Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kembali ke perbandingan Diperbarui pada:

Apa Saja yang Diperlukan untuk Membuat Hand Sanitizer Sendiri?

 

sterilisasi peralatan covid 19Pandemi corona (covid 19) di Indonesia masih mewabah hingga saat ini, setiap orang dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari virus corona. Dalam berita terkait virus corona, masyarakat yang terpapar covid 19 di Indonesia terus bertambah. Hingga April 2021, tercatat 1,62 juta kasus positif tercatat di Indonesia.

 

Dalam berita terkait yang Anda terima dan baca setiap harinya, pada bulan April 2021 juga banyak ditemukan varian baru virus corona yang telah terdeteksi di Indonesia. Pada awal 2021 juga ditemukan mutasi virus corona yang masuk ke Indonesia.

 

Meskipun banyak sekali berita kasus corona memakan korban jiwa, banyak juga orang terpapar bisa sembuh dan sehat seperti sedia kala. Dilansir dari data 23 April 2021 00.30 WIB, Covid19.go.id (all rights reserved), sebaran kasus di Indonesia – Positif 1.66.812 Sembuh 1.481.449, Meninggal 44.172.

 

Hingga saat ini, semua orang terus diimbau untuk menerapkan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir agar terhindar dari droplet yang terkontaminasi oleh virus. Selain mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir agar tangan selalu bersih dan terhindar dari bakteri, Anda juga disarankan untuk membawa antiseptik atau hand sanitizer setiap pergi ke luar rumah.

 

Semenjak berita corona menyebar tahun lalu, hand sanitizer menjadi sangat langka. Namun di tahun 2021, hand sanitizer sudah mulai mudah didapatkan. Selain membeli hand sanitizer terbaik dengan berbagai merek yang dijual di pasaran, Anda juga dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Apa saja bahan bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah? Simak penjelasan lengkap dari kami.

 

Hand sanitizer efektif membunuh bakteri

Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik pembersih tangan yang efektif mencegah dan membunuh kuman dan bakteri hingga 99%.

hand sanitizer pembunuh bakteriSelain membunuh kuman, hand sanitizer juga dipercaya mampu mencegah penularan virus corona (Covid 19) dengan selalu menggunakannya setiap saat. Selain rutin mencuci tangan menggunakan sabun, Anda juga diimbau menggunakan hand sanitizer karena lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja dan nyaman di kulit pengguna.

 

Hingga tahun 2021, produk hand sanitizer menjadi produk sanitasi yang populer dan mudah digunakan, efektif dan praktis. Anda dapat membeli hand sanitizer di apotik, minimarket hingga toko kelontong. Banyak pilihan merk asli buatan Indonesia dan harganya terjangkau.

 

Harga hand sanitizer tergolong murah dan terjangkau, dan terdiri dari berbagai macam ukuran. Harganya dibanderol puluhan ribu rupiah, tergantung merk dan kapasitas yang disediakan.

 

Selain membeli produk hand sanitizer di pasaran, Anda juga dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki penduan resmi untuk membuat hand sanitizer. Jika Anda tertarik membuat hand sanitizer sendiri di rumah, berikut cara yang tepat berdasarkan rekomendasi dan panduan standar dari WHO.

 

Bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah?

 

 

Membuat hand sanitizer ternyata sangat sederhana dan tidak membutuhkan proses yang rumit. Hand sanitizer dapat dibuat dengan campuran bahan-bahan yang sesuai dengan panduan WHO. Pembuatan hand sanitizer juga tergolong aman. Anda hanya perlu memastikan bahwa bahan-bahan membuatnya memiliki takaran dan formula yang tepat.

 

Berikut cara membuat hand sanitizer dengan formula sesuai rekomendasi dan ketentuan standar WHO yang relevan digunakan pada tahun 2021.

 

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer dengan standar WHO

 

Anda dapat mengumpulkan bahan-bahan berikut terlebih dahulu. Pastikan jenis bahan dan takaran serta ukuran tepat sehingga hasil dari pembuatan hand sanitizer tetap optimal dan hasilnya memuaskan. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan.

