Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Makanan Kucing im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
24 lama pengujian
8 studi evaluasi
8721 Baca ulasan

🥇 Makanan Kucing Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Graha Nurdian
Graha Nurdian

Seorang blogger dan penulis konten yang sudah mengenal dunia IT sejak SMP. Di waktu senggangnya, ia menulis segala sesuatu tentang pemasaran digital di blog pribadinya. Juga, hobi favorit saya adalah menyetel mobil.

Mehr zu Graha

Makanan Kucing Daftar Produk Terbaik 2021

Makanan Kucing Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Pemilik kucing tentu ingin kucingnya tumbuh sehat. Pemberian makanan kucing yang berkualitas adalah hal yang harus dilakukan untuk menjamin kesehatan kucing.

 

Tentang Makanan Kucing

 

Makanan kucing terbaik kering dan basahDi alam bebas, kucing memakan hewan lain untuk bertahan hidup. Mangsa kucing adalah hewan pengerat, burung, serta hewan amfibi dan reptil kecil. 

 

Mangsa kucing ini memiliki kandungan protein dan lemak yang dibutuhkan oleh kucing. Kucing rumahan bisa mendapatkan asupan nutrisi ini dari makanan kucing, sehingga mereka tidak perlu berburu mangsa lagi.

 

Cara Pembuatan Makanan Kucing

 

Makanan Kering Kesukaan Kucing Proses pembuatan makanan kucing pada dasarnya sama saja dengan makanan olahan manusia. Bahan utama berupa daging akan diproses terlebih dahulu untuk memisahkan air, lemak, tulang, dan organ-organ tubuh. Kemudian, daging ini akan dihaluskan dan dimasak.

 

Selesai dimasak, maka dicampur lagi dengan bahan-bahan lain sesuai resepnya. Setelah itu baru dibentuk sesuai selera.

 

Berbagai inovasi dalam pemrosesan makanan kucing ini berhasil meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa penggunaannya.

 

Manfaat Makanan Kucing

 

Manfaat Makanan Kucing TerbaikMakanan kucing terbaik dapat memberikan nutrisi yang optimal untuk kesehatan kucing. Secara umum, makanan kucing yang berkualitas dapat meningkatkan sistem imun kucing sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

 

Makanan kucing ini juga dapat menjadi sumber energi bagi kucing untuk beraktivitas. 

 

Selain itu, kesehatan organ-organ tubuh, kulit, gigi, dan tulangnya menjadi terpelihara sehingga kucing tampak sehat, kuat, dan bulunya mengkilap.

 

Jenis Makanan Kucing

  • Makanan Kering
  • Makanan Basah
Makanan kering terbaik mengandung karbohidrat yang tinggi daripada makanan basah. Kandungan airnya antara 6-10 persen.

 

Makanan kering juga tidak memiliki bau. Anda bisa menyimpannya dalam waktu lama sehingga kandungan nutrisinya bisa terjaga.

 

Menurut uji coba, jika dibiarkan di udara terbuka juga tidak busuk seperti makanan basah. Makanan kering terbaik bisa berada di udara terbuka maksimum 4 jam dengan suhu di atas 10 derajat Celsius.

 

Pada suhu antara 4 hingga 10 derajat Celsius bisa bertahan antara 5-7 jam. Namun, jika berada di udara terbuka lebih dari 10 jam harus dibuang.

 

Menurut survey, makanan kering memiliki harga yang lebih murah daripada makanan basah.

Makanan basah terbaik memberikan asupan cairan untuk kucing karena biasanya memiliki sedikit cairan atau saus. Dibandingkan dengan makanan kering, kandungan air makanan basah mencapai 75 persen.

 

Selain itu kandungan protein dan lemaknya juga lebih tinggi, namun karbohidratnya rendah. Ada pula makanan semi basah yang mengandung 60-65 persen air. Aromanya tajam sehingga lebih sering menarik perhatian kucing.

 

Makanan basah menjadi pilihan yang bagus dan teruji untuk kucing segala umur dan juga kucing yang tergolong pemilih makanan. Jika kucing Anda mengalami masalah pencernaan, berat badan, penuaan, dan buang air kecil, makanan basah bisa menjadi rekomendasi.

