Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Exfoliating Toner  im Test auf ExpertenTesten.de
5 produk teruji
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
9071 Baca ulasan

🥇 Exfoliating Toner Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Sejak kecil, ibu saya mengajarkan saya pentingnya eksfoliasi untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Tetapi selama bertahun-tahun, kulit saya sering iritasi dan terlihat merah akibat penggunaan scrub. Semua itu akhirnya berubah setelah dokter kulit saya menyarankan saya untuk mencoba exfoliating toner. Menurut dokter kulit saya, chemical exfoliant seperti exfoliating toner lebih baik dan lembut di kulit wajah ketimbang scrub atau physical exfoliant. Terbukti, wajah saya yang tadinya sering iritasi sekarang menjadi jauh lebih sehat dan berseri setelah menggunakan exfoliating toner secara rutin. Menurut survey, exfoliating toner mulai diminati oleh para pecinta skincare di Indonesia. Jika kamu adalah salah satunya, bacalah artikel ini untuk mempelajari apa itu exfoliating toner lebih lanjut. Beberapa tahun belakangan ini, saya juga sudah banyak bereksperimen dengan jenis dan merek exfoliating toner berbeda. Nah, dalam artikel ini, saya juga akan memberikanmu beberapa rekomendasi exfoliating toner terbaik berdasarkan evaluasi saya.

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi

Exfoliating Toner  Daftar Produk Terbaik 2021

Exfoliating Toner Test

Pembaruan terakhir tanggal:

Filter aktivieren >
Rekomendasi Produk

Apa Itu Exfoliating Toner?

 

Mengenal Exfoliating Toner TerbaikSesuai namanya, exfoliating toner adalah toner yang mengandung bahan aktif agar bisa membersihkan sel kulit mati dari jaringan kulit.

 

Bahan aktif yang dikandung bisa berupa enzim, biasanya dari buah, maupun acid atau asam kimiawi, seperti AHA, BHA, dan PHA.

 

Karena mengandung bahan aktif tadi, exfoliating toner termasuk dalam kategori chemical exfoliant.

Berbeda dengan scrub yang secara fisik menggosok dan mengikis sel kulit mati, exfoliating toner menggunakan zat kimiawi untuk melepaskan sel kulit mati.

 

Apakah Manfaat Dari Menggunakan Exfoliating Toner?

Menyeimbangkan pH kulit

 

Mirip dengan toner pada umumnya, exfoliating toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, terutama setelah menggunakan face cleanser

 

Menurut uji coba, menggunakan face cleanser dapat meningkatkan pH kulit wajah hingga mencapai 6. Padahal penelitian membuktikan bahwa pH terbaik untuk kulit harus sama dengan atau lebih rendah dari 5.

 

Membantu kontrol sebum berlebih

 

Manfaat Exfoliating Toner TerbaikBagi kamu yang sering berjerawat, exfoliating toner bisa menjadi salah satu produk andalan terbaik untukmu. Hal ini dikarenakan exfoliating toner dapat membantu mengontrol produksi sebum.

 

Analisis dermatologis menyatakan bahwa produksi sebum berkaitan erat dengan pH kulit. pH yang tidak seimbang akan membuat produksi sebum meningkat.

 

Exfoliating toner mampu membantu menjaga kondisi terbaik kulit, yakni di pH 5. Dengan begitu, produksi sebum yang memberatkan wajah dan bisa menyebabkan jerawat pun terkontrol.

 

Mengelupas sel kulit mati

 

Sesuai dengan namanya, exfoliating toner berguna untuk proses eksfoliasi. Proses eksfoliasi ini merupakan proses pengelupasan sel kulit mati. 

 

Kandungan enzim dan acid dalam exfoliating toner lah yang mendorong berlangsungnya proses eksfoliasi ini. Menurut pengujian, exfoliating toner dan chemical exfoliant lainnya teruji lebih lembut bagi kulit dibandingkan physical exfoliant.

 

Tidak hanya itu, exfoliating toner juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk eksfoliasi bagi kulit sensitif dan berjerawat.

