Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Multivitamin im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
24 lama pengujian
7 studi evaluasi
6754 Baca ulasan

🥇 Multivitamin Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Suplemen multivitamin banyak dikonsumsi orang untuk memelihara kesehatan tubuhnya. Anda harus dapat memilih produk yang tepat agar manfaatnya menjadi optimal bagi tubuh

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi

Multivitamin Daftar Produk Terbaik 2021

Multivitamin Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Pengertian Multivitamin

 

Minum multivitamin terbaik setiap hari

Suplemen multivitamin adalah suplemen yang mengandung vitamin dan mineral penting yang memenuhi kebutuhan nutrisi. Terkadang juga ditambahkan bahan-bahan lain.

 

Beberapa vitamin yang biasanya ada pada sebuah suplemen multivitamin adalah vitamin A, B, C, D, dan K. Sedangkan kandungan mineralnya adalah kalsium, zinc, kalium, iodin, selenium, mangan, magnesium, dan zat besi.

 

Cara Kerja Multivitamin

 

Manusia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Namun, terkadang makanan yang dikonsumsi tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Multivitamin bekerja untuk mengisi kekosongan nutrisi dalam tubuh.

 

Manfaat Multivitamin

Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan Imun Tubuh

Suplemen multivitamin terbaik banyak yang mengandung vitamin C, B6, dan E. Ketiga jenis vitamin ini secara berdampingan bisa memperkuat imun tubuh. Asupan vitamin C yang cukup sangat baik untuk kesehatan karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri. Vitamin B6 berperan penting untuk mendukung reaksi biokimia pada sistem imun. Sedangkan vitamin E berguna untuk menangkal radikal bebas.

Meningkatkan Energi

Meningkatkan Energi

Mengonsumsi suplemen multivitamin terbaik dapat meningkatkan energi tubuh. Suplemen multivitamin terbaik yang mengandung vitamin B akan melepaskan energi yang terperangkap dalam karbohidrat, lemak, dan protein.

Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood

Merasa tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas? Jika perlu, mengonsumsi suplemen multivitamin terbaik bisa mengatasi hal ini. Vitamin dan mineral bisa meningkatkan fungsi otak yang dapat meningkatkan mood Anda. Kondisi stres dan cemas pun bisa berkurang.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ penting yang mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Suplemen multivitamin terbaik yang mengandung vitamin D3, K2, B1, B2, B6, B12, magnesium, dan asam folat dapat mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Memelihara Kesehatan Otak

Memelihara Kesehatan Otak

Dalam suplemen multivitamin terbaik, terkandung berbagai jenis vitamin B yang berguna untuk kesehatan otak. Vitamin B6 dan B9 yang menghasilkan serotonin dan dopamin serta B12 yang memelihara sel-sel otak. Vitamin E juga bermanfaat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel pada otak.

 

Jenis-jenis Multivitamin

Selalu perhatikan jenis-jenis multivitamin untuk mendapatkan multivitamin terbaik sesuai kebutuhan anda

 

Suplemen Multivitamin Kehamilan

 

Suplemen multivitamin kehamilan terbaik diperlukan untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi.  Zat-zat yang diperlukan adalah:

  • Asam folat
  • Vitamin D dan kalsium
  • Zat besi
Berguna untuk perkembangan otak bayi dan mencegah kecacatan pada bayi.
Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi ibu dan bayi serta memelihara sistem imun.
Meningkatkan produksi sel darah merah.

 

Suplemen Multivitamin untuk Pria

 

Pria membutuhkan sejumlah zat-zat penting berikut dalam suplemen multivitamin terbaik:

  • Kesehatan prostat dan kesuburan
  • Imun tubuh
  • Kesehatan jantung
  • Kesehatan tulang
  • Menjaga tekanan darah
  • Menjaga gula darah
zinc, selenium, coenzyme Q10, dan vitamin D3.
selenium, zinc, serta vitamin A dan C.
vitamin K dan potassium.
kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin D3 dan K.
magnesium dan kalium
magnesium.

