Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Hair Dryer im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
16 lama pengujian
7 studi evaluasi
6126 Baca ulasan

🥇 Hair Dryer Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Graha Nurdian
Graha Nurdian

Seorang blogger dan penulis konten yang sudah mengenal dunia IT sejak SMP. Di waktu senggangnya, ia menulis segala sesuatu tentang pemasaran digital di blog pribadinya. Juga, hobi favorit saya adalah menyetel mobil.

Mehr zu Graha

Hair Dryer Daftar Produk Terbaik 2021

Hair Dryer Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Hair dryer terbaik atau pengering rambut terbaikBad hair day adalah hal yang paling ingin kita hindari. Salah satu cara terbaik untuk menghindari bad hair day adalah dengan menggunakan hair dryer yang tepat.

 

Selain mengeringkan rambut Anda, hair dryer yang berkualitas juga mampu mempercantik penampilan rambut Anda.

 

Tapi dengan begitu banyaknya pilihan hair dryer yang ada di pasaran, tidak heran apabila Anda bingung memilih hair dryer terbaik untuk kebutuhan Anda. Saya sendiri telah mengetes banyak sekali hair dryer yang berbeda untuk menemukan produk yang tepat untuk kebutuhan rambut saya. 

 

Di sini saya akan membahas cara memilih hair dryer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selanjutnya, saya juga akan memberikan beberapa rekomendasi hair dryer terbaik berdasarkan uji coba dan analisis produk yang telah saya lakukan.

 

Apa Itu Hair Dryer?

 

Apa itu hair dryerHair dryer atau pengering rambut adalah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi utama mengeringkan rambut dan menata rambut. Hair dryer mengeringkan rambut dengan cara mengeluarkan hembusan angin. 

 

Secara tradisional, hembusan angin tersebut terasa panas, tapi kini tersedia juga hair dryer yang dapat mengeluarkan hembusan angin yang sejuk sehingga lebih aman bagi kesehatan rambut.

 

Apa Saja Manfaat Menggunakan Hair Dryer?

 

  • Mengeringkan rambut lebih cepat
  • Menjaga kondisi rambut
  • Menata rambut

Pertama, tentu saja hair dryer sangat berguna untuk mengeringkan rambut. Menggunakan handuk saja atau teknik air-drying bisa memakan waktu berjam-jam hingga rambut Anda benar-benar kering.

 

Dengan hair dryer rambut Anda bisa kering dalam hitungan menit, bergantung pada panjang dan ketebalan rambut Anda. Oleh sebab itu, hair dryer sangat cocok bagi Anda yang sibuk agar bisa menghemat waktu saat mengeringkan rambut.

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa menggunakan hair dryer terlalu sering dapat merusak rambut. Tepi ternyata, bila digunakan dengan tepat, hair dryer justru dapat membantu menjaga kondisi rambut Anda.

 

Semakin lama rambut Anda basah, korteks rambut akan semakin membengkak dan rusak. Jadi, dengan menggunakan hair dryer, rambut Anda akan cepat kering dan hal ini pun terhindari.

 

Tapi tentu saja, untuk hasil terbaik, Anda juga harus memastikan temperatur angin hair dryer tidak terlalu panas.

Selain mengeringkan rambut, hair dryer adalah salah satu alat utama untuk menata rambut. Teknik penataan rambut menggunakan hair dryer disebut sebagai blow-drying. Teknik ini dapat digunakan untuk meluruskan dan juga mengeriting rambut.

 

Terlebih lagi, menggunakan hair dryer juga bisa membuat rambut tampak lebih bervolume dan indah tanpa terlihat kusut atau mengembang. Bahkan beberapa jenis hair dryer tertentu bisa membuat rambut tampak berkilau.

Jenis-Jenis Hair Dryer

 

Seiring berkembangnya zaman, ada semakin banyak inovasi produk yang muncul, salah satunya terkait dengan hair dryer. Kini, ada banyak jenis hair dryer yang beredar di pasaran. 

Setiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing.

