Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Oli Mobil im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
16 lama pengujian
7 studi evaluasi
4523 Baca ulasan

🥇 Oli Mobil Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi

Oli Mobil Daftar Produk Terbaik 2021

Oli Mobil Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Oli mobil terbaik pada jaman duluSalah satu alat transportasi yang populer di masyarakat adalah mobil. Agar mobil Anda selalu pada performa terbaiknya, direkomendasikan untuk melakukan perawatan secara rutin.

 

Salah satu cara untuk merawat mobil adalah dengan mengganti oli secara rutin. Dengan mengganti oli secara rutin, kualitas mesin dan komponen lain pada mobil akan terjaga, sehingga mencegah terjadi kerusakan lebih lanjut pada mobil Anda.

 

Berikut adalah rekomendasi oli mobi terbaik dan panduan membeli oli mobil untuk Anda.

 

Apa Itu Oli Mobil?

 

Oli mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Bentuk oli mobil memiliki kemiripan dengan minyak. Pada mobil biasanya terdapat beberapa jenis oli, oli-oli ini digunakan secara berdampingan untuk mendapatkan kenyamanan berkendara. 

 

Kekentalan oli mobil berbeda satu dengan yang lainnya, tergantung dari jenis mobilnya. Kebutuhan banyaknya oli untuk setiap mobil juga berbeda. Dengan menggunakan oli mobil terbaik, mobil Anda tidak akan mudah rusak.

 

Bagaimana Cara Kerja Oli Mobil?

 

Contoh cara kerja oli mobil terbaik dalam melumasi mesinOli mobil akan bekerja melapisi dan membersihkan komponen-komponen seperti mesin, rem hingga komponen pada power steering pada mobil, dengan cara dipompa melalui pompa oli pada mobil. 

 

Dengan adanya oli mobil, mobil akan terhindar dari beberapa kerusakan dan nyaman untuk digunakan.

 

Manfaat Menggunakan Oli Mobil Terbaik

 

Manfaat oli mobil adalah untuk melumasi mesin mobil Anda. Dengan menggunakan oli mobil terbaik, mesin mobil Anda akan bersih tidak mudah rusak. Selain itu, mobil akan lebih hemat bahan bakar. Selain oli mesin, mobil juga memiliki oli rem, yang berfungsi untuk melakukan pengereman.

 

Jenis-jenis oli mobil terbaik

 

Meskipun memiliki kemiripan warna dan bentuk, oli mobil terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Oli Mesin Full Synthetic
  • Oli Mobil Mineral
  • Oli mobil Semi Synthetic
  • Oli Transmisi
  • Oli Rem
  • Oli Power Steering
  • Oli Gardan
Oli Mobil Full Synthetic adalah oli yang terbuat dari olahan minyak bumi terbaik. Beberapa uji praktek yang dilakukan dengan oli ini, membuktikan bahwa oli jenis ini cocok untuk mobil yang menempuh jarak jauh.
Sama seperti jenis oli sintetik, namun dibandingkan dengan oli full synthetic, oli mineral masih kurang baik. Jenis oli mobil ini, cocok untuk Anda yang menggunakan mobil dengan jarak berkendara di dalam kota saja.
Pada jenis oli ini, merupakan percampuran dari oli mineral dengan sintetik. Untuk Anda yang menginginkan oli terbaik dengan harga terjangkau, Anda bisa menggunakan oli ini.
Oli ini digunakan pada bagian transmisi mobil Anda. Dengan mengganti secara rutin oli transmisi, maka transmisi mobil akan mudah untuk digunakan.
Jenis oli lainnya yang ada pada mobil adalah oli rem. Penggunaan oli rem akan membantu Anda saat melakukan pengereman secara maksimal.
Power steering merupakan salah satu teknologi untuk mempermudah Anda dalam menyetir mobil. Pada power steering juga terdapat oli. Dengan adanya oli pada power steering, kontrol terhadap mobil juga semakin mudah dilakukan.
Gardan merupakan salah satu penggerak pada mobil, gardan juga memiliki oli khusus, yaitu oli gardan.

Cara Memilih Oli Mobil Terbaik

 

 

Untuk menemukan oli mobil terbaik, Anda tidak perlu melakukan uji coba atau melakukan tes produk dengan semua oli mobil yang ada. Perhatikan beberapa hal berikut ini saat memilih oli mobil terbaik.

