Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kamera Mirrorless im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
19 lama pengujian
5 studi evaluasi
4765 Baca ulasan

🥇 Kamera Mirrorless Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Graha Nurdian
Graha Nurdian

Seorang blogger dan penulis konten yang sudah mengenal dunia IT sejak SMP. Di waktu senggangnya, ia menulis segala sesuatu tentang pemasaran digital di blog pribadinya. Juga, hobi favorit saya adalah menyetel mobil.

Mehr zu Graha

Kamera Mirrorless Daftar Produk Terbaik 2021

Kamera Mirrorless Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Kamera Mirrorless?

Kamera mirrorless terbaik yang kecil di tanganSesuai namanya, kamera mirrorless adalah kamera tanpa cermin. Pemantul cahaya atau mirror box pada kamera dihilangkan, dimana fungsi mirror box adalah untuk membelokkan cahaya melalui lensa menuju jendela bidik optik.

 

Tanpa mirror box, ukuran kamera mirrorless menjadi lebih ringkas, dan lazim dikenal sebagai Mirrorless Interchangeable Lens Camera (MILC). Kualitas gambar yang hasil pengujian pada kamera mirrorless sendiri terbilang bagus, serta lensa yang bisa diganti sesuka hati.

 

Mulai muncul sejak tahun 2008, kamera mirrorless kini telah menjadi bagian penting dari penikmat fotografi.

 

Selain ukuran yang lebih compact, tipis, fleksibel, dan ringkas, kamera mirrorless terbaik dilengkapi berbagai fitur canggih yang tak beda jauh dengan kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR).

 

Dengan kamera mirrorless terbaik, Anda bisa mengambil gambar, melihat exposure serta kemudahan menyesuaikan parameter dan kontrol seperti white balance, aperture hingga ISO langsung melalui layar LCD.

 

Cara Kerja Kamera Mirrorless

 

Sistem kerja pada kamera mirrorless terbaik terbilang sangat mudah. Karena tak dibekali dengan mirror box, kamera mirrorless tentu tak memiliki optical viewfinder atau jendela bidik optik. Sehingga saat mengambil gambar, Anda hanya perlu melakukan framing lewat layar LCD atau dikenal dengan Electronic Viewfinder.

 

Keuntungan Menggunakan Kamera Mirrorless

 

 

Siapa sih yang tidak tertarik menggunakan kamera mirrorless terbaik? Fotografer handal sekalipun kepincut dengan kelebihan kamera mirrorless. Mulai dari kecanggihan fitur hingga desain yang compact membuat kamera mirrorless jadi idaman.

 

Berikut keuntungan menggunakan kamera mirrorless.

 

Kecil dan ringan, mudah dibawa ke mana saja

Kecil dan ringan, mudah dibawa ke mana saja

Semakin kecil sensor pada kamera, maka semakin kecil juga ukuran kamera tersebut, termasuk kamera mirrorless. Lebih mudah dibawa, ringkas, ringan dan nyaman. Cocok buat Anda yang hobi traveling atau fotografer jalanan (street photography).

Gambar terbaik yang dihasilkan lebih jernih dan stabil

Gambar terbaik yang dihasilkan lebih jernih dan stabil

Hasil uji dan survey di internet menunjukkan bahwa kelebihan lain dari kamera mirrorless adalah hasil gambar yang lebih stabil. Hal ini dipengaruhi oleh ketiadaan mekanisme mirror atau mirrorless pada kamera sehingga tidak rentan guncangan karena menutup dan membuka mirror atau cermin. Karena itu gambar yang dihasilkan oleh kamera mirrorless terbaik lebih jernih.

Teknologi live preview dan layar sentuh bak smartphone

Teknologi live preview dan layar sentuh bak smartphone

Kamera mirrorless dibekali layar LCD terbaik untuk memudahkan pengguna melihat hasil bidikan gambar. Hasil gambar yang nampak pada kesesuaian LCD dengan yang ditampilkan pada saat live preview. Selain itu, LCD pada kamera mirrorless biasanya sudah touchscreen, memudahkan Anda melakukan setting pada kamera hanya dengan menyentuhnya bak smartphone.

