Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Flashdisk im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
21 lama pengujian
8 studi evaluasi
9847 Baca ulasan

🥇 Flashdisk Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Graha Nurdian
Graha Nurdian

Seorang blogger dan penulis konten yang sudah mengenal dunia IT sejak SMP. Di waktu senggangnya, ia menulis segala sesuatu tentang pemasaran digital di blog pribadinya. Juga, hobi favorit saya adalah menyetel mobil.

Mehr zu Graha

Flashdisk Daftar Produk Terbaik 2021

Flashdisk Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Flashdisk terbaik berukuran kecil mudah dibawaBenda yang satu ini pasti semua orang memilikinya. Flashdisk memang adalah salah satu alat penting yang diperlukan oleh segala lapisan, dari siswa sekolah maupun yang sudah bekerja. Baik untuk menyimpan tugas kuliah, menyimpan data pekerjaan, atau untuk menyimpan file musik dan video. Inilah rekomendasi flashdisk terbaik untuk Anda.

 

Apa Itu Flashdisk?

Flashdisk adalah alat untuk menyimpan data yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data cadangan atau back up data, dan mudah dibawa kemana-mana. Flashdisk disebut juga sebagai USB flash drive.

 

Flashdisk terbaik akan mudah digunakan untuk perangkat apa pun dan desainnya praktis untuk dibawa kemana saja. Selain itu juga flashdisk terbaik harus memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan harganya terjangkau.

 

Di sini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi flashdisk terbaik untuk memudahkan Anda memilih flashdisk terbaik yang akan dibeli.

 

Cara Kerja Flashdisk

Perkembangan penyimpanan sebelum flashdisk terbaik adaFlashdisk mampu menyimpan data dengan menggunakan flash memory. Flash memory dapat menyimpan file dalam bentuk format read-only yang dapat dihapus dan diprogram, dan juga dapat mentransfer file tersebut ke sebuah perangkat.

 

Flashdisk bersifat non-volatile, artinya tidak memerlukan baterai. Begitu tersambung dengan komputer atau perangkat lainnya, maka komputer akan membaca flashdisk ini sebagai salah satu pilihan untuk menyimpan atau mentransfer data.

 

Jenis-jenis Flashdisk

Memilih flashdisk terbaik untuk digunakanFlashdisk dibedakan dari kapasitas penyimpanannya. Ada yang memiliki kapasitas 1G, 2G, 4G, 8G, hingga ada yang mencapai kapasitas 128G.

 

Saat ini harga flashdisk semakin terjangkau saja. Saat ini umumnya pengguna flashdisk memilih untuk membeli flashdisk terbaik dengan kapasitas setidaknya 8G. Karena perbedaan harga untuk mendapatkan kapasitas yang tinggi pun tidak terlalu jauh.

 

Untuk memilih flashdisk mana yang terbaik untuk Anda, tentunya Anda perlu menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan Anda. Semakin besar kapasitas flashdisk, tentunya data dan file yang dapat disimpan akan semakin besar atau banyak.

 

Bagian-bagian Flashdisk

Ketahui terlebih dahulu bagian-bagian yang ada pada flashdisk
  • USB standard-A
  • USB mass storage controller
  • NAND flash memory chip
  • Osilator kristal
  • Body flashdisk
bagian flashdisk yang berfungsi sebagai konektor yang akan berhubungan langsung dengan komputer.
bagian flashdisk yang merupakan microcontroller yang berfungsi untuk memungkinkan terjadinya transfer data antara perangkat dan flashdisk. Pada bagian ini terdapat ROM dan RAM.
bagian flashdisk yang berupa chip untuk menyimpan data.
bagian flashdisk yang mengatur aliran data di dalam flashdisk. Osilator kristal flashdisk menggunakan sinyal jam 12MHz untuk mengatur output dari perangkat.
Bagian ini juga tidak kalah pentingnya, karena setiap flashdisk menawarkan desain body yang berbeda. Body flashdisk biasanya terbuat dari bahan plastik.

