Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kipas Angin im Test auf ExpertenTesten.de
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
8893 Baca ulasan

🥇 Kipas Angin Terbaik 2022 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Udara panas memang dapat datang kapan saja. Untuk mengusir hawa panas tersebut, salah satu langkah paling mudah dan terbaik yang banyak direkomendasikan adalah dengan membeli kipas angin. Salah satu pertimbangannya adalah karena harga kipas angin lebih murah dan mudah untuk dipasang. Kipas angin banyak dipilih mengingat harganya yang murah. Sehingga dengan biaya yang murah Anda suda bisa mendapatkan udara yang segar. Selain itu, berdasarkan beberapa survey dan penelitian, sirkulasi udara yang dihasilkan oleh kipas angin, lebih baik dibandingkan dengan sirkulasi yang dihasilkan oleh AC. Jika Anda belum bisa menemukan kipas angin terbaik yang akan Anda beli, berikut ini beberapa produk-produk kipas angin terbaik yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan daftar kipas angin terbaik tersebut, sebelumnya telah dilakukan berbagai macam pengujian seperti tes produk hingga tes daya tahan, salah satunya adalah dengan cara uji coba seperti menyalakan kipas angin tanpa henti.

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi
Filter aktivieren >

Apa itu kipas angin?

Mengenal Kipas AnginKipas angin adalah alat yang yang berfungsi untuk menyegarkan ruangan dengan cara menghembuskan angin. Kipas angin dilengkapi dengan baling-baling untuk menghasilkan angin. Kipas angin dapat digunakan apabila terhubung dengan tenaga listrik.

 

Siapa yang memerlukan kipas angin?

Semua orang yang menginginkan rumahnya tetap sejuk memerlukan kipas angin. Selain untuk menyegarkan udara di rumah, kipas angin juga diperlukan oleh perkantoran.

 

Kegunaan kipas angin

Kipas angin berguna untuk menyegarkan suhu ruangan, melancarkan aliran udara di suatu ruangan. Selain itu, angin yang dihasilkan oleh kipas angin juga bisa digunakan untuk mengeringkan baju atau membantu menyalakan bara api.

 

Jenis-jenis kipas angin

Secara umum, kipas angin memiliki kemiripan bentuk satu dengan yang lainnya. Namun, berdasarkan cara penggunaan dan penempatan kipas angin, kipas angin terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu

 

  • Standing fan, jenis kipas angin yang pertama adalah standing fan. Kipas angin ini memiliki tiang, sehingga untuk  menggunakan kipas angin ini, Anda hanya perlu mendirikan kipas angin ini pada tempat yang strategis, sehingga angin yang dikeluarkan menyebar rata.
  • Floor Fan, untuk penggunaan kipas angin jenis ini, cukup diletakkan di lantai dan diarahkan ke bagian ruangan yang memerlukan angin dari floor fan.
  • Wall Fan, untuk menggunakan kipas angin jenis ini, kipas angin harus ditempelkan pada tembok terlebih dahulu.
  • Ceiling Fan, cara penggunaan kipas angin jenis ini adalah dengan cara digantung. Pada jenis ini, biasanya bentuk dari baling-baling dibuat dengan bentuk yang menarik, karena kipas angin jenis ini biasanya dipasang pada ruangan yang dilihat oleh banyak orang. 

 

Pertimbangkan beberapa hal ini sebelum membeli kipas angin

Pertimbangan memilih kipas anginSebelum Anda membeli kipas angin, saya merekomendasikan untuk mempertimbangkan kipas angin yang akan Anda beli, dengan ruangan yang akan Anda.

 

Karena apabila Anda membeli kipas angin yang tidak memiliki kesesuaian dengan ruangan Anda, maka pemberian kipas angin pada ruangan akan menjadi tidak maksimal. 

Pilih kipas angin yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda

Pilih kipas angin yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda

Fungsi utama dari kipas angin adalah untuk menyejukan ruangan Anda. Namun, jika Anda membeli kipas angin yang terlalu kecil untuk ruangan Anda, maka fungsi tersebut tidak akan maksimal, ruangan akan cepat panas. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menghitung dengan teliti kebutuhan kipas angin untuk ruangan Anda.

