Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
 Hand Sanitizer im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
30 lama pengujian
5 studi evaluasi
7000 Baca ulasan

๐Ÿฅ‡ Hand Sanitizer Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Cornelia
Cornelia Tjandra

Seorang lifestyle enthusiast dari Jakarta yang kebetulan juga suka membaca dan menulis. Berawal dari suka mengoleksi skincare, makeup, dan pakaian, kini Cornelia sering menulis artikel dan guide mengenai beauty dan fashion di sejumlah media online.

informasi tambahan

Hand Sanitizer Daftar Produk Terbaik 2021

Hand Sanitizer Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

pasangan tangan orang-orang alkoholDengan adanya pandemi Covid-19, masyarakat diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan sebagai cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit. Selain mencuci tangan, masyarakat juga direkomendasikan untuk membawa hand sanitizer saat bepergian.

 

Setelah melakukan uji coba dan perbandingan dari beberapa merek yang ada, kami akan memberikan rekomendasi merek hand sanitizer terbaik yang dapat kamu gunakan.

 

Apakah Hand Sanitizer Itu?

 

Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik yang biasa digunakan untuk menjaga kebersihan tangan. Cairan antiseptik ini memiliki fungsi utama yakni membunuh kuman pada tangan.

tangan dan hand sanitizerMengaplikasikan hand sanitizer pada tangan merupakan alternatif terbaik untuk membersihkan tangan apabila situasi tidak memungkinkan seseorang untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.

 

Hand sanitizer dapat berupa cairan encer, gel, foam, atau spray yang umumnya dimuat di dalam botol atau wadah kecil, sehingga produk ini mudah dibawa ke mana saja.

 

Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Melindungimu?

 

tangan wanita dan hand sanitizerBahan aktif yang terkandung di dalam hand sanitizer biasanya merupakan alkohol, seperti propanol, isopropanol, dan etanol. Dalam hand sanitizer non-alkohol, zat aktif ini dapat berupa benzalkonium klorida, triklosan, dan zat bersifat desinfektan lainnya.

 

Dalam kondisi optimal, zat-zat aktif tadi membunuh kuman di tangan dengan beberapa cara.

 

Ada zat yang mampu merusak jaringan protein pelindung bakteri dan virus, ada yang memecah belah sel kuman, dan ada juga yang mengganggu sistem metabolisme kuman hingga kuman pun mati.

 

Oleh sebab itu, setelah menggunakan hand sanitizer, kuman yang ada di tangan akan mati dan tidak bisa menginfeksi tubuh kita lagi.

 

Berbagai Manfaat Menggunakan Hand Sanitizer

 

Selain membunuh kuman dan menjaga kebersihan tangan, menurut eksperimen ilmiah, ternyata hand sanitizer juga memiliki manfaat-manfaat lain.

 

  • Mensterilkan luka kecil

Hand sanitizer terbaik yang beredar di pasaran umumnya mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Karena itu, hand sanitizer juga dapat digunakan untuk mensterilkan luka atau goresan kecil pada tubuh.

 

Untuk hasil terbaik, cukup tuangkan sedikit hand sanitizer pada sehelai kapas dan tempelkan pada luka selama beberapa menit, hand sanitizer akan bekerja sebagai desinfektan dan mencegah infeksi pada luka.

 

  • Meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga

Selain menjaga kebersihan tangan dan mensterilkan luka, kandungan alkohol dalam hand sanitizer juga mampu meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga, terutama nyamuk.

 

Alkohol bersifat antiseptik sehingga dapat mencegah infeksi sekaligus menghilangkan rasa gatal dalam seketika. Cukup tuang sedikit hand sanitizer dan gosokkan pada area yang tergigit serangga selama setidaknya 30 detik untuk hasil terbaik.

 

  • Membersihkan layar handphone

Tahukah kamu bahwa layar handphonemu merupakan sarang kuman? Menurut pengujian ilmiah, kebanyakan layar handphone ditutupi 10 kali lebih banyak kuman dibandingkan tempat duduk kloset.

 

Maka, sangat direkomendasikan untuk membersihkannya secara rutin. Salah satu cara terbaik untuk membersihkan layar handphonemu adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

 

Cukup tuangkan sedikit hand sanitizer pada kain perca atau tisu dan lap layar handphonemu secara menyeluruh. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membersihkan kacamata, jendela, cermin, dan lain-lain.