 

Suplemen Multivitamin untuk Wanita

 

Wanita membutuhkan suplemen multivitamin terbaik yang mengandung zat-zat sebagai berikut:

  • Kalsium, magnesium, dan vitamin D3
  • Zat besi
  • Vitamin B, C, dan E
menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.
Berguna mengganti zat besi yang hilang selama menstruasi dan meningkatkan jumlah sel darah merah.
Memelihara kesehatan rambut dan kulit.

 

Suplemen Multivitamin untuk Remaja

 

Remaja membutuhkan suplemen multivitamin terbaik untuk mendukung pertumbuhannya. Zat-zat yang ada dalam suplemen multivitamin terbaik untuk remaja adalah:

  • Menguatkan sistem imun
  • Menguatkan tulang
  • Pertumbuhan badan
  • Kesehatan kulit
  • Meningkatkan sel darah merah
vitamin A dan C.
Vitamin C, D, magnesium, dan kalsium.
Vitamin A dan zinc.
Vitamin C, E, B6, zinc, dan selenium.
Vitamin B12.

 

Suplemen Multivitamin untuk Anak-anak

 

Berdasarkan penilaian, anak-anak seringkali susah untuk makan sayuran dan buah-buahan. Suplemen multivitamin terbaik dapat membantu mengisi kebutuhan nutrisi ini.

  • Kesehatan tulang
  • Kesehatan otak
  • Kekebalan tubuh
  • Kesehatan mata
  • Metabolisme tubuh
Vitamin D, kalsium
Zat besi, zinc, iodin, kolin, dan vitamin A, B6, B12, dan D.
Vitamin A, C, dan D
Vitamin A
Vitamin B kompleks

 

Tips Membeli Suplemen Multivitamin

Tujuan Penggunaan

 

Sesuaikan kebutuhan multivitamin terbaik andaUntuk mengonsumsi suplemen multivitamin, sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Anda harus mengetahui dulu tujuan penggunaannya.

 

Penganut vegetarian biasanya kekurangan sejumlah zat-zat penting dalam tubuhnya. Golongan ini membutuhkan rekomendasi suplemen multivitamin terbaik dengan kandungan B12, zat besi, zinc, dan kalsium.

 

Orang-orang yang melakukan diet juga bisa kekurangan nutrisi tertentu. Pelaku diet biasanya mengurangi atau menghilangkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan juga produk-produk susu.

 

Hal ini memicu kekurangan kalsium, magnesium, zat besi, asam folat, dan serat. Rekomendasi suplemen multivitamin terbaik diperlukan untuk memenuhi zat-zat ini.

 

Orang dewasa atau anak-anak banyak yang mengalami alergi makanan tertentu. Hal ini membuat mereka juga kekurangan nutrisi. Dengan mengonsumsi rekomendasi suplemen multivitamin terbaik, asupan nutrisi yang kurang bisa terpenuhi.

 

Kelompok lain yang juga memerlukan rekomendasi suplemen multivitamin terbaik adalah atlet. Olahraga yang rutin dapat mengakibatkan tubuh kehilangan vitamin dan mineral sehingga mereka cenderung memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi daripada orang yang bukan atlet.

 

Baca Label Kemasan

 

Bacalah label kemasan suplemen multivitamin terbaik untuk mengetahui informasi yang berguna. Informasi ini mencakup bahan-bahan yang terkandung di dalamnya termasuk jumlah kandungannya, dosis penggunaan, izin edar, dan manfaat suplemen.

 

Bagi penderita alergi, hal ini juga penting untuk dilakukan untuk mengetahui apakah ada zat-zat dalam suplemen yang bisa memicu alergi. Begitu pula dengan kaum vegetarian yang harus jeli membaca informasi, apakah suatu produk suplemen multivitamin terbaik mengandung bahan-bahan yang berasal dari hewan atau tidak.

