Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kembali ke perbandingan Diperbarui pada:

Enggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Pomade di Rumah

Membuat pomade anda sendiriTak hanya wanita yang ingin tampil sempurna dengan sentuhan kosmetik, banyak pria yang juga memikirkan penampilan dalam kesehariannya, salah satunya yaitu gaya menata rambut agar menarik. Tampil dengan gaya rambut yang rapi dan klimis merupakan dambaan setiap pria.

 

Tak hanya tampak bersih dan menawan, pria dengan tampilan rambut yang bagus tentunya akan menarik perhatian kaum hawa. Salah satu cara yang dilakukan pria yaitu menggunakan pomade.

 

Pomade memiliki fungsi untuk menjaga penampilan dan gaya rambut tetap rapi dan klimis tahan lama. Pomade merupakan salah satu macam minyak rambut pria yang cukup populer. Produk pomade memiliki banyak varian, warna yang beragam.

 

Pomade juga dibuat dengan beberapa bahan, seperti pomade beraroma teh hijau, ekstrak teh hijau dipercaya baik untuk rambut. Beberapa jenis pomade yang terkenal diantaranya pomade jenis water based berbahan air dan juga pomade jenis oil based berbahan minyak.

 

Produk pomade yang dijual di pasaran Indonesia memiliki kualitas teruji dan dibanderol dengan harga yang beragam, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan ribu untuk satu pomade. Harga yang tinggi sebanding kualitas produk yang diberikan oleh pomade tersebut. Semakin mahal harga pomade, maka bahan yang digunakan semakin bagus dan tahan lama.

 

Di Indonesia, beli pomade terbaik bisa di toko, beli di online shop, minimarket hingga barber shop. Bila Anda ingin mengasah kreativitas, tak ada salahnya jika Anda membuat pomade sendiri di rumah. Cara membuat pomade sederhana dan mudah dipraktikkan.

 

Cara membuat pomade di rumah sebenarnya cukup gampang dan hemat, campuran bahan pomade mudah didapatkan, serta biaya yang diperlukan tidak terlalu besar. Cara membuat pomade di rumah juga tidak membutuhkan keahlian khusus. Anda hanya perlu mengikuti cara dan langkah yang tepat sesuai sumber rekomendasi akurat di internet.

 

Berikut cara membuat pomade di rumah

 

Pelajari cara membuat pomade sendiriCara membuat pomade di rumah mudah dan sederhana, salah satunya membuat pomade yang populer yaitu oil based. Pomade jenis oil based menggunakan bahan dasar minyak. Bahan yang digunakan juga alami dan sangat mudah ditemukan, murah dan hemat.

 

Anda tak perlu khawatir pomade yang Anda bikin memiliki kualitas yang kurang bagus sehingga merusak rambut. Beberapa campuran bahan dengan sumber alami yang digunakan terdiri dari minyak kelapa, minyak zaitun dan beberapa campuran lainnya.

 

Berikut kami lansir dari sumber terkait cara membuat pomade mudah dan sederhana.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pomade

 

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Mungkin banyak yang bertanya, apa sih kegunaan minyak kelapa untuk pomade? Minyak kelapa memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat dan berkhasiat, seperti menjaga dan mengatasi rambut rusak, mengatasi ketombe, dan nyaman digunaakan di rambut. Tak ayal, minyak kelapa kerap dijadikan bahan kosmetik.

 

Saat ini, minyak kelapa kerap digunakan sebagai bahan dari pembuatan pomade. Selain minyak kelapa, Anda juga dapat menggunakan minyak almond atau minyak kemiri. Kedua minyak tersebut juga dipercaya dapat menjadi obat untuk penumbuh rambut.

Lilin lebah atau lilin madu

Lilin lebah atau lilin madu

Sesuai namanya, lilin lebah atau lilin madu merupakan lilin yang berasal dari sarangnya lebah madu. Dihasilkan secara alami, lilin lebah atau umum dikenal dengan beeswax populer sebagai bahan dasar dari kosmetik.

 

Penggunaan lilin lebah atau beeswax sebagai bahan pomade dimaksudkan agar dapat memberikan khasiat seperti melembabkan rambut, dan menjadikan rambut berkilau.

Minyak Esensial

Minyak Esensial

Minyak esensial atau minyak esensial digunakan sebagai bahan pomade untuk memberikan harum dan wangi pada pomade. Tak hanya minyak esensial, aroma juga dapat digunakan sebagai pewangi pomade, bahan yang dipakai tergantung kesukaan dan juga selera Anda.

 

Penggunaan pewangi pada bahan pomade agar harum yang dihasilkan semakin semerbak dan menyebar.

Bentonit Clay atau Lempung Bentonit

Bentonit Clay atau Lempung Bentonit

Lempung bentonit merupakan salah satud dari jenis dari tanah liat yang kaya akan kalsium dan natrium, karena terbentuk dari pelapukan pada abu vulkanik, dan dapat digunakan sebagai bahan pomade atau kosmetik.

 

Menggunakan bentonit clay diharapkan dapat membuat rambut terhindar dari radikal bebas, sehingga rambut Anda tumbuh sehat saat menggunakan pomade buatan sendiri.

Minyak zaitun

Minyak zaitun

Salah satu bahan yang dapat Anda gunakan selanjutnya yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan omega tinggi sehingga dapat memberikan efek melembutkan pada rambut, melembabkan dan juga sumber nutrisi pada rambut Anda. Minyak zaitun juga dijadikan bahan dasar kosmetik.