 

Dua Jenis Hand Sanitizer

 

Berdasarkan jenis bahan aktif yang terkandung di dalamnya, terdapat dua jenis hand sanitizer, yaitu alkohol dan non-alkohol. Dalam bagian ini, kami akan membandingkan keduanya.

 

Berikut ini adalah perbandingan kedua kategori hand sanitizer beserta penjelasannya.

 

Hand Sanitizer Alkohol

 

Hand sanitizer berbasis alkohol biasanya mengandung 60 hingga 95 persen alkohol dalam bentuk etanol, propanol, atau isopropanol. Hand sanitizer jenis ini merupakan hand sanitizer yang paling banyak terdapat di pasaran.

 

Hand sanitizer berbasis alkohol sangat efektif dalam membunuh kuman dengan cara merusak jaringan protein sel virus dan bakteri. Menurut evaluasi ilmiah, penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol dapat membunuh hingga 99.99% kuman hanya dalam 30 detik.

 

Namun meskipun efektif dan baik untuk digunakan, hand sanitizer berbasis alkohol juga memiliki kekurangan. Pertama, hand sanitizer jenis ini mudah terbakar dikarenakan kandungan alkoholnya.

 

Cara yang terbaik untuk menghindari resiko timbulnya kebakaran adalah dengan tidak memakai hand sanitizer alkohol dekat dengan sumber api. Kemudian, alkohol yang terkandung dapat membuat kulit tangan kering dan iritasi apabila digunakan terlalu sering.

 

Terakhir, hand sanitizer berbasis alkohol sangat tidak direkomendasikan untuk anak kecil dan bayi karena dapat menyebabkan keracunan alkohol apabila tidak sengaja tertelan.

 

Hand Sanitizer Non-Alkohol

 

Hand sanitizer non-alkohol merupakan alternatif dari hand sanitizer berbasis alkohol yang lebih sering ditemukan. Hand sanitizer non-alkohol biasanya mengandung zat aktif bersifat desinfektan atau antimikroba, contohnya benzalkonium klorida dan triklosan.

 

Berdampingan dengan hand sanitizer alkohol, hand sanitizer jenis ini pun tidak kalah efektif dalam membasmi kuman. Hand sanitizer non-alkohol umumnya merupakan pilihan terbaik untuk orang-orang berkulit sensitif serta anak kecil dan bayi.

 

Tetapi sama seperti hand sanitizer berbasis alkohol, hand sanitizer jenis ini pun memiliki kekurangan. Hand sanitizer non-alkohol umumnya berbentuk foam berbasis air, sehingga membutuhkan dispenser khusus agar foam dapat terbentuk.

 

Hand sanitizer jenis ini pun biasanya lebih jarang ditemukan di pasaran dan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

 

Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Memilih Hand Sanitizer

 

Agar kamu bisa mendapat produk terbaik untuk melindungi dirimu, penting untuk cermat dalam memilih hand sanitizer untukmu dan keluargamu. Sebelum membeli hand sanitizer, perhatikanlah hal-hal berikut ini.

 

Kandungan alkohol

 

Karena kebanyakan hand sanitizer yang beredar di pasaran adalah hand sanitizer berbasis alkohol, kemungkinan besar inilah jenis hand sanitizer yang akan kamu pilih.

 

Untuk mencari hand sanitizer terbaik demi menjaga kesehatan, pastikan kadar alkohol dari hand sanitizer yang kamu pilih setidaknya sebesar 60% sesuai dengan imbauan WHO. Hand sanitizer umumnya mengandung 60 hingga 95 persen alkohol.

 

Pilih hand sanitizer yang memiliki izin edar

 

hand sanitizer dan maskerSebisa mungkin, jangan menggunakan hand sanitizer racikan rumahan yang dijual sembarangan. Hand sanitizer yang dijual tanpa izin edar tidak melewati proses pemeriksaan, sehingga bisa saja kadar alkoholnya belum mencapai 60% sehingga kurang efektif untuk membunuh kuman.