Konsumsi daya listrik

Konsumsi daya listrik

Pada saat digunakan, kipas angin menggunakan tenaga dari energi listrik. Apabila Anda sering menggunakan kipas angin, direkomendasikan untuk memilih kipas angin dengan konsumsi tenaga listrik yang cukup kecil. Untuk konsumsi kipas angin pada umumnya berada di angka 40 hingga 40 watt. Dengan demikian, tagihan listrik Anda tidak akan membengkak akibat penggunaan kipas angin.

Fitur dari kipas angin

Fitur dari kipas angin

Semakin berkembanganya teknologi, juga mempengaruhi fitur yang ada di kipas angin. Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh kipas angin adalah fitur timer. Dengan timer, Anda tidak perlu khawatir saat menyalakan kipas angin. Selain timer, beberapa kipas angin keluaran terbaru juga sudah dilengkapi dengan sensor terbaik yang bertugas mematikan kipas angin yang panas, karena digunakan terlalu lama.

Perhatikan jumlah baling-baling pada kipas angin

Perhatikan jumlah baling-baling pada kipas angin

Baling-baling merupakan salah satu komponen terpenting dari kipas angin. Secara umum, jumlah baling-baling pada kipas angin berjumlah 3 hingga 4 baling-baling. Semakin banyak jumlah baling-baling, maka semakin cepat angin yang dihasilkan. Masing-masing perusahaan pembuat kipas angin, memiliki teknologi terbaik untuk baling-baling kipas angin buatannya. 

Suara yang dihasilkan oleh kipas angin

Suara yang dihasilkan oleh kipas angin

Kipas angin akan menghasilkan suara yang cukup keras saat digunakan. Hal ini dikarenakan berputarnya baling-baling untuk menghasilkan angin. Namun, untuk produk-produk kipas angin terbaru, suara yang  dihasilkan saat kipas angin digunakan sudah tidak terlalu keras. Jika Anda akan menggunakan kipas angin pada ruang meeting atau kamar bayi, direkomendasikan untuk mencari kipas angin terbaik yang tidak mengeluarkan bunyi.

Desain kipas angin

Desain kipas angin

Hal yang direkomendasikan untuk diperhatikan selanjutnya adalah desain dari kipas angin. Beberapa perusahaan membuat kipas angin dengan desain terbaik yang bisa Anda pilih. Desain kipas angin perlu Anda perhatikan mengingat kipas angin dapat ditempatkan pada ruang tamu, sehingga direkomendasikan untuk memilih desain kipas angin yang  sesuai dengan ruangan Anda, agar kipas angin semakin serasi dengan rumah Anda. 

Garansi kipas angin

Garansi kipas angin

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan saat membeli kipas angin adalah garansi kipas angin. Pada umumnya, beberapa perusahaan pembuat kipas angin, memberikan garansi yang cukup beragam, mulai dari 1 hingga 5 tahun. Namun biasanya, tidak semua bagian kipas angin diberikan garansi hingga 5 tahun, hanya bagian motor penggerak saja yang memiliki garansi hingga 5 tahun. Direkomendasikan untuk membeli kipas  angin dengan garansi terbaik.

 

Definisi Istilah Pada Kipas Angin

istilah yang ditemui dalam membeli kipas anginAnda akan menjumpai beberapa istilah pada saat memilih kipas angin. Istilah-istilah tersebut biasanya merupakan fitur-fitur yang ada di kipas angin.

 

Anda bisa menggunakan istilah tersebut saat mencari kipas angin terbaik untuk Anda. Berikut ini beberapa definisi yang terdapat pada spesifikasi kipas angin.

  • Dinamo
  • Auto Lubricant
  • Thermofuse Protection
  • 2 in 1
  • Watt
Bagian dari kipas angin yang berfungsi untuk mengubah energi listrik untuk menggerakkan baling-baling kipas angin. Direkomendasikan untuk mencari kipas angin dengan dinamo terbaik supaya kipas angin Anda tidak mudah rusak.
Salah satu fitur terbaik pada perangkat kipas angin. Teknologi Auto Lubricant akan memudahkan Anda dalam perawatan kipas angin. Karena kipas angin akan secara otomatis mengeluarkan pelumas pada mesin penggerak kipas angin.
Fitur terbaik ini dimiliki oleh beberapa kipas angin keluaran terbaru. Pada fitur ini, kipas angin otomatis akan berhenti apabila bagian mesin penggerak panas.
Kode ini menunjukan bahwa kipas angin dapat digunakan dalam 2 bentuk, biasanya kipas angin bisa digunakan untuk stand fan dan floor fan. Hampir semua kipas angin terbaik memiliki fitur ini.
Merupakan satuan daya listrik yang digunakan oleh kipas angin. Daya yang dibutuhkan oleh kipas angin cukup beragam, mulai dari 20 watt hingga 60 watt.

