Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Clay Mask im Test auf ExpertenTesten.de
20 lama pengujian
9 studi evaluasi
9111 Baca ulasan

🥇 Clay Mask Terbaik 2021 - Perbandingan dan Review Produk Terbaik

Masker wajah adalah salah satu produk skincare yang sedang booming belakangan ini. Salah satu jenis masker yang paling terkenal ialah clay mask. Produk yang satu ini sangat terkenal karena merupakan produk perawatan terbaik untuk mengatasi minyak berlebih dan kulit kusam. Benarkah itu? Saya memiliki jenis kulit kombinasi yang dulunya kusam karena perawatan yang kurang tepat. Setelah mempelajari skincare lebih dalam, saya memutuskan untuk mencoba menggunakan clay mask. Dan hasilnya betul-betul terlihat! Kulit saya menjadi lebih bersih dan bercahaya. Tidak hanya itu, kulit pun menjadi bebas jerawat dan komedo. Dalam artikel ini, saya akan embagikan informasi lebih lanjut mengenai clay mask. Tidak hanya demikian, saya juga akan membantumu menemukan clay mask terbaik untuk kebutuhan kulitmu.

Septi Indriyani

Saya tipe orang yang sederhana dan tidak ingin ribet, pekerjaan saya sebagai Admin Dukungan WordPress termasuk mengedit artikel dan mengunggah produk ke situs web. Sekarang saya tinggal di Solo, suka jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Mehr zu Septi
Filter aktivieren >

Apa Itu Clay Mask?

Mengenal Clay Mask TerbaikClay mask adalah sebuah jenis masker wajah yang terbuat dari clay alias tanah liat atau sedimen abu vulkanik.

 

Karena terbuat dari tanah liat, clay mask bersifat natural dan kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

 

Clay mask merupakan salah satu produk skincare terbaik untuk membersihkan pori-pori kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

 

Biasanya, masker ini direkomendasikan untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat. Tetapi dengan jenis clay yang tepat, masker ini juga baik digunakan oleh orang dengan kulit kering, normal, kombinasi, dan bahkan sensitif.

 

Berbagai Manfaat Menggunakan Clay Mask

Penasaran apa saja manfaat penggunaan clay mask bagi kulit? Yuk simak di bawah ini.

Membersihkan Kulit Secara Menyeluruh

Membersihkan Kulit Secara Menyeluruh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, clay mask merawat kulit dengan membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Tanah liat yang dikandung masker ini mampu menarik debu, polutan, dan kotoran lainnya yang menyumbat pori-pori. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Mengatasi Sebum Berlebih

Mengatasi Sebum Berlebih

Selain menarik kotoran dari pori-pori, clay mask juga mampu menarik sebum berlebih yang memberatkan dan menyumbat pori-pori. Bahkan, pengujian membuktikan bahwa clay mask adalah pilihan terbaik untuk mendetoksifikasi kulit berminyak dan mengontrol produksi , sebum. 

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Jerawat dan komedo umumnya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Nah, karena clay mask mampu membersihkan pori-pori secara menyeluruh, clay mask juga sangat ampuh untuk mengatasi serta mencegah jerawat dan komedo. 

 

Tidak hanya demikian, beberapa jenis clay seperti Bentonite clay juga memiliki sifat antibakterial yang bisa memusnahkan bakteri penyebab jerawat dari kulit.

Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Siapa yang sangka, ternyata clay mask juga baik untuk mencerahkan kulit yang kusam. Clay mask adalah eksfoliator natural yang bersifat lembut. Artinya, produk ini mampu mengangkat tumpukan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. 

 

Menggunakan clay mask secara rutin adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

Menenangkan Kulit Iritasi

Menenangkan Kulit Iritasi

Terakhir, clay mask ternyata juga mampu mengatasi kulit iritasi dan kemerahan. Clay mask adalah produk natural, oleh karena itu, sifatnya lebih lembut dan menenangkan dibandingkan dengan produk kecantikan sintetik. 

 

Bahkan, menurut hasil penelitian, clay mask mampu menenangkan kulit iritasi akibat alergi, jerawat, dan kerusakan sinar UV.

 

Jenis-Jenis Clay Mask

Mengenal Jenis Clay MaskTahukah kamu bahwa ada banyak jenis clay mask? Jenis clay mask bergantung pada jenis tanah liat atau sedimen abu vulkanik yang digunakan.

 

Berikut ini adalah beberapa jenis clay mask yang bisa kamu dapatkan di pasaran.

 

 

 

  • Green Clay
  • Red Clay
  • Kaolin Clay
  • Yellow Clay
  • Bentonite Clay
  • Pink Clay
  • Blue Clay
  • Purple Clay
  • Rhassoul Clay
Green clay, atau terkadang disebut sebagai sea clay, merupakan sedimen abu vulkanik yang sangat kaya akan mineral. Akibatnya, green clay dianggap sebagai salah satu clay terbaik untuk mendetoksifikasi kulit, membantu kontrol produksi sebum berlebih, dan mengatasi jerawat.
Warna merah dari red clay datang dari kandungan iron oxide yang tinggi yang baik untuk keseimbangan kulit. Akibatnya, clay ini dianggap sebagai salah satu clay terbaik untuk mendetoksifikasi dan menyeimbangkan kulit yang kurang sehat. 

 

Selain itu, red clay juga memiliki banyak manfaat baik lainnya, seperti mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan mengatasi iritasi.

Kaolin clay, atau disebut juga sebagai Chinese clay, adalah clay yang ditemukan di China dan memiliki banyak warna, tetapi yang paling sering ditemukan adalah varian putih. Clay ini memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan jenis clay lainnya. 