 

Manfaat Memiliki Flashdisk

Memiliki flashdisk dapat memberikan berbagai manfaat dan kemudahan bagi Anda. Inilah beberapa manfaat memiliki flashdisk terbaik yang perlu Anda ketahui.

Mudah dibawa

Mudah dibawa

Apakah Anda perlu membawa file berukuran besar dari rumah ke kantor? Apakah Anda perlu membawa hardisk atau laptop Anda untuk itu? Semuanya lebih praktis jika Anda memiliki flashdisk. Flashdisk memiliki ukuran yang sangat kecil dan sangat mudah untuk dibawa. Tak perlu membawa laptop atau hardisk eksternal yang membuat Anda kurang nyaman saat bepergian. Cukup pindahkan file yang Anda perlukan ke dalam flashdisk. Kemudian Anda dapat mengakses file tersebut di komputer kantor. Lebih mudah dan praktis.

Menyimpan file berukuran besar

Menyimpan file berukuran besar

Apakah Anda memerlukan tempat untuk menyimpan koleksi lagu-lagu favorit Anda? Atau mungkin koleksi film yang Anda sukai? Anda dapat melakukannya dengan mudah jika memiliki flashdisk. Anda dapat menyimpan banyak lagu dan film favorit Anda dan memutarnya di mana saja dengan flashdisk. Saat ini kapasitas flashdisk dapat mencapai 2TB.

Mudah diakses

Mudah diakses

Apa perangkat yang Anda miliki? Komputer, laptop, smart TV, PS4, atau smartphone, semuanya dapat terhubung dengan flashdisk. Anda dapat mengakses file penting Anda dari mana pun dengan mudah.

Transfer data lebih cepat

Transfer data lebih cepat

Mentransfer data ke flashdisk umumnya lebih cepat jika dibandingkan mentransfer data ke SD card. Anda dapat melakukan transfer data dengan flashdisk terbaik yang memiliki USB dengan kecepatan hingga 300MB/detik.

Hemat energi

Hemat energi

Flashdisk adalah alat yang simpel dan tidak memakan banyak energi saat tersambung dengan komputer atau laptop. Beda halnya dengan hardisk eksternal, membaca dan mentransfer data dengan hardisk eksternal akan lebih menguras baterai. Karena itu, flashdisk lebih nyaman untuk digunakan dan lebih banyak direkomendasikan untuk menyimpan file atau cadangan dokumen.

Dapat mengakses aplikasi dengan mudah

Dapat mengakses aplikasi dengan mudah

Saat ini banyak aplikasi atau game yang dapat diakses langsung dari flashdisk. Jadi Anda tidak perlu membebani komputer atau perangkat lain dengan menginstal atau memindahkan file game tersebut di komputer. Flashdisk juga dapat digunakan untuk mengakses file lagu atau video untuk didengarkan atau ditonton lewat smart TV. Jika Anda memiliki speaker dengan port USB, Anda juga dapat menikmati musik langsung dari flashdisk yang disambungkan dengan speaker tersebut.

 

Cara Memilih Flashdisk Terbaik

Menentukan mana flashdisk terbaik yang sesuai kebutuhan andaApakah Anda perlu mencoba-coba banyak merek flashdisk untuk menemukan yang terbaik? Tentu saja tidak. Kami telah menguji coba beberapa flashdisk terbaik yang populer dan menyusun rekomendasinya untuk Anda.

 

Inilah panduan yang telah kami rangkum untuk membantu Anda saat membeli flashdisk yang terbaik.

 

Perhatikan kapasitasnya

Hal yang paling penting dan pertimbangan paling pertama saat memilih flashdisk adalah perhatikan kapasitasnya. Sesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan Anda.

 

Anda perlu mengira-ngira dulu besarnya ukuran file atau data yang ingin Anda simpan di dalam flashdisk. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan flashdisk untuk menyimpan film, tentunya akan memerlukan kapasitas yang besar.

 

Atau jika Anda akan menggunakan flashdisk untuk menyimpan lagu. Anda tentu dapat mengira-ngira berapa jumlah lagu yang dapat Anda simpan di flashdisk pilihan Anda.