 

10 Merk Kipas Angin Terbaik Untuk Anda

Mengenal Merk Kipas Angin di pasaranUntuk Anda yang baru pertama kali membeli  kipas angin, Anda bisa mencari informasi di beberapa marketplace untuk mencari kipas angin terbaik. Namun, jika Anda belum bisa menemukan kipas angin terbaik yang cocok untuk rumah atau kantor Anda, Berikut ini merk kipas angin dengan penilaian terbaik yang bisa menjadi bahan analisis serta evaluasi untuk menentukan  kipas angin pilihan Anda. 

 

Panasonic

Panasonic merupakan salah satu perusahaan terbaik asal Jepang yang sudah berpengalaman dalam membuat alat-alat elektronik. Panasonic juga memiliki produk kipas angin terbaik

 

Panasonic memiliki desain yang elegan sehingga cocok untuk ditempatkan pada ruang tamu maupun ruang meeting. Kipas angin Panasonic juga memiliki berbagai macam pilihan warna, mulai dari hijau hingga orange. 

 

Untuk bahan pembuat kipas angin, Panasonic menggunakan bahan yang ramah lingkungan, yang lolos uji tes ketahanan. Untuk memudahkan penggunaannya, kipas angin buatan Panasonic juga sudah dilengkapi dengan timer dan remote control

 

Untuk hembusan kipas angin buatan Panasonic sudah teruji kemampuannya, karena dapat mencapai jarak 3 meter. Sama dengan produk-produk kipas angin keluaran terbaru, kipas angin ini juga tidak berisik saat digunakan.

 

Miyako

Selain Panasonic, perusahaan asal Jepang terbaik lainnya yaitu Miyako juga memiliki produk kipas angin terbaik. Miyako membuat kipas angin dengan berbagai jenis, mulai dari stand fan hingga kipas angin dinding. 

 

Kipas angin Miyako terbuat dari plastik, sehingga tidak begitu berat saat dipindahkan. Kipas angin Miyako memiliki 3 pilihan kecepatan. Sama seperti dengan produk kipas angin lainnya, kipas angin stand fan buatan Miyako juga bisa diatur ketinggiannya. 

 

Untuk penggunaan kipas angin Miyako, Anda membutuhkan listrik sekitar 55 watt. Miyako juga memiliki kipas angin yang dilengkapi dengan remote control. Selain remote, beberapa kipas angin Miyako juga sudah dilengkapi dengan timer. 

 

Untuk garansi produknya, Miyako memberikan garansi 1 tahun untuk produk kipas anginnya.

 

Sanken

Salah satu perusahaan alat elektronik lokal terbaik yang produknya banyak dikenal oleh masyarakat adalah Sanken. Selain membuat peralatan elektronik untuk rumah tangga seperti kulkas, Sanken juga membuat kipas angin yang sudah teruji daya tahan tahannya. 

 

Meskipun dominan bahan kipas angin Sanken terbuat dari plastik, namun Anda tidak perlu khawatir, karena plastik yang digunakan merupakan plastik yang lolos uji ketahanan dengan nilai terbaik dan aman untuk digunakan. 

 

Untuk pilihan warna kipas angin, kipas angin Sanken memiliki beberapa pilihan warna, seperti warna pink dan merah hitam. Untuk ukuran baling-baling pada kipas angin, Sanken menggunakan baling-baling dengan ukuran 12 inch. Sama dengan produk kipas angin lainnya, kipas angin Sanken memiliki tiga pilihan kecepatan. 

 

Sekai

Kipas angin terbaik buatan lokal lainnya adalah kipas angin buatan Sekai. Berbeda dengan kipas angin kebanyakan, kipas angin Sekai menggunakan bahan stainless terbaik, sehingga kipas angin tidak mudah rusak. 

 

Kipas angin Sekai dapat bergerak ke kanan maupun ke kiri saat digunakan, selain itu pada dengan kipas angin jenis stand fan buatan Sekai, kepala kipas angin dapat berputar 360 derajat, sehingga angin yang dihasilkan dapat menjangkau ke seluruh ruangan. 