Bisa pasang aksesoris dan gonta ganti lensa

Bisa pasang aksesoris dan gonta ganti lensa

Anda bisa bereksperimen dengan aksesoris terbaik untuk kamera mirrorless yang sangat beragam, mulai dari flash external, battery grip, dan juga lensa. Kamera mirrorless bisa dipasangi berbagai macam lensa yang sesuai. Lensa ini umumnya fleksibel, dapat dipakai untuk kamera berbeda dengan bantuan adapter. Fungsi adapter sendiri bisa menambah jarak antara lensa dengan sensor gambar, demi mengakali flange focal distance yang terpangkas.

Harga terjangkau

Harga terjangkau

Bila ingin memotret dengan hasil gambar atau video yang bagus, tentu direkomendasikan untuk menggunakan kamera terbaik yang canggih dan mahal. Anda juga perlu melakukan uji kecocokan terlebih dahulu. Namun pastikan juga kamera mirrorless yang terbaik pilihan Anda memiliki harga yang tidak memberatkan di kantong alias terjangkau, Anda bisa membuat atau menghasilkan gambar yang tak kalah bagus. Harga kamera mirrorless terbaik di pasaran dibanderol mulai jutaan rupiah hingga puluhan juta.

 

Jenis-jenis Kamera Mirrorless

 

salah satu kamera mirrorless terbaik di pasaran yang ada

Pada setiap kamera mirrorless terbaik terdapat berbagai variasi ukuran sensor.

 

Anda akan memerlukan rekomendasi dan informasi untuk mendapatkan kamera mirrorless dengan sensor terbaik sesuai kebutuhan.

 

Sebagian besar kamera mirrorless dibekali dengan sensor Advanced Photo System (APS-C) yang umum pada kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR).

 

Nah, berikut rekomendasi dan tabel perbandingan jenis kamera mirrorless berdasarkan ukuran sensor yang perlu Anda ketahui.

  • Full-frame
  • Advanced Photo System (APS-C)
  • Micro Four Thirds (MFT)
Kini, mudah sekali ditemukan rekomendasi terbaik kamera mirrorless yang memiliki sensor full frame seperti Sony A7III, Canon EOS RP, hingga Nikon Z7. Sensor full frame dikenal memiliki kualitas terbaik dibanding sensor yang lain, memiliki permukaan yang besar sehingga mampu menangkap banyak cahaya. Karena dibekali sensor yang besar, kamera mirrorless full frame sangat bisa diandalkan dalam kondisi low light, atau saat Anda menggunakan ISO yang tinggi. Untuk merek kamera mirrorless full-frame bisa Anda temukan di Nikon (seri Z), Sony (seri A7 dan A9), dan Canon (seri R).
Sensor kelas medium APS-C sangat umum diketahui, direkomendasikan dan banyak digunakan di berbagai produk kamera digital. Tak terkecuali dengan kamera mirrorless terbaik dengan sensor APS-C. Kamera dengan jenis sensor APS-C dikenal memiliki lensa yang kecil, ringan, serta harganya terjangkau. Hingga saat ini, kamera mirrorless dengan APS-C dapat diandalkan untuk memotret objek yang besar, cocok untuk Anda yang hobi memotret kegiatan olahraga. Merk kamera mirrorless dengan sensor APS-C seperti Sony (seri A5000 dan A6000), Canon (seri M), dan Fujifilm (seri X).
Sensor MFT atau Micro Four Thirds memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sensor full frame. Memiliki sensor yang berukuran kecil membuat kamera dengan MFT memiliki body yang lebih kompak dengan kinerja yang lebih tinggi. Kamera yang memiliki sensor ini juga dibekali depth censor yang mampu menangkap objek landscape dengan baik sehingga menghasilkan foto yang luar biasa. Cocok untuk Anda yang suka memotret pemandangan alam. Beberapa produsen kamera mirrorless yang menggunakan sensor MFT yaitu Olympus dan Panasonic.

 

Tips Penting Untuk Anda yang Ingin Membeli Kamera Mirrorless

 

Teknologi canggih pada kamera mirrorless terbaik semakin menarik perhatian penggemar fotografi di dunia, termasuk Anda salah satunya.