Untuk dapat memilih jenis hair dryer terbaik untuk kebutuhan rambut Anda, mari lihat penjelasan di bawah ini.

Hair dryer tradisional

Hair dryer tradisional

Hair dryer tradisional bisa disebut juga sebagai wattage hair dryer. Sesuai namanya, jenis ini adalah jenis yang paling klasik dan fiturnya pun sangat sederhana. Fokusnya hanya untuk mengeringkan rambut semata.

 

Suhu angin yang dihembuskan biasanya tidak terlalu panas ataupun dingin. Pengaturan kecepatan dan temperatur angin hair dryer jenis ini juga sangat terbatas.

 

Pilihan terbaik untuk Anda yang ingin hair dryer simpel dengan harga yang tidak terlalu mahal. Cocok untuk semua jenis rambut.

Ionic tourmaline hair dryer ionic

Ionic tourmaline hair dryer ionic

Teknologi tourmaline adalah salah satu fitur hair dryer yang paling canggih saat ini. Tourmaline sendiri merupakan sebuah mineral yang menghasilkan ion negatif dan panas infrared.

 

Ion negatif yang dihasilkan hair dryer ini mampu menarik partikel-partikel air sehingga rambut jadi lebih cepat kering. Ionic tourmaline hair dryer teruji 2 kali lebih cepat mengeringkan rambut dibandingkan jenis hair dryer konvensional.

 

Hair dryer ionic adalah pilihan terbaik untuk yang memiliki rambut tebal, ikal, atau panjang. Namun tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut pendek ataupun tipis karena akan terlalu panas untuk kebutuhan Anda.

Ceramic/porcelain hair dryer

Ceramic/porcelain hair dryer

Berbeda dengan hair dryer konvensional, hair dryer jenis ini menggunakan bahan keramik atau porselen. Apabila dibandingkan dengan bahan logam, keramik dan porselen menghasilkan energi panas yang lebih merata sekaligus menghasilkan ion negatif dan panas infrared.

 

Teknologi pembagian panas tadi menyebabkan hair dryer ini lebih aman untuk kesehatan rambut.

 

Saat ini, ceramic hair dryer adalah salah satu jenis hair dryer paling populer di pasaran. Pilihan terbaik untuk rambut yang rusak atau rapuh. Cocok digunakan rambut ikal maupu lurus.

Titanium hair dryer

Titanium hair dryer

Pada jenis hair dryer ini, material pemanasnya terbuat dari logam titanium. Jenis hair dryer ini mampu mengeluarkan suhu yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, waktu pengeringan rambut dengan hair dryer ini juga jauh lebih cepat dibandingkan jenis hair dryer lainnya.

 

Tapi karena sangat panas, tidak direkomendasikan untuk menggunakan titanium hair dryer terlalu sering.

 

Pilihan terbaik untuk rambut yang sangat tebal dan ikal. Tidak direkomendasikan untuk rambut rusak, tipis, pendek, dan berminyak.

 

Yang Perlu Dicermati Saat Memilih Hair Dryer Terbaik

 

Selain jenisnya, masih ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli hair dryer. Perhatikan beberapa hal penting di bawah ini saat Anda membeli hair dryer

 

Daya listrik

 

Daya listrik adalah salah satu pertimbangan terbesar saat memilih hair dryer. Anda tentu tidak ingin tagihan listrik Anda jebol, bukan? Selain itu, perlu diingat juga bahwa daya listrik berkaitan langsung dengan kekuatan dan panas hair dryer

 

Semakin besar daya listrik yang dikonsumsi, maka semakin kuat dan panas juga hembusan angin yang dikeluarkan. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda juga.

 

Menurut penilaian ahli, inilah daya hair dryer yang direkomendasikan. Untuk Anda yang memiliki rambut tipis, hair dryer dengan daya 800W hingga 1.300W adalah pilihan terbaik. Untuk Anda yang memiliki rambut tebal atau keriting, direkomendasikan untuk memilih hair dryer dengan daya sebesar 1.200W ke atas.