 

Belum lagi oknum-oknum nakal bisa saja menggunakan zat kimia berbahaya dalam pembuatannya. Hand sanitizer terbaik untuk kesehatan dan keamananmu adalah hand sanitizer yang telah memiliki izin edar.

 

Perhatikan jenis kulit

 

Banyak orang yang menganggap bahwa hand sanitizer terbaik adalah yang mengandung kadar alkohol paling tinggi. Asumsi ini kurang tepat. Menurut WHO, kadar alkohol 60% sudah cukup bagi masyarakat umum.

 

Lagipula semakin tinggi kadar alkohol hand sanitizer, kulitmu berpotensi menjadi kering atau terkelupas.

 

Bila kamu memiliki kulit kering dan sensitif, hand sanitizer terbaik untukmu adalah hand sanitizer dengan alkohol 60% dan mengandung pelembab.

 

Untuk bayi dan balita, hand sanitizer terbaik adalah hand sanitizer non-alkohol yang telah diformulasikan khusus untuk mencegah keracunan. Jangan lupa untuk melakukan uji kecocokan dan kesesuaian produk untuk mencegah iritasi atau alergi pada kulit.

 

Pilih bentuk hand sanitizer yang mudah dipakai

 

Hand sanitizer hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari cairan, gel, spray, hingga foam. Direkomendasikan untuk melakukan tes produk untuk melihat bentuk mana yang paling kamu sukai.

 

Hand sanitizer terbaik adalah yang mudah dibawa ke mana saja dan praktis untuk digunakan kapan pun.

 

Kandungan Hand Sanitizer Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Untuk mencari hand sanitizer terbaik, pastikan untuk selalu mengecek dan melakukan analisis singkat pada kandungan kimiawinya. Berikut ini adalah zat-zat terbaik dan paling populer yang terkandung dalam kebanyakan hand sanitizer yang beredar di Indonesia.

 

Etanol

Etanol

Etanol adalah salah satu bentuk alkohol terbaik dan paling aman untuk digunakan di hand sanitizer. Etanol sangat efektif dalam membunuh kuman dan membantu menjaga kesehatanmu. Namun, etanol juga bisa beracun apabila tidak sengaja terkonsumsi, terutama oleh anak-anak. Direkomendasikan untuk menjauhkan hand sanitizer dari jangkauan anak-anak dan memantau anak saat menggunakan hand sanitizer.

Isopropanol

Isopropanol

Isopropanol juga merupakan salah satu zat terbaik yang dapat terkandung dalam hand sanitizer. Isopropanol pun juga efektif dalam membasmi kuman. Namun seperti etanol, isopropanol pun berpotensi menyebabkan keracunan alkohol bila tidak sengaja tertelan. Simpanlah dengan baik dan kontrol penggunaan hand sanitizer, terutama di sekitar anak-anak.

Pelembab

Pelembab

Produsen hand sanitizer menyadari bahwa kebanyakan hand sanitizer berpotensi membuat kulit tangan kering. Oleh sebab itu, sekarang banyak hand sanitizer yang diberikan kandungan pelembab, seperti aloe vera dan minyak zaitun, sebagai cara terbaik untuk mengurangi resiko kulit kering dan iritasi akibat seringnya memakai hand sanitizer.

Vitamin E

Vitamin E

Sekarang sudah banyak juga hand sanitizer yang mengandung vitamin E berdampingan dengan pelembab biasa. Kandungan ini sangat efektif dalam melembabkan tangan sekaligus menutrisi kulit agar tetap sehat.

Hindari 1-propanol

Hindari 1-propanol

Karena kemiripan namanya, kamu mungkin menganggap 1-propanol sama saja dengan propanol atau n-propanol. Meskipun n-propanol adalah jenis alkohol yang aman untuk digunakan di hand sanitizer, 1-propanol adalah zat yang memberatkan dan berbahaya bila dikandung di dalam hand sanitizer. Zat ini biasanya terkandung dalam hand sanitizer racikan yang tidak memiliki izin edar. 1-propanol beracun bagi manusia dan biasanya hanya digunakan di produk-produk pembersih yang sangat kuat dan terkonsentrasi.