 

Jangan sampai kapasitas yang Anda pilih terlalu kecil. Jika kapasitas flashdisk sudah penuh, tentu Anda terpaksa perlu menghapus sebagian data untuk dapat menyimpan data baru lainnya.

 

Hal ini tentunya dapat membuat Anda kurang nyaman, dan beberapa file menjadi tidak dapat tersimpan di flashdisk.

 

Karena itu, pastikan Anda mengetahui dengan pasti kapasitas flashdisk yang Anda butuhkan, dan carilah flashdisk terbaik dengan kapasitas tersebut.

 

Kecepatan transfer data

Apakah Anda mengetahui bahwa merek dan jenis flashdisk yang berbeda juga dapat memiliki kecepatan transfer data yang berbeda pula? Tentunya semakin cepat kecepatan transfer data flashdisk maka akan semakin baik.

 

Kecepatan transfer data ini dipengaruhi oleh port USB dan komponen dari flashdisk itu sendiri. Dapatkah hal ini kita perhatikan saat ingin membeli flashdisk yang terbaik? Tentu saja!

 

Apakah Anda pernah memperhatikan bahwa ada flashdisk dengan USB 3.0 dan USB 2.0? Kedua jenis flashdisk ini memiliki perbedaan kecepatan saat melakukan transfer data. Transfer data dengan flashdisk USB 3.0 tentunya akan jauh lebih cepat.

 

Tetapi, kecepatan transfer data juga dipengaruhi oleh komputer atau perangkat yang tersambung dengan flashdisk

 

Jika Anda memakai flashdisk USB 3.0 tetapi perangkat komputer Anda memiliki port USB 2.0, maka saat melakukan transfer data kecepatannya akan mengikuti USB 2.0.

 

Performa flashdisk

Mungkin ada beberapa merek flashdisk tertentu yang sering Anda dengar dan banyak direkomendasikan. Biasanya flashdisk yang direkomendasikan ini memiliki performa yang bagus. Apa artinya?

 

Flashdisk terbaik biasanya dibekali dengan controller USB 3.0 atau 3.1. Sementara itu flashdisk standar biasanya dibekali controller USB 2.0. Kecepatan maksimal dari USB 2.0 adalah 40MB/detik.

 

Jika Anda memerlukan flashdisk yang dapat mentransfer file yang berukuran sangat besar dalam waktu yang lebih cepat, maka flashdisk USB 3.0 dapat memiliki kecepatan hingga 625MB/detik, dan USB 3.1 dapat mencapai 1.250MB/detik.

 

Tetapi, kecepatan yang disebutkan di atas hanyalah teori. Pada kenyataannya, hasil pengujian menunjukkan bahwa flashdisk USB 3.1 hanya dapat mencapai kecepatan hingga 440MB/detik.

 

Bahkan uji praktek menunjukkan bahwa rata-rata flashdisk terbaik memiliki kecepatan transfer sebesar 100 hingga 200MB/detik saja saat mentransfer beberapa file berukuran besar secara bersamaan.

 

Faktor lainnya

Meskipun Anda telah memperhatikan setiap poin yang perlu diperhatikan saat memilih flashdisk, kadang-kadang bisa saja ternyata pilihan Anda salah. Ternyata flashdisk yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

 

Salah satu faktor yang juga perlu diperhitungkan adalah reputasi produsen flashdisk. Anda dapat mengetahuinya dengan membaca ulasan atau artikel tentang merek tersebut.

 

Ada juga faktor penjual. Sebaiknya belilah flashdisk terbaik di toko resmi atau toko yang terpercaya. Jika Anda membeli flashdisk secara online, pilihlah toko online yang sudah terjamin. Hal ini dapat Anda ketahui dari ulasan pembeli dan banyaknya bintang yang dimiliki toko online tersebut.

 

Beberapa Rekomendasi Merek Flashdisk yang Populer

Saat memilih flashdisk yang terbaik untuk Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui merek apa saja yang populer dan banyak dikenal di pasaran. 

