Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kembali ke perbandingan Diperbarui pada:

Inilah Alasan Anda Perlu Mengonsumsi Susu Whey Protein

 


Susu whey protein terbaik untuk pembentukan otot
Saat ini, banyak cara untuk memenuhi asupan nutrisi dan protein harian di dalam tubuh. Salah satu caranya dengan mengonsumsi susu whey protein.

 

Whey protein merupakan sejenis protein yang bisa diperoleh dari susu sapi, dengan proses penyaringan, kemudian protein dari susu sapi dipecah menjadi partikel protein kecil seperti imunoglobulin, laktoferin dan banyak lagi yang lainnnya.

 

Whey protein umumnya dikonsumsi oleh atlet binaragawan. Whey protein merupakan merupakan jenis protein yang kerap digunakan menambah massa otot, memperbaiki otot yang rusak dan membentuk jaringan otot.

 

Whey protein juga dapat dikonsumsi oleh Anda yang ingin memenuhi protein harian. Selain kegunaan yang telah dijelaskan di atas, whey protein juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Whey protein dapat Anda temukan pada susu atau produk olahannya, keju. Selain itu, whey juga dapat Anda temukan pada produk berbentuk suplemen bubuk. Suplemen whey protein bubuk dapat dikonsumsi dengan diolah ke dalam makanan dan juga minuman.

Bagi mereka yang memiliki program membentuk otot seperti nge-gym hingga angkat beban, produk suplemen susu whey protein tentunya sudah tak asing lagi. Banyak sekali produk susu whey protein yang bisa Anda beli di pasaran. Namun, Anda perlu teliti, pilih susu whey protein yang memiliki kandungan nutrisi dan protein whey sesuai kebutuhan.

 

Namun, sebelum Anda membeli produk whey protein terbaik, ada baiknya mengetahui jenis whey protein terlebih dahulu. Diantaranya whey protein konsentrat dan whey protein isolate.

 

Generasi pertama dari jenis whey protein yaitu whey protein konsentrat, mengandung 30%-40% kandungan protein, mengandung lemak dan juga laktosa. Jika dibandingkan dengan susu whey modern, kandungannya mencapai 70%-70% kandungan protein dan kandungan laktosa serta lemaknya lebih sedikit.

 

Jenis whey protein isolate atau whey protein yang terisolasi merupakan hasil dari komponen dari susu sapi yang kemudian disaring dengan teknologi modern dan lebih baik. Whey isolate memiliki sumber protein murni. Whey protein isolate banyak menjadi rekomendasi karena memiliki hingga 90%-95% kandungan protein tanpa lemak sama sekali, wow!

 

Efek mengonsumsi susu whey protein pada tubuh

 

Mengonsusmsi susu whey protein memiliki efek terhadap tubuh, yaitu meningkatkan GSH atau kadar glutation. Kadar glutation memiliki peran penting untuk menjaga fungsi pada sistem imun. Konsentrasi pada GSH berkaitan dengan jumlah limfosit, atau sel penting kekebalan tubuh.

 

Kadar GSH yang semakin tinggi, maka jumlah limfosit di dalam tubuh akan semakin banyak. Kondisi ini meningkatkan kekebalan tubuh karena sel imunitas semakin banyak.

Whey protein juga sangat cocok untuk Anda yang sedang program meningkatkan berat badan. Kandungan nutrisinya membantu pembantukan massa otot. Saat mengonsumsi minuman susu whey protein, metabolisme tubuh akan lancar, dan proses penyerapan kalori semakin baik. Kalori yang masuk akan tersimpan dan mampu menambah bobot badan.

Produk whey protein juga cocok untuk Anda yang sedang program diet. Susu whey protein juga dianggap cocok untuk diet. Susu whey protein mengandung manfaat dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. Dalam jurna Nutrition and Dietetics, mengonsumsi protein dapat meningkatkan rasa kenyang.

