Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Masker Organik im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
8767 Baca ulasan

🥇 Masker Organik Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Tren skincare terpopuler pada tahun ini adalah skincare yang terbuat dari bahan alami dan organik. Tidak terkecuali dengan masker. Masker organik sedang viral di berbagai sosial media dan direkomendasikan oleh banyak influencer dan beauty blogger. Setelah melakukan uji praktek dan evaluasi terhadap berbagai pilihan masker organik yang ada di pasaran, kami akan merekomendasikan beberapa merek masker organik terbaik untukmu. Sebelumnya, bacalah dulu lebih lanjut mengenai masker organik itu sendiri.

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

Mehr zu Cornelia

Masker Organik Daftar Produk Terbaik 2021

Masker Organik Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Masker Organik?

 

Mengenal Masker Organik TerbaikMasker organik adalah masker wajah yang terbuat bahan-bahan natural atau alami dan organik.

 

Bahan-bahan alami yang digunakan pun ditumbuhkan dan diekstrak tanpa pestisida ataupun senyawa kimia buatan lainnya.

 

Berbeda dengan masker wajah pada umumnya, formulasi masker organik tidak melibatkan bahan kimia sintetis. Maka, kandungan nutrisi dan antioksidan natural yang terkandung dalam masker organik pun lebih banyak.

 

Bagaimana Masker Organik Bekerja?

 

Masker organik menutrisi dan melembabkan wajah dengan cara mendekatkan zat-zat vitamin, mineral, antioksidan natural, molekul air, dan zat aktif lainnya dengan pori-pori kulit.
 

 

Kemudian, karena masker menempel di kulit selama beberapa waktu, maka zat-zat tadi punya waktu lebih banyak untuk mempenetrasi jaringan kulit dan terserap ke lapisan terdalam kulit.

 

Berbagai Manfaat Menggunakan Masker Organik

 

Apa saja Manfaat Menggunakan Masker OrganikSkincare organik memang sedang sangat terkenal dan viral di media sosial saat ini.

 

Popularitas skincare dan masker organik tidak tanpa alasan.

 

Skincare dan masker organik memiliki beragam kelebihan dibanding skincare konvensional yang terbuat dari bahan kimia sintetis.

 

Berikut ini adalah berbagai kelebihan menggunakan masker organik yang pasti membuat kamu tertarik mencobanya.

 

Lebih aman untuk kulit sensitif

 

Banyak zat kimia yang terkandung dalam masker konvensional yang berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit sensitif.

 

Bahan-bahan natural yang terkandung di dalam masker organik lebih lembut untuk kulit dan juga minim resiko.

 

Apabila kamu memiliki kulit sensitif atau rentan alergi, maka masker organik adalah salah satu jenis skincare terbaik untuk kesehatan kulitmu.

 

Lebih ramah lingkungan

 

penggunaan masker organik terbaik Lebih ramah lingkunganPolusi dan limbah lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang sedang dihadapi bumi.

 

Menggunakan produk skincare organik adalah salah satu cara untuk mengurangi masalah polusi tersebut.

 

Menurut eksperimen, masker organik jauh lebih ramah lingkungan ketimbang masker konvensional yang terbuat dari bahan kimia sintetis.

 

Proses pembuatan masker organik pun tidak menghasilkan limbah kimia yang berpotensi mencemarkan air, tanah, maupun udara.

 

Bila kamu peduli dengan lingkungan, maka menggunakan masker organik adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Lebih efektif dibandingkan menggunakan masker (DIY)

 

Bila kamu penggemar skincare natural, kamu pasti sudah sering melihat resep-resep masker DIY yang bisa kamu racik sendiri di rumah.

 

Meskipun tidak ada yang salah dengan meracik masker DIY, namun efektivitas dan dampak jangka panjangnya tidak terjamin. 

 

Bila kamu ingin menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan natural dan teruji efektivitas maupun keamanannya, sangat direkomendasikan untuk mencoba menggunakan masker organik.

 

Cocok untuk semua jenis kulit

 

penggunaan masker organik cocok untuk semua kulitSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan-bahan natural yang terkandung dalam masker organik lebih lembut saat digunakan.

 

Maka, masker organik pun cocok untuk digunakan segala jenis kulit, mulai dari yang normal hingga yang mature.

