Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Headphone im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
27 lama pengujian
7 studi evaluasi
8453 Baca ulasan

🥇 Headphone Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Graha Nurdian
Graha Nurdian

Seorang blogger dan penulis konten yang sudah mengenal dunia IT sejak SMP. Di waktu senggangnya, ia menulis segala sesuatu tentang pemasaran digital di blog pribadinya. Juga, hobi favorit saya adalah menyetel mobil.

Mehr zu Graha

Headphone Daftar Produk Terbaik 2021

Headphone Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Headphone?

Headphone terbaik yang terlihat modern dan minimalisHeadphone adalah transduser suara yang dipakai pada telinga.

 

Dulu desain headphone hanya memiliki satu lubang suara. Namun, saat ini headphone memiliki dua lubang suara.

 

Pada masa awal-awal penggunaan radio, headphone diperlukan untuk mendengarkan siaran radio, itu pun masih dengan kualitas mono yang berarti sinyal audio yang sama dihasilkan melalui kedua lubang suara. Tidak bisa dibayangkan bagaimana kehidupan sehari-hari manusia tanpa headphone.

 

Banyak profesi yang tidak bisa terlepas dari penggunaan headphone, misalnya agen call center hingga pilot.

 

Selain itu, headphone juga sering digunakan saat mengisi waktu senggang. Mendengarkan musik dengan speaker biasa dan dengan headphone juga tentu ada bedanya. Maka tidak heran jika hampir semua orang saat ini menggunakan headphone dalam kesehariannya.

 

Cara Kerja Headphone

 

Berikut ini adalah beberapa macam mekanisme kerja headphone dalam menghasilkan suara:

 

Konversi suara elektromagnetik

Konversi suara elektromagnetik

Sistem konversi suara elektromagnetik merupakan cara kerja headphone yang paling umum. Cara kerjanya yaitu dengan menggetarkan sebuah membran baja sehingga akan menghasilkan suara. Jadi suara dapat dihasilkan saat arus yang berasal dari amplifier mengalir ke dua kumparan elektromagnet, yang ditempatkan tepat di belakang membran baja. Magnetisasi diperlukan agar suara tidak berosilasi pada frekuensi dua kali lipat. Pengujian tersebut memperjelas mengapa sistem ini, yang pernah digunakan pada bentuk awal headphone dan di militer, telah ketinggalan zaman karena rentang frekuensi sangat terbatas dan faktor distorsi juga tinggi.

Konversi suara elektrodinamik

Konversi suara elektrodinamik

Pada sistem ini, sebuah kumparan bergerak dalam medan magnet. Begitu frekuensi suara dan interaksi variabel dengan medan magnet terjadi, getaran muncul yang ditransmisikan ke udara sekitarnya. Poros membran terbuat dari plastik, logam atau selulosa. Hasil uji coba menunjukkan bahwa proses pembuatannya sangat murah dan menurut uji coba juga sistem ini menawarkan kualitas reproduksi yang sangat baik. Karenanya, sistem ini banyak digunakan.

Konversi suara isodinamik

Konversi suara isodinamik

Pada sistem ini, membran digerakkan oleh gaya elektrodinamik dari tegangan frekuensi audio normal. Sistem ini bekerja melalui jalur konduktor berbentuk spiral yang diarahkan dari pusat membran ke luar. Medan magnet yang homogen diperlukan untuk kelancaran operasi, tetapi medan magnet hanya dapat dibuat oleh cakram magnet yang besar dan berat. Hasil uji menunjukkan bahwa headphone yang dibuat dengan sistem ini sangat berat dan tidak nyaman.

Konversi suara balanced armature

Konversi suara balanced armature

Armature yang dapat digerakkan ini dipasang di tengah medan magnet. Dalam pengujian, segera setelah arus mengalir melalui kumparan, armature menjadi magnet dan bergerak dalam satu arah. Gelombang suara dihasilkan oleh membran yang dipasang pada armature oleh sebuah penggerak. Membran yang relatif kaku diperlukan untuk menjaga keseimbangan jangkar. Hasil uji telah menunjukkan bahwa prinsip ini dapat menghasilkan suara yang relatif bagus dengan sedikit daya listrik. Berdasarkan evaluasi model headphone, sistem ini banyak digunakan dalam model earphone in-ear.

Konversi suara elektrostatis

Konversi suara elektrostatis

Membran polyester konduktif dijepit di antara dua pelat logam berlubang dan terus-menerus dialiri dengan listrik. Step-up transmitter, yang terhubung langsung ke keluaran pengeras suara, memberikan tegangan penggerak tinggi yang diperlukan. Membran yang sangat tipis memungkinkan spektrum frekuensi yang lebih besar. Hasil percobaan dan pengujian juga menunjukkan resolusi tinggi dan hasil suara yang sangat natural.

 

Catatan: Orang dengan audiophile menyukai sistem ini karena hasil suaranya yang luar biasa, tetapi harganya relatif tinggi.

 

Manfaat Menggunakan Headphone

 

Wanita menggunakan headphone terbaik pink minimalis

Jika Anda ingin membeli headphone, Anda harus terlebih dahulu menyesuaikan model headphone dengan kebutuhan Anda.

 

Meskipun headphone berfungsi dengan baik, Anda harus mengetahui untuk keperluan apa Anda membutuhkan headphone.

 

Umumnya orang-orang menggunakan headphone untuk mendengarkan musik di ponsel ketika mereka tengah berada dalam perjalanan.