 

Poin penting memilih susu whey protein yang tepat

 

Pilih susu whey protein yang sesuai dengan kebutuhan andaBagi Anda yang sedang melakukan program latihan pembentukan otot atau juga dalam proses menaikkan berat badan, salah satu rekomendasi yaitu mengonsumsi susu whey protein. Contohnya produk BSN Syntha 6, susu whey protein yang dapat memenuhi kebutuhan gizi terutama bagi atlet.

 

BSN Syntha 6 mengandung formula protein multi-fungsi, mengandung gizi, cocok dikonsumsi di pagi hari, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. BSN Syntha 6 juga merupakan sumber protein isolat yang terkandung sedikit lemak, kalori, dan karbohidrat.

 

Selain BSN Syntha 6, Anda dapat menemukan berbagai macam merek produk susu whey protein yang bagus, seperti produk 100 Whey Isolate,beberapa produk L Men, produk L Men Platinum Choco Latte, produk L Men Gainmass, produk Muscle First M1 untuk muscle gain, hingga produk Optimum Nutrition, Optimum Nutrition Gold Standard 100 Whey 24 gram Protein, Optimum Nutrition Gold Standard Powder.

Di saat produk susu whey protein mudah didapatkan Anda perlu menemukan merek produk dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan protein agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Anda perlu melakukan perbandingan, baik dari nilai kandungan yang sesuai dengan program latihan yang sedang dijalankan, misal untuk program membentuk massa otot.

Tips Penting Saat Mengonsumsi Susu Whey Protein

 

 

Saat ingin mengonsumsi susu whey protein, maka banyak orang yang lebih fokus kepada manfaat yang didapatkan, terutama dalam proses latihan pembentukan otot. Bila cara konsumsi yang baik dan takaran protein yang tepat, hasil yang didapatkan tentunya ideal untuk Anda.

 

Namun, selain takaran protein, Anda juga perlu memperhatikan kandungan jumlah kalori. Keberadaan protein akan fokus untuk latihan pembentukan otot, sedangkan kandungan kalori akan diperlukan untuk sumber energi pada tubuh.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi, misal dalam proses penambahan berat badan, maka rekomendasi terbaik memilih susu whey protein yang mengandung kalori yang tinggi. Berbeda dengan Anda yang sedang program diet, rekomendasi terbaik untuk diet yaitu memilih susu whey protein dengan kandungan kalori yang rendah.

Perhatikan kandungan kalori pada susu whey protein

Perhatikan kandungan kalori pada susu whey protein

Saat ingin mengonsumsi susu whey protein, maka banyak orang yang lebih fokus kepada manfaat yang didapatkan, terutama dalam proses latihan pembentukan otot. Bila cara konsumsi yang baik dan takaran protein yang tepat, hasil yang didapatkan tentunya ideal untuk Anda.

 

Namun, selain takaran protein, Anda juga perlu memperhatikan kandungan jumlah kalori. Keberadaan protein akan fokus untuk latihan pembentukan otot, sedangkan kandungan kalori akan diperlukan untuk sumber energi pada tubuh.

 

Bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi, misal dalam proses penambahan berat badan, maka rekomendasi terbaik memilih susu whey protein yang mengandung kalori yang tinggi.

 

Berbeda dengan Anda yang sedang program diet, rekomendasi terbaik untuk diet yaitu memilih susu whey protein dengan kandungan kalori yang rendah.

Perhatikan juga kebutuhan asupan protein

Perhatikan juga kebutuhan asupan protein

Saat ingin latihan meningkatkan massa otot, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan asupan protein ideal pada tubuh. Setiap orang membutuhkan asupan protein untuk merangsang pertumbuhan otot dan meningkatkan massa otot yang berbeda.

 

Dalam artikel terkait medical daily jurnal Harvard Medical Shool disebutkan, pada orang dewasa dibutuhkan 10 persen protein, dari jumlah total kalori setiap harinya.

 

Setara dengan kisaran 0,8 gram protein per kg berat badan. Bagi mereka yang aktif program olahraga angkat beban, rekomendasi untuk mengonsumsi 20 gram protein usai olahraga untuk merangsang pertumbuhan otot. Hal tersebut bertujuan agar dapat langsung memperbaiki kondisi otot yang rusak saat olahraga.