 

Mendorong proses regenerasi kulit

 

Menumpuknya sel kulit mati membuat kulit tidak sehat optimal. Penggunaan exfoliating toner secara rutin berguna untuk mengikis sel kulit mati dan juga mendorong proses regenerasi kulit.

 

Dengan hilangnya sel kulit mati di lapisan teratas kulit, tubuh pun menerima sinyal untuk meregenerasi jaringan kulit baru. Maka dari itu, akan terbentuk lapisan kulit yang lebih sehat. Tentu untuk hasil terbaik, kamu harus menggunakan exfoliating toner secara rutin.

 

Membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan mulus

 

Gunakan Exfoliating Toner untuk kulit wajah tampak lebih cerah dan mulusExfoliating toner juga merupakan salah satu produk terbaik untuk membuat wajah terlihat cerah, berseri, dan juga halus.

 

Menurut pemeriksaan, sel kulit mati yang menumpuk bisa membuat wajahmu terlihat kusam dan kasar. Dengan menggunakan exfoliating toner, lapisan kulit yang tidak sehat itu akan terkelupas. 

 

Sebagai gantinya, lapisan kulit yang masih sehat pada lapisan kulit yang lebih dalam akan tampak dan muncul pada permukaan kulit.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Exfoliating Toner

Pilih kandungan bahan aktif sesuai masalah kulit

Pilih kandungan bahan aktif sesuai masalah kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, exfoliating toner mengandung bahan aktif yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati. Setiap jenis bahan aktif memiliki karakteristik masing-masing serta lebih sesuai untuk kondisi kulit tertentu. Perhatikan kesesuaian formulasi dan kandungan bahan aktif dengan kebutuhan kulitmu agar memperoleh khasiat terbaik.

Cek izin edar

Cek izin edar

Untuk hasil terbaik, pilihlah exfoliating toner yang lolos uji BPOM dan memiliki izin edar yang jelas. Sebisa mungkin, belilah di distributor yang terpercaya agar kamu terhindar dar produk palsu.

Lakukan uji kecocokan

Lakukan uji kecocokan

Untuk menghindari reaksi alergi yang tidak diinginkan, lakukan uji kecocokan dahulu sebelum menggunakan exfoliating toner di wajah. Cara melakukan tes produknya adalah dengan mengaplikasikan beberapa tetes exfoliating toner pada pergelangan tangan. Diamkan selama beberapa jam dan bila tidak ada reaksi seperti gatal, kemerahan, atau panas, maka exfoliating toner aman digunakan di wajah.

 

Bahan Aktif Terbaik Yang Sering Ditemukan Dalam Exfoliating Toner

 

Exfoliating toner mengandung setidaknya satu jenis bahan aktif. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa sebuah exfoliating toner mengandung beberapa jenis bahan aktif berbeda. Yang terpenting adalah kamu harus mencara formulasi yang sesuai untuk memberikan khasiat terbaik untuk kulitmu.

 

Agar kamu dapat memilih exfoliating toner terbaik untuk kondisi kulitmu, pastikan kamu mengenal dulu beberapa jenis bahan aktif yang dikandung dalam exfoliating toner. Perhatikan perbandingan jenis-jenis bahan aktif exfoliating toner di bawah ini.

 

AHA

 

AHA atau alpha hydroxy acids adalah asam yang dapat larut dalam air dan bekerja pada lapisan teratas kulit. Selain baik untuk eksfoliasi, AHA juga memiliki sifat moisturizing sehingga bisa membantu kondisi kulit yang kering.

 

AHA sangat efektif dalam mengelupas sel kulit mati, menyamarkan kerutan halus, mencerahkan kulit, dan menyamarkan bekas jerawat. AHA cocok untuk semua jenis kulit. Untuk hasil terbaik, exfoliating toner harus mengandung 5-10% AHA.