 

Merek

 

Pastikan selalu membaca label pada multivitamin terbaik andaMerek suatu produk yang memiliki reputasi baik tidak dipungkiri sering menjamin kualitasnya. Merek terbaik seperti ini sudah menggandeng pihak ketiga untuk menguji produk-produknya. Merek terbaik juga menggunakan bahan-bahan berkualitas.

 

Ada baiknya juga jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi multivitamin yang tepat untuk Anda.

 

Dengan melakukan pemeriksaan ini, Anda bisa mendapatkan suplemen multivitamin terbaik sehingga hasilnya pun optimal untuk tubuh.

 

Cek Adanya Sertifikasi dan Izin dari Lembaga Terkait

 

Pada kemasan suplemen multivitamin terbaik biasanya terdapat segel bertuliskan GMP. GMP atau good manufacturing practice merupakan suatu sistem untuk memastikan sebuah produk yang telah dibuat sesuai standar tertentu dan teruji.

 

Hal ini untuk memastikan kualitas produk dan mencegah penambahan zat-zat yang keliru dan takaran yang tidak tepat, mengurangi risiko kontaminasi, dan pengemasan serta pelabelan yang tidak tepat. 

 

Suplemen multivitamin terbaik juga wajib memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan keamanan produk. Sertifikasi halal dari MUI juga akan menjamin suatu produk suplemen multivitamin terbaik mengandung bahan-bahan yang halal yang lolos uji sehingga bisa dikonsumsi umat muslim.

 

Bentuk Suplemen Multivitamin

 

Suplemen multivitamin tersedia dalam beberapa bentuk yaitu tablet, cair, serbuk, gummy, dan kapsul. Bentuk-bentuk ini mempengaruhi penyerapannya di dalam tubuh.

Tablet berbentuk silinder atau bulat

Tablet berbentuk silinder atau bulat

Produk suplemen berbentuk tablet memiliki usia yang lebih panjang sehingga mampu menjaga khasiat multivitamin di dalamnya lebih lama. Dengan bentuknya yang seperti ini, tablet juga lebih praktis untuk dibawa-bawa. Namun, tablet paling susah dicerna karena adanya zat pengikat di dalamnya.

Kapsul

Kapsul

Kapsul mengandung gelatin yang berfungsi mengikat bahan-bahan yang bersifat kering. Gelatin ini berasal dari kulit dan tulang sapi atau babi. Bentuk yang umum adalah silinder. Dibandingkan tablet, kapsul lebih mudah dicerna di dalam perut. Namun,dilihat dari perbandingannya, usianya lebih pendek daripada tablet.

Kapsul softgel

Kapsul softgel

Kapsul softgel memiliki kemiripan dengan kapsul biasa, namun terdiri dari cangkang berbahan gelatin yang di dalamnya berisi cairan. Cangkang ini dapat mencegah oksidasi dan penurunan kualitas produk. Kapsul softgel mudah ditelan.

Sirup

Sirup

Menurut tes produk, suplemen multivitamin berbentuk cair paling mudah ditelan dan dicerna. Berdasarkan uji kecocokan, bentuk ini sesuai untuk anak-anak atau orang yang sulit menelan tablet atau kapsul. Namun, dengan membandingkan masa pakainya, bentuk cair lebih pendek masanya daripada bentuk lain. Suplemen berbentuk cair harus digunakan sesegera mungkin.

Gummy

Gummy

Ada pula bentuk suplemen multivitamin yang dikunyah yaitu gummy. Suplemen gummy terdiri dari vitamin, mineral, gula, gelatin, dan pati jagung.

 

Faktor Teknis Suplemen Multivitamin

Dosis

 

Pastikan konsumsi multivitamin terbaik anda sesuai dosis

 

Jangan mudah tergiur dengan suatu produk suplemen dengan dosis yang melebihi takaran yang disarankan. Menurut penelitian, multivitamin dengan dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi, atau disebut juga sebagai avitaminosis.

 

Ada produk-produk suplemen multivitamin yang harus diminum satu butir sehari. Namun, ternyata banyak orang yang tidak bisa mencernanya karena masalah asam lambung. Jadi, carilah suplemen multivitamin terbaik yang harus diminum 2-3 kali per hari.