  • Formulasi 1
  • Formulasi 2
✔ Etanol 8333 ml
✔ Hidrogen peroksida 417 ml
✔ Gliserol 145 ml
✔ Air matang dalam kondisi dingin atau air distilasi
✔ Isopropil alkohol 7515 ml
✔ Hidrogen peroksida 417 ml
✔ Gliserol 145 ml
✔ Air matang dalam kondisi dingin atau air distilasi

Proses membuat hand sanitizer

Jika bahan-bahan telah terkumpul, sediakan wadah jerigen atau botol. Bahan yang pertama kali dimasukkan ke dalam botol yaitu alkohol. Setelah alkohol dimasukkan, selanjutnya Anda dapat mencampurkan hidrogen peroksida sesuai dengan takaran dan ukuran yang tepat.

 

Setelah hidrogen peroksida dimasukkan, kemudian tuangkan gliserol dan air distilasi secara berurutan dan teratur. Apabila semua bahan tersebut telah dimasukkan termasuk alkohol ke dalam botol atau jerigen, segera tutup rapat agar alkohol tidak menguap.

 

Anda dapat mencampurkan semua bahan dengan mengocoknya secara perlahan. Untuk mendapatkan hand sanitizeer, Anda perlu meletakkan botol atau jerigen di tempat yang aman dan terhindar dari api dan panas berlebih selama kurang lebih 72 jam sebelum aman digunakan. Setelah jadi, hand sanitizer dapat diletakkan di wadah yang lebih kecil dengan ukuran 30 ml 100 ml dan 500 ml.

 

Sederhananya, campuran pada hand sanitizer untuk formulasi 1 yaitu Etanol 8 persen, Hidrogen peroksida 0,125 persen, Gliserol 1,45 persen. Sedangkan untuk formasi 2 yaitu Isopropil alkohol 75 persen, Hidrogen peroksida 0,125 persen dan Gliserol 1,45 persen.

 

Cara membuat hand sanitizer dengan campuran lidah buaya yang ampuh membunuh virus corona

 

Selain mengikuti panduan sesuai standar WHO dalam pembuatan hand sanitizer, Anda juga direkomendasikan untuk membuat hand sanitizer dengan campuran bahan alami seperti lidah buaya. Tak hanya dikenal dapat melembabkan kulit, lidah buaya juga memiliki cairan antiseptik yang sangat cocok digunakan untuk cairan pembersih tangan untuk membunuh virus corona (covid 19).

 

Membuat hand sanitizer dengan lidah buaya tergolong mudah dan sederhana, dan nyaman digunakan karena melembabkan kulit. Berikut detil cara dan proses pembuatannya.

 

Bahan untuk membuat pembersih tangan hand sanitizer

 

✔ Siapkan 1/4 cup gel lidah buaya

✔ Alkohol 70 persen

✔ 10 Tetes tea tree (minyak essensial/essential oil)

✔ 10 Tetes essential lavender

✔ 1 Botol spray kaca dan 1 sendok plastik

 

Proses pembuatan hand sanitizer

 

Siapkan 1/4 cup gel lidah buaya yang siap digunakan, hal ini tentu sangat praktis. Kemudian campurkan alkohol 70 persen dengan lidah buaya di dalam sebuah wadah kecil, aduk hingga merata dengan sendok agar alkohol dan lidah buaya tercampur sempurna.

 

Kemudian tambahkan minyak essensial tea tree (essential oil) dan masukkan semua bahan di dalam wadah tadi ke dalam botol. Setelah semua bahan yang terdiri dari lidah buaya, alkohol dan minyak essensial (essential oil) tersebut tercampur dengan baik kocok botol hingga merata.

 

Dalam waktu yang tak terlalu lama, maka produk buatan sendiri telah selesai dan bisa Anda gunakan menyemprotkannya ke tangan sebagai cairan antiseptik sehari-hari. Mudah bukan!

Ada yang menambahkan air dalam proses tersebut, ada juga yang tidak menggunakan air dalam pembuatan hand sanitizer.

Memasuki pertengahan 2021, masyarakat di Indonesia dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Silakan baca proses di atas secara seksama, baca juga bagian yang penting terutama mengenai bahan yang diperlukan. Kemudian share copy dan simpan di laptop atau smartphone jika suatu saat dibutuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

1 Bintang2 Bintang3 Bintang4 Bintang5 Bintang (belum dirating)
Loading...