 

Hal yang cukup memberatkan, harga makanan basah umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan makanan kering.

Tips Penting Saat Membeli Makanan Kucing

Perhatikan Kandungan Nutrisi pada Makanan Kucing

Perhatikan Kandungan Nutrisi pada Makanan Kucing

Hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih rekomendasi makanan kucing terbaik adalah melihat keterangan nutrisi yang tertera pada kemasannya.

 

Berdasarkan penilaian, nutrisi umum yang diperlukan kucing adalah protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.

 

Di dalam protein terdapat taurin yang penting untuk kesehatan fungsi tubuh kucing. Jika kekurangan taurin, kucing bisa mengalami kebutaan, gangguan jantung, bahkan kematian. Unsur lain yang diperlukan adalah lemak.

 

Lemak merupakan sumber energi dan berfungsi untuk menyerap vitamin. Asam lemak yang penting untuk kucing adalah omega-6 dan omega-3 yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan karena alergi dan arthritis.

 

Makanan kucing terbaik mengandung karbohidrat dalam jumlah rendah. Karbohidrat ini diperlukan sebagai energi. Makanan kucing kering mengandung sekitar 40 persen karbohidrat.

Perhatikan Bahan-bahan yang Umum Ada Dalam Makanan Kucing

Perhatikan Bahan-bahan yang Umum Ada Dalam Makanan Kucing

Kucing adalah mahluk karnivora. Jadi, daging adalah unsur utama yang harus ada dalam makanannya. Sumbernya adalah dari ayam, kalkun, atau domba.

 

Bahan selanjutnya yang juga umum adalah meat by-product. Ini adalah bagian dari hewan yang bukan daging seperti darah, tulang, otak, hati, paru-paru, ginjal, dan perut.

 

Selanjutnya ada beef tallow yang merupakan sumber lemak, namun merupakan lemak tak jenuh. Beef tallow memberikan rasa pada makanan kucing. Bahan-bahan makanan lain yang digunakan dalam makanan kucing adalah meal (jaringan hewan yang dihaluskan), bone meal (tulang yang dihaluskan), dan fish meal (ikan utuh atau potongan ikan yang dihaluskan).

 

Kandungan lain yang juga penting dalam makanan kucing terbaik terutama makanan basah adalah air.

 

Kucing yang kekurangan air dapat mengalami gangguan ginjal dan saluran kemih.

 

Daftar bahan-bahan makanan kucing harus berurutan dan memiliki kesesuaian dengan beratnya. Namun perhatikan, kandungan air mempengaruhi beratnya.

 

Jadi, bahan-bahan yang mengandung air seperti ayam dicantumkan paling atas pada daftar bahan makanan basah daripada bahan ayam pada makanan kering.

Usia Kucing

Usia Kucing

Usia anak kucing adalah 4 minggu-1 tahun. Saat usianya mencapai 3-4 minggu, anak kucing mulai tertarik dengan makanan padat. Anak kucing memerlukan nutrisi yang bisa memberikan energi lebih seperti protein dan lemak. Selain itu juga dibutuhkan vitamin, mineral, dan air.

 

Semua ini bertujuan untuk memelihara perkembangan imun, sistem pencernaan, fungsi jantung, dan penglihatan. Kucing tergolong dewasa jika berusia antara 1-7 tahun. Membandingkan dengan anak kucing, kucing dewasa tidak lagi memerlukan kalori berlebih.

 

Makanannya harus seimbang antara protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Di atas usia 7 tahun, kucing tergolong tua.

 

Makanan kucing terbaik untuk golongan ini berperan untuk meningkatkan kesehatan pencernaannya karena metabolismenya melambat seiring pertambahan usia. Selain itu juga berfungsi untuk memelihara sistem imunnya.

Rasa Makanan Kucing

Rasa Makanan Kucing

Berdasarkan pemeriksaan, rasa makanan berpengaruh pada selera kucing. Seringkali terjadi kucing tidak suka dengan suatu makanan tertentu, apalagi jika terjadi peralihan dari makanan basah ke makanan kering.