 

Hindari Suplemen Multivitamin yang Mengandung Kalsium dan Zat Besi Sekaligus

 

Hal yang memberatkan, kalsium dan zat besi tidak boleh dikonsumsi bersama-sama. Berdasarkan uji praktek, kalsium bisa menghambat penyerapan zat besi. Pilihlah suplemen multivitamin yang hanya mengandung salah satunya saja.

 

Zat-zat Tambahan

 

 

Suplemen multivitamin yang bagus tidak mengandung zat-zat tambahan. Zat-zat tersebut antara lain adalah pewarna buatan, pengawet, sodium selenite, dan lain sebagainya. Berdasarkan analisis, zat-zat ini biasa ditambahkan untuk memperpanjang usia produk, menciptakan tampilan yang menarik, atau untuk menekan biaya produksi. 

 

Pemanis

 

Berdasarkan survey, suplemen multivitamin untuk anak biasanya memiliki rasa yang manis. Menurut uji coba, pemanis yang tidak aman dikonsumsi adalah sirop jagung atau sirop fruktosa dan pemanis buatan seperti aspartam, sucralose, dan acesulfame potassium (acesulfame K). Sedangkan berdasarkan tes, pemanis yang aman misalnya adalah stevia dan ekstrak monk fruit.

 

Bahan-bahan yang Memicu Alergi

 

Berdasarkan eksperimen, Anda juga harus mengecek kandungan suatu produk suplemen multivitamin jika memiliki kondisi alergi. Bahan-bahan seperti laktosa, pati jagung, aneka gula, dan kedelai pada suplemen multivitamin  bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan untuk orang-orang yang sensitif.

 

Merek Multivitamin

 

Pilih multivitamin terbaik sesuai kebutuhan andaAda 10 merek suplemen multivitamin yang bisa menjadi pertimbangan untuk dikonsumsi dan tabel perbandingannya.

 

Blackmores

 

Rekomendasi merek multivitamin terbaik pertama adalah Blackmores.  Merek ini menyediakan produk-produk terbaik untuk pria, wanita, remaja pria, remaja putri, serta pria dan wanita di atas usia 50 tahun.

 

Ada pula produk-produk multivitamin yang disesuaikan dengan tujuannya seperti multivitamin untuk meningkatkan energi dan multivitamin untuk meningkatkan sistem imun.

 

Selain mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, suplemen multivitamin Blackmores juga mengandung bahan-bahan alami seperti ginseng, biji anggur, milk thistle, teh hijau, kedelai, dan tribulus.

 

Perlu diperhatikan bahwa produk-produk Blackmores mengandung selenium yang bisa beracun dalam dosis tinggi. Cukup konsumsi satu tablet per hari untuk mendapatkan manfaat dari suplemen ini.

 

Zevit Grow

 

Remaja memerlukan rekomendasi suplemen multivitamin terbaik. Zevit Grow adalah suplemen multivitamin yang disarankan. Di dalamnya terkandung vitamin B1, B2, B6, B12, C, dan D. Selain itu juga diperkaya dengan mineral zinc dan kalsium.

 

Kandungan vitamin B kompleks berguna untuk memelihara sistem metabolisme tubuh. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Sedangkan kandungan vitamin D dan kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zevit Grow juga mengandung Inositol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

Zevit Grow terdiri dari dua jenis, yaitu kaplet dan serbuk effervescent dengan rasa jeruk yang enak.  Jenis suplemen effervescent mudah larut saat dicampur dengan air.  

 

Youvit

 

Mau rekomendasi suplemen multivitamin dalam bentuk yang lain daripada yang lain? Cobalah Youvit. Suplemen multivitamin terbaik ini berbentuk gummy dengan rasa buah. Di dalamnya terkandung 10 macam vitamin dan juga ada 3 macam mineral. Satu buah gummy Youvit mengandung 10-15 kkal dan 2 gram gula saja.