 

Meskipun beberapa ponsel sudah menyertakan headphone, kualitas suara yang dihasilkan masih agak buruk sehingga muncul keinginan untuk menemukan headphone dengan kualitas terbaik untuk digunakan saat bepergian.

 

Sebagian orang yang lain biasanya menghubungkan headphone ke laptop atau PC untuk mendengarkan musik tanpa gangguan saat bekerja atau saat di rumah atau saat menonton film. 

 

Headphone sangat diperlukan ketika anggota keluarga atau kolega memiliki keperluan lain untuk dilakukan pada waktu yang sama dan tidak ingin diganggu.

 

Headphone diperlukan oleh pecinta musik yang suka menikmati lagu atau musik favorit mereka sambil bersantai di sofa, atau mereka yang memiliki tetangga yang tidak suka musik yang keras.

 

Headphone juga menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang sudah berumur, khususnya saat menonton TV.

 

Jika pendengaran tidak lagi berfungsi maksimal, para orang tua masih bisa mengikuti acara yang mereka tonton.

 

Seseorang yang pekerjaannya mengaransemen musik atau menggabungkan musik seperti DJ, atau seseorang yang menyunting film secara profesional juga membutuhkan headphone.

 

Di bidang tertentu, earphone juga digunakan sebagai alat bantu untuk menerima instruksi yang berkaitan dengan pekerjaan yang tengah dilakukan.

 

Apa Saja Jenis-jenis Headphone?

 

 

Berdasarkan survei dari berbagai macam toko online, headphone merupakan sesuatu yang umum dan mudah didapatkan. Namun, perbandingan antar jenis headphone juga menunjukkan bahwa tidak semua orang akan menyukai setiap jenis headphone.

 

Oleh karena itu, mengetahui berbagai jenis headphone diperlukan sebagai perbandingan untuk menemukan jenis headphone terbaik dan direkomendasikan. Hal pertama yang perlu dipertanyakan adalah seperti apa bentuk headphone tersebut.

 

Terdapat perbedaan antara headphone yang memakai headband dengan yang tidak memakai headband (earphone). Keunggulan earphone adalah bentuknya yang ideal untuk digunakan pada ponsel.

 

Sementara, headphone dengan headband memiliki bentuk yang jauh lebih besar dan paling cocok digunakan dalam posisi diam atau posisi yang tidak membutuhkan banyak gerakan.

 

In-ear headphone dan Earbuds

 

Wanita menggunakan headphone terbaik bertipe in ear yang nyamanSaat digunakan dengan ponsel, hasil penelitian menunjukkan bahwa headphone harus mudah dimasukkan ke dalam jaket atau saku celana.

 

Headphone jenis ini seringnya digunakan ketika sedang ada di dalam bus, berolahraga di gym maupun saat berjalan-jalan.

 

Mereka yang telah mencoba menggunakan in-ear dan earbuds akan dengan mudah menemukan jenis headphone mana yang menjadi favorit mereka.

 

Karena in-ear diposisikan langsung di saluran telinga, ia akan menciptakan efek tekanan. Dengan demikian, suara yang dihasilkan pun terdengar optimal. 

 

Sementara earbuds atau on-ear hanya terhubung ke daun telinga. Dalam uji coba, masalah mendasar pada earbuds adalah bentuknya yang hanya bisa digunakan jika daun telinga seseorang cocok dengan bentuk earbuds tersebut. 

 

Setelah melalui pertimbangan yang cermat, dapat dikatakan bahwa suara yang dihasilkan earbuds terdengar kurang mantap. Dalam uji coba tersebut, kurang optimalnya suara bass yang dihasilkan oleh earbuds sering menjadi objek kritikan.

 

Namun di sisi lain, satu keuntungan dari earbuds adalah kita masih mungkin dapat mendengar suara-suara di sekitar karena pendengaran kita tidak sepenuhnya tertutup. 

 

Jika in-ear headphone dipakai saat berada di jalan raya, dalam kasus terburuk hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang tragis, karena pendengaran benar-benar terisolasi pada suara dari in-ear headphone.

 

Jika Anda sering memakai in-ear headphone, tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan telinga secara teratur dengan dokter THT.

Catatan: In-ear headphone dikenakan dekat dengan gendang telinga sehingga jika seseorang terus menerus mendengarkan musik yang terlalu keras, sistem pendengaran dapat terganggu. Seperti yang telah ditunjukkan dalam sebuah studi, bentuk earbuds saat ini tidak lagi sama seperti beberapa tahun yang lalu.

Sebagai perbandingan, saat memilih earbuds, penting untuk memastikan apakah bentuk earbuds sesuai dengan bentuk daun telinga kita.

 

Orang dengan bentuk telinga yang sangat besar atau sangat kecil seringkali kesulitan menemukan headphone terbaik. Orang-orang yang telah menguji earbuds menyatakan mereka merasa tidak nyaman karena harus terus mengotak-atik posisi headphone.

 

Permasalahan tersebut tidak terjadi saat menggunakan in-ear headphone. Bagian penyumbatnya tetap terpasang di telinga karena biasanya kita memperoleh in-ear dalam berbagai ukuran saat membeli. Terdapat pula in-ear yang digunakan khusus saat berolahraga.

 

Headphone

 

Saat berada di tengah perjalanan, headphone yang terpasang tepat di telinga memang tidak ada duanya. Setelah memeriksa beragam rangkaian produk, penggunaan headphone dengan headband masih sangat populer dan direkomendasikan.