 

Poin pentingnya adalah Anda perlu memperhatikan jumlah protein yang dibutuhkan dengan cara disesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan.

Hindari bahan yang menyebabkan reaksi alergi

Hindari bahan yang menyebabkan reaksi alergi

Tidak semua orang cocok untuk mengonsumsi susu, sebagian orang bisa dengan mudah mengalami reaksi alergi terhadap produk susu whey protein.

 

Anda perlu konsultasi ke dokter apabila menemukan produk yang memberikan reaksi alergi pada tubuh Anda.

 

Pada beberapa produk, terkandung bahan yang secara spesifik perlu dihindari agar tidak terjadi reaksi alergi. Misal aspartamine atau pemanis buatan xylitol. Zat sintetis tersebut dapat ditemukan pada produk susu whey protein.

 

Bagi Anda yang memiliki alergi atau sensitif terhadap zat pemanis, kandungan tersebut bisa dihindari.

Jenis susu whey protein yang mudah dan cepat diserap

Jenis susu whey protein yang mudah dan cepat diserap

Setelah mengetahui kebutuhan protein, Anda perlu mencari produk whey protein yang mudah dan cepat diserap. Salah satunya yaitu jenis yang ideal whey peptide hydrolysate (WPH).

 

WPH memiliki kandungan protein 90%, sama dengan whey protein isolate (WPI). Jenis whey isolate adalah whey yang mengandung sumber protein murni.

 

Dibandingkan dengan whey protein isolate, jenis WPH memiliki kelebihan. Protein pada WPH terhidrolisis atau dipecah menjadi potongan peptida. Pecahan pada peptida tersebut lebih cepat diserap badan Anda.

 

Produk yang sangat ideal dari susu whey protein yaitu mudah diserap dan juga dicerna Saat kondisi otot pecah di waktu beraktivitas berat, otak akan memberikan respons dengan mengirim asam amino esensial. Kondisi tersebut membutuhkan protein yang lebih cepat dan mudah dicerna dan diserap.

 

Maka, jenis WPH sangat diutamakan karena memiliki kecepatan serap pada tubuh yang tinggi. Selain itu, produk susu whey protein yang mudah dicerna dapat menghindarkan diri dari risiko kenaikan dula darah dan juga kondisi kegemukan.

 

Poin penting lainnnya selain daya serap tinggi, yaitu mudah larut di dalam air. Semakin cepat produk susu whey protein larut dalam air, makan semakin efisien dan mempercepat proses pembuatannya. Anda juga perlu melihat komposisi produk, sebab beberapa merek bisa jadi memberikan tambahan zat aditif, misalnya mengandung gula rafinasi.

 

Manfaat susu whey protein

Di era modern saat ini, makanan atau minuman yang mengandung susu whey protein memiliki manfaat. Berkat sports science and nutrition, ditemukan banyak manfaat dari susu whey protein.

Selain untuk menambah performa dari para atlet, whey protein juga berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh, kurangi risiko kanker, membantu membentuk massa otot, menurunkan stres dan banyak manfaat yang lainnya.

 

✔ Susu whey protein terbaik dapat memperbaiki imunitas tubuh

 

Banyak yang mengharapkan agar memiliki kekebalan tubuh yang kuat, sehingga dapat terhindar dari penyakit.

 

Demi memiliki imunitas yang baik pada tubuh, banyak yang mendapatkan rekomendasi untuk giat olahraga dan juga mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang baik. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi susu whey protein.

 

Dalam sebuah penelitian, mereka yang melakukan aktivitas olahraga aerobik dalam intensitas yang berat akan mengalami penurunan pada glutathione.

 

Kondisi ini memberikan dampak pada sistem kekebalan tubuh. Namun ditemukan juga bagi mereka yang mengkonsumsi whey protein, membantu penurunan glutathione juga alami penurunan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

 

✔ Susu whey protein terbaik dapat mengurangi lemak di dalam tubuh

 

Salah satu manfaat whey protein sehingga menjadi suplemen rekomendasi yaitu membantu menghilangkan lemak pada tubuh Anda.