Pastikan anda memilih flashdisk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda dan selalu membeli yang asli.

Jika Anda sedang mencari merek flashdisk terbaik, jangan lewatkan bagian ini. Simaklah 10 merek flashdisk terbaik dan banyak direkomendasikan berikut ini.

 

Sandisk

Flashdisk merek SanDisk saat ini semakin populer. Produsen yang juga mengeluarkan produk memori digital seperti memory card dan SSD ini semakin banyak digemari.

 

SanDisk merupakan merek dari perusahaan Western Digital dari AS. Perusahaan ini sebenarnya sudah berdiri sejak 1988. Namun nama SanDisk mulai dikenal secara global pada tahun 2016.

 

Flashdisk SanDisk umumnya memiliki desain yang didominasi warna hitam dan merah, atau silver. Flashdisk SanDisk juga memiliki varian dengan USB 3.0 yang diklaim memiliki kecepatan transfer hingga 150MB/detik.

 

Kingston

Bagi yang pernah menggunakan flashdisk, tentu merek Kingston sudah tidak asing lagi. Kingston memang banyak direkomendasikan sebagai salah satu merek flashdisk terbaik

 

Selain berkualitas baik, flashdisk Kingston juga terkenal lebih awet. Saat ini flashdisk Kingston juga memiliki varian USB 3.1 yang tentunya memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

 

Salah satu varian dari flashdisk Kingston juga memiliki fitur microduo, yaitu dapat digunakan baik untuk komputer, tablet, maupun smartphone.

 

Dengan kualitas yang sudah terpercaya dan pilihan fitur yang menarik, tentu flashdisk Kingston dapat menjadi salah satu rekomendasi flashdisk terbaik untuk Anda pilih.

 

Flashdisk Samsung

Salah satu contoh flashdisk terbaik yang ada di pasaranSamsung juga memiliki produk perlengkapan komputer seperti flashdisk ini. Samsung memang terkenal sebagai produsen elektronik yang berkualitas. Apakah flashdisknya juga direkomendasikan?

 

Flashdisk Samsung memiliki berbagai macam pilihan kapasitas, dari 32GB hingga 2TB. Untuk masalah konektivitas, flashdisk Samsung sudah dibekali USB 3.1 dengan kecepatan yang dapat mencapai 300MB/detik.

 

Flashdisk Samsung juga memiliki varian terbaik yang dijamin benar-benar tangguh dan awet dengan fitur waterproof, tahan guncangan, dan tahan suhu tinggi. Flashdisk Samsung juga dapat digunakan di hampir semua perangkat.

 

Flashdisk HP

Tidak hanya laptop atau printer, HP juga mengeluarkan produk flashdisk yang dapat menjadi pilihan terbaikmu.

 

Salah satu keunggulan flashdisk HP dibandingkan dengan merek lainnya adalah desainnya yang banyak pilihan dan unik. Ada flashdisk dengan desain body karet hingga yang memiliki body logam namun berukuran mini.

 

Untuk pilihan kapasitas, flashdisk HP juga memiliki banyak pilihan hingga kapasitas 2TB. Flashdisk HP juga memiliki varian dengan USB 3.0 yang menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi.

 

Untuk urusan kualitas, teknologi HP tentu sudah tidak diragukan lagi. Anda dapat memasukkan flashdisk HP ini dalam daftar flashdisk terbaik yang direkomendasikan.

 

Flashdisk Vivan

Merek satu ini adalah salah satu merek aksesoris smartphone yang populer di Indonesia. Salah satu produk Vivan adalah flashdisk yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

 

Produk Vivan sudah banyak dikenal dan digunakan masyarakat. Semakin banyak peminatnya, tentu Anda semakin dapat menilai kualitas produk dengan membaca ulasan pembeli.

 

Flashdisk Vivan sudah memiliki teknologi USB 3.1 yang tentu akan menjamin transfer data yang lebih cepat. Tidak salah jika merek satu ini menjadi pilihan terbaik Anda saat memilih flashdisk.

 

Flashdisk Toshiba

Flashdisk Toshiba telah direkomendasikan banyak orang sejak dulu. Flashdisk ini dikenal awet dan memiliki kualitas yang bagus.

 

Desain flashdisk Toshiba yang banyak ditemui adalah dengan body terbuat dari bahan plastik berwarna putih. Flashdisk Toshiba memiliki pilihan kapasitas dari 4GB hingga 64GB.

 

Flashdisk Toshiba juga telah menggunakan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data yang dapat diunggulkan.

 

Flashdisk Kioxia

Mungkin nama merek flashdisk ini masih asing di telinga Anda. Tahukah Anda bahwa flashdisk Kioxia sebenarnya adalah nama baru dari flashdisk Toshiba sejak 2019?

 

Ya, Kioxia adalah nama baru dari lini bisnis Toshiba Holding Corporation yang bergerak dalam produksi flashdisk dan kartu memori.

 

Namun karena mungkin stok flashdisk Toshiba juga masih banyak yang beredar, jadi kedua merek ini dianggap berbeda. Banyak yang mengira Kioxia ini adalah merek flashdisk baru.

 

Flashdisk Kioxia sudah mengusung teknologi USB 3.2. Jadi kecepatan transfernya tentu tak perlu diragukan lagi. Flahsdisk Kioxia memiliki pilihan kapasitas hingga 64GB.

 

Flashdisk Robot

Robot juga merupakan salah satu merek aksesoris smartphone dan laptop terbaik yang juga populer di Indonesia. Anda pasti sudah tidak asing dengan aksesoris smartphone seperti charger dan powerbank dengan merk Robot.

 

Salah satu produk aksesoris keluaran Robot adalah flashdisk dengan berbagai pilihan kapasitas hingga 32GB. Desain flashdisk Robot umumnya adalah rotatable atau dengan bagian penutup yang dapat diputar.

 

Kualitas aksesoris keluaran Robot memang telah banyak direkomendasikan. Jadi tak ada salahnya jika Anda memperhitungkan merek ini sebagai salah satu pilihan flashdisk terbaik Anda.

 

Flashdisk Robot juga hadir dengan fitur shockproof dan dustproof sehingga lebih awet.

 

Flashdisk PNY

Salah satu rekomendasi flashdisk terbaik untuk Anda adalah flashdisk PNY. Produsen alat penyimpan data dari AS ini mengeluarkan flashdisk dengan berbagai pilihan desain dan kapasitas.

 

Flashdisk PNY hadir dengan kapasitas hingga 256GB. Dengan kapasitas memori yang sangat besar ini Anda menjadi leluasa untuk menyimpan file berukuran besar, misalnya untuk menyimpan video Anda.

 

Flashdisk PNY umumnya memiliki desain dengan body logam yang elegan. Flashdisk ini juga bergaransi hingga 5 tahun, jadi Anda tak perlu khawatir lagi.

 

Flashdisk Adata

Merek flashdisk ini juga sudah banyak dikenal sejak dulu. Flashdisk Adata umumnya memiliki body berdesain klasik yang menarik dengan berbagai pilihan warna.

 

Untuk pilihan kapasitas, flashdisk Adata memiliki pilihan hingga 32GB. Kecepatan transfer data flashdisk Adata juga tidak diragukan lagi dengan adanya teknologi USB 3.1.

 

Mencari ulasan dari flashdisk Adata juga tidak sulit, karena merek ini telah lama dikenal dan telah banyak yang menggunakannya. Jadi, flashdisk Adata adalah salah satu merek yang direkomendasikan untuk flashdisk terbaik Anda.

 

Tips Penting Untuk Melindungi Flashdisk Terbaik Anda

Membeli flashdisk terbaik yang telah direkomendasikan banyak orang saja belum cukup. Agar flashdisk Anda dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, Anda juga perlu mengetahui tips-tips khusus untuk merawatnya berikut ini.