 

Kualitas suara yang dihasilkan oleh headband headphone tidak kalah dengan in-ear headphone atau earbuds.

 

Untuk harganya jenis headband headphone ini juga tidak berbeda jauh. In-ear headphone yang menawarkan kualitas yang sama dengan headband headphone justru harganya jauh lebih mahal.

 

Headphone memiliki berbagai macam jenis desain. Sebagai perbandingan, terdapat perbedaan antara model headphone dengan earcup yang tidak sepenuhnya menutupi telinga (on-ear) dan headphone dengan earcup yang sepenuhnya menutupi telinga (over-ear).

 

Over-ear headphone yang hanya dipakai di daun telinga dan telah terbukti menjadi model dengan kenyamanan pemakaian tertinggi dalam pengujian dan juga banyak direkomendasikan.

 

Desain headphone juga menjadi elemen penting dalam memilih headphone. Tidak masalah apakah headphone dapat terpasang dengan benar di telinga atau tidak. Yang menjadi fokus dalam menguji headphone adalah pada isolasi suara, yaitu:

 

  • Sistem isolasi suara terbuka
  • Sistem isolasi suara tertutup
  • Sistem semi terbuka
Pada sistem ini, pendengaran kita hanya sedikit terlindung dari suara luar. Tergantung pada modelnya, isolasi suara pada jenis headphone ini mencapai 30 hingga 60 persen. Bentuk headphone ini umumnya ringan dan terbuka, serta bahan yang digunakan lembut. Dalam uji coba produk, model ini sangat longgar dipakai di kepala dan bisa dipakai dalam waktu lama tanpa masalah. Sirkulasi udara tetap nyaman meskipun dipakai di hari yang panas. Suara yang dihasilkan pun seakan memenuhi ruang dalam telinga. Pecinta musik klasik dan jazz akan sangat menyukai headphone dengan jenis ini. Suara dari luar masih bisa terdengar tanpa masalah. Namun dalam uji coba ini, headphone jenis ini tidak direkomendasikan digunakan di ruang terbuka karena orang-orang di sekitar masih dapat mendengar musik yang kita dengarkan.
Bagi yang menyukai suara bass yang dominan direkomendasikan menggunakan headphone sistem isolasi suara tertutup. Telinga benar-benar tertutup oleh bantalan berbentuk cincin. Karena bantalan tersebut menempel dengan ketat di telinga, pada penggunaan yang lama telinga dapat terasa panas. Keunggulannya adalah headphone ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik tanpa gangguan berisik dari luar, dan orang-orang di sekitar tidak akan mendengar musik yang kita putar. Karena kinerjanya yang luar biasa, headphone jenis ini memberikan pengalaman mendengarkan yang baik, meskipun saat mendengarkan musik pada volume rendah.
Headphone ini adalah perpaduan dari dua jenis headphone yang sebelumnya. Desainnya memastikan bahwa ada kesesuaian yang baik antara frekuensi tinggi dan rendah. Namun, dalam frekuensi rendah suara dari luar masih dapat terdengar, yang berarti suara di lingkungan sekitar dapat mengganggu suara yang dihasilkan. Kenyamanan pemakaian lebih baik daripada headphone dengan sistem isolasi tertutup dan menurut analisis model ini direkomendasikan untuk digunakan saat kita sedang berada di rumah.

 

Fakta Menarik Tentang Teknologi Headphone

 

Selain jenis dan desain, terdapat faktor teknis yang relevan untuk diperhitungkan dalam memilih headphone terbaik, diantaranya:

 

Impedansi

 

Impedansi headphone dinyatakan dalam satuan ohm. Semakin tinggi impedansi headphone maka akan semakin baik suaranya. Namun hal ini tergantung pada apakah headphone terhubung ke smartphone atau sistem Hi-fi.

 

Dengan impedansi tinggi, dibutuhkan tegangan yang jauh lebih besar untuk menggerakkannya.

 

Hasil pengujian menunjukkan bahwa impedansi antara 16 dan 80 ohm pada perangkat ponsel sudah cukup, namun pada sistem Hi-fi setidaknya diperlukan hingga impedansi 250 ohm. Headphone profesional memiliki impedansi kurang lebih 600 ohm.

 

Banyak yang mungkin sudah mencoba headphone ini. Jika headphone untuk smartphone dihubungkan ke perangkat lain, hasilnya sangat tidak memuaskan karena impedansi yang dimilikinya cukup rendah.

 

Signal to Noise Ratio (SNR)

 

Signal to Noise Ratio atau sering disingkat SNR untuk headphone menekankan bahwa bandwidth dinamis yang sempurna dari sebuah suara dapat direproduksi.

 

Hal ini mengacu pada kesesuaian antara bagian musik yang terdengar paling keras dengan yang terdengar paling pelan.

 

Peredam Bising

 

Wanita menggunakan headphone terbaik untuk meredam suara bising dan bersantaiBanyak headphone dalam uji produk ini menggunakan teknologi peredam bising.

 

Teknologi ini teknologi yang mampu meredam suara di sekitar agar tidak menganggu pengguna headphone saat mendengarkan musik seperti suara AC, suara orang yang sedang mengobrol, atau mesin mobil.

 

Teknologi ini bekerja dengan menetralkan tingkat kebisingan dengan counter-noise. Penikmat musik akan menyukai ini karena meskipun suara di sekitarnya cukup keras, mereka dapat menikmati musik yang didengar tanpa gangguan.