 

Salah satu pemicunya saat pabrikan Sony meluncurkan kamera mirrorless full frame. Langkah Sony kemudian diikuti oleh Nikon, Canon, hingga Panasonic.

 

Tak hanya menjadi pilihan, kamera mirrorless terbaik kini jadi salah satu equipment penting berkat teknologi terbarunya.

 

Jika Anda tertarik membeli kamera mirrorless terbaik, kami rekomendasikan untuk melihat poin penting yang perlu diperhatikan berikut ini.

 

High Resolution Viewfinder

High Resolution Viewfinder

Sebagian besar kamera mirrorless terbaik telah dibekali dengan electronic viewfinder. Nah, Anda bisa mencari kamera mirrorless dengan EVF high resolution, fungsinya agar memudahkan saat digunakan terutama dalam mengatur akurasi warna. Kini, banyak EVF pada produk kamera mirrorless terbaik yang telah di-upgrade oleh produsen dengan panel resolusi yang lebih tinggi dan refresh rate yang lebih cepat, contoh di Canon EOS R, atau Fujifilm XT3.

Sensor pada Image stabilization

Sensor pada Image stabilization

Image stabilization pada kamera sangat umum diketahui dan memungkinkan pengguna menghasilkan gambar terbaik dan stabil, karena perpaduan kamera dan lensa yang kompatibel. Namun kami merekomendasikan Anda menggunakan kamera mirrorless yang telah dibekali sensor image stabilization built in camera yang lolos uji, fitur ini lebih disukai karena memiliki koreksi yang lebih baik dan efektif.

Dua slot memory card

Dua slot memory card

Kamera mirrorless dengan dua slot memory card adalah opsi terbaik dan direkomendasikan jika digunakan dalam waktu yang lama. Sebenarnya penggunaan satu slot memory card saja sudah cukup. Namun, dua slot memory card membantu anda menghemat waktu saat salah satu memory telah penuh, tanpa membongkar, menghapus atau mengganti kartu memory. Selain itu, Anda dapat menyimpan gambar dalam dua memory sekaligus. Hal ini menguntungkan pengguna jika terjadi corrupt atau kerusakan pada salah satu kartu memory.

High resolution mode

High resolution mode

Pada kamera mirrorless terbaik, sensor yang digunakan berkisar 12MP hingga 47MP. Akan tetapi, apa kegunaan dari high resolution mode sehingga direkomendasikan untuk Anda? Nah, dengan fitur mode high resolution Anda bisa mendapatkan dan mengambil gambar yang banyak sekaligus dengan hasil yang lebih bagus dan tentunya mengesankan. Mode ini membantu Anda yang membutuhkan hasil gambar yang solid, tidak pecah saat dicetak dalam ukuran yang besar.

Fitur tahan cuaca atau weather resistance

Fitur tahan cuaca atau weather resistance

Sebagian orang beranggapan bahwa peralatan elektronik sangat rentan terhadap air atau kondisi kotor, termasuk kamera mirrorless. Namun hal tersebut tak perlu Anda khawatirkan. Kini kamera mirrorless terbaik dibuat semakin canggih, bahkan tahan di cuaca hujan dan dingin. Beberapa kamera mirrorless yang telah dibekali weather resistant yang direkomendasikan diantaranya Sony A7R atau Panasonic S1. Kamera tersebut tahan percikan air dan juga suhu ekstrim. Kamera mirrorless dengan fitur tahan cuaca ini cocok bagi Anda yang menyukai pemotretan di alam bebas.

Fitur pendeteksi mata atau eye detection

Fitur pendeteksi mata atau eye detection

Di dunia fotografi modern, pendeteksi wajah telah lebih dulu dikenal, dan dipergunakan di banyak produk kamera. Kini telah hadir sistem pendeteksi mata atau eye detection pada kamera mirrorless terbaik, fitur canggih ini memudahkan Anda melacak objek bergerak dan mendapatkan fokus yang lebih baik tanpa harus menempatkan titik pada area tersebut.