 

Makanan kucing yang mengandung sedikit bahan-bahan biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu enak bagi kucing meskipun mudah dicerna.

 

Anda perlu melakukan eksperimen dan uji kecocokan dengan berbagai produk makanan kucing. Dengan cara ini, Anda bisa menemukan rekomendasi produk yang tepat, terbaik, dan disukai si meong.

Pertimbangkan Harga Produk

Pertimbangkan Harga Produk

Kucing memerlukan makanan dengan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

 

Berdasarkan evaluasi, makanan kucing berharga murah biasanya mengandung filler karbohidrat.

 

Menurut hasil pengujian, mengonsumsi makanan seperti ini dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah pada kondisi kesehatan kucing.

 

Hal-hal Teknis Lain yang Perlu Diperhatikan

Penamaan Produk

Penamaan Produk

Jika pada kemasan makanan kucing terbaik tertera tulisan “Chicken Cat Food”, maka kandungan ayam dalam kemasan tersebut minimal sebanyak 95 persen, tidak termasuk kandungan airnya.

 

Namun jika tertulis “Chicken and Fish Cat Food”, maka kandungan ayam (sebagai yang disebutkan pertama) harus lebih besar daripada ikan (sebagai yang disebutkan kedua), dan keduanya harus berjumlah 95 persen.

 

Jika ada keterangan “Chicken Cat Dinner”, ini mungkin berarti sebagian besar kandungannya adalah ayam yaitu berkisar antara 94-25 persen. Jika ada keterangan “Cat Food with Tuna”, maka kemungkinan kandungan tunanya hanya sedikit yaitu sekitar 3 persen.

Filler

Filler

Makanan kucing banyak yang mengandung filler karbohidrat dalam jumlah besar. Filler ini dibutuhkan agar makanan kering bisa lebih mudah dibentuk. Filler tersebut misalnya adalah jagung.

 

Padahal menurut penelitian, jagung ini sulit dicerna kucing dan bisa menimbulkan alergi. Selain jagung, digunakan juga gandum dan kedelai sebagai filler. Usahakan untuk menghindari makanan kucing yang mengandung filler.

Merek yang Melakukan Pengujian Terhadap Produknya

Merek yang Melakukan Pengujian Terhadap Produknya

Banyak merek yang tidak memiliki fasilitas dan staf yang memadai untuk melakukan uji praktek produknya dengan hewan sungguhan. Berbeda dengan merek-merek ternama yang memiliki standar pengujian untuk menjaga kualitas produk.

 

Carilah produk makanan kucing terbaik yang lolos uji yang dibuat langsung oleh suatu perusahaan dan bukan pihak ketiga. Dengan begitu, standar kualitasnya berada di bawah kontrol langsung perusahaan tersebut.

 

Jika ada keterangan “produk ini dibuat oleh…”, ini berarti merek perusahaan tersebut langsung memproduksi, mengawasi, dan melakukan tes produk.

 

Jika ada keterangan “”produk ini dibuat untuk..” ini berarti produk tersebut tidak diproduksi dan diawasi oleh merek tersebut, melainkan oleh pihak lain yang ditunjuk merek.

 

Pilih juga merek yang rutin melakukan tes dan analisis terhadap produk makanan kucing terbaiknya. Dengan pengujian ini dipastikan produknya aman dan memiliki nutrisi seimbang.

 

Merek Makanan Kucing Terbaik

Inilah 10 merek makanan kucing terbaik dengan tabel perbandingannya.

Whiskas

 

Makanan kucing terbaik dari WhiskasWhiskas banyak menjadi pilihan para pemilik kucing. Merek ini menyediakan rekomendasi produk makanan kucing terbaik untuk anak kucing, kucing usia 1+, dan kucing usia 7+.  

 

Untuk menjamin kualitasnya, Whiskas bekerja sama dengan Waltham, yaitu pusat nutrisi hewan di Inggris. Hal ini membuat produk-produk terbaik Whiskas kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan kucing. 