 

Selain itu terdapat kandungan sulfit untuk mencegah agar produk tidak mudah basi. Suplemen terbaik ini terbuat dari gelatin bovine dari sapi. Youvit sudah melewati pengujian BPOM dan memiliki sertifikat halal dari MUI. Suplemen terbaik ini juga aman bagi lambung.

 

Renovit

 

Renovit memiliki dua rekomendasi produk suplemen multivitamin terbaik yaitu Renovit dan Renovit Gold. Keduanya mengandung 12 vitamin dan 13 mineral. Renovit Gold dikhususkan untuk orang yang berusia 50 tahun ke atas.

 

Terkandung pula bahan-bahan tambahan yaitu beta karoten dan lutein untuk memelihara kesehatan mata, ekstrak huperzine untuk mempertajam ingatan, dan L Carnitine untuk membakar lemak.

 

Renovit tidak mengandung gula sehingga aman untuk pengidap diabetes. Pengidap hipertensi, ibu hamil, dan ibu menyusui juga aman mengonsumsi Renovit karena tidak mengandung ginseng.

 

Pilihan kemasannya terdiri dari strip berisi 4 kaplet dan botol berisi 30 kaplet. Suplemen multivitamin terbaik ini dikonsumsi satu kaplet sehari.

 

Fitkom

 

Untuk anak-anak yang membutuhkan suplemen multivitamin, ada produk-produk dari Fitkom yang bisa menjadi rekomendasi terbaik.

 

Suplemen multivitamin ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak seperti vitamin A, B kompleks, C, D, dan E, serta kalsium dan zinc.

 

Selain itu, Fitkom juga baik dikonsumsi untuk anak yang baru sembuh dari sakit. Agar anak-anak mau mengonsumsi suplemen multivitamin, produk-produk Fitkom memiliki pilihan rasa anggur, stroberi, dan jeruk yang enak.

 

Ada dua bentuk suplemen yaitu tablet isap dan gummy. Suplemen multivitamin terbaik anak ini juga memiliki bentuk-bentuk yang lucu seperti gajah, dinosaurus, monyet, kuda nil, bintang laut, dan singa.

 

Enervon

 

Anda juga bisa memilih rekomendasi suplemen terbaik dari Enervon. Suplemen multivitamin ini mengandung vitamin C nonacidic (kalsium askorbat) untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kalsium askorbat tidak menimbulkan nyeri pada lambung.

 

Ada pula kandungan vitamin B kompleks untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan zinc agar tubuh tidak gampang capek. Anda bisa mengonsumsinya saat dalam masa penyembuhan.

 

Suplemen multivitamin terbaik ini juga tidak memiliki efek samping dan tidak menyebabkan ketergantungan. Enervon yang sudah melewati hasil pengujian BPOM ini memiliki dua macam bentuk, yaitu bentuk tablet dan effervescent.

 

Suplemen multivitamin ini juga aman bagi ibu hamil dan menyusui. Cukup dikonsumsi satu tablet sehari.

 

Tonikum Bayer

 

Rekomendasi suplemen multivitamin terbaik selanjutnya adalah Tonikum Bayer. Suplemen berbentuk sirop ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh karena mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, zinc, dan mangan serta vitamin seperti B kompleks dan C.

 

Jadi, ibu hamil, orang lanjut usia, wanita yang sedang haid, dan anak-anak yang berusia di atas 6 tahun bisa mengonsumsi suplemen terbaik ini.

 

Ada dua kemasan yang tersedia yaitu kemasan ukuran 100 ml dan 330 ml. Dosis yang disarankan adalah sehari satu kali satu sendok makan untuk dewasa. Sedangkan anak-anak dianjurkan untuk minum ½ sendok makan, satu kali sehari.

 

Nutracare

 

Rekomendasi suplemen terbaik dari Nutracare mengandung bahan-bahan alami. Proses pembuatannya pun berstandar internasional dan mengikuti sistem good manufacturing practice untuk meminimalkan risiko agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

 

Suplemen ini mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, dan D3. Ada pula kandungan kalsium, magnesium, niacinamide, dan asam folat.