 

Tidak hanya itu, dengan tren skincare organik, banyak juga brand yang mulai berinovasi dan membuat berbagai jenis formulasi masker organik yang baru. Akibatnya, semakin banyak pula formulasi masker organik yang dibuat spesifik untuk jenis kulit tertentu.  

 

Masker organik juga banyak yang dibuat khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

 

Jenis-Jenis Masker Organik

 

Ada berbagai jenis masker organik yang beredar di pasaran. Setiap jenis masker memiliki kelebihan dan karakteristik masing-masing. 

 

Kenalilah jenis-jenis masker agar kamu bisa membandingkan mereka dan memilih jenis masker yang terbaik untuk kebutuhan kulitmu.

 

  • Masker bubuk
  • Sheet mask
  • Masker gel
  • Clay mask
  • Peel-off mask
Masker bubuk adalah jenis masker organik paling populer di Indonesia. Masker bubuk dapat terbuat dari satu bahan saja, maupun campuran beberapa zat organik. Sesuai dengan namanya, masker ini berbentuk serbuk dan untuk menggunakannya, kamu perlu mencampurnya dengan cairan agar bisa mengental dan diaplikasikan ke wajah.
Sheet mask merupakan salah satu tren skincare terbesar dari Korea Selatan. Sheet mask organik biasanya terbuat dari lembaran serat bambu atau katun dan juga mengandung ekstrak zat aktif organik atau ekstrak tumbuhan yang mampu menutrisi kulit. Sheet mask merupakan jenis masker organik terbaik bagi mereka yang tidak ingin repot. Kamu cuma perlu menempelkannya ke wajah dan melepasnya setelah 20 menit, tidak perlu repot meracik atau membilasnya.
Sesuai dengan namanya, masker gel memiliki bentuk gel yang tebal dan kental. Masker organik berbentuk gel biasanya terbuat dari Aloe Vera dan dicampur dengan ekstrak bahan natural lainnya. Pada umumnya, masker gel memiliki karakteristik yang dingin dan melembabkan, sehingga sangat cocok digunakan untuk orang dengan kulit yang lelah dan kusam atau kering karena stres.
Masker jenis ini terbuat dari tanah liat. Tapi jangan anggap tanah liat hanya satu jenis saja. Ada beragam jenis clay dengan karakteristik dan manfaatnya masing-masing. Contohnya, Kaolin clay yang sifatnya lembut dan direkomendasikan untuk kulit kering dan sensitif, Red clay yang mampu mengontrol sebum dan mencerahkan kulit, serta Bentonite clay yang ampuh melawan kulit berminyak dan jerawat.
Bentuk awal peel-off mask dapat berupa masker bubuk maupun masker gel. Karena kemiripannya, peel-off mask  sering dianggap sama saja dengan kedua jenis masker tadi. Bedanya, sesuai dengan namanya, peel-off mask adalah masker yang dapat dikelupas dari wajah setelah mengering, sehingga kamu tidak perlu membilasnya. Peel-off mask adalah pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki masalah komedo dan kulit kusam. Peel-off mask mampu mengangkat komedo dari pori-pori dan juga sel kulit mati, membuat wajahmu lebih bersih dan bersinar.

 

Cara Tepat Memilih Masker Organik Terbaik

 

Eits, jangan sembarangan dalam memilih masker organik. Kalau salah memilih, kamu bisa saja merusak kulit wajahmu.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang penting diperhatikan agar kamu bisa memilih masker organik terbaik untuk perawatan wajahmu.

 

Pilih masker organik yang teruji keamanannya

 

Jangan tergiur dengan harga yang murah atau endorse dari influencer semata. Pastikan masker organik yang hendak kamu beli teruji keamanannya. 

 

Sebaiknya lakukan penelitian terlebih dahulu, cek apakah masker organik yang hendak kamu beli terdaftar di BPOM dan memiliki izin edar. 

 

Jangan lupa untuk memastikan reputasi penjual masker sehingga kamu tidak tertipu dan tanpa sengaja membeli masker organik palsu.

 

Selain itu, direkomendasikan juga untuk melakukan survey pada kenalanmu untuk menanyakan merek atau jenis masker organik yang mereka gunakan. Hasil survey tersebut dapat membantumu mencari masker organik terbaik yang teruji keamanannya. 

