based lebih ampuh dalam menambahkan volume dan mengatur tekstur pada rambut. Untuk saat ini, Sweet Jerry adalah produsen pomade clay-based lokal terbaik di Indonesia.

 

Saat ini Sweet Jerry menawarkan satu jenis pomade water-based dan empat varian pomade clay-based. Masing-masing varian memiliki finish dan hold yang dapat disesuaikan dengan aktivitasmu. Tidak hanya itu, masing-masing varian memiliki aroma yang beragam pula seperti vanilla, mango, coffee, dan caramel.

 

Layrite

 

Mau rambut keren dan bergaya sepanjang hari? Pomade dari Layrite adalah solusi terbaik untukmu. Layrite didirikan pada tahun 1999 oleh seorang barber yang ingin mengubah teknik stylingnya setelah para konsumennya mengkritik hasil styling pomade oil-based yang terlalu berminyak dan memberatkan rambut.

 

Sebagai hasilnya, lahirlah Layrite yang menawarkan pomade-pomade water-based yang ringan namun sangat kuat dalam menjaga bentuk rambut. Pomade dari Layrite memiliki daya rekat dan finish yang berbeda-beda.

 

Tetapi satu hal yang pasti, pomade Layrite mudah digunakan dan mudah dibilas kapanpun, sehingga mampu menjaga rambutmu tetap sehat.

 

Reuzel

 

Reuzel adalah merek pomade yang berasal dari Belanda, tepatnya Rotterdam. Reuzel didirikan oleh dua orang sahabat yang ingin menciptakan produk styling yang dapat dipercaya dan kualitasnya sebaik produk styling khusus salon atau barbershop.

 

Reuzel terinspirasi dari gaya-gaya rambut klasik dengan sentuhan modern di formulasi produknya. Merek ini menyediakan beragam varian pomade dengan berbagai finish dan hold.

 

Reuzel juga menyediakan baik pomade water-based maupun oil-based agar konsumennya dapat menyesuaikan pilihan mereka dengan kebutuhan rambut mereka. Dengan pilihan yang beragam, dijamin Reuzel mampu membuat dirimu tampil keren dan lebih percaya diri.

 

Cara Membuat Pomade Sendiri

 

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan kocek besar untuk membeli pomade, ternyata kamu juga bisa membuat pomademu sendiri. Cara membuat pomade sendiri pun sebenarnya cukup mudah dan bahannya pun mudah dicari dan didapatkan.

 

Dibandingkan dengan pomade yang beredar di pasaran, pomade buatan sendiri pun tidak kalah kualitasnya. Penasaran? Berikut ini adalah cara-cara membuat pomade yang teruji ampuh dan mudah dipraktekkan.

 

Alat dan bahan yang diperlukan

 

  • Panci
  • Wadah tahan panas
  • Wadah kecil untuk pomade yang sudah jadi
  • Minyak kelapa
  • Beeswax atau lilin madu
  • Bentonite clay atau lempung bentonit
  • Minyak zaitun
  • Minyak esensial (tidak wajib, hanya untuk memberikan aroma kepada pomade)

 

Cara pembuatan

Berikut ini adalah cara terbaik pembuatan pomade di rumah yang perlu kamu ikuti:

 

  • Lelehkan beeswax dengan metode double boiler. Pertama panaskan air dalam panci dan taruh wadah tahan panas di atasnya. Lelehkan beeswax di wadah tersebut saat air di panci mulai mendidih. Aduk terus beeswax hingga leleh sempurna.

 

  • Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun secara perlahan ke dalam sekitar 100 ml beeswax yang telah leleh. Jika kamu ingin pomademu memiliki aroma yang wangi, tambahkanlah juga beberapa tetes minyak esensial. Aduk hingga merata.

 

  • Campurkan bentonite clay dengan sedikit air agar bisa diaduk nantinya.

 

  • Matikan api dan pindahkan wadah tahan panas tadi ke meja. Masukanlah bentonite clay ke dalam larutan minyak tadi.

 

  • Aduk rata campuran hingga bentonite clay tercampu sempurna. Sesuaikan konsistensi pomademu dengan menambahkan bentonite clay lagi apabila terlalu encer atau tambahkan minyak zaitun apa bila terlalu keras. Konsistensi terbaik yang direkomendasikan adalah masih lembek tapi tidak terlalu encer.