 

Catatan: Namun, setelah dipertimbangkan dengan cermat, dapat dikatakan bahwa teknologi ini juga bisa membahayakan. Pelari dan pengendara sepeda harus menguji headphone jenis ini terlebih dahulu karena dapat meningkatkan resiko kecelakaan secara massif.

Terdapat pula headphone yang cocok digunakan saat bepergian yang mirip dengan jenis headphone ini, tetapi tidak menyaring kebisingan di sekitarnya. Seperti yang ditunjukkan hasil pengujian, terdapat batasan untuk teknologi ini.

 

Amplitudo dari counter noise dihitung secara real time. Jika tingkat kebisingan berfluktuasi, filter suara hanya mampu bekerja sampai batas tertentu.

 

Berdasarkan pengujian, kita tidak bisa mengharapkan untuk mendapatkan kualitas headphone dengan peredam bising yang baik jika harga headphone tersebut terbilang murah.

 

Headphone nirkabel dan berkabel

 

Headphone nirkabel yang digunakan pada televisi telah ada sejak lama, tetapi hasil uji menunjukkan bahwa teknologi Bluetooth semakin maju. Sebuah transmitter dicolokkan ke sumber dan diintegrasikan ke headphone.

 

Kebanyakan orang tidak memperhatikan perbedaan antar jenisnya. Namun, jika pecinta musik diminta membuat perbandingan, headphone berkabel selalu lebih unggul karena pada headphone nirkabel musik perlu dikompresi agar bisa didengarkan khususnya saat mendengarkan musik genre funk.

 

Dilihat dari modelnya, penggunaan headphone berkabel terlihat merugikan. Dan jika Anda bukan audiophile (seseorang yang sangat tertarik pada reproduksi suara dengan kualitas tinggi), Anda akan lebih menyukai kebebasan bergerak yang ditawarkan headphone dengan Bluetooth.

 

Bluetooth berfungsi dengan sempurna ketika ingin melakukan pekerjaan rumah sambil mendengarkan musik dan juga saat menonton TV. Saat berolahraga, teknologi ini juga menjadi pilihan yang baik.

 

Perbandingan ini bermanfaat untuk mempertimbangkan jenis headphone mana yang direkomendasikan untuk dipakai bermain game di depan PC (biasanya headphone berkabel lebih cocok digunakan).

 

Jika Anda memiliki kursi santai dengan stereo di dalamnya dan ingin mendengarkan musik, headphone dengan Bluetooth memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dibandingkan sebagai berikut:

 

Kelebihan

  • Bebas bergerak
  • Tidak mudah rusak

 

Kekurangan

  • Baterai perlu diisi secara teratur
  • Pembatasan jarak pakai kurang lebih 10 meter dari sumber suara
  • Kualitas transmisi sedikit lebih buruk dibanding headphone berkabel

 

Dalam konteks perbandingan ini, bagaimanapun juga dapat dikatakan ​​bahwa tidak ada kepastian mana yang lebih unggul antara headphone nirkabel dengan headphone berkabel,  karena ada juga headphone yang memiliki Bluetooth, tetapi tetap menggunakan kabel.

 

Produsen Headphone Terkemuka

 

Memakai headphone dengan kualitas terbaik dapat memberikan banyak manfaat. Tidak direkomendasikan untuk membeli merek produk headphone yang tidak dikenal. Merek produk tertentu juga mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

 

Survei pasar juga telah membantu dalam mengidentifikasi produsen headphone terkemuka sehingga bisa dijadikan rekomendasi oleh konsumen saat memilih headphone dengan kualitas terbaik. Ini dia 7 rekomendasi merek headphone terbaik.

 

Bose

 

Bose merupakan headphone yang direkomendasikan oleh banyak orang sebagai gabungan antara headphone dengan kualitas suara seperti yang dihasilkan oleh sound system.

 

Perusahaan AS yang berbasis di Massachusetts ini memproduksi semua yang diinginkan pecinta Hi-fi. Selain sistem audio yang lengkap, berbagai headphone ditawarkan untuk para pecinta musik, maupun profesional. 

 

Sony 

 

Sony adalah salah satu perusahaan elektronik raksasa asal Jepang yang muncul setelah Perang Dunia Kedua dan produknya telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

 

Hampir setiap rumah memiliki setidaknya satu perangkat elektronik dari Sony. Headphone juga merupakan bagian penting dari rangkaian produk Sony dan merupakan salah satu rekomendasi merk headphone yang terbaik.

 

Panasonic

 

Panasonic adalah perusahaan elektronik lain asal Jepang yang produknya sekarang digunakan di seluruh dunia. Perusahaan ini bermula pada tahun 1918 dengan memproduksi bola lampu.

 

Setelah itu perusahaan berkonsentrasi pada inovasi alat-alat elektronik yang bertujuan sebagai hiburan. VHS sebagai standar video dan penggerak langsung untuk turntable merupakan keunggulan Panasonic.

 

Headphone Panasonic telah terbukti selalu memiliki performa yang baik dibandingkan dengan produk sejenis dari produsen lain. 

 

Sennheiser

 

Pada dasarnya, Anda tidak memerlukan tes untuk memastikan kualitas perusahaan Sennheiser. Perusahaan asal Jerman ini kualitasnya tidak diragukan lagi dalam urusan produksi headphone.