Ukuran dan berat

 

Kemudian, Anda juga harus memperhatikan ukuran dan berat hair dryer yang hendak Anda beli. Pilihlah hair dryer yang tidak terlalu berat sehingga lengan Anda tidak pegal saat menggunakannya. 

 

Apabila rambut Anda panjang atau keriting dan lama kering, direkomendasikan untuk memilih hair dryer yang teruji ringan dan mudah digunakan.

 

Perhatikan juga seberapa besar hair dryer yang hendak Anda beli. Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memilih hair dryer berukuran besar. 

 

Tetapi untuk Anda yang sering membawa hair dryer, contohnya ke gym atau ke luar kota, hair dryer berukuran kecil yang travel-friendly adalah pilihan terbaik. 

 

Fitur

 

Ukuran hair dryer terbaik ideal digenggam

Jangan lupa untuk memperhatikan fitur yang dimiliki hair dryer tersebut. Anda tidak perlu membeli hair dryer super canggih, cukup pilihlah yang memiliki fitur yang dibutuhkan rambut Anda.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh fitur terbaik yang biasa dimiliki sebuah hair dryer:

 

✓ Pengaturan suhu dan kekencangan angin.

 

✓ Pengaturan angin sejuk (cool setting). Fitur terbaik untuk rambut tipis, berminyak, rusak, atau rentan.

 

✓ Corong concentrator tambahan. Fitur terbaik untuk blowdrying karena bisa membuat hembusan angin terkonsentrasi.

 

✓ Alat pelengkap diffuser. Untuk menyebarkan hembusan angin, fitur terbaik untuk mencegah kusut dan merawat bentuk keriting natural.

 

✓ Mode turn off otomatis. Fitur terbaik untuk Anda yang sibuk dan sering lupa mencabut hair dryer setelah digunakan.

 

✓ Infusi vitamin dan mineral. Fitur terbaik untuk menutrisi rambut rusak, tapi cenderung sulit ditemukan dan mahal.

 

Merek

 

Perhatikan juga merek hair dryer yang hendak Anda pilih. Tentu Anda tidak perlu membeli haird dryer dari brand luxury yang memiliki harga selangit. Tapi pastikan hair dryer tersebut diproduksi oleh merek yang lolos uji keamanan dan juga terpercaya. 

 

Harga

 

Terakhir, tentu saja Anda harus memperhatikan budget Anda juga. Terdapat banyak pilihan hair dryer dengan beragam range harga yang beredar di pasaran. 

Semakin canggih dan fitur yang dimiliki sebuah hair dryer, maka semakin mahal pula harganya.

Tetapi, Anda tidak harus mengeluarkan kocek besar untuk mendapatkan hair dryer terbaik untuk kebutuhan Anda. Hair dryer dengan harga yang ramah di kantong pun bisa menjadi pilihan terbaik, asal Anda telah mempertimbangkan kelima poin di atas tadi.

 

Rekomendasi Merek Hair Dryer Terbaik

 

Memilih hair dryer terbaik yang cocokMemilih hair dryer tidak boleh sembarangan. Jika salah, ada potensi rambut akan lebih mudah rusak ata lama kering.

 

Seramnya lagi, hair dryer berkualitas rendah sangat rentan korsleting listrik. Tentu Anda tidak ingin membahayakan diri maupun keluarga bukan?

 

Setelah berulang kali melakukan tes produk dan membandingkan berbagai merek hair dryer, saya telah menemukan beberapa pilihan favorit saya. Sekarang saya akan memberikan Anda 10 rekomendasi merek hair dryer terbaik berdasarkan evaluasi saya.

 

Mari simak tabel perbandingan beserta penjelasan mengenai masing-masing rekomendasi hair dryer di bawah ini.

 

Maspion

 

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang brand ini. Maspion adalah perusahaan elektronik multinasional yang asli berasal dari Indonesia. Maspion terkenal memproduksi barang-barang elektronik yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Pilihan hair dryer Maspion sangat terbatas, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Maspion menyediakan hair dryer travel-friendly yang sederhana. Ringan, ergonomis, dan mudah dibawa ke mana saja, hair dryer Maspion adalah pilihan terbaik bagi Anda yang sering bepergian. 