Pilih oli mobil sesuai dengan jenis mesin mobil Anda

Pilih oli mobil sesuai dengan jenis mesin mobil Anda

Pada saat akan membeli oli mobil, direkomendasikan untuk memilih oli dengan kesesuaian mesin mobil Anda. Selain memperhatikan jenis mesin mobil, direkomendasikan juga untuk memilih oli mobil sesuai dengan jenis transmisi mobil Anda. Untuk mempermudah Anda mencari oli mobil terbaik untuk Anda, biasanya perusahaan pembuat mobil juga menuliskannya pada buku manual.

Perhatikan Kekentalan Oli

Perhatikan Kekentalan Oli

Oli mobil memiliki kekentalan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kinerja mesin terbaik, Anda harus menggunakan oli dengan kekentalan yang cocok dengan mesin Anda. Untuk mobil dengan usia lebih dari 5 tahun, direkomendasikan untuk memilih oli mobil yang cukup kental. Sedangkan untuk mobil keluaran terbaru, Anda bisa memilih oli yang memiliki kekentalan yang lebih rendah. Untuk mempermudah pencarian, Anda bisa membandingkan beberapa merek oli mobil terbaik yang kami rekomendasikan.

Perhatikan kondisi kemasan oli

Perhatikan kondisi kemasan oli

Pada saat membeli, direkomendasikan untuk memperhatikan kemasan oli. Karena jika kemasan oli rusak, dapat mengakibatkan oli tidak bekerja secara maksimal. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda membeli oli secara langsung atau jika Anda membeli oli secara online, Anda dapat meminta kepada penjual untuk memberikan perlindungan tambahan sebelum dilakukan pengiriman.

Perhatikan kode yang tertera pada kemasan oli mobil

Perhatikan kode yang tertera pada kemasan oli mobil

Pada kemasan oli mobil, biasanya terdapat beberapa kode. Kode ini biasanya menjelaskan mengenai spesifikasi oli. Dengan mengetahui kode ini, Anda akan semakin mudah mendapatkan oli terbaik untuk mobil Anda. Contoh kode yang terdapat pada kemasan oli adalah SAE yang menunjukkan kekentalan oli mobil.

Kondisi jalan yang Anda lalui

Kondisi jalan yang Anda lalui

Jika Anda melewati jalan yang mengharuskan Anda sering menghentikan mobil pada saat berkendara, seperti banyak lampu merah, atau melewati jalur yang macet. Anda bisa memilih oli yang mampu memberikan perlindungan terbaik untuk mesin Anda.

Istilah pada Oli Mobil 

Pada saat Anda memilih oli mobil, Anda akan menjumpai beberapa istilah yang ada pada kemasan oli. Dengan mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut, Anda akan semakin mudah mengetahui oli mana yang cocok dengan mobil Anda, meskipun Anda tidak melakukan uji kecocokan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering ada pada kemasan oli.
  • ILSAC (International Lubricant Standardization and Approval Committee)
  • SAE 20W-50
  • API (American Petroleum Institute)
  • SA
  • CA
Badan yang memberikan nilai untuk oli. Pastikan oli yang Anda beli sudah memiliki penilaian terbaik dari ILSAC.
Arti dari kode ini adalah oli dapat bekerja pada musim dingin, dengan nilai kekentalan oli 20, namun pada saat musim panas, nilai kekentalan oli akan berubah menjadi 50. Untuk memudahkan Anda mengetahui jenis-jenis kode SAE, Anda bisa membacanya pada beberapa tabel perbandingan yang ada di internet.
Sama seperti ILSAC, API juga merupakan salah satu standar yang digunakan untuk menentukan kualitas oli mobil. Pada oli mobil untuk berbahan bakar bensin, biasanya akan diikuti dengan huruf S menjadi API S, sedangkan solar dengan huruf C menjadi API C
SA merupakan kode untuk menjelaskan bahan utama pembuat oli. Untuk oli dengan kode SA, maka oli tersebut terbuat dari minyak bumi.
Pada oli mobil dengan kode CA menunjukan bahwa oli digunakan untuk mesin diesel yang digunakan untuk berkendara dalam kota saja.