 

Perusahaan yang didirikan oleh Fritz Sennheiser sebagai laboratorium di dekat Hanover ini memproduksi headphone dan mikrofon – baik untuk pemakaian pribadi maupun untuk kepentingan bisnis di bidang call center dan teknologi konferensi.

 

Melakukan pengujian headphone Sennheiser hampir selalu menyenangkan, karena hasilnya biasanya sangat bagus.

 

Samsung

 

Headphone mana yang memiliki kualitas terbaik di negara bagian Timur? Dalam beberapa dekade terakhir, perusahaan Korea telah mengejar ketertinggalan dengan perusahaan Jepang. Kualitasnya pun tidak diragukan lagi.

 

Perusahaan Korea Samsung, yang awalnya didirikan sebagai toko bahan makanan pada tahun 1938, sekarang menjadi produsen telepon seluler dan televisi terbesar di dunia. Samsung juga memiliki kualitas headphone yang tidak kalah dengan produsen lain.

 

Philips

 

Perusahaan elektronik asal Belanda ini bukan hanya raksasa industri, tetapi juga salah satu perusahaan terbesar di dunia. Produk headphone Philips pertama diproduksi pada awal 1918.

 

Setelah Perang Dunia Kedua, fokus perusahaan ini adalah produksi pisau cukur, tape recorder dan fonograf, serta radio receiver. Bersama Sony, Philips mengembangkan produksi compact disk atau CD pada tahun 1982.

 

Menguji headphone Phillips sama saja dengan merasakan headphone dengan kualitas terbaik sehingga tidak mengherankan jika hasil yang dicapai selalu memuaskan baik saat diuji coba maupun saat dibandingkan dengan headphone merk lain.

 

Beats by Dr. Dre

 

Beats by Dr. Dre bisa dikatakan merek yang masih baru, tetapi produknya selalu diterima secara positif dalam setiap uji coba. Dr. Dre dan Jimmy Ivoine, yang didirikan pada 2006, diakuisisi oleh Apple Inc. pada 2014.

 

Pengujian terhadap produk merk ini meliputi headphone, earphone, dan speaker. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang mirip dengan rekaman studio yang sempurna khususnya bagi para pecinta musik. 

 

Tujuh Kriteria yang Diperlukan dalam Membandingkan Headphone

 

Anda memang perlu memutuskan sendiri jenis headphone mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bisa jadi menyukai over-ear headphone yang klasik, sementara yang lain lebih suka menggunakannya langsung di telinga mereka.

 

Namun, dalam melakukan perbandingan, terdapat standar yang seragam yang digunakan dalam membandingkan sesuatu. Berikut kriteria yang dapat digunakan:

 

  • Signal to Noise Ratio (SNR) dan frekuensi

Suara diukur dalam satuan desibel (dB). Namun, mengapa hal ini penting dalam memilih headphone? Karena angka yang dihasilkan menggambarkan kisaran volume yang dapat dihasilkan headphone.

 

Seringkali, pengukuran menggunakan signal to noise ratio juga digunakan, karena mendengarkan musik terlalu keras dalam waktu lama juga dapat merusak kesehatan telinga Anda.

 

Normalnya, ambang batas aman untuk musik pop sekitar 20 dB, konser musik heavy metal bisa menghasilkan hingga 90 dB, sementara suara pesawat yang lepas landas menghasilkan 150 dB.

 

Frekuensi suara diukur dalam satuan Hertz (Hz). Frekuensi normal berada dalam kisaran antara 30 dan 20.000 Hz.

 

Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi nadanya. 30 Hz berarti suara bass yang dihasilkan cukup dalam, yang menyebabkan membrane pada headphone bergetar saat dilakukan uji coba.

 

Spektrum frekuensi penting untuk digunakan saat melakukan perbandingan. Menurut penelitian, 50 hingga 10.000 Hz adalah rentang yang relevan saat mendengarkan suara atau musik.

 

Suara dapat sangat dinikmati jika cakupan frekuensi yang digunakan dalam uji coba cukup luas.

 

  • Impedansi

Impedansi yang diukur dalam satuan ohm juga harus diperhitungkan dalam uji coba. Nilai impedansi menggambarkan resistansi headphone dan juga menunjukkan betapa sulit atau mudahnya memproduksi suara melalui amplifier.

 

headphone dengan impedansi rendah, contohnya 32 ohm, membutuhkan daya yang lebih sedikit untuk menghasilkan volume yang keras dibandingkan pada headphone dengan impedansi tinggi 600 ohm.

 

Dalam uji coba ini, nilai ohm yang tinggi menghasilkan resolusi yang lebih baik dan suara yang lebih nyaman.

 

Namun, headphone harus disambungkan ke amplifier yang kuat. Saat menguji dengan smartphone atau laptop, hasilnya menunjukkan bahwa nilai 16 hingga 80 ohm merupakan nilai impedansi yang ideal.

 

  • Proses pembuatan produk

Headphone harus diperiksa fleksibilitasnya dan kualitas pengerjaannya secara keseluruhan. Pemeriksaan ini tidak hanya mencakup kualitas kabel yang dipakai, tetapi juga untuk setiap komponen kecil.

 

Dalam pemeriksaan komponen yang mengandung plastik, tentunya penting juga untuk memeriksa apakah terdapat zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Hal yang sama juga berlaku untuk bantalan telinga headphone.

 

  • Kenyamanan

Banyak orang yang suka memakai headphone berjam-jam. Faktor ini penting dipertimbangkan agar seseorang dapat merasa nyaman saat menggunakan headphone. Kenyamanan penggunaan headphone tidak boleh dianggap remeh.