 

Dayanya tidak terlalu besar, tapi cukup untuk mengeringkan dan menata rambut agar tampil indah. 

 

Bila Anda tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam untuk sebuah hair dryer travel, Maspion adalah pilihan terbaik untuk Anda. 

 

Panasonic

 

Panasonic adalah perusahaan barang elektronik asal Jepang. Panasonic sudah menjadi salah satu merek elektronika favorit di Indonesia. Merek ini terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, sesuai dengan standar Jepang.

 

Panasonic menawarkan lebih dari 10 pilihan hair dryer. Dimulai dari hair dryer reguler hingga travel-friendly dan tradisional hingga ionic. Fitur-fitur yang ditawarkan juga beragam, contohnya mode pengeringan super cepat, mode lembut, hingga mode extra shine

 

Dengan pilihan yang begitu beragam, Anda pasti dapat menemukan hair dryer yang cocok untuk rambut Anda. 

 

Jika Anda menginginkan beragam pilihan hair dryer yang canggih tapi memiliki harga yang relatif bersahabat, Panasonic bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. 

 

Miyako

 

Dengan nama khas Jepang, banyak yang menganggap Miyako adalah merek asal Jepang. Padahal Miyako merupakan merek asal Indonesia. Miyako terkenal memproduksi barang-barang elektronik yang bermutu, tahan banting, dan terjangkau.

 

Pilihan hair dryer Miyako terbatas tapi terjamin kualitasnya. Miyako hanya menawarkan hair dryer travel, mirip seperti Maspion. Hair dryer Miyako teruji awet dan tahan lama. Suhu hair dryer Miyako juga tidak terlalu panas, jadi tidak perlu takut rambut jadi rusak.

 

Harga hair dryer Miyako pun terbilang sangat terjangkau. Jadi, jika Anda ingin hair dryer yang murah tapi awet, Miyako bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. 

 

Philips

 

Anda pasti sudah kenal baik dengan merek asal Belanda ini. Philips merupakan salah satu produsen barang elektronik terbaik dan paling terkenal di Indonesia. Produk-produk Philips terkenal super canggih dan diproduksi dengan standard internasional.

 

Philips memiliki pilihan hair dryer yang beragam. Terdapat setidaknya 7 hair dryer yang bisa Anda pilih, dengan berbagai macam ukuran, jenis, dan fitur tambahan. Jika Anda memiliki rambut yang tipis atau butuh hair dryer untuk bepergian, Philips memiliki hair dryer travel dengan daya 400W. 

 

Untuk Anda yang memiliki rambut super panjang atau tebal, Philips juga menawarkan hair dryer powerful dengan daya 2.200W.

 

Untuk pilihan yang canggih, hair dryer Philips terbilang relatif terjangkau. Jika Anda menginginkan hair dryer yang powerful dan pilihan yang beragam, Philips bisa menjadi merek terbaik untuk Anda.

 

Tuft

 

Mungkin merek ini terdengar agak asing di telinga Anda. Tuft adalah sebuah perusahaan multinasional yang menyediakan alat-alat perawatan dan penataan rambut profesional. Meskipun menjual produk-produk profesional, harga produk-produk Tuft masih termasuk terjangkau.

 

Hair dryer Tuft terkenal sangat powerful dan efektif. Bahkan hair dryer yang hanya menggunakan daya sebesar 600W bisa digunakan untuk mengeringkan rambut yang tebal dalam waktu singkat. 

 

Desain semua hair dryer Tuft juga ergonomis dan ringan, sehingga tidak membuat tangan mudah pegal.

 

Jika Anda memiliki rambut keriting dan tebal yang lama kering, hair dryer Tuft bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

 

Sharp

 

Hair dryer sharp di pasaranSharp sudah menjadi salah satu merek elektronik paling terkenal di Indonesia. Terkenal dengan produk-produk rumah tangga seperti TV dan kulkas, ternyata Sharp juga memproduksi alat elektronik perawatan diri seperti hair dryer.