Hindari metanol

Hindari metanol

Metanol, atau bisa juga disebut spiritus, adalah zat yang benar-benar harus dihindari saat memilih hand sanitizer terbaik. Zat ini biasa ditemukan di hand sanitizer yang diracik sembarangan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Metanol biasanya terkandung di dalam bahan bakar dan bahan anti beku industrial. Saat terserap lewat kulit atau terhirup baunya, metanol dapat menyebabkan muntah-muntah dan sakit kepala. Apabila tidak sengaja tertelan, metanol dapat menyebabkan kebutaan, kejang-kejang, hingga kematian.

 

Rekomendasi Merek Hand Sanitizer Terbaik

 

jenis-jenis sanitizingJangan sembarangan dalam memilih hand sanitizer untukmu dan keluargamu.

 

Setelah melakukan tes dan penilaian terhadap berbagai hand sanitizer yang beredar di pasaran, berikut ini adalah rekomendasi merek hand sanitizer terbaik bagi masyarakat Indonesia.

 

Dettol

 

Dettol adalah salah satu brand produk-produk kebersihan dan kesehatan terbaik di Indonesia. Setelah lebih dari 80 tahun beroperasi, Dettol adalah merek perlindungan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

 

Produk-produk Dettol telah menjalani berbagai tes dan uji produk sehingga efektif dalam membasmi kuman namun tetap aman digunakan.

 

Tidak seperti merek-merek baru yang ikut mengambil untung dari pandemi Covid-19, Dettol memang sudah lama memproduksi hand sanitizer. Hand sanitizer Dettol adalah salah satu produk terbaik untuk membunuh berbagai virus dan bakteri di tangan.

 

Hand sanitizer Dettol juga mengandung aloe vera dan ekstrak chamomile, sehingga wanginya segar dan membuat tangan terasa lebih lembut dan halus.

 

Antis

 

Antis merupakan salah satu hand sanitizer terbaik dan paling legendaris di Indonesia. Merek hand sanitizer ini sudah lama menjadi andalan masyarakat Indonesia. Bahkan jauh sebelum wabah Covid-19 menyerang Indonesia, Antis sudah menjadi merek hand sanitizer ternama.

 

Merek ini berspesialisasi dalam memproduksi hand sanitizer. Oleh sebab itu, Antis memiliki banyak varian hand sanitizer.

 

Dimulai dari hand sanitizer berbentuk cairan, gel, hingga spray. Tidak hanya itu, hand sanitizer Antis juga tersedia dengan berbagai macam pilihan keharuman yang menyegarkan.

 

Onemed

 

Onemed adalah salah satu merek produk kebersihan dan kesehatan terbaik yang banyak digunakan oleh rumah sakit. Jadi, hand sanitizer Onemed terjamin kualitasnya dan pasti efektif dalam membunuh bakteri maupun virus di tangan.

 

Hand sanitizer Onemed sangat cocok untuk mereka yang tidak suka wangi-wangian atau alergi pada pewangi sintetis karena produk ini hanya merupakan cairan desinfektan saja.

 

Karena biasa digunakan di rumah sakit, Onemed hanya menjual hand sanitizernya dalam ukuran besar.

 

Maka hand sanitizer Onemed cocok untuk digunakan bagi keluarga, namun agak sulit untuk dibawa-bawa. Direkomendasikan untuk menuangkan hand sanitizer Onemed ke dalam wadah atau botol yang lebih kecil agar bisa kamu pakai kapanpun dan dimanapun.

 

Nuvo

 

Mungkin kamu sudah sering melihat sabun bermerek Nuvo di supermarket. Merek yang berada di bawah naungan brand Wings ini juga menawarkan hand sanitizer yang efektif membunuh kuman.

 

Formula hand sanitizer Nuvo teruji secara klinis, aman digunakan, dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit sensitif sekalipun.

 

Nuvo menawarkan hand sanitizer berbentuk gel dan juga spray. Nuvo juga menawarkan beberapa varian hand sanitizer dengan wangi yang segar dan harum.

 

Selain itu, hand sanitizer Nuvo juga nyaman digunakan, tidak lengket, dan cepat kering.Hand sanitizer Nuvo tidak hanya ampuh menjaga kebersihan tangan, tetapi juga melembabkan karena mengandung moisturizer.