 

  • Kelengkapan headphone

Selama uji coba, penilaian diberikan pada apakah headphone yang diuji memiliki fungsi khusus, seperti memiliki teknologi peredam bising atau apakah aksesori tertentu disertakan.

 

  • Kompatibilitas

Hasil uji coba menunjukkan bahwa tidak setiap model headphone dapat dengan mudah dihubungkan ke setiap perangkat.

 

Saat mencoba untuk menghubungkan headphone ke suatu perangkat, penting untuk memeriksa headphone apa yang cocok untuk itu. Headphone yang tersambung dengan perangkat yang tepat tentunya akan menghasilkan suara yang lebih baik.

 

  • Servis

Untuk model headphone dengan harga yang mahal, masa garansi juga penting agar komponen kecil seperti kain pelapis atau kabel dapat diganti atau dibeli tanpa masalah. Jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan masa garansi saat membeli headphone.

 

Perhatikan Kekurangan Headphone Saat Memilih

 

Pria memakai headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hariKarena headphone digunakan langsung pada anggota tubuh, dalam hal ini telinga, pembelian yang tidak tepat pastinya akan sangat mengganggu.

 

Karena jika headphone tidak terpasang dengan benar, semua kenikmatan mendengarkan musik akan hilang.

 

Tidak setiap kekurangan harus menunggu diketahui sampai kita mencobanya di rumah karena beberapa kekurangan dan titik lemah bisa diketahui lebih awal.

 

  • Headphone yang sesuai kebutuhan pemakainya

Orang-orang membeli headphone untuk tujuan yang sangat berbeda. Beberapa orang hanya ingin mendengarkan musik dengan kualitas suara lebih baik dengan ponsel mereka, sementara yang lain menggunakannya untuk menyunting rekaman dan video secara profesional.

 

Pada dasarnya, peralatan yang digunakan untuk tujuan profesional selalu lebih mahal daripada peralatan yang sekedar digunakan untuk keperluan biasa. Oleh karena itu, analisis yang realistis harus dilakukan sebelum membeli headphone.

 

Setelah menemukan jenis headphone yang dibutuhkan, perbandingan dengan jenis headphone yang lain atau rekomendasi dari kolega mungkin dapat membantu.

 

  • Headphone yang terlalu berat

Beberapa orang lebih sensitif pada berat headphone daripada yang lain, itulah sebabnya banyak orang lebih menyukai model headphone yang sangat ringan.

 

Jika seseorang terlambat mengetahui berat headphone yang dibeli dan sudah terlanjur memesan, perasaan kecewa tidak bisa dihindari.

 

Jika Anda menyukai headphone yang seringan mungkin, Anda harus memperhatikan jenis headphone tertentu yang direkomendasikan di sini, dan usahakan juga untuk membaca informasi dan deskripsi produk dari penjual dengan cermat.

 

  • Suara headphone tidak sesuai harapan

Terkadang suara yang dihasilkan headphone tidak sesuai harapan. Jika nada tinggi menjadi terdengar bergema, suara bass terlalu rendah atau tidak ada bass sama sekali. Ini artinya headphone tersebut belum lulus uji.

 

Bisakah masalah ini diketahui sebelumnya? Ya, jika terdapat ulasan tentang hal ini yang diberikan oleh pembeli lainnya. Jadi sebaiknya Anda perlu memperhatikan ulasan headphone yang akan dibeli.

 

  • Kualitas produk yang buruk

Pecinta musik, khususnya, siap untuk berinvestasi lebih banyak pada headphone mereka. Biasanya headphone tersebut akan digunakan selama beberapa tahun.

 

Namun, jika pelapis pada telinga lepas setelah beberapa saat, kabel menjadi yang longgar dan komponen bahan plastik tidak diproses dengan baik, tentunya akan sangat mengecewakan.

 

Akan lebih baik jika telah dilakukan perbandingan sebelumnya agar bisa membeli headphone dengan kualitas terbaik bisa dengan cara melihat perbandingan dalam uji coba produk yang telah dilakukan di sini atau dengan membaca review dan rekomendasi pelanggan di Internet.

 

  • Headphone tidak dapat dihubungkan ke setiap perangkat

Tidak semua orang menyukai headset dengan bentuk yang kecil. Oleh karena itu, headphone harus benar-benar terhubung ke perangkat apa pun tanpa masalah.

 

Jika kabel tertentu tidak bisa tersambung ke perangkat tertentu atau bahkan tidak tersedia jenis sambungan yang sama, aksesori tambahan harus dibeli secara terpisah karena jika tidak, penggunaan headphone menjadi sangat terbatas.

 

Dalam hal ini, penting untuk membaca deskripsi produk secara mendetail dan, jika ada yang tidak jelas, bisa tanyakan langsung pertanyaan yang relevan kepada penjual. Jangan lupa juga untuk memperhatikan rekomendasi headphone yang bagus.

 

Agar Mendapatkan yang Terbaik, di Mana Sebaiknya Membeli Headphone?

 

 

Banyak konsumen masih membeli di toko secara langsung karena mereka percaya bahwa mereka dapat memperoleh headphone terbaik di sana. Hal ini mungkin terjadi di masa lalu, ketika ada toko-toko khusus Hi-Fi di setiap kota.