 

Semua produk Whiskas terbuat dari bahan segar seperti contohnya tuna, makarel, white fish, salmon, dan ayam. Ada dua jenis makanan yang tersedia yaitu makanan kering dan makanan basah. 

 

Khusus makanan kering untuk anak kucing juga dilengkapi dengan susu.Tersedia dalam dua kemasan yaitu pouch dan kaleng.

 

Me-O

 

Me-O memiliki rekomendasi produk makanan kucing terbaik yang sudah sesuai dengan standar gizi yang ditetapkan oleh National Research Council (NRC) dan Association of American Feed Control Officials (AAFCO) di Amerika Serikat. 

 

Makanan kucing terbaik ini ada yang tersedia untuk semua jenis kucing, kucing dewasa, dan anak kucing. Bahan-bahan utamanya antara lain adalah ayam, tuna, dan red snapper. 

 

Ada pula makanan kucing yang dilengkapi untuk mengatasi masalah hairball pada kucing. Produk ini mengandung serat khusus untuk memelihara kesehatan pencernaan kucing. 

 

Ada dua pilihan makanan kucing terbaik yaitu makanan kering dan makanan  basah. Anda bisa memilih antara kemasan kaleng atau pouch.

 

Life Cat

 

Rekomendasi produk makanan kucing terbaik dari Life Cat memiliki tekstur halus sehingga mudah dicerna oleh kucing. Untuk jenis makanan basahnya cukup banyak memiliki cairan. 

 

Dengan mengonsumsi makanan kucing dari Life Cat, sistem pencernaan kucing dan daya tahannya terpelihara, otot-otot tubuhnya menjadi sehat dan kuat,  bulunya lebat dan mengkilap, dan mengurangi kemungkinan obesitas. 

 

Ada berbagai rasa lezat yang tersedia untuk makanan kucing basah terbaik yaitu ayam, salmon, tuna, ayam-tuna, dan ayam-salmon. 

 

Kemasannya tersedia dalam bentuk kaleng ukuran 400 gram, sachet ukuran 85 gram untuk makanan basah, dan pouch repack ukuran 1 kg serta original pack 20 kg untuk makanan kering. 

 

Anda bisa memilih produk makanan kucing terbaik untuk anak kucing atau kucing dewasa.

 

Royal Canin

 

Jika menginginkan rekomendasi makanan kucing terbaik dan lengkap, Anda bisa memilih Royal Canin. Merek ini menyediakan produk untuk anak kucing, kucing dewasa, dan kucing ras murni. 

 

Makanan basah terbaik untuk anak kucing tersedia untuk anak kucing persia dan anak kucing biasa. Agar sistem pencernaannya lancar, makanan untuk anak kucing dilengkapi dengan L.I.P , suatu zat protein yang memiliki tingkat daya cerna hingga 90 persen. 

 

Selain makanan basah dan kering biasa untuk kucing dewasa, Royal Canin juga menyediakan makanan khusus untuk memelihara kesehatan saluran kemih serta kulit dan bulu. 

 

Untuk kucing Persia, tersedia makanan kucing khusus dengan nutrisi yang fokusnya pada kesehatan kulit dan bulu, serta mengurangi hair ball.

 

Cat Choize

 

Cat Choize menyediakan rekomendasi produk makanan kucing terbaik untuk anak kucing (0-12 bulan) dan kucing dewasa (1 tahun ke atas). Rasa yang tersedia adalah salmon, tuna, tuna with milk, tuna dan salmon. 

 

Tekstur makanan kucing ini renyah dan bermanfaat untuk mencegah terbentuknya karang gigi pada kucing. Produk makanan kucing terbaik ini dibuat dengan pola diet yang seimbang. 

 

Dilengkapi pula dengan anti-FLUTD untuk mengurangi risiko penyakit saluran kemih. Makanan kucing terbaik ini mengandung sejumlah nutrisi penting seperti asam lemak omega 6, zinc, taurin, vitamin D, kalsium, dan fosfor. 

 

Kandungan serat pilihannya dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Produk-produk Cat Choize cocok untuk semua jenis kucing.