 

Kesesuaian dengan jenis kulit sangatlah penting

 

Pastikan masker organik yang kamu pilih sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Perhatikan jenis masker yang kamu pilih dan juga formulasinya untuk mendapatkan hasil skincare terbaik.

 

Secara umum, masker bubuk dan sheet mask cocok dengan berbagai jenis kulit, tapi kamu direkomendasikan teliti menganalisis formulasinya. Sedangkan masker gel lebih direkomendasikan untuk kulit kering dan sensitif.

 

Kemudian, clay mask mampu kontrol produksi sebum berlebih sehingga akan memberikan hasil terbaik bagi orang berkulit berminyak atau kombinasi.

 

Terakhir, peel-off mask kurang direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kondisi jerawat akut dan kulit sensitif karena bisa menyebabkan iritasi.

 

Jangan ragu untuk melakukan uji coba dengan sampel masker atau masker share-in-jar untuk mengetes kesesuaiannya dengan jeni kulitmu. Gunakan sedikit produk di daerah leher atau dagumu, bila ada reaksi alergi, cepat bilas dan jangan gunakan lagi.

 

Perhatikan kandungan masker organik

 

masker organik alamiSebelum membeli produk skincare apapun, kamu direkomendasikan untuk mengecek daftar kandungannya untuk memastikan apakah produk tersebut adalah pilihan terbaik untuk kulitmu. Kamu juga perlu melakukan hal ini saat membeli masker organik.

 

Pastikan tidak ada kandungan yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi, terutama apabila kulitmu sensitif.

 

Kemudian, pastikan tidak ada bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam masker pilihanmu.

 

Pastikan harga sesuai dengan budget

 

Untuk mendapatkan hasil dan manfaat terbaik, kamu perlu menggunakan masker wajah secara rutin. Karena itu, pastikan kamu dapat membeli masker pilihanmu secara rutin pula. Masker yang mahal belum tentu sesuai dengan kondisi dan masalah kulitmu.

 

Jangan membeli masker organik yang harganya memberatkan dompetmu. Pilihlah masker organik yang harganya sesuai dengan budgetmu dan karakteristiknya sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

 

Jangan ragu untuk melakukan perbandingan harga di berbagai toko maupun marketplace online. Pastikan kamu mendapat masker organik dengan kualitas terbaik dengan harga terbaik pula.

 

Bahan Kimia Yang Perlu Dihindari Saat Memilih Masker Organik

 

Kamu harus berhati-hati dalam memilih masker organik. Pada saat ini, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mengklaim produknya organik namun masih mengandung bahan kimia yang tidak sesuai dengan klaim organik tadi.

 

Berikut ini adalah bahan-bahan kimia yang perlu kamu hindari saat melakukan pemeriksaan pada kandungan masker organik yang hendak kamu beli.

 

Pewarna sintetis

 

Hati-hati dengan masker yang berwarna-warni. Pastikan warna masker organikmu berasal dari bahan natural. 

 

Hindari pewarna sintetis yang terkadang dimasukkan ke dalam masker organik oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

 

Selain berpotensi menyebabkan iritasi dan alergi, ada juga resiko pewarna sintetis terserap ke dalam aliran darah dan berdampak buruk pada kesehatanmu.

 

Pewangi sintetis

 

Banyak masker organik yang memiliki wangi yang menggiurkan. Sebenarnya pewangi tidak apa-apa digunakan dalam produk skincare apabila berasal dari sumber natural, seperti buah-buahan, bunga, dan rempah-rempah. 

 

Tetapi sebisa mungkin hindari masker organik yang mengandung pewangi sintetis. Pewangi sintetis yang terbuat dari campuran senyawa kimia tertentu berpotensi menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.

 

Paraben

 

Paraben merupakan senyawa kimia yang sering digunakan sebagai pengawet dalam produk-produk kecantikan.

 

Menurut hasil penelitian, penggunaan produk yang mengandung paraben dalam jangka panjang berpotensi mengganggu produksi hormon estrogen. Bahkan paraben juga dicurigai dapat memicu kanker.

 

Untuk perawatan kulit terbaik dan demi kesehatanmu, sebisa mungkin hindari paraben dalam masker organik yang kamu pilih.