 

Namun, sebuah uji coba di toko-toko elektronik menunjukkan bahwa para staf toko justru kurang atau sama sekali tidak memiliki pengetahuan khusus mengenai produk yang dijual. Selain itu, biasanya hanya merek tertentu saja yang dijual.

 

Jika Anda mencoba produk dan meminta rekomendasi, Anda biasanya akan direkomendasikan pada promo terkini atau produk termahal. Di Internet, pangsa pasar toko online terus meningkat dibandingkan dengan toko fisik, dan itu memang beralasan.

 

Toko online memiliki pilihan yang hampir tak terbatas dan mereka yang terlibat dalam uji coba akan menemukan bahwa setiap merek sebenarnya ada di pasar online, seperti Shopee atau Lazada, dan dapat dikirimkan dalam waktu singkat.

 

Pembeli dapat memeriksa persamaan, menjajarkan model yang dipilih dan membandingkan penilaian pribadi dengan ulasan pelanggan lain. Hal itu dapat digunakan sebagai petunjuk penting apakah headphone tersebut merupakan headphone terbaik atau bukan.

 

Hal ini juga berpengaruh positif bahwa analisis tertentu selalu menyajikan beberapa model dalam satu kategori harga. Uji coba tersebut menunjukkan, tawar menawar harga masih dapat ditemukan di pasar online.

 

Hal ini menunjukkan fakta bahwa margin laba dihitung secara berbeda di pasar online dan penjual memberikan keuntungan harga secara langsung kepada konsumen.

 

Informasi Menarik tentang Headphone

 

Sejarah headphone

 

Sampai saat ini, tidak ada yang dapat membuktikan dengan pasti siapa yang menemukan headphone. Menjelang akhir abad ke-19, versi pertama muncul sebagai tanggapan dari metode perekaman dan pemutaran suara yang muncul.

 

Saat Graham Bell mengembangkan telepon sekitar tahun 1880 dan menunggu sinyal dapat terbaca menggunakan headphone mono, Thomas Alva Edison mengeluarkan penemuan fonografnya dengan perangkat serupa.

 

Pemasaran headphone dimulai pada tahun 1910. Sebagai perbandingan, Nathaniel Baldwin, orang Amerika, membuat receiver dual mono yang dihubungkan ke ikat kepala.

 

Meskipun dia telah mengembangkan model untuk diuji di Angkatan Laut AS, orang-orang tetap memperebutkannya. Perusahaan Radio Baldwin dengan cepat menghasilkan 2 juta dollar dalam setahun.

 

Momen hebat itu tidak datang secara kebetulan. Fonograf dan gramofon tidak cukup keras saat itu. Baldy Phone bukan tidak dilengkapi dengan hal tersebut.

 

Saat itu digunakan terminal positif baterai radio yang bagus untuk volume, tetapi buruk bagi pengguna jika mereka menyentuh tempat keluarnya suara dari headphone dengan tangan kosong yang menyebabkan terdengarnya ledakan yang keras.

 

Pada 1920-an Radio nirkabel dikembangkan dan teknologi pembuatan headphone mengalami pembaruan. Perusahaan Beyerdynamic membuat headphone elektrodinamik yang pertama pada tahun 1947.

 

Perusahaan ini menciptakan model yang nyaman dan mendominasi pasar selama dua tahun dekade. Sejak tahun 1957, pengembangan headphone elektrostatis dimulai di Jepang, dan modelnya dapat bertahan selama 30 tahun.

 

Sennheiser mengembangkan model headphone secara terbuka yang pertama pada tahun 1968. Pada tahun 1979, Sony menciptakan headphone Walkman.

 

Sejak 2001, headphone EarPod milik iPod mengalami kemajuan. headphone bahkan tidak lagi membutuhkan kabel, karena dapat dikontrol melalui Bluetooth.

 

Lebih jauh, uji coba ini juga membuktikan bukti bahwa saat ini terdapat headphone yang sesuai untuk segala situasi.

 

Berapa harga headphone yang terbaik?

 

Headphone yang terbaik tidak harus mahal. Lagi-lagi headphone kualitas terbaik justru kadang harganya rendah. Hal yang utama adalah efek suara yang cocok untuk dinikmati. Pasar headphone bergantung pada tren.

 

Untuk beberapa waktu sekarang, Beats by Dr. Dre sangat populer, harganya mulai dari sekitar 6 jutaan. Seperti yang telah diketahui, merek ini juga telah merilis model In-Ear yang direkomendasikan dengan harga sekitar 600 ribuan.

 

Perusahaan lain berkecimpung dalam pasar headphone selama beberapa dekade dan memiliki basis penggemar berat yang tidak suka terlibat dalam uji coba.

 

Perusahaan Sennheiser dan Bose telah berada di segmen harga menengah hingga tinggi. Dikisaran harga beberapa ratus ribu atau bahkan jutaan rupiah.

 

Merek lainnya yang direkomendasikan seperti Sony, Philips dan Samsung menyediakan harga yang lebih murah dengan rasio harga-kinerja yang baik.

 

Bagaimanapun juga, Anda harus berinvestasi produk-produk yang bermerek karena sebagai pecinta musik, Anda akan menggunakannya selama bertahun-tahun.

 

Produk tanpa merek yang terkenal dan dengan harga yang didiskon tidak hanya meragukan dalam hal suara, tetapi juga tidak awet.

 

Pada akhirnya, Anda harus membeli dua kali. Maka lebih baik membeli headphone dengan kualitas terbaik.