 

Smart Heart for Cats

 

Smart Heart for Cats memiliki rekomendasi makanan kucing terbaik yang terbuat dari daging dan ikan asli. Ada pula tambahan minyak ikan yang mengandung DHA dan kolin dari lesitin untuk memelihara kesehatan otak dan saraf. 

 

Tak cuma itu, makanan kucing terbaik ini juga memiliki formula untuk mencegah munculnya penyakit saluran kencing. Nutrisi penting lainnya yang ditambahkan adalah taurin,omega 3 dan 6, kalsium, dan fosfor. 

 

Jenis yang tersedia hanya makanan kering untuk anak kucing (0-12 bulan) dan kucing dewasa (1 tahun ke atas). Makanan untuk anak kucing memiliki perpaduan rasa ayam, ikan, telur, dan susu. 

 

Sedangkan makanan untuk kucing dewasa memiliki empat pilihan rasa terbaik yaitu tuna, seafood, salmon, dan ayam-tuna.

 

Bolt

 

Merek Bolt hanya menyediakan makanan kering dan untuk kucing dewasa saja. Ada dua rasa terbaik yang tersedia yaitu tuna yang berbentuk donat dan ikan serta  salmon yang berbentuk bulat. 

 

Sejumlah nutrisi utama seperti taurin, vitamin, mineral, dan antioksidan ada di dalam rekomendasi produk makanan kucing terbaik ini. Kandungan proteinnya mencapai jumlah minimal yaitu 28 persen. 

 

Produk-produk terbaik ini juga dapat mengurangi risiko penyakit saluran kencing. Manfaat lainnya adalah dapat menjaga kekebalan tubuh, menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan penglihatan, dan membuat bulu kucing mengkilap. 

 

Makanan kucing terbaik ini bisa dikonsumsi oleh segala jenis kucing. Umumnya Bolt tersedia dalam kemasan repack 1 kg dan fresh pack 20 kg.

 

Cleo

 

Cleo memiliki rekomendasi makanan kucing terbaik untuk dewasa dengan pilihan rasa makarel, daging sapi, seafood, salmon, dan tuna. Sedangkan makanan untuk anak kucing hanya tersedia satu varian saja. 

 

Makanan ini terbuat dari daging ayam asli dengan rasa ikan. Ada pula makanan khusus dan terbaik untuk kucing persia yang dibuat dari ayam asli. Produk ini diklaim disukai oleh segala jenis kucing persia termasuk yang pemilih makanan. 

 

Di dalam semua makanan kucing terbaik ini memiliki sejumlah zat penting seperti taurin, omega 3 dan 6, dan vitamin A. Selain itu juga terdapat prebiotik untuk menjaga daya tahan tubuh. Makanan kucing dari Cleo cocok untuk segala jenis kucing.

 

Real Power

 

Jika Anda peduli dengan kesehatan kucing peliharaan Anda, berikan saja produk makanan kucing dari Real Power. Ada dua rekomendasi makanan kucing terbaik yang disediakan yaitu varian Fluffy and Shiny dan Stomach Sensitive

 

Keduanya terbuat dari ayam segar dan peptida ayam hidrolisis. Dilengkapi pula dengan sayuran, buah, dan multiprebiotik untuk melancarkan pencernaan. 

 

Produk-produk terbaik ini juga melancarkan pengeluaran bulu akibat hairball dan tidak menimbulkan alergi. Varian Stomach Sensitive dapat menyeimbangkan imun tubuh karena adanya kandungan laktoferin dan β-Glucan. 

 

Sedangkan varian Fluffy and Shiny dapat membuat bulu kucing berkilau berkat kandungan cod oil dan kolagen. Keduanya juga tidak mengandung biji-bijian dan zat tambahan.

 

Pro Plan

 

Merek terakhir yang memiliki rekomendasi produk makanan kucing yang terbaik dan lengkap adalah Pro Plan. 

 

Bahan-bahan pilihan digunakan untuk produk-produknya seperti daging ayam terdehidrasi, domba, salmon, dan tuna. Produk makanan kucingnya terdiri dari dua jenis yaitu basah dan kering. 