10 Merk Oli Mobil Terbaik Untuk Anda

 

Contoh kekentalan ideal pada oli mobil terbaikBeberapa perusahaan pembuat mobil biasanya sudah merekomendasikan jenis oli yang harus digunakan pada mobil mereka, seperti menjelaskan pada buku manual, hingga merekomendasikan jenis oli yang dipakai melalui dealer atau bengkel resmi mereka. 

 

Namun, jika Anda masih tidak puas dengan oli yang direkomendasikan tersebut dan  ingin mencoba mengganti oli mobil Anda untuk mendapatkan kinerja mobil yang lebih bertenaga, berikut ini beberapa daftar oli yang bisa Anda coba. 

 

Shell

 

Oli mobil terbaik salah satunya adalah Shell. Shell merupakan salah satu perusahaan minyak terbaik di dunia yang fokus pada bidang perminyakan dan gas. Selain itu, Shell juga memproduksi merek mobil terbaik. 

 

Shell memproduksi beberapa jenis oli untuk berbagai jenis mobil, seperti mobil berbahan bakar bensin hingga solar, salah satunya adalah oli full synthetic yang banyak digunakan pada mobil-mobil terbaru. Oli buatan Shell sudah memiliki teknologi Active Cleansing

 

Hasil pengujian teknologi ini mampu membersihkan mesin mobil Anda dari berbagai macam kotoran. Selain mampu membersihkan mesin, oli buatan Shell juga mampu melindungi mesin mobil Anda dari karat. Untuk Anda yang memiliki mobil LCGC, Shell juga memiliki oli khusus untuk merawat mesin mobil Anda. 

 

Top 1

 

Oli mobil yang direkomendasikan selanjutnya adalah oli Top 1. Dibuat menggunakan bahan-bahan terbaik, Oli buatan Top 1 mampu memberikan kualitas terbaik untuk mesin Anda. 

 

Oli Top 1, mampu memberikan perlindungan untuk mesin Anda walaupun dalam Anda berkendara melalui jalan yang berliku dan menanjak. Top 1 memiliki beberapa jenis oli terbaik untuk mobil keluaran terbaru. 

 

Selain memiliki beberapa oli mesin untuk mobil keluaran terbaru, Top 1 juga memiliki beberapa jenis oli terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mobil lama dengan usia mobil lebih dari 7 tahun

 

Melalui beberapa penelitian, oli buatan Top 1 ini mampu membersihkan ke bagian-bagian mesin secara maksimal dan memberikan lapisan perlindungan pada mesin mobil Anda. 

 

Castrol

 

Salah satu varian oli mobil terbaik dari CastrolPerusahaan selanjutnya yang memiliki produk oli terbaik adalah Castrol. Castrol memiliki beberapa jenis oli, mulai dari oli untuk mobil, sepeda motor hingga oli untuk alat berat yang digunakan di pertambangan. 

 

Oli Castrol mampu mengurangi gesekan mesin pada mobil Anda, sehingga mesin akan lebih awet. 

 

Castrol juga memiliki produk oli terbaik yang sudah dilengkapi dengan FST (Titanium Fluid Strength Technology),sebuah teknologi buatan Castrol yang berfungsi untuk melindungi mesin lebih maksimal dan meningkatkan kemampuan mesin mobil Anda. 

 

Selain oli dengan teknologi FTS, Castrol juga memiliki oli mobil terbaik yang dilengkapi dengan teknologi self healing layer, fungsi dari teknologi tersebut adalah untuk melindungi mesin saat mesin baru dinyalakan hingga mesin digunakan.

 

Fastron

 

Oli terbaik selanjutnya adalah oli Fastron. Oli ini merupakan oli buatan asli Indonesia yang dibuat oleh Pertamina. Sama seperti oli lainnya, Fastron juga memiliki beberapa jenis oli, mulai dari oli untuk mesin mobil mewah hingga untuk mesin mobil biasa. 

 

Oli Fastron akan memberikan perlindungan maksimal untuk mesin mobil Anda, termasuk pada saat berkendara melalui jalanan yang macet. Selain melindungi mesin Anda dari panas berlebih, oli Fastron juga akan menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil Anda. 

 

Dilengkapi dengan Nano Guard, oli Fastron juga akan membersihkan mesin mobil Anda, hingga bagian yang sulit dijangkau. Oli Fastron ini merupakan salah satu oli dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Total

 

Perusahaan asal Perancis ini juga merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas terbaik di dunia, Total juga membuat berbagai macam oli mobil terbaik. Mulai dari oli dengan kekentalan rendah, hingga oli dengan kekentalan tinggi. 