 

Headphone dan Keamanan

 

Meskipun terdapat larangan mengemudi dengan menggunakan ponsel di telinga, peraturan lalu lintas tidak melarang penggunaan headphone. Meskipun demikian, harus dipastikan bahwa pengemudi tidak memiliki masalah pendengaran saat menggunakan headphone.

 

Artinya, siapa pun yang mendengarkan musik saat dalam perjalanan harus memastikan bahwa ia masih mampu mendengar semua suara yang ada di sekitarnya.

 

Perusahaan asuransi juga dapat mencoba mengklaim pengurangan asuransi karena kerusakan disebabkan oleh kesalahan fatal pengguna. Tidak hanya karena biaya yang mahal, tapi juga dapat menyebabkan penurunan peringkat.

 

Oleh karena itu, solusi yang terbaik adalah tidak memakai headphone saat mengemudi untuk memastikan bahwa semua suara di sekitar terdengar.

 

Hal ini juga berlaku saat Anda bepergian dengan bersepeda atau jogging di taman. Jika Anda tidak yakin, Anda harus melakukan tes dan membandingkan volume. 

 

Bersihkan headphone dengan benar

 

In-Ear headphone sebaiknya tidak digunakan pada telinga yang kotor. Hal itu adalah hal termudah untuk dilakukan agar menjaga earbud tetap bersih. Partikel kecil seperti kotoran, dan debu dapat dengan mudah diseka dengan kain microfiber.

 

Ampelas, semprotan pembersih dan pelarut tidak boleh digunakan karena material akan rusak. Hal ini juga berlaku untuk On-ear headphone.

 

Bagian pelapis, khususnya, harus dirawat dengan sangat hati-hati. Kapas juga dapat digunakan untuk membersihkan, tergantung di mana kotorannya.

 

Komponen berbahan plastik dapat dibersihkan dengan kain lembab untuk kotoran yang membandel, tetapi harus dikeringkan hingga kering. Secara umum, headphone tidak tahan terhadap kelembaban yang terlalu tinggi.

 

Untuk melindungi kabel, kabel tidak boleh ditarik keluar dari perangkat, tetapi selalu langsung dari stekernya. Banyak headphone dari pengujian ini dilengkapi dengan penutup pelindung.

 

Penutup pelindung tersebut harus digunakan untuk penyimpanan headphone saat tidak digunakan. Barang lain tidak boleh dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan headphone.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyuara_kuping#Istilah_earphone,_headphone,_dan_headset

https://www.nagaswarafm.com/sejarah-headphone-dari-masa-ke-masa/ 

https://aura.tabloidbintang.com/kesehatan/read/63774/5-fakta-penting-soal-penggunaan-earphone-atau-headset 

https://www.idntimes.com/tech/gadget/adiputra/sering-salah-kaprah-ini-beda-headphone-headset-earphone-dan-handsfree-1 

https://www.idntimes.com/tech/gadget/alfonsus-adi-putra-alfonsus/perbedaan-in-ear-on-ear-dan-over-ear-pada-audio 

 

Hal yang sering ditanyakan

Headphone mana yang terbaik?

Tentukan model headphone yang cocok untuk Anda dengan anggaran (budget) dan tujuan yang sesuai. Direkomendasikan untuk membeli headphone dengan kualitas terbaik.

Headphone mana yang sesuai kebutuhan DJ?

Rekomendasi headphone untuk DJ adalah yang dapat meredam kebisingan dari luar, dan bass harus terdengar jelas dan kenyamanan adalah hal penting karena akan digunakan dalam durasi lama.

Di mana saya dapat menemukan headphone terbaik?

Sangat bermanfaat untuk membaca rekomendasi atau review terlebih dahulu dan kemudian memesan model yang sesuai di Internet.

Mengapa kualitas Bluetooth headphone lebih buruk?

Kualitasnya sangat bagus dan kebanyakan orang tidak melihat perbedaannya. Namun, suara harus dikompresi terlebih dahulu, dan hal tersebut menyebabkan sedikit masalah pada kualitas suaranya.

Apa perbedaan antara sistem terbuka dan tertutup?

Keduanya sama-sama mampu mengeluarkan suara dengan baik. Hanya saja pada sistem tertutup, suara bass lebih kuat dan suara yang dikeluarkan biasanya tidak akan didengar oleh orang-orang di sekitar.

Headphone mana yang terbaik untuk anak-anak?

Model untuk anak-anak biasanya memiliki pembatas besarnya volume yang dapat disesuaikan pada tingkat yang tidak berbahaya.

Headphone mana yang terbaik untuk olahraga?

Karena smartphone biasanya digunakan untuk mendengarkan musik pada saat jogging atau berolahraga di gym, model In-Ear ternyata menjadi yang terbaik dan direkomendasikan. Anda dapat melihat tabel perbandingan untuk membantu menemukan model yang tepat.

Apa itu peredam kebisingan di headphone?

Teknologi ini memungkinkan untuk menyaring suara yang mengganggu dan memungkinkan seseorang menikmati musik yang lebih intens.

Bagaimana melindungi pendengaran dari headphone?

Dengan tidak menaikkan volume terlalu tinggi dan mengambil jeda dari waktu ke waktu.

Mengapa kualitas suara headphone buruk?

Bisa jadi karena produk tersebut bukan headphone dengan kualitas terbaik, tetapi produk tanpa merek, sering kali karena kualitas pembuatan yang lebih rendah. Seringkali penyebabnya juga adalah kualitas MP3 yang buruk.

Tinggalkan Balasan