Jenis acid yang masuk dalam kategori AHA sendiri sangat beragam. Beberapa contoh AHA:

  • Glycolic acid
  • Lactic acid
  • Mandelic acid
  • Malic acid
  • Citric acid
  • Tartaric acid
  • Phytic acid
AHA terbaik dan paling kuat, tapi bisa mengiritasi kulit sensitif
AHA yang kuat tapi lembut, AHA terbaik untuk kulit sensitif
Lembut, memberikan hasil terbaik bila dicampur dengan acid lain
Lembut dan cenderung lemah, harus dicampur dengan acid lain
Lembut, campuran terbaik untuk membuat skincare lebih awet
Lemah, salah satu acid terbaik untuk menyeimbangkan pH kulit
Lemah, tapi memiliki kandungan antioksidan terbaik

BHA

 

Berbeda dengan AHA, BHA atau beta hydroxy acids adalah asam yang larut dalam minyak dan dapat menembus pori-pori lebih dalam dibandingkan AHA. 

 

BHA sangat efektif dalam mengontrol sebum berlebih serta mengangkat kotoran dari pori-pori. Akibatnya, BHA sering direkomendasikan untuk menyembuhkan jerawat dan komedo. Tapi, BHA kurang cocok untuk kulit sensitif. Untuk hasil terbaik, exfoliating toner harus mengandung 1-5% BHA

Jenis acid BHA lebih sedikit, yakni:

  • Salicylic acid
  • Betaine salicylate
  • Salix alba
BHA terkuat dan paling populer, pilihan terbaik untuk jerawat dan peradangan pada kulit
Alternatif terbaik salicylic acid, bersifat lembut, direkomendasikan untuk kulit sensitif
Dikenal juga sebagai willow bark extract, lembut tapi cenderung lemah

PHA

 

exfoliating toner terbaikMolekul PHA berukuran lebih besar dibandingkan dengan molekul AHA dan BHA. Akibatnya, molekul PHa lebih sulit menembus jaringan kulit. Tapi hal itu bukan berarti PHA tidak bagus. Justru karena ukuran molekulnya, PHA tidak mudah menyebabkan iritasi. Malah, PHA adalah acid terbaik untuk kamu yang berkulit super sensitif. 

 

Selain itu, karena PHA juga bersifat humektan, PHA bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki kulit kering tapi masih ingin mencoba chemical exfoliating. Terakhir, penelitian juga menyatakan bahwa berbeda dengan AHA dan BHA, PHA tidak membuat kulit rentan akan sinar UV.

Berikut ini adalah contoh PHA yang paling populer:

  • Gluconolactone
  • Lactobionic acid
  • Galactose
Lembut tapi efektif dalam eksfoliasi, bersifat moisturizing, dan mengandung antioksidan
Lembut tapi efektif, bersifat moisturizing, mengandung antioksidan, dapat menyamarkan hiperpigmentasi, dan membuat kulit awet muda
Sangat lembut, mengandung antioksidan, dapat menyamarkan hiperpigmentasi, dan bersifat moisturizing

Enzim

 

Enzim sangat direkomendasikan bagi kamu yang kulitnya sensitif akan acid. Exfoliating toner dengan enzim biasanya sangat lembut dan tida kana memberikan hasil secepat acid. Tapi tetap efektif untuk eksfoliasi, mencerahkan kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, serta menghilangkan komedo.

 

Biasanya enzim yang digunakan dalam exfoliating toner berasal dari buah-buahan, contohnya labu kuning, pepaya, nanas, dan delima.

 

Rekomendasi Merek Exfoliating Toner Terbaik

 

Brand Exfoliating Toner TerbaikSetelah membandingkan banyak exfoliating toner beberapa tahun belakangan ini, sekarang saya memiliki beberapa merek exfoliating toner favorit.

 

Dalam bagian ini, saya akan memberikanmu 10 rekomendasi exfoliating toner terbaik berdasarkan penilaian saya.

 

Yuk simak tabel perbandingan beserta penjelasan di bawah ini supaya kamu bisa memilih exfoliating toner terbaik untuk kulitmu.