 

Mikroplastik (Polyethylene)

 

Pernahkah kamu mendengar tentang masker eksfoliator yang mengandung scrub? Meskipun banyak scrub yang terbuat dari bahan natural, terkadang masih banyak juga scrub masker yang terbuat dari mikroplastik atau polyethylene.

 

Menurut tes dermatologis, bahan ini terlalu kasar untuk kulit dan berpotensi menyebabkan luka mikroskopis hingga iritasi. 

 

Selain itu, mikroplastik juga akan mencemari tanah dan air. Terlebih lagi, banyak hewan yang bisa dengan tidak sengaja mengonsumsi mikroplastik dan akhirnya keracunan.

 

Cara terbaik untuk melindungi kulitmu dan juga lingkungan adalah dengan menghindari mikroplastik dalam masker organik eksfoliasimu.

 

Rekomendasi Merek Masker Organik Terbaik

 

Mau mulai menggunakan masker organik tapi tidak tahu mana masker organik terbaik? Selain memperhatikan jenis dan kebutuhan kulitmu, kamu juga perlu memperhatikan merek masker yang kamu pilih.

 

Setelah melakukan tes produk dan penilaian lebih lanjut, kami akan merekomendasikan 10 merek masker organik terbaik yang patut kamu coba.

 

Berikut ini adalah tabel perbandingan dna juga penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing merek masker organik terbaik yang kami rekomendasikan.

 

Bali Alus

 

Ingin perawatan facial yang nyaman seperti di spa profesional? Cobalah merek produk kecantikan dari Pulau Dewata ini. 

 

Bali Alus terkenal dengan produk-produknya yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami terbaik dan dibuat dengan teknik tradisional Bali yang diwariskan secara turun-temurun.

 

Masker organik Bali Alus sudah sangat terkenal di kalangan perempuan Indonesia. Bali Alus terkenal akan masker bubuknya yang memiliki sekitar 20 jenis varian. 

 

Masing-masing varian menggunakan ekstrak bahan alami berbeda yang menargetkan masalah kulit tertentu.

 

Satu hal yang sama dari semua varian masker Bali Alus. Semuanya dijamin akan menutrisi kulit dan membuat wajah tampil cantik berseri.

 

Sensatia Botanicals

 

Mau rekomendasi merek skincare organik lain dari Pulau Dewata? Sensatia Botanicals adalah brand kecantikan yang mengedepankan tradisi kecantikan Bali serta mengggunakan bahan-bahan organik terbaik dari alam.

 

Sensatia Botanicals adalah salah satu merek kecantikan terbaik yang berasal dari Bali. Bahkan produk-produk Sensatia Botanicals sudah biasa digunakan di hotel-hotel berbintang lima seperti Padma Hotel dan Moevenpick Resort.

 

Pilihan masker organik Sensatia Botanicals cukup bervariasi. Saat ini Sensatia Botanicals menawarkan sheet mask, clay mask, dan masker gel. 

 

Setiap varian mengandung formulasi spesial dan ekstrak alami tertentu yang disesuaikan dengan jenis kulit serta masalah kulit yang spesifik.

 

Namo.id

 

Namo.id merupakan salah satu brand pendatang baru dalam lingkup skincare. Meskipun begitu, maskernya sudah diakui sebagai salah satu masker organik lokal terbaik dan banyak digemari pecinta skincare Indonesia.

 

Untuk saat ini, Namo.id hanya menawarkan 4 varian masker bubuk organik, yaitu Green Tea, Cocoa, Milk, dan Coffee. Tetapi keempatnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan berbagai macam jenis kulit berbeda.

 

Keempat varian masker organik Namo.id diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit spesifik. Contohnya, varian Milk ampuh mencerahkan kulit kusam dan varian coffee adalah pilihan terbaik untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam.

 

Salah satu kelebihan Namo.id ada di kemasannya. Masker bubuk Namo.id dikemas dalam plastik ziplock yang mudah dibuka dan ditutup, sehingga kamu dapat menyimpan sisa masker dengan aman tanpa perlu kuatir akan tumpah atau rusak terkena udara luar.