 

Pilihan hair dryer Sharp tidak terlalu banyak, hanya tersedia jenis tradisional dan ionic. Tapi uniknya, salah satu hair dryer Sharp dapat menyebarkan parfum khusus rambut saat digunakan.

 

Hasilnya, rambut Anda tidak hanya akan tampil cantik, tapi juga akan menjadi wangi.

 

Kalau Anda ingin rambut Anda menjadi harum dan juga tertata rapi, hair dryer unik dari Sharp bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. 

 

Babyliss

 

Para pecinta perawatan rambut pasti sudah kenal baik dengan merek ini. Babyliss adalah perusahaan dari Perancis yang memproduksi eletronik khusus untuk penataan rambut. Produk-produknya bahkan sering digunakan di salon terkenal.

 

Babyliss hanya menawarkan hair dryer yang powerful dan memiliki daya cukup besar, yakni sekitar 1.800W hingga 2.200W. Bukan pilihan terbaik untuk Anda yang suka bepergian, tapi direkomendasikan untuk Anda yang ingin menata rambut layaknya profesional. 

 

Hampir semua hair dryer Babyliss merupakan hair dryer ionic. Dan tentunya, semuanya dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur yang beragam pula.

 

Jika Anda menginginkan hair dryer canggih dan powerful layaknya di salon, Babyliss adalah pilihan terbaik untuk Anda. 

 

Remington

 

Remington adalah perusahaan asal AS yang berspesialisasi pada produk elektronik perawatan rambut. Mirip Babyliss, produk-produk Remington juga sering digunakan di salon-salon terkenal.

 

Hair dryer Remington termasuk powerful dan canggih, layaknya untuk digunakan di salon. Tapi, selain hair dryer berukuran reguler, Remington juga menawarkan hair dryer travel-friendly. Pilihan jenisnya juga beragam, dimulai dari tradisional, ionic, hingga ceramic.

 

Kalau Anda menginginkan hair dryer yang canggih dan powerful tapi bisa dibawa ke mana saja, Remington adalah solusi terbaik untuk Anda.

 

Tescom

 

Tescom juga merupakan salah satu merek penyedia peralatan salon terbaik dan paling terkenal di dunia. Brand asal Jepang ini terkenal dengan produk-produknya yang berstandard tinggi dan menggunakan teknologi yang inovatif.

 

Tescom berspesialisasi dalam memproduksi hair dryer ionic yang dapat merawat penampilan dan kesehatan rambut. Tersedia dalam beberapa model, hair dryer Tescom dapat menyuplai ion negatif dan juga kolagen ke setiap helai rambut Anda, membuatnya lebih sehat dan berkilau. 

 

Apabila rambut Anda rusak, kering, atau rentan, hair dryer dari Tescom dapat membantu Anda untuk merawatnya agar kembali sehat dan bercahaya. Namun, siapkan budget yang lebih besar karena hair dryer Tescom dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

 

Dyson

 

Dyson adalah sebuah perusahaan produk elektronik yang berasal dari Inggris. Meskipun identik dengan vacuum cleaner, Dyson juga memproduksi peralatan rumah tangga lainnya, termasuk hair dryer.

 

Dyson hanya menawarkan satu jenis hair dryer, yaitu Dyson Supersonic Hair Dryer. Hair dryer ini sangat canggih dan cocok untuk semua jenis rambut. 

 

Yang terunik, hair dryer ini mampu mengeringkan rambut 6 kali lebih cepat dibandingkan hair dryer lainnya yang ada di pasaran. Tapi karena fitur-fitur canggihnya, harga hair dryer Dyson sangatlah mahal.

 

Jika Anda menginginkan hair dryer super canggih dan tidak ragu mengeluarkan kocek yang besar, Dyson adalah pilihan terbaik untuk Anda. 

 

Tips Terbaik Menggunakan Hair Dryer

Ternyata, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan hair dryer. Penggunaan yang kurang tepat justru dapat merusak rambut Anda dalam jangka panjang.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, mari simak beberapa tips penggunaan hair dryer di bawah ini.