 

Sterobac

 

Mau hand sanitizer yang diformulasikan dengan standar medis yang tinggi tapi mudah dibawa ke mana saja? Sterobac adalah pilihan terbaik untukmu. Hand sanitizer Sterobac telah melalui berbagai tes produk klinis yang ketat untuk menjaga kualitasnya.

 

Produk ini super efektif dalam membasmi kuman membandel yang menempel di tangan. Selain itu, kemasan hand sanitizer Sterobac juga unik.

 

Bentuknya seperti kartu yang agak tebal dan terdapat tombol spray di atasnya. Kemasannya yang praktis membuat hand sanitizer ini mudah dibawa ke mana-mana.

 

Tapi bila kamu ingin hand sanitizer dengan ukuran lebih besar, Sterobac juga menyediakan hand sanitizer di botol pump yang besar, cocok untuk sekeluarga.

 

Betadine

 

Siapa yang tidak kenal dengan Betadine? Merek ini sudah terkenal dengan produk antiseptiknya yang sering digunakan untuk membersihkan luka.

 

Selain cairan antiseptik, merek ini juga menawarkan hand sanitizer yang bersifat antiseptik dan ampuh dalam membasmi kuman.

 

Hand sanitizer Betadine mengandung Madu Manuka yang tidak hanya bersifat antimikrobial tapi juga mampu melembabkan kulit. Tidak hanya demikian, hand sanitizer Betadine juga mampu menutrisi kulit tangan, membuatnya menjadi lebih lembut dan sehat.

 

Lifebuoy

 

Kamu juga pasti sudah sering melihat sabun bermerek Lifebuoy di supermarket. Selain menyediakan sabun anti-bakteri, Lifebuoy juga menawarkan hand sanitizer yang ampuh memberantas virus dan bakteri.

 

Tidak hanya itu, Lifebuoy juga menyatakan bahwa hand sanitizer mereka mampu meningkatkan imunitas kulit dan tetap melindungimu hingga 10 jam setelah pemakaian.

 

Hand sanitizer Lifebuoy berbentuk gel yang tidak membuat kulit terasa lengket dan juga cepat kering. Produk ini juga memiliki kandungan vitamin E yang bisa melembabkan serta menutrisi kulit agar tetap terasa lembut dan sehat.

 

Wangi dari hand sanitizer ini juga dibilang cukup segar dan tidak menyengat.

 

Bath and Body Works

 

Bath and Body Works, atau lebih sering dikenal dengan sebutan BBW, adalah brand terkenal yang menjual lilin aromaterapi, lotion, parfum, dan produk perawatan kulit lainnya.

 

Selain itu, BBW juga sudah sejak lama menawarkan hand sanitizer yang tidak hanya ampuh membunuh kuman, tapi juga memiliki aroma yang wangi semerbak.

 

Hand sanitizer BBW adalah pilihan terbaik bagi kamu yang suka dengan wewangian trendi. BBW menawarkan banyak varian hand sanitizer yang memiliki wangi yang lembut, segar, dan dijamin membuat kamu ketagihan.

 

Hand sanitizer BBW berukuran kecil dan dijual dengan holder khusus sehingga memudahkan kamu untuk membawanya ke mana saja.

 

Eskulin

 

Eskulin merupakan merek yang terkenal di kalangan remaja dan anak-anak. Mungkin kamu sering melihat parfum atau cologne dengan merek Eskulin.

 

Ternyata, Eskulin juga menawarkan hand sanitizer. Merek ini adalah salah satu produsen hand sanitizer terbaik untuk anak-anak.

 

Untuk menarik perhatian anak-anak, hand sanitizer Eskulin dikemas dalam kemasan yang lucu-lucu. Selain itu, hand sanitizer Eskulin juga tersedia dalam berbagai varian wangi yang dijamin digemari anak-anak.

 

Hand sanitizer Eskulin juga mengandung vitamin E sehingga tangan si kecil tidak kering atau iritasi. Dan meskipun diformulasikan untuk anak-anak, hand sanitizer Eskulin juga bagus digunakan oleh orang dewasa.

 

My Baby

 

Sesuai dengan namanya, My Baby merupakan merek yang menawarkan berbagai keperluan bayi dan balita, dimulai dari sabun, shampoo, hingga minyak telon.