 

  • Bila sudah mencapai konsistensi yang direkomendasikan, tuanglah ke dalam wadah kecil. Diamkan di suhu ruangan hingga pomade mendingin dan mengeras.

 

  • Pomademu sudah jadi dan siap digunakan. Pomade ini termasuk jenis oil-based. Kemiripan efektivitasnya dengan pomade buatan pabrik tidak diragukan lagi.

 

  • Simpanlah pomade ini di tempat yang sejuk dan gelap. Pastikan wadah tertutup rapat setelah menggunakan pomade.

 

  • Karena dibuat tanpa bahan pengawet, pomade ini akan lebih cepat kadaluarsa apabila dibandingkan dengan pomade yang beredar di pasaran. Untuk hasil terbaik, pomade ini dapat digunakan 6 hingga 12 bulan sejak pertama kali dibuat.

 

Sumber

 

https://www.popmama.com/life/health/bella-lesmana/cek-ini-dia-rekomendasi-produk-pomade-terbaik-untuk-suami

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3918848/cara-membuat-pomade-sendiri-di-rumah-enggak-pakai-ribet

https://www.merdeka.com/trending/3-macam-pomade-ketahui-jenis-mana-yang-cocok-untuk-tipe-rambutmu-kln.html

https://www.idntimes.com/men/grooming/jcnd/cara-memilih-pomade-berdasarkan-jenis-rambut-c1c2

 

FAQ

Q: Apakah pomade dapat menyebabkan rambut rontok?

A: Bisa, pomade berbahan dasar minyak dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan rambutmu rontok apabila dibiarkan terus menerus. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk membersihkan pomade setelah setiap penggunaan dengan cara mencuci rambut.

Q: Apakah pomade dapat menyebabkan kepala berketombe?

A: Ya, penggunaan pomade yang berlebihan dan terlalu lama dapat memicu terjadinya ketombe. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan memakai pomade dengan volume sesuai takaran yang direkomendasikan dan membersihkan rambut secara rutin.

Q: Apakah pomade dapat menyebabkan jerawat pada wajah?

A: Pomade oil-based berpotensi menyumbat pori-pori di dahi dan menyebabkan munculnya komedo serta jerawat. Untuk mencegahnya, kamu harus memastikan pomade tidak terkena ke daerah wajah.

Q: Apakah pomade sama dengan wax?

A: Tidak, keduanya merupakan produk yang berbeda. Pada umumnya, pomade bersifat lebih ringan dan lebih cocok untuk rambut yang tebal dibandingkan dengan wax. Tapi, wax memiliki daya rekat yang lebih tinggi.

Q: Kapan pomade kadaluarsa?

A: Daya tahan pomade berbeda dari merek ke merek. Namun pada umumnya, untuk hasil terbaik, gunakan pomade dalam 2 hingga 3 tahun setelah wadah dibuka. Setelah itu, efektivitas pomade biasanya sudah berkurang.

Q: Apa saja ciri pomade yang sudah kadaluarsa?

A: Warna dan aroma pomade berubah, tekstur pomade berubah menjadi lebih keras atau lembek, dan muncul flek putih pada permukaan pomade.

Q: Apakah pomade dapat meluruskan rambut?

A: Berdasarkan hasil pengujian, pomade tidak bisa mengubah tekstur rambut secara drastis, terutama tekstur rambut ikal. Tetapi pomade dapat membuat rambut lebih mudah diatur dan ditata.

Q: Apakah pomade dapat menyebabkan rambut beruban?

A: Tidak. Menurut hasil eksperimen, munculnya uban sama sekali tidak ada hubungannya dengan penggunaan pomade.

Q: Apakah pomade dapat membantu memanjangkan rambut?

A: Tidak. Cara terbaik untuk memanjangkan rambut adalah dengan merawatnya dengan baik serta menjalani pola hidup sehat. Bersihkan rambut secara rutin dan konsumsilah makanan sehat yang tinggi protein.

Q: Apakah pomade yang dibuat dengan bahan natural lebih bagus?

A: Ya. Pomade yang dibuat dengan bahan natural adalah pilihan terbaik untuk menata rambut dan direkomendasikan banyak ahli karena dapat menjaga kesehatan rambut juga. Tapi hal ini bukan berarti pomade dengan bahan sintetis tidak baik. Yang terpenting adalah memilih pomade sesuai dengan kebutuhanmu,

Tinggalkan Balasan