 

Jenis oli full sintetik buatan Total mampu memberikan perlindungan terbaik untuk mesin Anda dari kerusakan. 

 

Tidak ingin ketinggalan dari perusahaan pembuat oli lainnya yang terlebih dahulu membuat oli untuk mobil LCGC, Total juga sudah membuat oli khusus mobil LCGC yang diklaim mampu memberikan perlindungan terbaik, hingga menghasilkan polusi udara yang sedikit. 

 

Oli buatan Total juga mampu membersihkan mesin secara maksimal, hingga bagian mesin yang sulit dijangkau. Dengan mesin yang bersih, maka mobil Anda akan nyaman untuk digunakan.

 

Lucas

 

Perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah membuat berbagai jenis oli mobil dengan standar API adalah Lucas. Perusahaan ini juga memiliki beberapa jenis oli mobil terbaik.

 

Oli buatan Lucas sudah banyak digunakan pada bermacam kendaraan, mulai dari alat berat hingga mobil balap

 

Oli mobil buatan lucas memiliki ketahanan yang lebih lama, sehingga Anda bisa mengganti oli mobil setelah menempuh jarak yang cukup lama.

 

Penggunaan oli ini juga akan melindungi mesin mobil Anda dengan maksimal, karena kotoran pada mesin akan dibersihkan oleh oli ini. 

 

Oli ini juga dapat mengurangi tingkat kebisingan pada mesin Anda. Selain mengurangi suara mesin, oli buatan Lucas ini mampu meningkatkan performa mesin Anda serta penggunaan bahan bakar pada mobil akan lebih hemat.

 

Eneos

 

Salah satu varian oli mobil terbaik dari EneosEneos merupakan perusahaan asal Jepang yang sudah membuat berbagai macam oli. Salah satu produk buatan Eneos adalah oli mobil. Oli mobil buatan Eneos sudah melewati berbagai pengujian dan tes untuk mendapatkan oli mobil terbaik. 

 

Meskipun mengalami perubahan cuaca, oli buatan Eneos mampu mempertahankan kekentalannya untuk memberikan perlindungan terbaik untuk mesin mobil Anda. Oli ini mampu melindungi mesin mobil Anda dari suhu yang tinggi dan mencegah mesin mobil mengalami korosi

 

Selain memiliki oli untuk transmisi manual, Eneos juga memiliki jenis oli terbaik untuk mobil dengan transmisi CVT. Oli ini juga bisa menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil Anda dan meningkatkan tenaga pada mesin mobil Anda.

 

Idemitsu

 

Perusahaan asal Jepang lainnya yang membuat berbagai jenis oli untuk mobil adalah Idemitsu. Idemitsu memiliki jenis oli untuk mobil bermesin diesel dan bensin. Idemitsu juga memiliki produk oli khusus untuk mobil LCGC

 

Oli buatan Idemitsu juga akan melindungi mesin mobil Anda dari kotoran yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil Anda. 

 

Selain melindungi mesin Anda dari kotoran, oli ini juga dapat mendinginkan mesin Anda secara cepat, sehingga mobil akan tetap nyaman digunakan meskipun melewati jalan yang menanjak. 

 

Anda tidak perlu khawatir jika membawa mobil Anda ke daerah pegunungan dengan suhu udara yang cukup dingin, karena oli ini juga tetap berfungsi secara maksimal, meski mobil berada di suhu yang cukup dingin. 

 

Motul

 

Selain Lucas, salah satu perusahaan pembuat oli asal Amerika lainnya adalah Motul. Oli buatan Motul terbuat dari bahan terbaik yang sudah memiliki standar API. Motul memiliki banyak jenis oli, mulai dari oli untuk mesin mobil hingga oli untuk transmisi. 

 

Dibandingkan dengan produk oli full sintetik lainnya, oli full sintetik buatan Motul memiliki kadar hingga 100%. Oli ini mampu memberikan perlindungan maksimal untuk mesin mobil Anda dari gesekan dan mencegah korosi pada mesin Anda. 

 

Sama seperti oli lainnya, oli ini juga mampu mengurangi kebisingan mesin Anda. Oli buatan Motul ini juga mampu mempertahankan kekentalan, meskipun mengalami perubahan cuaca, sehingga tetap memberikan perlindungan terbaik untuk mobil Anda.