 

Belum lama ini, My Baby juga mulai menawarkan hand sanitizer bagi para Ibu Indonesia yang menginginkan hand sanitizer terbaik yang aman untuk buah hatinya.

 

Hand sanitizer My Baby dibuat dari bahan-bahan organik terbaik yang dijamin aman untuk kulit bayi yang sensitif. Selain efektif dalam membasmi kuman, hand sanitizer ini juga bersifat sangat melembabkan karena mengandung aloe vera dan ekstrak chamomile.

 

Aroma hand sanitizer ini juga lembut dan tidak menyengat. Tidak hanya untuk bayi, hand sanitizer My Baby juga ampuh digunakan oleh anak-anak yang lebih besar dan juga orang dewasa.

 

Tips Menggunakan Hand Sanitizer

 

 

Menurut survey, ternyata masih banyak yang belum memakai hand sanitizer dengan cara yang benar dan efektif. Ikutilah panduan di bawah ini agar kamu dapat menggunakan hand sanitizer dengan benar dan mendapatkan hasil terbaik.

 

Mencuci tangan lebih direkomendasikan

 

Ingatlah bahwa hand sanitizer hanyalah salah satu alternatif dari mencuci tangan. Cara terbaik untuk menjaga kebersihan tangan adalah dengan mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan juga dengan sabun.

 

Apabila air dan sabun tidak tersedia, barulah hand sanitizer direkomendasikan.

 

Kapan disarankan menggunakan hand sanitizer

 

Berikut ini adalah kapan saja kamu direkomendasikan menggunakan hand sanitizer untuk hasil terbaik:

 

  • Saat air dan sabun tidak tersedia
  • Setelah kontak dengan orang sakit
  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah menyentuh sampah
  • Setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan
  • Setelah batuk atau bersin dan menutup mulut dengan tangan

 

Kapan tidak disarankan menggunakan hand sanitizer

 

Ingat, hand sanitizer tidak direkomendasikan untuk digunakan setiap saat. Berikut ini adalah kapan saja kamu tidak disarankan untuk menggunakannya:

 

  • Saat air mengalir dan sabun tersedia
  • Saat tangan berminyak
  • Saat tangan tertutup kotoran
  • Saat ada bahan kimia di tanganmu
  • Saat kamu berada dalam situasi infektif yang sangat tinggi

 

Langkah-langkah mengaplikasikan hand sanitizer

Untuk hasil terbaik, ikuti panduan langkah-langkah mengaplikasikan hand sanitizer berdasarkan panduan WHO di bawah ini:

 

  1. Tuangkan hand sanitizer ke tanganmu, pastikan hand sanitizer cukup untuk menutupi telapak tanganmu
  2. Gosokkan telapak tanganmu
  3. Gosok ke salah satu punggung tangan dan sela-sela jarimu
  4. Ulangi untuk tangan yang satu lagi
  5. Kunci ruas-ruas jarimu dan gosokkan
  6. Genggam ibu jari salah satu tangan dan gosok secara melingkar
  7. Lakukan untuk ibu jari tangan yang lainnya
  8. Ulangi langkah-langkah di atas hingga hand sanitizer mengering
  9. Pastikan untuk melakukan ini semua setidaknya selama 30 detik

 

Jangan gunakan terlalu sering

 

Menjaga kebersihan memang sudah menjadi kewajiban, tapi jangan berlebihan juga dalam menggunakan hand sanitizer. Menurut uji praktek, menggunakan hand sanitizer setiap beberapa menit secara terus-menerus berpotensi membuat tanganmu kering dan iritasi.

 

Tidak hanya demikian, menurut hasil pengujian ilmiah, terlalu sering menggunakan hand sanitizer non-alkohol dapat membuat kuman menjadi resisten atau kebal pada zat pembersih yang terkandung di dalam hand sanitizer.

 

Gunakanlah hand sanitizer secukupnya saja untuk hasil terbaik.

 

Gunakan pelembab setelah menggunakan hand sanitizer

 

Apabila hand sanitizermu tidak mengandung pelembab, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pelembab setelah hand sanitizer di tanganmu mengering. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah kulit tangan kering dan iritasi.