 

Manfaatnya adalah dapat memelihara metabolisme tubuh, menjaga imun tubuh, dan menguatkan tulang. Tubuh pun bisa lebih bugar dan tidak gampang lelah. Anda bisa mengonsumsinya satu kali sehari.

 

Suplemen multivitamin terbaik ini berbentuk tablet yang mudah ditelan dan memiliki formula yang bisa menutupi rasa tidak enak. Tersedia dalam kemasan botol berisi 30 tablet.

 

Hemaviton

 

Hemaviton memiliki dua rekomendasi produk suplemen multivitamin terbaik yaitu Hemaviton Action dan Hemaviton Stamina.  Produk-produk ini bermanfaat untuk menjaga konsentrasi, memelihara stamina, memelihara metabolisme tubuh, dan menyegarkan tubuh.

 

Hal ini karena Hemaviton mengandung multivitamin seperti vitamin B kompleks, C, dan E. Ditambah pula dengan bahan-bahan lain seperti ekstrak ginseng, asam folat, zinc, magnesium, dan creatine.

 

Pria dan wanita bisa mengonsumsinya. Namun, wanita hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi suplemen ini.

 

Suplemen multivitamin terbaik yang berbentuk kapsul ini bisa diminum satu kali sehari sebanyak satu buah setelah makan. Kemasannya ada yang berbentuk botol berisi 30 kapsul dan strip berisi 5 kapsul.

 

Pharmaton

 

Jika ingin meningkatkan energi, Pharmaton memiliki rekomendasi suplemen multivitamin terbaik. Produknya diklaim bisa meningkatkan energi hingga 1,5 kali lipat. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan.

 

Suplemen multivitamin Pharmaton mengandung ginseng yang dapat menjaga stamina. Multivitamin yang ada di dalamnya adalah kalsium, kalium, magnesium, mangan, selenium, tembaga, serta vitamin B kompleks, C, dan E.

 

Ada dua jenis produknya yaitu Pharmaton Formula yang berbentuk kapsul dan Pharmaton Vit yang berbentuk kaplet. Pharmaton Formula tersedia dalam kemasan strip berisi 5 kapsul atau boks berisi 10 strip. Produk-produk terbaik dari Pharmaton bisa diminum satu butir sehari.

 

Efek Samping Suplemen Multivitamin

Layaknya obat, multivitamin juga dapat menyebabkan efek samping. Lebih baik konsultasikan dokter anda sebelum mengkonsumsi multivitamin

Berdasarkan evaluasi, suplemen multivitamin bisa menimbulkan efek samping. Hal ini bisa dilihat dari kategori vitamin dan mineralnya:

Vitamin yang dapat larut dalam air

Vitamin yang dapat larut dalam air

Termasuk dalam golongan ini adalah vitamin B dan C. Vitamin dalam golongan ini tidak menumpuk dalam tubuh dan tidak menimbulkan efek samping yang signifikan. Namun jika terlalu banyak mengonsumsinya, maka tubuh akan mengeluarkan kelebihan ini lewat urine. Efek samping yang mungkin terjadi jika kelebihan mengonsumsi vitamin C adalah diare, mual, muntah, atau migren. Jika kelebihan mengonsumsi vitamin B3, maka bisa menyebabkan nyeri pada perut, tekanan darah tinggi, dan kerusakan pada hati.

Vitamin yang dapat larut dalam lemak

Vitamin yang dapat larut dalam lemak

Jenis vitamin ini akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan gangguan jika dikonsumsi berlebihan. Contohnya adalah vitamin A, D, E, dan K. Kelebihan vitamin A dapat menimbulkan sakit kepala dan kerusakan hati. Jika kelebihan vitamin D, maka akan terjadi mual, muntah, masalah pada jantung dan ginjal. Efek samping yang terjadi saat terlalu banyak mengonsumsi vitamin E adalah diare, perdarahan, dan masalah kesuburan.