Fitur variasi pada LCD

Fitur variasi pada LCD

Kamera mirrorless dibekali dengan LCD screen dengan berbagai model. Saat ini, LCD screen pada kamera mirrorless terbaik dapat disesuaikan. Kami merekomendasikan Anda membeli kamera mirrorless yang telah dibekali LCD screen dengan berbagai variasi. Anda bisa memiringkan ke depan, atas atau bawah. Selain itu, ada beberapa kamera mirrorless yang dibekali dengan engsel pada LCD screen sehingga memungkinkan Anda memutarnya hingga 180 derajat, seperti pada kamera mirrorless Canon EOS R.

Sistem AF Hybrid

Sistem AF Hybrid

AF Hybrid menggabungkan dua teknologi terbaik dalam pengaturan fokus, dengan pendeteksi contrast dan phase-detect AF. Jika Anda menyukai pengambilan gambar yang bergerak, maka fitur ini sangat penting Anda perhatikan. Kamera mirrorless dengan sistem AF Hybrid adalah salah satu jenis yang direkomendasikan, karena memudahkan dalam merekam gambar atau video bergerak karena kemudahan perpindahan subjek. Apalagi sistem AF dikenal sulit mendeteksi kontras. Kamera ini cocok sekali untuk Anda yang hobi fotografi olahraga.

 

10 Kamera Mirrorless Terbaik

 

detail kamera mirrorless terbaik contohnya adalah

Fujifilm

 

Siapa yang tak kenal dengan merek kamera Fujifilm? Fujifilm adalah salah satu perusahaan Jepang yang meraup sukses sebagai pabrikan film kamera di dunia.

 

Kata Fujifilm melekat dan identik dengan film dan kamera, apalagi di Indonesia. Banyak toko, studio berdiri megah dengan papan nama Fujifilm.

 

Puncak kejayaan Fujifilm hadir pada tahun 2001, Bersama pabrikan Kodak sukses menguasai pasar film kamera. Namun akhirnya pada 2005 penjualan film kamera menyusut drastis hingga 60 persen.

 

Akan tetapi keterpurukan yang dialami Fujifilm tak berlangsung lama, karena Fujifilm bangkit dengan lini kamera digital, salah satunya mirrorless.

 

Perusahaan yang berdiri pada 1934 ini sukses meluncurkan kamera mirrorless ILC pertamanya yang diberi nama X-Pro1. Kamera mirrorless X-Pro1 jadi debut Fujifilm di segmen mirrorless.

 

Nikon

 

Merek Nikon telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia fotografi di Indonesia. Perusahaan asal Jepang ini dikenal memiliki produk kamera yang cukup bisa diandalkan, desain yang menarik dan memiliki fitur yang canggih.

 

Merek Nikon sendiri mulai dipakai sejak tahun 1946, di mana pada saat itu pabrikan ini menggarap produk mikroskop, lensa optik, hingga kamera.

 

Bagaimana dengan awal berdirinya Nikon? Nikon Corporation berawal dari perusahaan perangkat optik dan gambar, berdiri pada tahun 1917 hasil merger dari 3 perusahaan optik terkemuka di Jepang.

 

Produk pertama Nikon Corporation adalah mikroskop JOICO, teropong MIKRON 4x dan 6x ultra-small-prism yang rilis sejak 1921. Saat ini, kecanggihan kamera mirrorles Nikon berhasil membuat banyak orang kagum.

 

Terbaru kehadiran fitur Nikon Breta Webcam Utility, dimana pemilik kamera mirrorless Nikon bisa menggunakan kamera sebagai pengganti webcam untuk live streaming dan video conference. Nikon membuat kamera mirrorless pertama melalui produk Nikon V1 dan J1.

 

Olympus

 

Merk Olympus merupakan salah satu brand kamera digital terbaik yang sukses berkiprah di dunia fotografi hingga puluhan tahun. Perusahaan asal Jepang ini awalnya bergerak di bidang optik dan gambar, beberapa produknya antara lain termometer, mikroskop, kartu memori, lensa hingga kamera.

 

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1919 ini terus berinovasi dengan kebutuhan pasar, salah satunya dalam pembuatan kamera berkualitas.