 

Mobil 1

 

Oli mobil terbaik selanjutnya adalah oli buatan Mobil 1. Produk-produk oli buatan Mobil 1 yang lolos uji mampu memberikan perlindungan terbaik untuk mesin mobil Anda. Mobil 1 memiliki dua jenis oli mobil, yaitu mobil berbahan bakar bensin dan berbahan bakar solar

 

Dengan menggunakan oli buatan Mobil 1, Anda tidak perlu khawatir ketika berkendara melalui berbagai macam medan, termasuk melewati jalan yang penuh dengan lumpur. 

 

Selain mampu digunakan pada berbagai macam keadaan, oli ini juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar Anda. Selama digunakan, oli Mobil 1 tidak mengalami penurunan kualitas sehingga aman digunakan sampai saat penggantian oli dilakukan. 

 

Oli buatan Mobil 1 ini juga cocok untuk digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

 

Lakukan Cara Ini Agar oli mobil tidak cepat diganti

Oli mobil harus diganti secara rutin agar tetap memberikan perlindungan terbaik untuk Anda. Beberapa survey mengungkapkan beberapa orang mengganti oli mesin setiap 6 bulan sekali, atau saat menempuh jarak tertentu, seperti 10.000 km.

Namun, oli mobil juga dapat dilakukan penggantian lebih cepat jika oli sudah tidak bekerja secara maksimal lagi atau saat mobil sudah tidak nyaman untuk digunakan. Agar oli mobil dapat lebih awet, perhatikan caranya di bawah ini.

Hindari berkendara secara ugal-ugalan

Hindari berkendara secara ugal-ugalan

Jika Anda menginginkan oli mobil Anda awet, maka direkomendasikan untuk mengendarai mobil dengan penggunaan normal. Jika Anda mengendarai mobil Anda secara ugal-ugalan, maka penggunaan oli mulai dari oli transmisi hingga oli mesin akan bekerja lebih berat, sehingga waktu pemakaian oli akan semakin cepat dan penggantian oli harus segera dilakukan untuk menghindari kerusakan pada mobil.

Pastikan tidak ada kebocoran oli pada mobil Anda

Pastikan tidak ada kebocoran oli pada mobil Anda

Penyebab kebocoran oli bisa disebabkan oleh kerusakan seal penutup. Apabila terjadi kerusakan pada seal, direkomendasikan untuk segera melakukan perbaikan agar oli pada mobil Anda tidak habis. Apabila oli pada mobil Anda habis, maka Anda tidak bisa menggunakan mobil Anda.

Lakukan pemanasan mobil secara rutin

Lakukan pemanasan mobil secara rutin

Oli mobil akan bekerja secara optimal pada saat mobil digunakan, untuk menjaga keadaan oli selalu dalam keadaan terbaik, direkomendasikan untuk memanaskan mobil secara rutin meskipun sedang tidak digunakan. Apabila mesin tidak dipanaskan, dikhawatirkan oli mobil akan mengalami pembekuan.

Pastikan pendingin berfungsi dengan baik

Pastikan pendingin berfungsi dengan baik

Mesin mobil menghasilkan panas ketika digunakan, untuk meredam panas tersebut, biasanya terdapat pendingin. Apabila pendingin rusak, maka mesin akan mengalami panas berlebih yang dapat mengakibatkan oli lebih cepat menguap dan dapat mengakibatkan oli lebih cepat habis. .

 

Perhatikan Warna Oli Untuk Mengetahui Kualitas Oli Pada Mobil Anda

 

Perubahan warna oli dapat terjadi karena pemakaian mobil atau penyebab lainnya. Dengan memperhatikan warna oli, Anda bisa mengetahui kapan Anda akan mengganti oli. Untuk mengetahui warna oli mobil,  Anda menggunakan dipstick pada mobil Anda. Berikut ini beberapa jenis warna pada oli mobil.