 

Untuk penggunaan listrik, kipas angin Sekai cukup hemat, seperti pada kipas angin meja buatan Sekai yang hanya menggunakan energi listrik sebesar 20 watt saja. Untuk masa garansi, Sekai memberikan garansi yang cukup lama untuk produk kipas angin buatannya, yaitu selama 3 tahun.

 

Maspion

Tidak ingin kalah bersaing dengan produk kipas angin buatan luar negeri, Maspion yang merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dan terbaik di Indonesia juga membuat kipas angin terbaik. Jenis-jenis kipas angin yang dibuat oleh Maspion cukup banyak, mulai dari kipas angin duduk hingga kipas angin dinding.  

 

Untuk ukuran kipas angin buatan Maspion ini, tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari 12 hingga 16. Beberapa hasil pengujian terhadap kipas angin Maspion menunjukan bahwa konsumsi listrik kipas angin buatan Maspion juga cukup rendah. Sehingga tidak memberatkan tagihan listrik Anda. 

 

Suara yang dihasilkan kipas angin buatan Maspion ini juga tidak berisik, sehingga dapat Anda gunakan untuk kamar tidur.

 

Philips

Selain membuat peralatan elektronik dan lampu terbaik, perusahaan asal Belanda juga membuat kipas angin. Baling-baling kipas angin buatan Philips ini menggunakan teknologi terbaik, sehingga angin yang dihasilkan dapat menjangkau ke seluruh ruangan. 

 

Selain baling-balin terbaik, kipas angin ini juga menggunakan motor penggerak terbaik sehingga perputaran baling-baling akan berputar lebih cepat. Walaupun menggunakan baling-baling berputar lebih cepat, suara yang dihasilkan kipas angin buatan Philips cukup senyap, sehingga bisa Anda gunakan di kamar tidur Anda. 

 

Philips memiliki dua jenis kipas angin, yaitu stand fan dan wall fan. Untuk daya listrik yang digunakan oleh kipas angin ini adalah sebesar 55 hingga 65 watt. Sama dengan beberapa produk kipas angin lainnya, Philips juga memberikan garansi untuk kipas anginnya selama 5 tahun.

 

Cosmos

Salah satu kipas angin terbaik buatan asli Indonesia selanjutnya adalah kipas angin buatan Cosmos. Sama dengan beberapa produk kipas angin terbaik lainnya, Cosmos memiliki beberapa pilihan kipas angin, mulai dari kipas angin berdiri dan kipas angin dinding. 

 

Kipas angin Cosmos dilengkapi dengan tombol untuk mengatur tiga tingkatan kecepatan kipas angin. Tombol kontrol pada kipas angin Cosmos menggunakan desain tombol piano, sehingga mempermudah penggunaan kipas angin ini. 

 

Untuk bagian baling-baling, Cosmos menggunakan baling-baling dengan desain aerodinamis, sehingga kualitas angin yang dihasilkan tidak diragukan lagi. Untuk penggunaan daya listrik, kipas angin Cosmos ini, menggunakan daya sekiat 46 watt. 

 

Untuk masa garansi, Cosmos memberikan garansi motor pada kipas angin buatannya selama 5 tahun.

 

Midea

Selain kipas angin asal Jepang dan Indonesia, kipas angin terbaik lainnya juga hadir dari perusahaan asal Cina yaitu Midea. Kipas angin Midea menggunakan baling-baling berukuran 16 inch, sehingga angin yang dihasilkan lebih banyak dan lebih merata. 

 

Walaupun menghasilkan angin yang lebih banyak, suara yang dihasilkan kipas angin saat digunakan tidak berisik, sehingga nyaman untuk digunakan pada kamar maupun ruang tamu. 

 

Selain menggunakan baling-baling terbaik, kipas angin Midea juga menggunakan motor penggerak terbaik. Motor penggerak ini juga sudah dilengkapi dengan auto lubrication, sehingga Anda tidak perlu memberikan pelumas pada kipas angin Anda. 

 

Untuk memudahkan Anda dalam penggunaan kipas angin ini, Midea memberikan fitur timer pada kipas angin buatannya.

 

Nagoya

Salah satu kipas angin yang memiliki ukuran terbesar adalah kipas angin buatan Nagoya yaitu dengan ukuran 18 inch. Walaupun ukurannya besar, desain kipas angin buatan Nagoya tetap terlihat elegan. 