 

Jumlah lemak terkadang tidak bergitu diperhatikan, padahal lemak yang berlebih dapat memberikan dampak kesehatan. Jumlah lemak berlebih dalam tubuh dapat memberikan dampak yang tidak baik pada tubuh Anda. Setiap orang tentu ingin menghindari lemak berlebih dengan berbagai cara.

 

Lemak berlebih dapat berpotensi menyebabkan peningkatan kandungan kolesterol. Kolesterol tinggi bisa menjadi sumber penyakit seperti jantung, penumpukan plak di pembuluh darah hingga stroke. Sebaiknya, Anda perlu memperhatikan lemak di dalam tubuh.

 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan periset di Minnesota, dalam 12 minggu para peserta dikurangi asupan kalorinya sebanyak 500 kalori. Sebagian diberikan kadar whey protein terbaik, dan sebagian yang lain diberi minuman campuran isocaloric.

 

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi whey protein kehilangan lemak dalam tubuh sangat signifikan sekitar 6,1%, dengan kualitas jaringan otot yang baik dibandingkan dengan peserta lain dengan minuman isocaloric.

 

Banyak orang yang sedang menjalankan program diet dengan mengonsumsi whey protein dengan kadar secukupnya. Dalam studi The Journal of Nutrition, beberapa ahli sepakat, diet tinggi protein mampu menghilangkan lebih banyak lemak.

 

Para peneliti tersebut menjelaskan bahwa peserta dengan tambahan 56 gram kadar whey protein per hari alami penurunan berat badan yang siginifikan hingga 2,3 kg. Selain mengonsumsi susu whey protein, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan mengimbanginya dengan latihan serta olahraga.

 

✔ Susu whey protein terbaik dapat menekan depresi dan mengelola stres

 

Beberapa orang pernah mengalamai depresi dan stres. Depresi merupakan kondisi gangguan pada mood atau suasana hati. Biasanya ditandai dengan rasa sedih yang sangat mendalam. Depresi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai macam dampak seperti gangguan hubungan sosial dan banyak lagi yang lainnya.

 

Sedangkan stres merupakan reaksi dari tubuh, kondisi tersebut muncul saat mendapatkan tekanan, ancaman dan faktor lainnnya. Stres juga bisa disebabkan oleh pikiran yang membuat putus asa, marah dan gugup misalnya.

 

Kondisi stres yang tidak tertangani dengan baik akan memicu respon pada tubuh, seperti otot kaku, tekanan dara meningkat dan detak jantung cepat. Dalam sebuah penelitian di Belanda, riset dilakukan kepada 58 orang diuji dengan ekperimen stres.

 

Hasilnya, yang mengkonsumsi whey protein terbaik lebih sedikit mengalami gejala depresi, dan suasa hatinya atau mood lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi whey protein. Kemungkinan ada perubahan sorotonin pada otak.

 

✔ Susu whey protein terbaik dapat menekan risiko penyakit kanker

 

Kanker merupakan penyakit yang mengancam banyak anggota keluarga di dunia. Anda perlu mengecek kondisi kesehatan keluarga dari kanker, baik dengan pemeriksaan dan juga mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan risiko kanker.

 

Dalam berbagai penelitian, suplemen whey protein terbaik dipercaya dapat memerangi berbagai bentuk kanker, termasuk usus besar hingga prostat.

 

Perlu Anda ketahui juga, kanker merupakan salah satu penyakit mematikan pada manusia. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi whey protein agar terhindar dari kanker.

 

✔ Susu whey protein terbaik dapat dapat mengurangi kolesterol dan juga tekanan darah

 

Kolesterol tinggi merupakan ancaman dan berusaha untuk dihindari. Kolesterol tinggi dapat menimbulkan penyakit dan komplikasi seperti stroke hingga jantung.

 

Kondisi ini membuat banyak orang waspada. Dalam berbagai riset, mengonsumsi whey protein dipercaya mampu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Whey protein terbaik juga bagus dalam menjaga kesehatan organ, terutama organ penting pada tubuh manusia seperti jantung dan otak.