 

Avoskin

 

Para penggemar skincare lokal pasti sudah kenal baik dengan Avoskin. Brand lokal ini kini menjadi andalan bagi para influencer dan beauty blogger Indonesia. 

 

Avoskin terkenal dengan produk-produk skincare-nya yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tidak hanya itu, formulasinya yang efektif membuat produk-produk Avoskin tidak kalah dengan produk luar negeri.

 

Saat ini, Avoskin menawarkan sebuah exfoliating toner yang bernama Miraculous Refining Toner. Exfoliating toner ini diformulasikan dengan 5% AHA, 1% BHA and 2% PHA. 

 

Campuran ketiga jenis acid tersebut membuat exfoliating toner Avoskin sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya itu, formulasi yang dimiliki exfoliating toner Avoskin cocok untuk semua jenis kulit, sehingga aman untuk kulit kering atau berjerawat sekalipun.

 

Exfoliating toner Avoskin juga diperkaya dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti ekstrak tea tree, witch hazel, dan raspberry. Akibatnya, toner ini pun bersifat moisturizing dan soothing agar wajah tidak mudah iritasi.

 

Bhumi

 

Didirikan pada tahun 2017, Bhumi merupakan salah satu pendatang baru di dunia skincare Indonesia. Bhumi terkenal di kalangan pecinta skincare karena konsep naturalnya.

 

Bhumi unik dibandingkan dengan brand lain karena setiap produknya pasti mengandung essential oil atau ekstrak bahan alami yang memiliki beragam manfaat.

 

Saat ini, Bhumi menawarkan 2 jenis exfoliating toner. Yang pertama adalah Deep Hydration Exfoliating Toner 2% AHA. Sesuai dengan namanya, toner ini mengandung glycolic acid. Selain itu, toner ini juga diperkaya dengan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. 

 

Toner ini juga mengandung hyaluronic acid yang akan menjaga kelembaban kulit. Toner ini juga diformulasikan dengan ekstrak timun dan chamomile untuk menenangkan kulit. Toner ini direkomendasikan untuk kulit kering, normal, dan kombinasi.

 

Selanjutnya ada Resurface Mild Exfoliating Toner. Exfoliating toner ini mengandung 2% salicylic acid yang ampuh memberantas jerawat membandel. 

 

Toner ini juga diperkaya dengan hyaluronic acid untuk melembabkan kulit, ceramide untuk menguatkan jaringan kulit, dan minyak rosehip untuk menyembuhkan bekas jerawat. Exfoliating toner ini direkomendasikan untuk kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi.

 

Inez

 

Inez adalah brand kecantikan lokal legendaris yang terkenal dengan produk-produk makeup-nya. Tetapi, selain makeup Inez juga menawarkan produk skincare yang tidak kalah bermutu.

 

Produk-produk Inez terkenal memiliki harga yang ramah di kantong dan formulasi yang cocok untuk kulit wanita Indonesia.

 

Inez menawarkan sebuah exfoliating toner yang mengandung salicylic acid. Oleh karena itu, exfoliating toner ini sangat ampuh untuk membasmi jerawat.

 

Selain itu, exfoliating toner Inez juga mengandung allantoin untuk melembabkan kulit dan juga ekstrak witch hazel yang ampuh mengecilkan pori-pori dan menyamarkan bekas jerawat.

 

Clean & Clear

 

Kamu pasti sudah kenal dengan Clean & Clear. Brand skincare satu ini sangat mudah ditemukan di supermarket dan apotek. Clean & Clear sangat populer di kalangan remaja karena harganya yang super terjangkau dan formulasinya yang sesuai dengan kebutuhan kulit remaja.

 

Clean & Clear menawarkan sebuah exfoliating toner bernama Oil Control Toner. Meskipun tidak diiklankan sebagai exfoliating toner, toner ini mengandung salicylic acid yang termasuk dalam kategori BHA.

 

Oil Control Toner ini mampu membersihkan sebum berlebih, bakteri, dan debu dari permukaan kulit sehingga wajah terhindar dari jerawat. Oleh karena itu, toner Clear & Clear sangat direkomendasikan bagi kulit berminyak dan berjerawat. 

 

Selain itu, toner ini juga diperkaya dengan allantoin dan panthenol yang bersifat moisturizing dan soothing.

 

Sayangnya, toner Clean & Clear ini mengandung alkohol dalam formulasinya. Jadi, meskipun toner ini super efektif dalam menghilangkan jerawat dan komedo, produk ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang berkulit kering dan sensitif.

 

Hada Labo

 

Berada di bawah naungan Rohto, Hada Labo adalah brand skincare yang menggabungkan kecantikan dengan ilmu medis. Di Jepang, negara asal brand ini, produk-produk Hada Labo sangat populer karena harganya yang terjangkau dan formulasinya yang efektif.

 

Hada Labo terkenal karena produk-produknya tidak mengandung zat filler yang tidak berguna untuk kulit. Semua produk Hada Labo tidak mengandung pewarna, pewangi, maupun alkohol, sehingga sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit. 

 

Hada Labo menawarkan sebuah exfoliating toner bernama Tamagohada Mild Peeling Lotion. Toner Hada Labo ini diformulasikan dengan PHA, sehingga sangat cocok untuk kamu yang berkulit sensitif atau baru mulai mencoba chemical exfoliating

 

Teksturnya sangat ringan dan nyaman digunakan. Toner ini juga memiliki sifat moisturizing dan brightening yang ringan. Tapi karena formulasinya sangat lembut, toner ini tidak akan memberikan hasil secepat exfoliating toner dengan AHA dan BHA dalam kadar tinggi.

 

Some By Mi

 

Kalau kamu menyukai skincare Korea, pasti kamu sudah kenal baik dengan Some By Mi. Some By Mi adalah brand skincare asal Korea Selatan yang belakangan ini viral di media sosial.

 

Some By Mi sangat disukai oleh masyarakat Korea Selatan karena formulasinya yang lembut tapi sangat efektif. Produk-produk Some By Mi dikenal cocok digunakan bagi semua jenis kulit.

 

Some By Mi memproduksi sebuah exfoliating toner yang bernama 30 Days Miracle Toner. Sesuai dengan namanya, toner ini dipercaya dapat memberikan hasil terbaik hanya dalam waktu 30 hari. 

 

Exfoliating toner ini menggabungkan tiga jenis acid, yakni AHA, BHA, dan PHA. Toner ini ampuh dalam mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah. 

 

Proses eksfoliasi oleh toner ini juga dapat membuat kulit lebih halus dan sehat. Diperkaya dengan ekstrak tea tree, exfoliating toner ini juga mampu memberantas jerawat. 

 

Kemudian, exfoliating toner ini juga mengandung pelembab dalam kadar cukup tinggi. Sehingga kamu tidak perlu takut akan over-exfoliation ataupun kulit kering.

 

COSRX

 

COSRX juga merupakan salah satu brand skincare ternama asal Korea Selatan. Produk-porduk COSRX memiliki formulasi yang sangat efektif sehingga sering direkomendasikan oleh YouTuber dan beauty blogger dari seluruh dunia.

 

Saat ini, COSRX menawarkan beberapa jenis exfoliating toner. Yang paling populer adalah AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Exfoliating toner ini diformulasikan dengan AHA dan BHA yang diekstrak dari bahan-bahan alami. Teksturnya sangat ringan dan lembut. Selain itu, toner ini juga diperkaya allantoin dan panthenol sehingga bersifat sangat melembabkan.

 

Selanjutnya, COSRX juga menawarkan Refresh ABC Daily Toner. Exfoliating toner yang satu ini diperkaya dengan vitamin C. Jadi selain mengangkat sel kulit mati, toner satu ini juga sangay ampuh dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan hiperpigmentasi. Sama seperti exfoliating toner sebelumnya, toner ini juga dibuat dari bahan-bahan alami dan bersifat sangat lembut namun efektif.