 

Selain itu, Nagoya juga memiliki kipas angin dengan desain kartun yang cocok untuk digunakan pada kamar anak-anak. Kipas angin Nagoya hadir dengan dua pilihan kecepatan yaitu dua dan tiga kecepatan kipas angin. 

 

Angin yang dihasilkan kipas  angin ini juga cukup kuat dan mampu menyebar secara cepat. Fitur unggulan yang ada pada kipas angin ini adalah teknologi Thermo Safe, fitur ini berfungsi untuk mematikan kipas angin secara otomatis ketika motor kipas angin mengalami panas berlebih.

 

Denpoo

Kipas angin terbaik selanjutnya adalah kipas angin buatan Denpoo. Denpoo sendiri sudah dikenal dengan produk-produk air conditionernya. Kipas angin Denpoo terbuat dari bahan plastik terbaik, sehingga kipas angin tidak mudah rusak walaupun digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

 

Meskipun kipas angin Denpoo terbuat dari bahan terbaik, Denpoo tetap memberikan garansi produknya selama 1 tahun. Untuk pilihan warna, produk kipas angin Denpoo didominasi oleh warna putih. 

 

Untuk fitur tambahan, Denpoo memberikan fitur tambahan berupa lampu emergency dan fitur timer pada kipas angin buatannya. Untuk pilihan kecepatan kipas angin, Denpoo memiliki tiga pilihan kecepatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Cara Merawat Kipas Angin Agar Tidak Cepat Rusak

Agar kipas angin Anda tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan selalu menghasilkan angin terbaik, dibutuhkan langkah-langkah perawatan terhadap kipas angin Anda. Selain perawatan, direkomendasikan juga untuk memperhatikan penggunaan kipas angin. Berikut ini beberapa cara yang biasa digunakan agar kipas angin tidak mudah rusak.

 

Gunakan kipas angin dengan bijak

Meskipun Anda sudah memiliki kipas angin terbaik, namun tidak direkomendasikan untuk menyalakan kipas angin tanpa henti. Beberapa hasil dari uji praktek terhadap kipas angin yang dinyalakan tanpa henti, bahwa menyalakan kipas angin tanpa henti, dapat meningkatkan potensi kerusakan pada kipas angin Anda. 

 

Bersihkan kipas angin secara rutin

Cara membersihkan kipas angin agar tidak rusakMembersihkan kipas angin secara rutin, juga merupakan salah satu cara terbaik yang banyak direkomendasikan untuk merawat kipas angin. Kipas angin yang sering digunakan akan kotor karena banyak menempel debu.

 

Jika memungkinkan, buka bagian atas kipas angin, agar leluasa saat membersihkan baling-baling kipas angin. Selain membersihkan baling-baling, bagian dari kipas angin lainnya yang harus rutin dibersihkan adalah bagian dinamo kipas angin.

 

Pastikan kabel kipas angin tidak terlilit atau tertekuk

Salah satu bagian terpenting dari kipas angin adalah bagian kabel power. Apabila kabel power ini mengalami kerusakan, maka kipas angin tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk selalu memperhatikan kabel kipas angin Anda agar tidak dalam kondisi tertekuk. 

 

Letakkan kipas angin pada tempat yang aman

Kipas angin merupakan alat yang rentan terhadap air, oleh karena itu, karena rangkaian elektronik dapat mengalami kerusakan apabila terkena air.  direkomendasikan untuk meletakkan kipas angin jauh dari air.

 

Misalnya kipas angin meja, hendaknya kipas angin tersebut diletakan di tempat yang aman, jauh dari gelas berisi air. Kemudian apabila terdapat kebocoran atap yang berdekatan dengan kipas angin dinding atau kipas gantung Anda, direkomendasikan untuk melepas kipas angin terlebih dahulu agar tidak terkena air hujan.

 

Tips Untuk Memilih Kipas Angin Sesuai Dengan Ruangan Anda

Meskipun Anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih kipas angin, masih terdapat tips terbaik yang berguna untuk mempermudah Anda menemukan ukuran kipas angin yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Dengan tips ini, Anda tidak perlu melakukan uji kecocokan dan eksperimen pada semua kipas angin. Berikut ini tips untuk memilih kipas angin berdasarkan ukuran kipas angin.

 

  • Ukuran kipas 6-10 inch, kipas ini cocok digunakan di meja.
  • Ukuran ruangan 10 hingga 20 meter persegi, Anda dapat menggunakan kipas angin dengan ukuran 10-14 inch.
  • Ukuran kipas angin 16 inch bisa digunakan untuk ruangan dengan ukuran 30 hingga 50 m persegi. 
  • Ukuran 18 inch, bisa Anda gunakan untuk ruangan 60-80 meter persegi.
  • Ukuran 20 inch bisa digunakan untuk ruangan dengan luas 100 meter persegi.

 

Selain ukuran kipas angin, untuk mendapatkan hasil terbaik, pemasangan kipas angin, khususnya kipas angin dinding juga harus Anda perhatikan, pemasangan kipas angin yang ideal adalah sekitar 2,7 m hingga 3 m. Kipas angin dinding juga direkomendasikan dipasang berdampingan dengan kipas angin gantung, apabila ukuran ruangan yang akan dipasang kipas angin sangat luas.

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kipas_angin

https://id.quora.com/Bagaimana-kipas-angin-bisa-menghasilkan-angin

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/30/161000576/trik-merawat-kipas-angin-agar-tetap-awet?page=all

https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-kerja-kipas-angin-untuk-menghasilkan-energi-gerak-1wy4XlMyIfp

https://hot.liputan6.com/read/4181713/11-jenis-kipas-angin-dan-masing-masing-fungsinya-pilih-sesuai-kebutuhan

 

FAQ

Mana yang lebih bagus, kipas angin atau air cooler?

Keduanya bagus, namun apabila Anda ingin mendapatkan suhu ruangan yang lebih cepat dingin, direkomendasikan untuk menggunakan air cooler. Apabila membandingkan secara harga, kipas angin memiliki harga yang lebih murah.

Bagaimana cara memilih kipas angin untuk kamar bayi?

Cara memilih kipas angin untuk kamar bayi adalah mencari kipas angin yang tidak berisik saat digunakan. Direkomendasikan untuk membandingkan kipas angin yang satu dengan lainnya untuk mendapatkan kipas angin yang tepat.

Apakah Ada Kipas Angin Dilengkapi Dengan Lampu Emergency?

Ada, beberapa kipas angin keluaran terbaru, sudah dilengkapi dengan lampu emergency. Lampu emergency ini akan terisi saat kipas angin terhubung dengan listrik.

Berapa konsumsi listrik untuk satu kipas angin?

Hasil dari berbagai macam tes dan penelitian, untuk satu kipas angin, listrik yang digunakan sekitar 50 hingga 80 watt. Konsumsi listrik kipas angin akan bertambah jika digunakan pada kecepatan yang tinggi.

Apakah Ada Kipas Angin Dinding yang menggunakan remote?

Ada, untuk memudahkan dalam penggunaan kipas angin, beberapa perusahaan kipas angin melengkapi kipas angin buatannya dengan remote control.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kipas Angin yang hemat listrik?

Cara mendapatkan kipas angin yang hemat listrik adalah dengan membaca tabel perbandingan produk kipas angin yang satu dengan yang lainnya. Anda juga bisa membaca review yang membahas mengenai konsumsi listrik oleh kipas angin.

Apakah Ada Kipas Angin Tanpa Baling-Baling?

Ada, selain menggunakan baling-baling, kipas angin keluaran terbaru tidak menggunakan baling-baling. Bahkan perusahaan elektronik lokal juga sudah membuatnya.

Kipas Angin Mana Saja yang buatan Jepang?

Beberapa contoh perusahaan dari Jepang yang membuat kipas angin adalah Panasonic dan Sharp. Produk-produk kipas angin terbaik asal Jepang sudah banyak dijual di Indonesia.

Apakah Ada Kipas Angin untuk Meja?

Ada, biasanya ukuran kipas angin yang untuk meja memiliki ukuran yang lebih kecil. Kekuatan angin yang dihasilkan juga tidak sekuat angin yang dihasilkan oleh kipas angin besar.

Mengapa Kipas Angin Gampang Panas?

Beberapa penyebab kipas angin cepat panas adalah kerusakan pada bearing, komponen bushing sudah mengalami aus hingga gulungan motor yang mengalami konsleting. Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan pemeriksaan sendiri pada kipas angin Anda.

Tinggalkan Balasan