  • Hitam
  • Putih
  • Coklat Kekuningan
Ketika oli mesin mobil Anda berwarna hitam, maka oli sudah kotor dan sudah saatnya untuk diganti. Warna hitam juga bisa diakibatkan karena filter oli pada mobil sudah kotor. Namun, pada mobil yang menggunakan mesin diesel, warna hitam menandakan oli bekerja dengan baik.
Warna putih pada oli diakibatkan karena oli bercampur dengan air. Hal ini terjadi karena tempat oli bocor. Warna putih juga bisa diakibatkan karena mobil jarang digunakan.
Jika oli mobil Anda berwarna coklat kekuningan, maka oli Anda dalam keadaan yang bersih dan belum waktunya untuk melakukan penggantian oli.

 

Jangan Asal Mengganti Oli Mobil

 

 

Anda bisa mengganti merk oli yang sering digunakan dengan merk oli baru, namun sebelum melakukan penggantian dengan merk oli yang baru, direkomendasikan untuk melakukan analisis dan evaluasi terlebih dahulu efek dari penggantian oli tersebut. 

 

Anda bisa mengganti oli dengan merk yang lain, namun yang perlu Anda perhatikan adalah oli yang baru harus memiliki tingkat kekentalan yang sama dengan oli sebelumnya.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Oli_mesin

https://www.autoexpose.org/2017/08/cara-kerja-sistem-pelumas.html 

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/serba-serbi-oli-mobil-mulai-dari-jenis-hingga-beberapa-rekomendasinya/ 

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/auto-family-sudah-tahu-arti-dari-kode-oli-ini

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/01/090200915/penting-memahami-arti-kode-pada-oli-mesin

 

 

Hal yang sering ditanyakan

Apa oli terbaik untuk mobil yang menggunakan bahan bakar bensin?

Anda bisa mencari oli mobil dengan kode S pada kemasan oli. Kode S ini menunjukan bahwa oli tersebut dikhususkan untuk mobil dengan bahan bakar bensin. Untuk mesin diesel, Anda bisa mencari oli dengan kode huruf C.

Oli mobil untuk mobil matic?

Hampir semua perusahaan oli sudah membuat oli terbaik untuk mobil matic. Pilihlah oli yang memiliki kesesuaian dengan jenis transmisi otomatis mobil Anda. Anda bisa melihat oli yang direkomendasikan untuk mobil Anda pada buku manual mobil.

Apakah ada oli mobil buatan Indonesia?

Ada. Oli Fastron merupakan oli yang dibuat oleh Pertamina. Kualitas oli ini juga sudah teruji mampu membersihkan dan merawat mesin mobil dengan baik. Penggunaan bahan bakar pada mobil juga semakin hemat.

Berapa liter oli mesin yang dibutuhkan satu mobil?

Untuk mobil dengan mesin 1500 cc, biasanya memerlukan oli mesin sebanyak 3,5 liter. Dibandingkan dengan mesin 1300 cc, hanya membutuhkan oli mesin sebanyak 3 liter saja. Semakin besar cc mesin mobil, oli mesin yang digunakan juga semakin banyak.

Kapan waktu mengganti oli mobil?

Jika oli mobil Anda menggunakan jenis oli mineral, direkomendasikan untuk mengganti oli setiap menempuh jarak 5.000 km. Anda juga bisa mengganti oli mobil jika mobil sudah terasa tidak nyaman untuk digunakan.

Apakah oli mobil bisa digunakan untuk sepeda motor?

Tidak direkomendasikan untuk melakukan eksperimen menggunakan oli mobil pada sepeda motor, karena dapat merusak mesin sepeda motor.

Jenis oli apa yang digunakan untuk mobil tua?

Untuk mobil tua, direkomendasikan untuk memilih oli mineral dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Anda bisa memperhatikan tingkat kekentalan oli melalui angka yang tertera pada kemasan oli.

Apa penyebab oli mobil menetes?

Beberapa penyebab oli menetes adalah tutup oil tank tidak tertutup dengan rapat. Direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan terhadap lokasi menetesnya oli untuk mengetahui penyebab pastinya.

Kapan mengganti filter oli mobil?

Anda bisa mengganti filter oli mobil setiap 6 bulan sekali atau jika sudah menempuh jarak 10.000 km. Apabila filter oli mobil rusak, maka oli tidak akan tersaring dengan sempurna

Oli apa yang digunakan untuk mobil LCGC?

Anda bisa memilih oli dengan kekentalan yang rendah untuk mobil LCGC. Untuk menemukan oli terbaik untuk mobil LCGC, Anda bisa melakukan perbandingan produk oli satu dengan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan