Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kembali ke perbandingan Diperbarui pada:

6 Fungsi Hand Sanitizer yang Perlu Kamu Ketahui

 

 

coronavirusJika Anda sering membaca berita, pasti Anda mengetahui jika pandemi belum berakhir. Di berita baik di media cetak atau elektronik, pemerintah masih menghimbau untuk menjalankan beberapa protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan mencuci tangan secara rutin.

 

Selain menggunakan air dan sabun, Anda bisa membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer terbaik.

 

Hand Sanitizer dapat Berupa Campuran Air dan Alkohol

Hand sanitizer adalah sebuah pembersih yang berbentuk cairan atau gel.

Bahan utama dari hand sanitizer adalah air dan alkohol. Selain kandungan alkohol, hand sanitizer juga biasanya diberikan beberapa campuran bahan lainnya. Baca secara teliti pada kemasan produk untuk mengetahui kandungan yang ada pada produk hand sanitizer. Hand sanitizer juga memiliki berbagai macam aroma yang bisa Anda pilih.

 

Hand Sanitizer dapat Berbentuk Cair dan Gel

 

Menurut bentuknya, hand sanitizer terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Spray
  • Gel
Produk hand sanitizer yang pertama adalah spray, bentuk jenis ini menyerupai cairan. Beberapa orang menyukai menggunakan jenis ini, karena lebih cepat kering. Selain digunakan pada telapak tangan, kegunaan lain dari hand sanitizer ini adalah untuk menghilangkan bakteri pada permukaan benda. Anda bisa menyemprotkannya pada permukaan benda untuk untuk menghilangkan virus, kuman dan bakteri yang ada.
Berbeda dengan jenis spray, jenis produk ini memiliki bentuk yang lebih kental. Produk ini biasanya dijual dengan beberapa pilihan ukuran. Penggunaan gel tangan hand sanitizer ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkannya pada telapak tangan Anda. Kelebihan dari produk ini adalah mampu menjaga tangan Anda tetap bersih dari kuman dan bakteri dalam waktu yang lebih lama.

Inilah Fungsi Hand Sanitizer yang Perlu Anda Tahu

 

Fungsi utama dari hand sanitizer adalah untuk membersihkan tangan dari kuman dan virus, salah satunya adalah virus corona.

Namun tahukah Anda fungsi hand sanitizer tidak hanya untuk membunuh bakteri dan kuman saja? Berikut ini beberapa fungsi lain dari hand sanitizer.

Membersihkan kacamata

Membersihkan kacamata

Selain untuk membunuh kuman dan virus, salah satu fungsi lain dari hand sanitizer adalah sebagai pembersih lensa kacamata. Selain lensa, Anda juga bisa membersihkan pada bagian framenya. Lensa dan frame kacamata akan terhindar dari debu, dan tentu saja bakteri yang menempel pada juga akan hilang. Pastikan Anda membersihkan lensa hingga kering, agar tidak meninggalkan noda.

Membersihkan alat pencatok rambut

Membersihkan alat pencatok rambut

Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan alat pencatok rambut Anda. Kotoran pada pencatok rambut dapat mengakibatkan alat tersebut tidak bekerja secara maksimal. Cara membersihkan pencatok rambut sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan hand sanitizer pada alat pencatok rambut Anda. Kemudian, lap menggunakan tisu hingga kering dan bersih.

Mencegah munculnya jerawat

Mencegah munculnya jerawat

Selain untuk menjaga kebersihan tangan dari virus corona, manfaat lainnya dari hand sanitizer adalah untuk mencegah timbulnya jerawat. Anda bisa mengoleskan hand sanitizer yang berbentuk gel pada kulit muka Anda. Terkait penggunaan pada kulit muka, hanya disarankan untuk digunakan pada keadaan yang benar-benar mendesak, seperti pada saat Anda sedang tidak memiliki pembersih muka atau sabun pencuci muka, karena kulit muka merupakan kulit yang sensitif yang memerlukan sabun khusus, jika tidak dikhawatirkan dapat mengakibatkan gatal-gatal pada muka, bahkan memperparah jerawat Anda.

Menghilangkan bekas stiker pada mobil

Menghilangkan bekas stiker pada mobil

Manfaat lain dari hand sanitizer adalah sebagai cairan pembersih. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bekas stiker pada mobil Anda. Beberapa stiker biasanya akan meninggalkan bekas pada saat dilepas. Penggunaan cairan hand sanitizer juga dapat mencegah goresan yang terjadi pada saat melepas stiker.

Membersihkan jam tangan dan benda-benda lain

Membersihkan jam tangan dan benda-benda lain

Manfaat lainnya dari hand santizer adalah untuk membersihkan jam tangan. Caranya cukup mudah, lap jam tangan Anda menggunakan hand sanitizer. Anda juga bisa menyimpan jam pada tempat khusus sehingga jam Anda selalu bersih. Benda lainnya yang bisa dibersihkan adalah keyboard, cermin rias atau pada perabotan lainnya. Namun jika benda yang akan dibersihkan sudah sangat kotor, Anda bisa menggunakan pembersih lainnya.

Menjaga Kebersihan juga Bisa dengan Mencuci Tangan

Menjaga Kebersihan juga Bisa dengan Mencuci Tangan

Jika Anda tidak memiliki hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan Anda, Anda bisa mencuci tangan Anda menggunakan sabun dan air biasa. Gunakan sabun cair atau sabun batangan yang banyak dijual di toko. Cuci tangan Anda menggunakan air yang mengalir. Pastikan Anda juga sudah membilas tangan dari sabun sampai bersih. Baca panduan mencuci tangan untuk membersihkan tangan untuk memastikan Anda sudah melakukannya dengan baik dan benar.

 

DIY Hand Sanitizer, Kenapa Tidak?

 

Selain menggunakan air dan sabun, Anda juga bisa membuat hand sanitizer sendiri. Bahan yang diperlukan adalah:

 

✔ Alkohol (minimal 60%) atau Ethanol

✔ Gel lidah buaya

✔ Penambah aroma, seperti minyak esensial

 

membersihkan tangan dengan hand sanitizerAnda juga memerlukan alat tambahan seperti gelas ukur dan sendok untuk mengaduk. Kemudian camourkan bahan tersebut menjadi satu, pastikan semuanya sudah tercampur menjadi satu. Diamkan hingga 72 jam.

 

Pastikan Anda menyimpannya pada tempat yang dingin. Untuk mencari panduan yang sudah terjamin kebenarannya, Anda bisa mencari panduan pembuatan yang sudah memiliki all rights reserved dari penulisnya.

 

Tinggalkan Balasan

1 Bintang2 Bintang3 Bintang4 Bintang5 Bintang (belum dirating)
Loading...