 

Runaskin

 

Runaskin merupakan merek kecantikan lokal yang cukup terkenal di kalangan penggemar skincare organik. Produk-produk Runaskin dijamin aman untuk semua jenis kulit karena dibuat dari bahan-bahan alami terbaik.

 

Pilihan masker orgnaik dari Runaskin cukup bervariasi. Runaskin saat ini menawarkan masker bubuk, clay mask, dan juga peel-off mask. Tidak hanya itu, masing-masing jenis masker juga memiliki berbagai macam varian.

 

Masing-masing jenis dan varian masker Runaskin juga diformulasikan untuk jenis dan kebutuhan kulit tertentu. Mulai dari kulit kering dan mengelupas hingga kulit berjerawat dan berminyak, Runaskin bisa membantu merawat kulitmu. 

 

Jadi, apabila kamu ingin mencoba berbagai macam masker organik, Runaskin adalah solusi terbaik untukmu.

 

Lea Gloria

 

Siapa yang tidak kenal dengan Lea Gloria? Bila kamu sering mengamati beauty blogger di sosial media, kamu pasti sudah kenal baik dengan brand ini.

 

Lea Gloria adalah brand kecantikan yang berspesialisasi memproduksi masker organik. Masker-maskernya sudah viral dan sangat digemari orang. Lea Gloria sendiri sudah dianggap sebagai salah satu produsen masker organik terbaik di Indonesia.

 

Lea Gloria saat ini hanya menawarkan masker bubuk. Tetapi ada 10 varian masker bubuk berbeda yang memiliki fungsi masing-masing.

 

Selain pilihan masker yang sangat bervariasi, masker organik dari Lea Gloria juga harganya lebih terjangkau dibanding merek lain. Jadi bila kamu ingin mencoba masker organik tanpa merogoh kocek banyak, Lea Gloria adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Natuna Oilvera

 

Masker bisa dimakan? Ya, betul sekali. Masker organik dari Natuna Oilvera dibuat dari bahan-bahan yang teruji food grade. Jadi masker ini dijamin super lembut dan aman untuk kulit sensitif.

 

Masker organik yang ditawarkan Natuna Oilvera berupa masker bubuk yang memiliki 5 varian berbeda. Masing-masing varian teruji cocok dengan jenis kulit apapun dan mampu mengatasi masalah-maslah kulit spesifik, seperti beruntusan, kulit kusam, dan penuaan dini.

 

Bahan-bahan alami yang digunakan di masker Natuna Oilvera cukup langka ditemukan di masker organik lokal lainnya. Contohnya, Sea Buckthorn, Bluebell Vine, Wolfberry, dan French Lavender.

 

Bila kamu ingin mencoba masker organik yang super lembut dan aman di kulit serta mengandung bahan-bahan unik dan kaya nutrisi, Natuna Oilvera adalah pilihan terbaik bagimu.

 

Teddy Clubs

 

Boba untuk perawatan kulit? Bukannya boba itu minuman? Ternyata Teddy Clubs sudah menciptakan boba versi masker organik yang mampu merawat kesehatan dan penampilan kulitmu.

 

Masker boba Teddy Clubs sudah viral di sosial media dan bahkan direkomendasikan oleh berbagai beauty blogger

 

Masker boba Teddy Clubs bahkan sudah dianggap sebagai salah satu masker organik terbaik dan paling unik di Indonesia. Masker ini dapat membersihkan pori-pori dan cocok untuk jenis kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi.

 

Bagi yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, jangan khawatir. Selain masker bobanya yang terkenal, Teddy Clubs juga menawarkan clay mask dengan ekstrak matcha yang mampu menutrisi wajahmu dengan lembut.

 

Rumah Masker Indonesia

 

Sesuai dengan namanya, Rumah Masker Indonesia merupakan brand kecantikan yang berspesialisasi dalam memproduksi masker. Sejak didirikan pada tahun 2017, brand satu ini sudah memikat para pecinta skincare Indonesia.

 

Masker yang diproduksi oleh Rumah Masker Indonesia diformulasikan dengan bahan-bahan organik terbaik dari alam, seperti Aloe Vera, Green Tea, Chamomile, dan Charcoal.

 

Uniknya Rumah Masker Indonesia adalah merek lokal yang satu ini hanya memproduksi peel-off mask organik, padahal masker organik jenis peel-off termasuk langka dan sulit ditemukan di Indonesia. 

 

Tidak hanya itu, masker dari brand ini juga memiliki harga yang terjangkau. Bila kamu ingin mencoba peel-off mask organik yang dibuat oleh merek lokal, maka Rumah Masker Indonesia adalah solusi terbaik untukmu.

 

Skin Dewi

 

Skin Dewi merupakan salah satu brand kecantikan lokal terbaik untuk orang dengan kulit sensitif. 

 

Hal ini karena pendiri Skin Dewi pun memiliki kulit sensitif dan bermasalah, sehingga Skin Dewi diciptakan sebagai solusi skincare yang aman, lembut, dan efektif.

 

Untuk saat ini, Skin Dewi hanya menawarkan satu jenis masker organik, yaitu clay mask. Clay mask Skin Dewi diformulasikan dengan perpaduan Bentonite dan Zeolite clay beserta ekstrak kopi dan gandum.

 

Masker Skin Dewi sangat lembut sehingga cocok untuk jenis kulit apa saja, mulai dari kulit remaja yang belum stabil hingga kulit mature yang mengalami masalah penuaan.

 

Sariayu

 

Siapa yang tidak kenal dengan Sariayu? Brand kecantikan legendaris ini sudah lama menjadi andalan perempuan-perempuan Indonesia.

 

Meskipun sudah menjadi merek besar dan terkenal, Sariayu tetap mengedepankan aspek tradisi kecantikan Indonesia yang bergantung pada bahan-bahan alami yang baik dan aman untuk kulit.

 

Untuk masker organik, Sariayu menawarkan 4 varian masker bubuk yang diperkaya dengan ekstrak-ekstrak bahan natural seperti beras putih, beras merah, ketan hitam, dan kacang hijau. Setiap varian diformulasikan untuk jenis dan masalah kulit tertentu.

 

Bila kamu ingin menggunakan masker organik yang diproduksi oleh brand kecantikan yang sudah lama terkenal dan terjamin untuk segala jenis kulit, maka Sariayu adalah jawabannya.

 

Cara Terbaik Untuk Menggunakan Masker Wajah

 

Maksimalkan rangkaian skincare-mu dengan menggunakan masker organik. Untuk mendapatkan hasil terbaik, simaklah beberapa tips di bawah ini agar maskermu dapat bekerja secara optimal.

 

  • Bersihkan wajah secara menyeluruh

 

memakai masker organik bersihkan wajah duluSebelum menggunakan masker, kamu wajib membersihkan kulitmu terlebih dahulu.

 

Bila tidak, maka zat-zat aktif yang terkandung di dalam masker organikmu tidak akan bisa terserap maksimal.

 

Gunakan cleanser favoritmu dan air hangat untuk membersihkan wajahmu dari kotoran dan debu. Bila kamu habis menggunakan makeup, direkomendasikan untuk melakukan double cleansing

 

Pertama, gunakan makeup remover, lalu bersihkan lagi wajahmu dengan cleanser biasa.

 

  • Gunakan moisturizer 

Setelah menggunakan masker wajah, lanjutkanlah rangkaian skincare-mu seperti biasa. Setidaknya gunakanlah moisturizer untuk membantu meningkatkan kelembaban kulitmu sekaligus mengunci zat-zat aktif yang terserap oleh kulitmu.

 

Langkah ini sangat penting terutama setelah menggunakan clay mask yang cenderung menarik sebum dan molekul air keluar dari jaringan kulit. 

 

Tapi sekalipun masker organikmu bersifat melembabkan, seperti sheet mask dan masker gel, kamu tetap memerlukan moisturizer tambahan. 

 

  • Lengkapi dengan produk skincare organik lainnya

Ada baiknya apabila penggunaan masker organikmu berdampingan dengan penggunaan produk skincare organik lainnya juga.

 

Dengan begitu, kamu bisa menikmati hasil dan berbagai manfaat terbaik dari skincare organik dan alami. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membantu mengurangi limbah dan polusi pada alam.

 

Bila produk-produk skincare-mu yang lain bukan produk organik, direkomendasikan untuk menggantinya satu persatu secara perlahan dengan produk organik. Jangan mengganti semuanya sekaligus karena berpotensi menyebabkan kulitmu stres.