 

Selain itu, ada juga AHA 7 Whitehead Power Liquid yang teruji ampuh memberantas komedo serta Natural BHA Skin Returning A-Sol yang bisa memberantas jerawat.

 

The Ordinary

 

Jika kamu sering mengiuti perkembangan dunia skincare di media sosial, kamu pasti sudah pernah mendengar tentang The Ordinary. Brand satu ini sempat menjadi viral di media sosial.

 

The Ordinary terkenal dengan produk-produknya yang memiliki formulasi sangat sederhana, efektif, dan transparan.

 

The Ordinary menawarkan beberapa jenis larutan AHA dan BHA, contohnya lactic acid, glycolic acid, mandelic acid, dan salicylic acid. Tetapi, kebanyakan produk The Ordinary masuk dalam kategori serum. Untuk saat ini, The Ordinary hanya menawarkan satu produk yang benar-benar masuk dalam kategori exfoliating toner, yakni Glycolic Acid 7% Toning Solution.

 

Sesuai dengan namanya, toner ini mengandung 7% glycolic acid atau AHA. pH toner ini juga cukup rendah, yakni 3.6 sehingga produk ini efektif dalam mengangkat sel kulit mati dan mengurangi resiko iritasi. 

 

Selain itu, exfoliating toner ini juga mengandung dengan zat-zat pelembab agar wajah berseri, contohnya rose water, aloe vera, dan glycerin. Toner ini juga diperkaya dengan asam amino sehingga kulit menjadi lebih sehat.

 

Benton

 

Menggabungkan kecantikan dengan ilmu medis, Benton merupakan brand kecantikan Korea Selatan yang sangat terkenal. Didirikan oleh seorang dokter kulit, produk-produk Benton dijamin baik dan lembut untuk kulit. Tidak hanya demikian, Benton juga merupakan salah satu brand skincare vegan dan cruelty-free tertua di dunia.

 

Exfoliating toner paling populer dari Benton adalah Aloe BHA Skin Toner. Sesuai namanya, toner ini mengandung BHA sehingga ampuh untuk membasmi jerawat. Uniknya, karena formulasi yang dibentuk oleh tim dermatologis terkemuka, exfoliating toner ini cocok untuk kulit sensitif meskipun mengandung BHA.

 

Bila kamu ingin exfoliating toner yang lebih lembut lagi, Benton juga menawarkan PHA Peeling Toner. Toner ini mengandung PHA sehingga aman digunakan orang berkulit sangat sensitif. Toner ini juga diperkaya dengan zat-zat moisturizing sehingga dapat melembutkan dan menyehatkan kulit bermasalah.

 

Pixi

 

Para pecinta skincare tentu sudah tau akan Pixi. Brand kecantikan asal London ini terkenal dengan produk-produk inovatifnya yang mampu membuat kulit sehat dan terlihat glowing.

 

Pixi memiliki sebuah exfoliating toner yang telah memenangkan banyak penghargaan, yaitu Glow Tonic. Toner satu ini tidak hanya mampu mengangkat sel kulit mati, tapi juga mampu melindungi kesehatan jaringan kulit serta membuat kulit terlihat berseri.

 

Pixi Glow Tonic mengandung 5% glycolic acid yang efektif namun cukup lembut untuk semua jenis kulit. Toner ini juga mengandung aloe vera yang bisa melembabkan dan menenangkan kulit. 

 

Selain itu, toner ini juga mengandung ekstrak ginseng yang ampuh meningkatkan sirkulasi darah di jaringan kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat.

 

Tips Terbaik Untuk Memaksimalkan Manfaat Exfoliating Toner

 

Menggunakan exfoliating toner tidak boleh sembarangan. Kalau salah, bisa-bisa wajahmu malah over-exfoliated dan iritasi. Supaya kamu bisa mendapatkan hasil terbaik, yuk baca beberapa tips terbaik dalam mengaplikasikan exfoliating toner.