Gunakan hair dryer saat rambut sudah separuh kering

Gunakan hair dryer saat rambut sudah separuh kering

Apakah Anda pernah menggunakan hair dryer langsung setelah selesai keramas? Ternyata hal ini tidak direkomendasikan.

 

Selain memakan waktu lebih banyak dan boros listrik, menggunakan hair dryer saat rambut masih terlalu basah juga bisa menyebabkan rambut kusut dan mengembang.

 

Untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk menggunakan handuk terlebih dahulu. Keringkan rambut dengan handuk hingga 50% kering. Baru setelah itu, mulai gunakan hair dryer.

Gunakan heat protectant

Gunakan heat protectant

Menurut survey, kebanyakan orang tidak mempersiapkan rambut mereka dengan benar sebelum menggunakan hair dryer. Pada saat menggunakan hair dryer, udara panas yang keluar berpotensi merusak rambut Anda. Oleh sebab itu, Anda harus melindunginya dengan benar.

 

Berdasarkan hasil pengujian, menggunakan produk heat protectant adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi dan menjaga kesehatan rambut Anda.

 

Untuk hasil terbaik, aplikasikanlah heat protectant dan biarkan menyerap dulu ke dalam helaian rambut selama 1 menit sebelum menggunakan hair dryer.

Jangan lupa corong hair dryer

Jangan lupa corong hair dryer

Jika Anda membeli hair dryer, kemungkinan besar akan Anda juga akan mendapatkan sebuah corong yang bisa dipasangkan ke ujung hair dryer. Seringkali orang malas untuk menggunakannya. Tapi, corong tersebut ternyata memiliki fungsi penting.

 

Corong hair dryer membantu mengkonsentrasikan hembusan angin yang keluar. Akibatnya, rambut akan lebih cepat kering.

 

Tidak hanya demikian, hembusan angin yang terkonsentrasi tadi juga akan membuat kutikula rambut tampak lebih berkilau dan halus. Jadi, untuk hasil penampilan terbaik, jangan lupa untuk menggunakan corong hair dryer Anda.

Cek kesesuaian temperatur angin

Cek kesesuaian temperatur angin

Pastikan pengaturan suhu hair dryer tidak terlalu panas untuk rambut Anda. Secara umum, rambut tipis lebih rentan dan harus menggunakan suhu lebih rendah. Tapi Anda yang memiliki rambut tebal tetap harus berhati-hati.

 

Anda bisa melakukan uji kecocokan suhu hair dryer terlebih dahulu. Caranya, arahkan hair dryer agar hembusan angin mengenai telapak tangan.

 

Bila setelah beberapa detik tangan terasa sakit atau kepanasan, maka Anda harus menurunkan suhunya. Lakukan lagi hingga temperatur angin terasa tidak terlalu panas.

Jangan ragu gunakan mode sejuk atau dingin

Jangan ragu gunakan mode sejuk atau dingin

Bila hair dryer Anda memiliki mode sejuk atau cool setting, jangan ragu untuk mencoba menggunakannya. Memang mode sejuk membuat proses pengeringan rambut menjadi sedikit lebih lama, tapi rambut Anda akan menjadi lebih sehat.

 

Tidak hanya itu, menggunakan mode sejuk adalah salah satu cara terbaik untuk membuat rambut tampak berkilau dan halus.

Gunakan serum dan minyak rambut

Gunakan serum dan minyak rambut

Karena kemiripan keduanya, banyak orang yang menganggap serum dan minyak rambut sama saja. Padahal meskipun keduanya digunakan untuk menutrisi rambut, penggunaan keduanya berbeda.

 

Gunakanlah serum berdampingan dengan heat protectant, alias saat rambut masih setengah kering. Lalu, setelah selesai menggunakan hair dryer, gunakan minyak rambut sehingga rambut menjadi tampak lebih berkilau.