 

Selain minyak zaitun, Anda juga dapat menggunakan minyak almond sebagai bahan tambahan opsional. Jenis minyak yang diekstrak dari biji almond ini tak kalah berkhasiat bagi kulit kepala dan rambut Anda. Bermanfaat untuk melembutkan rambut, minyak almond juga dapat digunakan banyak orang karena cocok dengan semua jenis rambut.

Catatan Saat menyiapkan bahan-bahan, Anda perlu memperhatikan resep yang akan digunakan. Resep atau rasio dasar yang digunakan ditujukan agar pomade memiliki konsistensi sesuai keinginan, dan hasilnya sesuai dengn takaran yang telah Anda siapakan sesuai dengan volume wadah penyimpanan untuk pomade.

Pada umumnya, satu bagian lilin lebah atau beeswax 8 sendok makan, satu bagian minyak kelapa 8 sendok makan, dan 8 tetes minyak esensial, untuk volume kaleng berukuran kecil. Untuk ukuran besar, Anda tinggal menyesuaikannya sendiri.

 

Jangan lupa sediakan mangkuk, setiap mangkuk terdiri dari bahan baku yang telah disiapkan. Perhatikan rasio campuran, untuk mendapatkan daya medium, atau heavy hold.

 

Langkah pembuatan pomade sendiri di rumah

 

Langkah pertama

Langkah pertama

Siapkan kompor, double boiler atau dikenal dengan panci tim. Dari segi bentuk, sama saja dengan panci yang lain. Namun, double boiler merupakan panci yang terdiri dari dua buah. Satu panci besar dengan lekukan pada bagian tengahnya, dan satu lagi panci kecil pendek.

 

Anda dapat mengisi double boiler hingga berisi air satu inchi, panaskan air di atas kompor, tunggu hingga air mendidih. Jika Anda tidak memiliki double boiler, Anda dapat menggunakan panci kecil dan mangkuk yang terbuat dari logam.

Langkah kedua

Langkah kedua

Setelah panci berisi air mendidih, langkah 1 lelehkan lilin lebah atau beeswax dengan cara diletakkan di dalam panci atau double boiler. Aduk dan tunggu hingga lilin lebah atau beeswax terlihat meleleh atau mencair, sistem kerjanya sama dengan saat Anda melelehkan coklat.

 

Agar beeswax meleleh maksimal, Anda perlu mengaduk lilin lebah tersebut hingga lelehan merata. Tambahkan sedikit beeswax untuk daya hold.

Langkah ketiga

Langkah ketiga

Setelah lilin lebah atau beeswax meleleh sempurna, masukkan dan campurkan bahan lain. Anda dapat menyesuaikan takaran penggunaan campuran bahan-bahan yang lainnya. masukkan minyak zaitun satu setengan sendok makan pada beeswax, masukkan juga minyak kelapa.

 

Kemudian tambahkan minyak esensial oil beberapa tetes untuk mendapatkan aroma yang cocok dengan selera, aduk hingga tercampur merata. Anda juga dapat menambahakan campurkan minyak atsiri sebagai bahan opsional dengan berbagai wangi yang menarik, seperti thyme, lavender, peppermint, aduk merata.

Langkah keempat

Langkah keempat

Setelah campuran bahan di atas tercampur, tambahkan bentonit clay. Aduk adonan tersebut hingga merata. Pastikan bahan-bahan di atas tercampur dengan sempurna, dan memiliki warna yang konsisten.

 

Tuangkan ke wadah khusus, agar lebih menarik, siapkan wadah khusus pomade yang banyak dijual di marketplace lho.

Langkah kelima

Langkah kelima

Siapkan mangkuk, wadah kecil atau kaleng kecil untuk tempat penyimpanan. Kemudian tuangkan campuran adonan pomade ke dalam wadah yang telah disiapkan. Biarkan adonan pomade menjadi dingin dalam waktu beberapa jam saja. Setelah dingin dan mulai mengeras, pomade siap Anda gunakan.

 

Anda perlu mengoleskan sedikit pomade ke rambut demi memastikan hasil dan konsistensi pomade. Apakah sudah sesuai dengan keinginan, dan aroma yang dihasilkan cocok dengan selera lho.

 

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat pomade sendiri di rumah

 

Membuat pomade terbilang mudah, namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar proses pembuatannya lancar dan pomade yang dihasilkan bagus dan berkualitas.

 

Periksa kembali kekentalan pomade

Periksa kembali kekentalan pomade

Jika hasil pomade yang Anda bikin terlalu lembut, tambahkan beberapa sendok beeswax atau lilin lebah. Setelah itu, panaskan kembali pomade lembut dengan double boiler untuk mendapatkan kekentalan pomade daya medium, atau daya heavy hold dan tahan lama.

 

Jika hasil pomade terlalu keras dan kaku, tambahkan beberapa sendok atau tetes minyak dan panaskan.

Hindari memanaskan atau mencairkan lilin lebah atau beeswax dengan microwave

Hindari memanaskan atau mencairkan lilin lebah atau beeswax dengan microwave

Selain kurang optimal, menggunakan microwave menyusahkan Anda untuk mengontrol dan meratakan lelehan dari beeswax.

 

Cukup gunakan kompor, api dan panci, double boiler agar lebih mudah dalam proses pembuatan. Usahakan api tidak terlalu besar.

Jauhkan dari wajah

Jauhkan dari wajah

Jangan pernah Anda mengoleskan pomade yang telah dibuat pada bagian wajah, mata atau mulut Anda.

Baca langkah pembuatan dengan cermat

Baca langkah pembuatan dengan cermat

Baca komposisi yang telah disesuaikan untuk hasil maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

1 Bintang2 Bintang3 Bintang4 Bintang5 Bintang (belum dirating)
Loading...