 

Kamu bisa menggunakan aloe vera gel ataupun hand cream.

 

Sumber

 

https://kesehatan.kontan.co.id/news/cara-membuat-hand-sanitizer-sendiri-aman-dan-sesuai-aturan

https://kumparan.com/berita-update/hand-sanitizer-ini-tips-memilih-dan-menggunakannya-1uW1mzgsFTV

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5032303/tips-atasi-kulit-kering-akibat-pakai-hand-sanitizer-di-era-new-normal

https://www.alodokter.com/benarkah-hand-sanitizer-bisa-dibuat-sendiri-dan-bagaimana-keamanannya

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637474/anda-tengah-berburu-hand-sanitizer-cek-faktanya-di-sini

 

FAQ

Mengapa kebanyakan hand sanitizer berbau tidak enak?

Karena kebanyakan hand sanitizer dibuat dengan etanol yang diekstrak dari jagung, tebu, dan sumber organik lainnya. Bila ingin menghindari bau tidak sedap dari hand sanitizer, direkomendasikan untuk memilih hand sanitizer yang mengandung parfum atau pewangi.

Mengapa hand sanitizer membuat tangan saya kering?

Hal ini karena kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat menghilangkan minyak atau sebum natural yang ada di tanganmu. Cara terbaik untuk menghindari tangan kering setelah memakai hand sanitizer adalah dengan mengaplikasikan hand cream atau moisturizer setelah tangan bersih.

Mengapa tangan saya terasa perih saat memakai hand sanitizer?

Kemungkinan besar kamu memiliki luka atau goresan kecil yang tidak terlihat atau terasa di tanganmu. Alkohol yang terkandung di dalam hand sanitizer bereaksi dengan luka tersebut.

Mengapa tangan saya terasa lengket setelah menggunakan hand sanitizer?

Efek lengket itu kemungkinan besar disebabkan oleh bahan inaktif di dalam hand sanitizer yang bertujuan untuk melembabkan kulit.

Apakah hand sanitizer bisa digunakan di wajah?

Ada mitos bahwa hand sanitizer dapat membersihkan wajah dan menghilangkan jerawat, namun hal ini sangat tidak direkomendasikan. Kulit wajah jauh lebih sensitif dan hand sanitizer berpotensi membuat kulit wajah iritasi. Namun sebaiknya gunakan produk khusus perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat, bukan hand sanitizer.

Apakah hand sanitizer aman digunakan untuk bayi atau balita?

Karena kulit bayi dan balita sangat sensitif, direkomendasikan untuk memilih hand sanitizer yang formulasinya sesuai untuk bayi dan balita. Hand sanitizer non-alkohol adalah salah satu pilihan terbaik untuk bayi dan balita.

Apakah penggunaan hand sanitizer dapat merusak perhiasan?

Alkohol yang terkandung dalam hand sanitizer berpotensi merusak beberapa jenis logam mulia dan batu mulia, seperti emas putih, mutiara, dan batu opal. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan melepas perhiasan sebelum mengaplikasikan hand sanitizer dan baru menggunakan perhiasan kembali setelah tangan kering.

Apakah saya bisa membuat hand sanitizer sendiri?

Membuat dan memakai hand sanitizer sendiri sangat tidak direkomendasikan karena kandungan alkoholnya belum tentu cukup untuk membasmi mikroorganisme. Untuk hasil terbaik, gunakanlah hand sanitizer yang lolos uji dan teruji ampuh membasmi kuman.

Apakah memakai hand sanitizer lebih ampuh daripada mencuci tangan?

Tidak. Menurut penelitian, mencuci tangan tetaplah cara terbaik untuk menjaga kebersihan tangan. Direkomendasikan hanya menggunakan hand sanitizer apabila situasi tidak memungkinkan bagi kamu untuk mencuci tangan.

Apakah hand sanitizer dapat melindungi dari segala jenis kuman?

Sayangnya tidak. Ada beberapa kuman yang tidak bisa diberantas oleh hand sanitizer secara efektif, contohnya norovirus (penyebab diare) dan clostridium difficile (penyebab gangguan usus). Cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan keamananmu tetaplah dengan mencuci tangan.