 

Cukup gunakan beberapa tetes serum dan minyak saja agar tidak memberatkan rambutmu atau membuatnya terlihat lepek.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengering_rambut

https://www.beautynesia.id/berita-skincare/lain-jenis-rambut-lain-pula-hair-dryernya-ketahui-jenis-hair-dryer-yang-cocok-untuk-rambutmu/b-131023

https://kumparan.com/kumparanwoman/cara-memilih-hair-dryer-berdasarkan-jenis-rambut-1sEm1crXtBQ

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/kesalahan-saat-pakai-hairdryer/

https://www.merdeka.com/gaya/tak-ingin-rambut-rusak-hindari-6-kesalahan-dalam-menggunakan-hair-dryer-ini.html

 

Hal yang sering ditanyakan

Apakah menggunakan hair dryer dapat merusak rambut?

Ya, menggunakan hair dryer terlalu sering dengan temperatur terlalu tinggi dapat membuat rambut kering dan patah. Untuk menjaga kondisi terbaik rambut Anda, direkomendasikan untuk menyetel temperatur hair dryer agar tidak terlalu panas dan hanya menggunakannya saat rambut sudah setengah kering atau saat diperlukan saja.

Apakah hair dryer boleh digunakan setiap hari?

Tidak terlalu direkomendasikan karena dapat merusak rambut dalam jangka panjang. Tapi menurut hasil pengujian, menggunakan hair dryer dengan mode dingin atau pengaturan temperatur tidak terlalu panas adalah cara terbaik untuk mencegah kerusakan rambut apabila Anda harus menggunakannya setiap hari.

Berapa lama umur hidup sebuah hair dryer?

Bila dirawat dengan benar, hair dryer dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Tapi direkomendasikan untuk mengganti hair dryer Anda 2-4 tahun sekali. Hair dryer yang sudah tua tidak akan memberikan hasil terbaik dan justru berpotensi merusak rambut.

Apakah hair dryer boros listrik?

Tergantung pada jenis hair dryer yang Anda gunakan. Model-model hair dryer lama biasanya lumayan boros listrik, tetapi sudah banyak tersedia model-model yang hemat listrik. Model hair dryer untuk travel biasanya merupakan pilihan terbaik untuk berhemat listrik.

Apakah hair dryer bisa meluruskan rambut?

Ya, hair dryer bisa mengeriting dan meluruskan rambut dengan teknik blowdry. Caranya, gunakan hair dryer pada saat rambut hampir kering, atur haya rambut sesuai yang Anda inginkan dengan sisir.

Mengapa rambut terlihat mengembang atau megar setelah menggunakan hair dryer?

Kemungkinan besar Anda salah menyetel suhu hair dryer. Hindari pengaturan suhu yang terlalu panas. Meskipun rambut cepat kering, suhu panas tidak akan memberikan hasil penampilan terbaik dan justru akan merusak rambut Anda.

Apakah hair dryer dapat membunuh kutu rambut?

Ya, menurut penelitian, hair dryer dapat membantu membunuh kutu rambut dan juga mencegah telur kutu menetas. Tapi, hair dryer semata tidak cukup untuk mengusir kutu dari rambut. Uji praktek menyatakan bahwa hair dryer hanya bisa membunuh sekitar 80% total kutu.

Kenapa hair dryer bau gosong?

Bila hair dryer berbau gosong, segera matikan untuk menghindari munculnya percikan api. Hal itu berarti hair dryer sudah kotor dan penuh debu. Direkomendasikan untuk membersihkannya sebelum menggunakannya lagi.

Apa saja tanda bahwa hair dryer sudah harus diganti?

Menurut pemeriksaan, ciri-ciri utama hair dryer harus dipensiunkan adalah apabila suaranya menjadi sangat kencang dan suhunya menjadi super panas. Untuk menjaga kondisi terbaik rambut Anda, segera ganti hair dryer Anda apabila kedua ciri itu sudah mulai terlihat.

Mengapa kepala berketombe sejak menggunakan hair dryer?

Menurut eksperimen, suhu hair dryer yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit kepala kering sehingga ketombe pun muncul. Kontrol suhu hair dryer Anda dan pastikan agar tidak terlalu panas.

Tinggalkan Balasan