 

Produk kamera Olympus saat ini dikenal dengan fitur axis stabilizernya yang sangat efektif baik untuk pengambilan foto atau video. Kekuatan Olympus yang lain hingga mampu dilirik pecinta fotografi yaitu ukurannya yang lebih compact. Selain itu kamera ini dibekali lensa yang ringkas dan fitur anti cipratan air.

 

Canon

 

Di Indonesia, merek Canon identik dan terkenal sebagai merek kamera digital terbaik dan memiliki banyak pengguna di produk kamera. Namun pada kenyataannya Canon juga mengeluarkan banyak produk lain seperti scanner, printer, hingga teropong.

 

Canon sendiri merupakan perusahaan asal Jepang yang berpusat di Tokyo, didirikan pada 1933, dan pada 1934 sukses mengeluarkan kamera pertama yaitu Kwanon.

 

Untuk transformasi ke kamera digital, Canon memulainya pada tahun 1984, yaitu dengan seri RC-701. Canon juga mulai mengembangkan teknologi EOS (Electro-Optical System) pada kamera DSLR.

 

Untuk kamera mirrorless, Canon sendiri baru memperkenalkan produk pertamanya EOS M meskipun tidak resmi disebut ‘mirrorless’ pada tahun 2012. Kehadiran EOS M memiliki bentuk minimalis dan dibanderol dengan harga terjangkau. 

 

kamera lumix salah satu mirrorless terbaik

Panasonic

 

Panasonic merupakan perusahaan elektronik terbaik asal Jepang yang berdiri pada tahun 1918. Produk awal Panasonic adalah lampu sepeda.

 

Panasonic kemudian melakukan inovasi dengan menciptakan berbagai jenis produk elektronik rumah tangga, seperti televisi, AC, kulkas hingga produk kamera digital.

 

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi kamera di dunia, Panasonic terinspirasi menghadirkan Digital Single Lens Mirrorless (DSLM) pertama di dunia pada tahun 2008 dan memulai tren kamera mirrorless.

 

Hingga saat ini, Panasonic telah merilis banyak seri mirrorless, salah satunya Lumix S Series sebagai kamera mirrorless full frame pertama Panasonic yang ditujukan kepada segmen fotografer profesional.

 

Sony

 

Siapa sih pecinta fotografi yang tak kenal dengan brand Sony. Unit perusahaan dari Sony Group yang bergerak di berbagai bidang, salah satunya perangkat elektronik. Perusahaan elektronik asalillustrasi cara kerja kamera mirrorless terbaik Jepang ini sudah sangat familiar di Tanah Air.

 

Produk dari Sony sangat mudah ditemukan karena banyak direkomendasikan, seperti beberapa peralatan elektronik rumah tangga.

 

Namun akhir-akhir ini, Sony mulai identik dengan produk kamera mirrorles terbaik. Kecanggihan Sony dalam produk kamera tak perlu diragukan.

 

Dengan desain dan body ringkas, Sony melengkapi kamera mirrorless dengan fungsi utama. Suplai daya eksternal USB hingga fitur layar LCD yang mampu diputar dan fleksibel. Jenis seri kamera mirrorles Sony yang banyak direkomendasikan yaitu Sony A5100, Sony Alpha 6000 hingga Seri Alpha A7R II dengan sensor full frame.

 

Samsung

 

Samsung merupakan merk ternama elektronik global, perusahaan raksasa elektronik terbaik dunia dari Seoul, Korea Selatan ini dikenal sebagai pemimpin pasar produk elektronik dengan lebih dari 60 produk yang dipasarkan, mulai dari smartphone hingga peralatan elektronik rumah tangga, seperti kulkas, mesin cuci, pendingin ruangan, televisi, hingga kamera digital.

 

Untuk produk kamera mirrorless, Samsung mengeluarkan jenis NXq, NX Mini dan NX500. Seri NX sendiri merupakan kamera mirrorless yang dibekali beberapa kelebihan, salah satunya dukungan koneksi Wi-Fi. Anda akan dimudahkan mengontrol kamera mirrorless melalui smartphone.

 

Selain itu, Anda akan dimudahkan memindahkan hasil gambar atau video, serta menampilkan ke media sosial langsung tanpa bantuan perangkat lain.