 

✔ Susu whey protein terbaik dapat mempercepat proses penyembuhan luka

 

Protein dibutuhkan tubuh untuk memelihara jaringan tubuh yang kurang baik. Seperti saat mengalami infeksi atau luka, tubuh membutuhkan nutrisi dalam proses penyembuhan luka. Dengan mengonsumsi whey protein terbaik, asupan nutrisi terutama kandungan protein akan tercukupi dan mempercepat proses penyembuhan pada luka.

 

Dalam Journal of the American College of Nutrition, susu whey protein mengandung asam amino lengkap, dan bagus untuk membentuk massa otot. Sehingga, banyak atlet yang mengonsumsi whey protein demi membentuk massa otot.  

 

✔ Kandungan asam amino di dalam susu whey dapat menekan rasa lelah

 

Whey memiliki kandungan sistein, yaitu salah satu asam amino yang mengandung antioksidan. Sistein dipercaya dapat membantu tubuh agar terhindar dan mampu melawan berbagai macam penyakit.

 

Dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan, mereka yang mengonsumsi whey protein cenderung jarang terinfeksi virus atau bakteri. Salah satu kandungan whey protein yaitu BCAA, asam amino esensial yang punya peran penting untuk meningkatkan sintesis protein serta menghambat proses pemecahan protein di dalam tubuh.

 

Asam amino esensial BCAA mampu menjaga kadar protein yang terdapat di dalam tubuh. Whey protein juga punya kandungan asam amino triptofan. Asam amino triptofan dikonsumsi oleh otak, dan menghasilkan serotonin.

 

Serotonin sendiri merupakan zat yang menyebabkan rasa lelah. Jika kadar triptofan meningkat, maka produksi serotonin akan menurun dan rasa lelah menjadi berkurang.

 

Cara tepat mengonsumsi susu whey protein

Produk suplemen susu whey protein dikemas dalam berbagai bentuk, salah satunya bentuk bubuk yang biasa dikonsumsi menjadi minuman. Selain itu, bentuk bubuk whey protein juga biasanya ditambahkan ke berbagai minuman seperti jus hingga yoghurt.

Agar mendapatkan hasil maksimal dalam mengonsumsi whey protein, Anda harus mengetahui cara tepat mengkonsumsinya. Baik dari waktu hingga takaran yang pas. Dosis yang dianjurkan yaitu sekitar 1-2 sendok makan whey protein, atau 25-50 gram protein per harinya.

 

Penting diketahui, konsumsi whey protein berlebihan juga memiliki dampak tidak baik. Salah satunya yaitu masalah pencernaan, diare, mual hingga kram perut. Bagi Anda dengan riwayat penyakit, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu mengenai manfaat dan kekurangan mengonsumsi whey protein.

 

Waktu yang tepat mengonsumsi susu whey protein

 

Perlu diperhatikan, mengonsumsi susu whey protein tidak lantas menggugrkan kebutuhan Anda mengonsumsi makan utam seperti sarapan di pagi hari. Anda juga memerlukan asupan energi dari makan untuk dapat beraktivitas secara normal setiap harinya.

 

Sebagai suplemen, susu whey protein menjadi pelengkap nutrisi. Anda perlu untuk tetap memenuhi asupana makanan sehat setiap harinya.

 

Banyak yang masih bingung, apakah mengonsumsi whey protein lebih baik sebelum atau sesudah olahraga. Dalam bebeberapa artikel terkait disebutkan, susu protein dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga.

Saat dikonsumsi sebelum olahraga, susu protein tersebut menjadi sumber karbohidrat, sehingga akan memberikan dampak kenyang yang lama. Sedangkan konsumsi susu protein usai olahraga, susu protein akan membantu proses sintesi protesis yang bermanfaat untuk pemulihan otot tubuh yang mengalami kerusakan.

Tinggalkan Balasan

1 Bintang2 Bintang3 Bintang4 Bintang5 Bintang (belum dirating)
Loading...