 

  • Aplikasikan setelah membersihkan wajah dan tangan

gunakan exfoliating toner bersihkan wajah duluBedakan exfoliating toner dengan exfoliant lain ya. Berbeda dengan exfoliant semacam scrub, exfoliating toner tidak perlu dibilas. Jadi untuk hasil terbaik, bersihkan dulu wajahmu sebelum mengaplikasikan exfoliating toner.

 

Jangan lupakan kebersihan tanganmu! Bakteri dan kotoran dapat mengurangi efektivitas exfoliating toner. Hindari menempelnya bakteri pada wajah dengan cara mencuci tangan sebelum mengaplikasikan exfoliating toner

 

  • Jangan gunakan berdampingan dengan exfoliant lainnya

Eksfoliasi memang bagus, tapi semua yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, hindari menggunakan terlalu banyak produk exfoliant dalam waktu bersamaan. 

 

Scrub, exfoliating toner, dan lain-lain harus digunakan secara bergantian agar kulit tidak iritasi, terutama bila kulitmu sensitif. Bagi pemula, direkomendasikan untuk memberi jeda sekitar 2-3 hari antara penggunaan masing-masing exfoliant untuk hasil terbaik.

 

  • Aplikasikan skincare seperti biasa

Untuk hasil terbaik, gunakanlah exfoliating toner sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulitmu. Jadi, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk skincare lainnya seperti biasa. 

 

Direkomendasikan untuk menggunakan setidaknya cleanser, moisturizer, dan sunscreen berdampingan dengan exfoliating toner untuk memperoleh manfaat terbaik bagi kulit.

 

  • Gunakan sesuai dengan batas toleransi kulitmu

Jangan langsung gunakan exfoliating toner setiap hari layaknya toner biasa! Bisa-bisa kulitmu malah iritasi. Bagi pemula, penggunaan 2-3 kali per minggu akan memberikan hasil terbaik. 

 

Perhatikan batas toleransi kulitmu. Jika kulitmu sudah mulai terbiasa, baru kamu bisa meningkatkan frekuensi penggunaan exfoliating toner

 

  • Jangan lupa sunscreen

 

Kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya sunscreen untuk kesehatan kulit. Nah, bila kamu menggunakan exfoliating toner, penggunaan sunscreen setiap hari bersifat wajib.

 

Kenapa? Menurut tes dermatologis, proses eksfoliasi membuat kulitmu lebih rentan pada sinar UV. Tidak hanya itu, beberapa acid juga mudah bereaksi saat terpapar sinar UV langsung. Akibatnya, kulit wajahmu jadi rentan terbakar. Jadi, jangan lupa menggunakan sunscreen setiap harinya. Untuk hasil terbaik, sebisa mungkin aplikasikan ulang sunscreen setiap 2-4 jam sekali.

 

  • Hati-hati dengan over-exfoliation

Over-exfoliation adalah fenomena yang terjadi apabila kamu terlalu sering mengeksfoliasi kulitmu. Ciri-cirinya adalah kulit menjadi kemerahan, kering, iritasi , dan bahkan mengelupas. Tips-tips sebelumnya harusnya cukup untuk menghindari kamu dari over-exfoliation.

 

Tapi apabila masih terjadi, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menghentikan sementara penggunaan exfoliating toner dan juga exfoliant lainnya. Rawat kulitmu dulu dengan skincare yang bersifat soothing dan moisturizing. Setelah sembuh, barulah mulai gunakan exfoliating toner lagi dan tingkatkan batas toleransi kulitmu lagi.

 

 

Sumber

 

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/jenis-toner/

https://womantalk.com/beauty/articles/cara-pakai-toner-eksfoliasi-untuk-kulit-glowing-maksimal-A03qM

https://stylo.grid.id/read/142407807/skincare-ini-tidak-boleh-dipakai-setiap-hari-bukannya-glowing-malah-iritasi?page=all

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/kulit/exfoliating-toner/

https://www.kompasiana.com/ameliiaanf/607d0fadd541df2ef562a7d2/mengapa-perlu-exfoliating-toner-cek-pengertian-manfaat-dan-aturan-pemakaiannya

 

FAQ

Apakah exfoliating toner sama dengan scrub?