 

Xiaomi Yi

 

Xiaomi sebenarnya lebih  dikenal sebagai salah satu brand smartphone, action cam, hingga CCTV. Namun beberapa tahun terakhir, perusahaan asal Tiongkok ini memberi kejutan dengan menjajal lini bisnis kamera digital mirrorless dengan produk Xiaomi Yi.

 

Produk kamera mirrorless yang memiliki bentuk mirip Leica T, dibekali sensor micro four thirds dijual dengan harga yang relatif murah.

 

Kamera mirrorless Xiaomi dilengkapi dengan bluetooth rendah energi, dan mode panduan untuk pemula. Sedangkan dalam pengaturan kamera mirrorless, Xiaomi menggunakan touchscreen bak layaknya mengoperasikan smartphone.

 

Harga yang dipatok untuk kamera mirrorless dengan fitur canggih Xiaomi hanya di bawah Rp 6 juta lho, termasuk lensa kit 12-40 (ekuivalen 24-80mm) f/3.5-5.6. di dalamnya.

 

Leica

 

Mengulas kamera mirrorless kurang lengkap jika tidak mengusung merk Leica. Salah satu brand kamera premium terbaik yang menjual produk kamera dan lensa berkualitas tinggi, diakui oleh kalangan fotografi dunia. Sebelum membuat kamera, Leica dulunya hanya sebuah perusahaan perangkat optik.

 

Perusahaan asal Jerman ini berinovasi dan sukses memamerkan kamera pertamanya pada tahun 1925 di Leipzig. Leica diketahui memiliki pangsa pasar yang kecil dan produksi tak terlalu banyak, dan teknologi terbarukan.

 

Leica berusaha membuat produk yang high sehingga produknya banyak direkomendasikan, tak terkecuali di lini kamera mirrorless. Seperti pada produk Leica SL, kamera mirrorless dengan teknologi tinggi, beresolusi 4,4 juta titik disaat mirrorless pada umumnya hanya memiliki resolusi 2 juta titik.

 

Hasselblad

 

Hasselblad merupakan sebuah perusahaan dagang asal Swedia yang didirikan pada 1841. Perusahaan ini kemudian melebarkan bisnisnya dengan membuka divisi fotografi.

 

Kamera pertama dari Hasselblad lahir pada tahun 1948 dengan seri 1600F. Hasselblad makin eksis dengan meluncurkan berbagai jenis kamera terbaik.

 

Untuk produk kamera mirrorless, Hasselblad sukses meluncurkan kamera mirrorless medium format yang pertama di dunia pada tahun 2016. Kamera mirrorless seri Hasselblad X1D memiliki body yang lebih ringkas, desain elegan dan premium, tahan terhadap cuaca ekstrem.

 

Untuk harga, Hasselblad tergolong produk premium layaknya Leica yang dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah.

 

Tips Perawatan Kamera Mirrorless

 

 

Menjaga kebersihan sensor

Menjaga kebersihan sensor

Sebagian produk kamera mirrorless terbaik yang memakai lensa interchangeable atau bisa digonta-ganti sangat rawan dengan kebersihan sensor. Tak hanya sensitif akan cahaya, sensor juga sebisa mungkin terhindar dari kotoran dan debu. Bahkan, beberapa kamera digital telah disediakan fitur built in cleaning sensor.

Terbiasa menutup Lens Cap

Terbiasa menutup Lens Cap

Lens cap atau tutup kamera biasanya jadi salah satu item yang mudah hilang, atau terlupakan saat momen mengabadikan gambar dari kamera mirrorless. Terutama ketika mengambil gambar di outdoor, tentu risiko lensa terkena debu atau kotoran semakin tinggi. Alangkah lebih baiknya gunakan lens cap saat kamera sedang tak digunakan.

Memakai kain pembersih lensa

Memakai kain pembersih lensa

Saat Anda mengalami kendala pada lensa, baik karena kotoran atau percikan air misalnya, usahakan membersihkan lensa dengan kain pembersih lensa khusus, tidak dengan mengusapkan kain pada pakaian. Hal ini ditakutkan akan menggores lensa kamera Anda dengan partikel debu yang melekat pada pakaian

Screen guard pada LCD kamera mirrorless

Screen guard pada LCD kamera mirrorless

Layaknya smartphone, menjaga LCD pada kamera mirrorless terbaik juga penting. Menghindarkan kamera Anda dari goresan, dan terlindung dari debu dan air. Sehingga, LCD kamera Anda tetap bersih dan mulus serta selalu nyaman digunakan.