 

  • Gunakan secara rutin

Masker organikmu tidak akan bekerja optimal apabila jarang dipakai. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari maskermu, pastikan untuk menggunakannya secara rutin.

 

Direkomendasikan untuk menggunakannya 2 hingga 3 kali seminggu. Namun bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, penggunaan seminggu sekali sudah cukup untuk memberikan hasil terbaik.

 

 

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-masker-organik/

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/31/201500365/hati-hati-ini-dampak-gunakan-masker-organik-abal-abal?page=all

https://lifestyle.okezone.com/read/2010/04/09/195/321071/cantik-alami-dengan-masker-organik

https://www.lemonilo.com/blog/nggak-perlu-setiap-hari-ini-waktu-tepat-memakai-masker-wajah-yang-kamu-perlu-tahu

https://www.soradee.com/2019/11/maskeran-setiap-hari-dengan-masker.html

 

FAQ

Apakah saya boleh menggunakan masker organik setiap hari?

Direkomendasikan untuk tidak menggunakan masker setiap hari karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif.

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan masker organik?

Apabila masker yang kamu gunakan bersifat melembabkan, maka waktu terbaik untuk menggunakannya adalah di pagi hari. Apabila masker organikmu berfungsi untuk membersihkan pori-pori, mereparasi jaringan kulit, atau mengeksfoliasi kulit, maka waktu terbaik untuk menggunakannya adalah di malam hari.

Apakah saya boleh menggunakan masker organik selama tidur?

Jangan! Memakai masker terlalu lama dapat mengiritasi dan membuat kulit wajah menjadi kering. Direkomendasikan untuk mengecek panduan maskermu untuk mengetahui berapa lama masker tersebut harus digunakan. Tetapi secara umum, direkomendasikan untuk membilas atau melepas masker setelah 20 menit untuk hasil terbaik.

Apakah masker organik bisa kadaluarsa?

Bisa. Pastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsa maskermu agar bisa selalu mendapatkan manfaat terbaik dari maskermu. Menurut pengujian klinis, masker organik pada umumnya kadaluarsa 1 hingga 2 tahun setelah tanggal produksi.

Apakah saya boleh menggunakan masker organik yang telah kadaluarsa?

Jangan! Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena efektivitas zat aktif masker pasti sudah turun dan masker bahkan berpotensi menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit.

Apakah saya bisa meracik masker organik sendiri di rumah?

Bisa saja, namun tidak terlalu direkomendasikan, terutama bila kulitmu sensitif. Masker organik yang lolos uji BPOM dan beredar di pasaran sudah terjamin keamanannya, berbeda dengan masker racikan sendiri.

Mengapa masker organik yang saya miliki terasa panas atau gatal saat digunakan?

Kemungkinan besar maskermu tidak cocok dengan kulitmu. Segera bilas wajahmu dan direkomendasikan untuk tidak menggunakan masker itu lagi. Lain kali, lakukan uji kecocokan produk dengan kulitmu agar kamu bisa memilih masker organik terbaik untuk jenis kulitmu.

Apakah cairan terbaik untuk meracik masker organik bubuk?

Air mineral sudah cukup untuk untuk meracik masker organik bubuk. Tetapi, untuk hasil yang lebih optimal kamu bisa menggunakan cairan lain, contohnya air mawar direkomendasikan untuk kulit kering dan sensitif, air kelapa untuk kulit berjerawat, dan air beras atau susu untuk mencerahkan kulit kusam.

Apakah masker organik lebih baik disimpan di kulkas sebelum digunakan?

Menurut hasil pengujian, tidak ada manfaat signifikan dari menggunakan masker organik yang telah didinginkan terlebih dahulu. Tetapi, menggunakan masker yang dingin dapat membuatmu merasa lebih rileks.

Haruskah saya mengeksfoliasi wajah sebelum menggunakan masker organik?

Ya. Mengeksfoliasi wajah sebelum menggunakan masker adalah cara terbaik untuk memaksimalkan penyerapan zat aktif dari masker dan mengoptimalkan manfaatnya. Namun, hal ini tidak direkomendasikan apabila masker organik yang hendak kamu gunakan juga bersifat mengeksfoliasi.

Tinggalkan Balasan