Karena kemiripan fungsinya, kamu mungkin bingung apa perbedaan kedua produk tersebut. Exfoliating toner termasuk dalam kategori chemical exfoliant, yaitu produk yang menggunakan bahan kimia untuk eksfoliasi. Sedangkan scrub adalah physical exfoliant yang secara fisik mengangkat sel kulit mati.

Apakah exfoliating toner lebih baik daripada scrub?

Dalam kebanyakan kasus, ya. Exfoliating toner lebih direkomendasikan dibandingkan dengan scrub, terutama untuk kulit sensitif dan berjerawat. Hal ini dikarenakan exfoliating toner lebih lembut pada kulit. Exfoliating toner juga tidak akan menyebabkan jaringan kulit rusak ataupun menyebabkan munculnya micro-tear atau luka mikroskopis pada kulit.

Seberapa sering exfoliating toner harus digunakan untuk hasil terbaik?

Sesuaikan dengan kondisi dan ketahanan kulitmu. Bila kamu baru mulai memakai exfoliating toner, direkomendasikan untuk menggunakannya setiap dua atau tiga hari sekali. Setelah terbiasa, kamu bisa mulai menggunakan exfoliating toner lebih sering

Apakah exfoliating toner bisa digunakan setiap hari?

Berbeda dengan physical exfoliant, exfoliating toner dapat digunakan setiap hari apabila kulitmu sudah terbiasa dan tidak alergi ataupun sensitif. Kebanyakan exfoliating toner mengandung tidak lebih dari 5% acid, sehingga dapat digunakan setiap hari dengan aman. Untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan exfoliating toner?

Bila kamu tidak menggunakannya dua kali sehari, direkomendasikan untuk mengaplikasikan exfoliating toner di malam hari. Penggunaan exfoliating toner di malam hari dapat mendorong proses pembaharuan jaringan kulit.

Mengapa wajah terasa gatal saat menggunakan exfoliating toner?

Karena kandungan acid-nya, exfoliating toner memang menyebabkan sensasi tingling atau cooling saat digunakan. Tapi sensasi tersebut seharusnya hilang setelah 1-2 menit dan tidak mengganggu ataupun menyebabkan rasa sakit. Tapi apabila wajah terasa sangat tidak nyaman setelah menggunakan exfoliating toner, kemungkinan kamu mengalami alergi.

Mengapa wajah saya jadi gampang terbakar sinar matahari saat menggunakan exfoliating toner?

Menurut hasil pengujian, kandungan acid exfoliating toner menyebabkan kulit wajah menjadi rentan akan sinar UV. Oleh karena itu direkomendasikan untuk menggunakan sunscreen apabila kamu menggunakan exfoliating toner di pagi hari. Untuk hasil terbaik, gunakan sunscreen dengan kandugan minimal SPF 30.

Apakah exfoliating toner dapat membantu menghilangkan jerawat?

Ya, menggunakan exfoliating toner adalah salah satu cara terbaik untuk membantu hilangkan sisa sel kulit mati dan juga kontrol sebum berlebih yang dapat menyebabkan jerawat. Menurut uji praktek, exfoliating toner kandungan acid tidak lebih dari 2-5% adalah pilihan terbaik untuk kulit berjerawat.

Apakah exfoliating toner harus dibilas?

Jangan. Untuk hasil terbaik, gunakanlah produk ini layaknya toner biasa, yaitu sebagai tahap skincare pertama setelah mencuci muka. Exfoliating toner tidak perlu dibilas sebelum mengaplikasikan skincare lain kecuali kulitmu bereaksi sangat buruk saat menggunakannya.

Apakah cuka apel dapat digunakan sebagai exfoliating toner?

Penggunaan cuka apel sebagai exfoliating toner kurang direkomendasikan. pH cuka apel lebih rendah (lebih asam) dibandingkan dengan exfoliating toner pada umumnya. Cuka apel harus dilarutkan dulu dengan air agar tidak menyakiti kulit dan untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kulit.

Tinggalkan Balasan