Lindungi flashdisk dari panas

Lindungi flashdisk dari panas

Perhatikan tempat penyimpanan flashdisk Anda. Meskipun beberapa jenis flashdisk terbaik sudah memiliki fitur tahan suhu tinggi, tetapi pada umumnya flashdisk perlu terlindungi dari suhu panas. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan memori pada sel flashdisk, atau bahkan dapat menyebabkan terhapusnya data di dalam flashdisk.

Jangan sampai kena air

Jangan sampai kena air

Air adalah musuh dari perangkat atau aksesoris elektronik. Termasuk juga flashdisk. Meskipun flashdisk Anda sudah waterproof, sebaiknya hindari mencelupkan atau membuat flashdisk terkena air dengan sengaja. Apalagi jika flashdisk Anda belum memiliki fitur waterproof, kontak dengan air dapat menyebabkan kerusakan flashdisk atau hilangnya data yang tersimpan.

Simpan flashdisk di tempat yang terlindungi

Simpan flashdisk di tempat yang terlindungi

Flashdisk memang praktis untuk dibawa kemana-mana. Tetapi hati-hati saat membawa flashdisk, karena jika flashdisk terjatuh dengan keras atau terlempar maka flashdisk dapat mengalami kerusakan. Karena itu, sebaiknya flashdisk disimpan di tempat yang aman dan tertutup, misalnya di tempat pensil. Jika Anda membawa flashdisk di dalam saku, sebaiknya hubungkan dengan gantungan kunci atau tali.

Jangan menindih flashdisk dengan benda berat

Jangan menindih flashdisk dengan benda berat

Menumpuk benda berat di atas flashdisk juga dapat merusak flashdisk. Karena itu, hindari menindih flashdisk dengan benda yang berat.

Pasangkan tutup flashdisk saat sedang tidak digunakan

Pasangkan tutup flashdisk saat sedang tidak digunakan

Flashdisk biasanya dilengkapi dengan tutup untuk melindungi bagian konektor USB-A pada flashdisk. Saat sedang tidak digunakan, sebaiknya pasanglah tutupnya agar flashdisk lebih terlindungi dari debu atau cipratan air.

Jangan mengedit file secara langsung di flashdisk

Jangan mengedit file secara langsung di flashdisk

Apakah flashdiskmu berisi tugas, skripsi, atau makalah yang perlu diedit dari waktu ke waktu? Saat akan mengedit dokumen di dalam flashdisk, sebaiknya copy dulu dokumen tersebut ke komputer. Setelah selesai melakukan pengeditan dan menyimpan perubahan pada dokumen tersebut, baru pindahkan kembali dokumen ke dalam flashdisk. Hindari mengedit file secara langsung dari flashdisk. Hal ini dapat membuat flashdisk menjadi panas karena tersambung terlalu lama dengan komputer atau laptop. Suhu yang terlalu panas dapat membuat flashdisk menjadi cepat rusak.

Cabut segera flashdisk dari komputer saat tidak digunakan

Cabut segera flashdisk dari komputer saat tidak digunakan

Seperti yang telah disebutkan pada poin di atas, menancapkan flashdisk terlalu lama pada komputer dapat menyebabkan suhu flashdisk menjadi panas. Karena itu, saat tidak digunakan sebaiknya cabutlah flashdisk dari komputer. Sambungkan flashdisk dengan komputer atau laptop hanya pada saat melakukan transfer data.

Selalu pilih ‘safely remove’ terlebih dahulu saat mencabut flashdisk

Selalu pilih ‘safely remove’ terlebih dahulu saat mencabut flashdisk

Opsi ‘safely remove’ ada pada komputer Anda karena suatu alasan. Jangan abaikan hal ini, dan selalu pilih opsi safely remove sebelum Anda mencabut flashdisk dari komputer. Opsi safely remove akan menghentikan OS perangkat Anda dari membaca flashdisk Anda. Dengan begitu, koneksi flashdisk dengan komputer akan terputus sebelum Anda mencabutnya. Mencabut flashdisk tanpa mengklik safely remove terlebih dahulu dapat membuat file yang tersimpan di dalam flashdisk mengalami kerusakan. Hal ini juga dapat membuat flashdisk menjadi lebih cepat rusak.