Mineral

Mineral

Mineral bisa menumpuk dalam tubuh dan kadang-kadang menyebabkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Misalnya adalah zat besi, iodin, zinc, selenium, dan tembaga. Efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, muntah, diare, sakit kepala, dan masalah pada hati.

 

Tips Mengonsumsi Multivitamin

 

  • Periksa tanggal kedaluwarsa. Jika suplemen multivitamin sudah melewati masa enam bulan dari tanggal kedaluwarsa, maka sebaiknya dibuang.
  • Konsumsi multivitamin sesuai petunjuk pada kemasan atau petunjuk dokter. Jadi, jangan konsumsi dalam jumlah atau dosis yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Hindari mengonsumsi lebih dari satu produk multivitamin pada saat yang bersamaan. Hal ini bisa mengakibatkan overdosis atau efek samping.
  • Konsumsilah multivitamin di pagi hari. Pagi hari adalah waktu yang tepat karena pencernaan tubuh bekerja lebih efektif.
  • Jangan minum multivitamin dalam keadaan perut kosong. Konsumsilah bersama makanan untuk menghindari mual dan membantu penyerapan.
  • Konsumsilah suplemen multivitamin bersama makanan yang mengandung lemak. Hal ini dilakukan agar tubuh mudah menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.
  • Jangan konsumsi suplemen multivitamin bersama susu, produk berbahan susu, dan suplemen kalsium. Kalsium dapat mempersulit penyerapan suplemen multivitamin.
  • Jangan konsumsi suplemen multivitamin sebelum berolahraga. Hal ini bisa memicu produksi asam lambung.
  • Kontrol obat-obatan lain yang Anda minum. Suplemen multivitamin harus dikonsumsi minimal dua jam setelah minum obat untuk menghindari interaksi negatif.
  • Berkonsultasilah kepada dokter. Dalam mengonsumsi suplemen apa pun, Anda sebaiknya selalu berkonsultasi kepada dokter. Hal ini untuk menghindari konsumsi yang salah dan efek samping yang berbahaya.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Suplemen_makanan 

https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/kategori/vitamin-dan-suplemen 

https://www.alodokter.com/baca-ini-dulu-sebelum-mengonsumsi-multivitamin 

https://www.sehatq.com/artikel/benarkah-manfaat-multivitamin-penting-untuk-anda 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/cara-memilih-multivitamin/

 

Hal yang sering ditanyakan

Siapa yang menemukan multivitamin?

Carl F. Rehnborg adalah orang yang menemukan produk vitamin di tahun 1930-an.

Mengapa suplemen multivitamin memiliki bau yang kurang enak?

Hal ini biasa terjadi pada suplemen yang mengandung vitamin B yang disebabkan oleh munculnya sulfur secara alami.

Mengapa setelah mengonsumsi suplemen multivitamin urin menjadi berwarna kuning terang?

Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin B2 di dalam suplemen multivitamin yang berwarna kuning.

Suplemen multivitamin apa yang cocok untuk orang sedang berpuasa?

Pilihlah yang berbentuk cair karena lebih mudah dicerna selama puasa.

Apakah suplemen multivitamin mempengaruhi tes darah?

Ya. Suplemen multivitamin yang mengandung biotin bisa mempengaruhi tes darah.

Apakah suplemen multivitamin dapat menambah berat badan?

Tidak. Suplemen multivitamin tidak bisa menambah berat badan.

Suplemen multivitamin apa yang cocok untuk penderita diabetes?

Suplemen multivitamin yang mengandung vitamin D dan E serta asam folat.

Suplemen multivitamin apa yang bisa menebalkan rambut?

Suplemen yang mengandung biotin, vitamin C dan D, zinc, dan zat besi bisa menebalkan rambut.

Apakah suplemen multivitamin bisa menyebabkan insomnia?

Ya. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dapat mengganggu kualitas tidur.

Apakah suplemen multivitamin bisa menimbulkan jerawat?

Bisa. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6 dan B12 bisa menimbulkan jerawat.

Tinggalkan Balasan