 

Makanan untuk anak kucing memiliki nutrisi unggulan seperti kolostrum untuk meningkatkan imunitas dan memelihara pencernaan, DHA untuk kesehatan otak dan mata, serta antioksidan untuk imunitas. 

 

Sedangkan makanan untuk kucing dewasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan pencernaan. Tersedia pula makanan untuk kucing tua berusia 7 tahun ke atas yang berguna untuk memelihara kesehatan organ tubuh dan memperpanjang usia. 

 

Pro Plan juga menyediakan makanan kucing khusus untuk memelihara kesehatan saluran kencing, pencernaan sensitif, menjaga kesehatan kulit dan rambut, dan menurunkan berat badan.

 

Cara Memberi Makanan Kucing

Mengatur porsi makanan kucingPorsi makanan yang harus diberikan kepada kucing bergantung pada usia dan energi yang dikeluarkan. Anak kucing direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan kering terbaik sebanyak ½ hingga 1 cup per hari. Sedangkan makanan basah bisa diberikan 6 hingga 9 ons per hari yang dibagi untuk tiga kali makan.

 

Kucing dewasa perlu makan 4-5 kali sehari dalam porsi kecil. Dengan porsi kecil, maka saluran buang air kecilnya terpelihara dan mereka menjadi konsisten dengan pola pemberian makan ini.

 

Kucing yang sudah tua (7 tahun ke atas) memerlukan makanan yang rendah kalori dan serat. Karena kebanyakan mereka mengalami gigi tanggal, maka makanan kucingnya harus sedikit lembut. 

 

Jadi, makanan kucing kering bisa diberi sedikit air atau dicampur dengan makanan basah.

Berikan campuran makanan basah dan kering secara berdampingan. Hal ini bertujuan untuk memastikan asupan cairan yang cukup untuk kucing agar tidak mengalami masalah gangguan buang air kecil. 

Pemberiannya bisa bervariasi, misalnya makanan basah dan kering dicampur, lalu diberikan dua atau tiga kali sehari. Bisa juga dengan memberikan makanan basah di pagi hari dan di malam harinya diberikan makanan kering.

 

Untuk mengatasi kucing yang bosan dengan makanan yang itu-itu saja, Anda bisa memberikan makanan kucing terbaik yang sedikit dihangatkan, makanan yang berprotein atau lemak tinggi, makanan yang memiliki bau tajam, atau memberikan makanan yang berbeda. 

 

Makanan kucing juga bisa diberi sedikit air, jika kucing kurang tertarik dengan makanannya. Hal ini bertujuan untuk melunakkan makanan dan mengeluarkan aromanya.

 

Perhatikan juga pemberian makanan untuk kucing di dalam dan luar ruangan. Sebenarnya keduanya memiliki kemiripan yaitu membutuhkan nutrisi yang sama. Hal yang membedakan hanya porsinya saja. 

 

Sebagai perbandingan, kebanyakan kucing di dalam ruangan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berbaring saja. Jadi, jika diberikan porsi makanan yang sama dengan kucing luar ruangan, maka akan mengakibatkan kenaikan berat badan. 

 

Selain itu kucing dalam ruangan lebih sering mengalami hairball karena pertumbuhan bulunya tidak mengikuti siklus musiman seperti yang dialami kucing outdoor.

 

Letakkan mangkuk makanan kucing di tempat yang sejuk, kering, jauh dari sinar matahari, dan tidak terkontaminasi serangga. Cucilah mangkuk ini setiap hari. Jika dalam waktu 4 jam makanan masih tersisa di dalam mangkuk, maka harus segera dibuang.

 

Gunakan rekomendasi makanan kucing terbaik sebelum tanggal kedaluwarsa. Meskipun kemasannya belum dibuka, aromanya tidak berubah, dan tidak ada tanda-tanda kerusakan, namun nutrisi pada makanan kucing tersebut telah hilang.