Menyimpan kamera mirrorless di dry box

Menyimpan kamera mirrorless di dry box

Bukan rahasia umum, menyimpan kamera mirrorless Anda di drybox merupakan pilihan terbaik. Hal ini dilakukan karena mampu melindungi kamera Anda dari perubahan temperatur yang ekstrim, mencegah kelembaban sehingga bagian komponen kamera tidak mudah rusak.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/DSLR

https://tekno.kompas.com/read/2016/09/13/10470087/apa.itu.kamera.mirrorless.bedanya.dengan.dslr.?page=all 

https://tirto.id/perbedaan-kamera-dslr-dan-mirrorless-spesifikasi-hingga-keunggulan-esPG 

https://www.idntimes.com/tech/trend/abraham-herdyanto/7-tips-merawat-kamera-untuk-fotografer-pemula 

https://www.idntimes.com/tech/gadget/abraham-herdyanto/kamera-dslr-vs-mirrorless-manakah-yang-cocok-buat-kamu-1

 

Hal yang sering ditanyakan

Apa kamera mirrorless terbaik yang layak dibeli?

Semua kamera mirrorless layak dibeli. Anda hanya perlu mengetahui uji coba produk dan menyesuaikan kebutuhan Anda.

Apakah saya harus membeli DSLR atau kamera mirrorless?

Kedua jenis kamera digital ini telah dilengkapi fitur yang sama-sama canggih dan memiliki penilaian yang baik dari penggunanya. Jadi, Anda dapat membeli salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan.

Kapan sebaiknya menggunakan kamera mirrorless?

Berdasarkan analisis di internet dari segi kenyamanan penggunaan kamera, kamera mirrorless sangat cocok untuk Anda yang menyukai traveling, karena desainnya yang compact dan ringkas, serta mudah dibawa ke mana saja.

Apa kamera mirrorless terbaik yang bagus saat low light?

Kamera mirrorless dengan sensor full frame sangat bisa diandalkan dalam kondisi low light, atau saat Anda menggunakan ISO yang tinggi.

Apakah kamera mirrorless lebih baik dari DSLR?

Kedua kamera digital ini memiliki kelebihan dan kemiripan masing-masing, menyesuaikan kebutuhan pasar. Perbandingan kedua jenis kamera ini hanya pada fitur, namun fungsi utamanya merekam gambar. Kedua jenis ini akan selalu berdampingan dalam dunia fotografi, sulit untuk membandingkan keduanya.

Apakah kamera mirrorless bagus untuk membuat video?

Tentu, sebagian besar kamera mirrorless mendukung pembuatan video dengan gambar yang lebih baik, karena beberapa kamera mirrorless dibekali dengan AF Hybrid. Anda bisa melakukan uji praktek membuat video hanya dengan kamera mirrorless.

Di mana tempat tes produk dan membeli kamera mirrorless terbaik?

Di store resmi, atau Anda bisa membelinya melalui marketplace.

Apa kamera mirrorless terbaik untuk fotografer pemula?

Anda perlu mencari penelitian dan pemeriksaan mandiri dan mengevaluasi mengenai kamera mirrorless entry level seperti Fujifilm X-T100, Sony Alpha atau Canon EOS.

Apakah kamera mirrorless full frame terbaik?

Kamera mirrorless dengan sensor full frame teruji dan lolos uji, dijual di pasaran, seperti Seperti Sony A7III, Canon EOS RP hingga Nikon Z7.

Apa kamera mirrorless dengan autofocus paling baik?

Anda bisa menemukan di kamera mirrorless yang dilengkapi AF Hybrid, menggabungkan dua teknologi dalam pengaturan fokus, dengan pendeteksi contrast dan phase-detect AF. Membantu akurasi dan kecepatan dalam pengambilan gambar.

Tinggalkan Balasan