Lindungi flashdisk dari virus

Lindungi flashdisk dari virus

Virus komputer juga dapat merusak file yang ada di dalam flashdisk. Apalagi jika flashdisk Anda sering berpindah-pindah komputer. Flashdisk dapat menjadi media penyebaran virus dari satu komputer ke komputer lainnya. Karena itu, selalu scan virus pada flashdisk terlebih dahulu sebelum Anda membukanya di komputer. Dengan begitu, virus yang ada pada flashdisk akan terdeteksi dan diatasi sebelum berpindah ke komputer Anda.

 

Sumber

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Diska_lepas_USB 

https://pemmzchannel.com/2019/11/28/tahukah-kamu-inilah-perbedaan-usb-2-0-dan-3-0/ 

https://www.herwinlab.com/apa-itu-nand-flash-di-ssd-slc-mlc-dan-tlc 

https://jalantikus.com/tips/5-kebiasaan-yang-membuat-flashdisk-tidak-awet/ 

http://komputerdynamic.blogspot.com/2015/08/15-tips-cara-merawat-flashdisk-agar-tahan-lama.html

 

Hal yang sering ditanyakan

Apakah flashdisk sama dengan SD card?

Keduanya memang sama-sama memiliki fungsi menyimpan data. Bedanya flashdisk adalah alat yang bisa dipakai sendiri, sedangkan SD card umumnya harus dipasang dulu di dalam perangkat lain.

Flashdisk memiliki tipe USB apa?

Umumnya flashdisk memiliki tipe USB-A yang berfungsi sebagai konektor saat disambungkan ke komputer atau perangkat lainnya.

Mana yang lebih baik untuk menyimpan data, flashdisk atau hardisk eksternal?

Untuk menyimpan atau membuat data cadangan, sebaiknya gunakan hardisk eksternal. Gunakan flashdisk untuk memindahkan file atau jika Anda ingin file tersebut mudah dibawa kemana pun.

Flashdisk apa yang kompatibel dengan PS4?

PS4 dan PS4 slim memiliki port USB 3.0, sedangkan PS4 pro sudah bisa support USB 3.1. Tetapi Anda dapat menggunakan flashdisk tipe USB 3.0 atau 3.1 pada PS4 yang masih memiliki port USB 2.0, meskipun kecepatan transfernya lebih rendah.

Mana yang lebih baik, flashdisk USB 2.0 atau USB 3.0?

Sebaiknya pilihlah flashdisk USB 3.0 ke atas, karena kecepatan transfer datanya lebih daik daripada USB 2.0. Tetapi jika Anda memakai komputer dengan port USB 2.0, kedua pilihan flashdisk ini tidak ada bedanya.

Flashdisk dapat tahan berapa lama?

Beberapa merek flashdisk memiliki garansi hingga 5 tahun. Jadi Anda setidaknya flashdisk ini terjamin selama 5 tahun. Sebuah sumber menyebutkan flashdisk akan rusak setelah dipakai selama 10 tahun. Tentunya semua akan tergantung pada frekuensi pemakaian juga.

Siapa yang menemukan flashdisk?

Flashdisk dipatenkan pada tahun 2000 oleh oleh tiga karyawan perusahaan teknologi asal Israel, M-Systems.

Flashdisk apa yang memiliki kapasitas penyimpanan terbesar?

Beberapa merek flashdisk seperti Samsung dan Kingston menyediakan pilihan flashdisk dengan kapasitas penyimpanan hingga 2TB.

Mengapa flashdisk saya tidak dapat berfungsi?

Flashdisk dapat menjadi tidak berfungsi karena beberapa hal, misalnya karena flashdisk sudah rusak, software dan driver yang tidak update, sistem file yang salah, atau karena ada masalah pada perangkat yang dihubungkan dengan flashdisk.

Apakah flashdisk dapat dilindungi dengan password?

Ya, Anda dapat memakai password untuk melindungi file yang disimpan dalam flashdisk. Jadi data yang tersimpan di flashdisk akan lebih aman.

Tinggalkan Balasan