 

Cara Menyimpan Makanan Kucing

Makanan kucing terbaik harus disimpan dengan cara yang benar agar tetap terjaga kesegarannya dan tidak timbul bakteri. Cara penyimpanan makanan kering dan basah juga berbeda.
  • Makanan Kering
  • Makanan Basah
Simpanlah makanan kucing kering tetap dalam kemasannya agar rasanya tidak berubah. Simpan di tempat yang sejuk dan kering pada suhu di bawah 38 derajat C.

 

Makanan kucing kering yang disimpan di tempat yang hangat bisa menyebabkan kerusakan vitamin di dalamnya dan menjadi membusuk. Sebaiknya tetap simpan makanan kucing dalam kemasan aslinya. Jika dipindahkan ke wadah plastik atau karet, maka bisa mempengaruhi rasanya.

 

Namun, Anda bisa memindahkannya ke wadah logam yang dilengkapi dengan tutup agar makanan tetap segar.

 

Berilah keterangan kedaluwarsa makanan kucing pada wadah ini sesuai dengan keterangan pada kemasan aslinya. Jika kemasan makanan kering ini sudah dibuka, lipat bagian atas kemasannya dan jepit dengan klip.

Makanan kucing basah yang sudah dibuka harus disimpan di dalam kulkas untuk mempertahankan kelembapan dan rasanyanya dan menghindari paparan udara.

 

Masukkan kemasan ini ke dalam wadah kedap udara, baru dimasukkan ke dalam kulkas pada suhu 4,4-7,2 derajat Celsius selama 1-5 hari.

 

Jika lebih dari itu, maka harus dibuang. Makanan kucing basah tidak boleh dibekukan karena tekstur dan rasanya bisa berubah.

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Makanan_kucing

https://www.halodoc.com/artikel/makanan-basah-atau-kering-untuk-kucing-mana-yang-lebih-baik

https://www.antaranews.com/berita/1590586/kucing-hanya-diberi-makanan-kering-bolehkah

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/23/100400176/makanan-basah-vs-kering-kelebihan-dan-kekurangannya-untuk-kucing?page=all

https://www.catlovers.id/tips-menyimpan-wet-food/

 

Hal yang sering ditanyakan

Apakah makanan kucing bisa dikonsumsi oleh anjing?

Makanan kucing terbaik cenderung tinggi lemak, kalori, dan protein sehingga tidak cocok untuk anjing. Hal ini juga bisa menyebabkan masalah pencernaan pada anjing.

Apakah kucing boleh makan makanan anjing?

Jika porsinya sedikit boleh-boleh saja. Namun jika diberikan terus-menerus bisa menyebabkan komplikasi.

Mengapa kucing saya selalu lapar?

Hal ini bisa menjadi pertanda ada masalah yang berhubungan dengan kesehatannya.

Apakah kucing boleh diberi makan makanan basah saja?

Hal yang lebih baik adalah memberikan kombinasi antara makanan basah dan kering. Namun, nantinya kucing akan menentukan sendiri seleranya.

Apakah kucing boleh makan makanan kering saja?

Boleh-boleh saja asal nutrisinya seimbang. Jangan lupa untuk memberikan air minum yang segar untuk memenuhi asupan cairannya.

Apa makanan yang cocok untuk kucing dengan perut sensitif?

Berikan makanan yang terbuat dari daging utuh dan berikan suplemen vitamin yang tepat.

Apakah kucing bisa bosan makan makanan yang sama?

Bisa. Memberikan makanan yang sama terus-menerus juga bisa menimbulkan alergi.

Mengapa kucing tidak menghabiskan makanannya?

Ini berarti kucing sudah kenyang. Apalagi kucing memiliki perut yang kecil.

Mangkuk seperti apa yang cocok untuk makanan kucing?

Mangkuk keramik, stainless steel, atau melamin bisa menjadi wadah makanan kucing. Mangkuk plastik bisa menyerap aroma sehingga kucing bisa tidak mau makan.

Mengapa kucing menggaruk lantai di sekitar makanannya?

Ini adalah insting kucing agar aman sekaligus menyembunyikan jejaknya dari predator lain.

Tinggalkan Balasan