 

Kaolin clay bersifat sangat lembut dan mampu membersihkan kulit tanpa menyerap sebum terlalu banyak. Selain itu, Kaolin clay juga memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi iritasi.

Mirip dengan red clay, yellow clay juga memiliki kandungan iron oxide yang baik untuk kulit, meskipun dalam kadar yang lebih rendah. 

 

Akibat kemiripan ini, yellow iron memiliki manfaat yang serupa dengan red clay tetapi yellow clay bersifat lebih lembut dan lebih cocok untuk kulit yang sensitif.

Bentonite clay adalah salah satu jenis clay paling terkenal dan paling sering digunakan dalam skincare. Berasal dari abu vulkanik, clay ini memiliki daya serap sebum yang cukup tinggi, sehingga baik dalam mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, bentonite clay juga baik untuk menenangkan kulit iritasi dan mengencangkan kulit.
Pink clay adalah perpaduan antara red clay dan white clay, sehingga memiliki manfaat yang mirip dengan keduanya. Pink clay adalah pilihan terbaik untuk deep cleansing secara lembut, sehingga cocok untuk kulit sensitif. Tidak hanya demikian, pink clay juga mampu memperbaiki tekstur kulit dan juga mencerahkan kulit kusam.
Blue clay adalah salah satu jenis clay paling langka di dunia, jadi harganya terpatok cukup tinggi. Blue clay memiliki sifat unik, yakni anti-polutan. Jadi, clay ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang tinggal di perkotaan dan memiliki kulit yang lelah akibat terpapar polutan. 

 

Blue clay adalah pilihan terbaik untuk men-detox, melindungi, dan menyegarkan kulit.

Purple clay adalah varian Kaolin clay yang lebih langka. Purple clay memiliki daya serap sebum yang cukup rendah tapi tetap baik untuk membersihkan kulit. Jenis clay ini adalah pilihan terbaik untuk melembutkan dan menyehatkan kulit dengan lembut.
Disebut juga sebagai Moroccan lava, Rhassoul clay adalah clay asal Maroko yang sangat kaya akan kandungan mineralnya, terutama silika, magnesium, dan potasium. 

 

Menurut eksperimen, Rhassoul clay merupakan jenis clay terbaik untuk mengembalikan elastisitas kulit, merevitalisasi kulit, dan mengatasi garis halus. Oleh karena itu, Rhassoul clay memiliki harga fantatis dan sering digunakan untuk perawatan spa mewah.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Clay Mask

Seperti yang telah kamu baca sebelumnya, ada cukup banyak pilihan clay mask yang tersedia di pasaran. Jangan sembarangan memilihnya, karena masker yang salah justru dapat mengiritasi atau bahkan merusak kulitmu.

 

Jadi, bagaimana kamu bisa memilih clay mask yang tepat? Yuk perhatikan hal-hal di bawah ini.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Memilih Clay Mask berdasarkan jenis kulitSeperti yang telah kamu baca, ada banyak sekali pilihan jenis clay mask yang bisa kamu gunakan. Kesesuaian sebuah clay mask dengan kebutuhan kulitmu bergantung pada jenis clay yang dikandungnya. 

 

Setiap jenis clay cocok untuk jenis kulit tertentu. Pastikan kamu memilih masker yang tepat untuk memberikan efek terbaik pada kesehatan dan kecantikan kulitmu.

 

Berikut ini adalah contoh panduannya:

  • Kulit berminyak: Green clay, Kaolin clay, Red clay, Bentonite clay
  • Kulit kering: Kaolin clay, Red clay, Purple clay, Pink clay
  • Kulit kombinasi: Kaolin clay, Red clay, Yellow clay
  • Kulit sensitif: Yellow clay, Pink clay, Blue clay
  • Kulit menua: Kaolin clay, Rhassoul clay, Blue clay

Khusus untuk jenis kulit kombinasi, kamu juga bisa menggunakan beberapa jenis clay mask  berbeda secara berdampingan. Misalnya dengan mengaplikasikan green clay di bagian T-zone yang super berminyak dan pink clay di bagian-bagian wajah yang lebih kering.

 

Bentuk Clay Mask

Selain tipe clay-nya, kamu juga haru memperhatikan bentuk clay mask yang hendak kamu gunakan. Ada tiga bentuk clay mask yang dapat sering kamu temukan di pasaran, yakni bubuk, krim, dan sheet mask. Ketiganya memiliki manfaat yang sedikit berbeda dan tentunya, cara pengaplikasian yang berbeda pula.

 

Untuk membantu kamu memilih bentuk masker yang cocok, di sini saya akan membandingkan dan melakukan penilaian atas ketiganya:

  • Bubuk: Agak repot untuk digunakan karena harus diracik sendiri, tetapi racikan masker mudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit, awet disimpan dalam waktu lama, dapat membuat kulit agak kering apabila tidak dibarengi dengan moisturizer. Pilihan terbaik untuk kulit berminyak dan kombinasi.
  • Krim: Lebih mudah digunakan dibandingkan dengan masker bubuk, bersifat lembut dan agak melembabkan. Direkomendasikan untuk kulit kering, menua, dan sensitif.
  • Sheet mask: Lebih mudah digunakan, biasanya bersifat lebih melembabkan, berfungsi baik untuk detox kulit, mampu menenangkan kulit yang iritasi. Pilihan terbaik untuk semua jenis kulit.

 

Perhatikan izin edar

Hati-hati saat membeli clay mask atau produk perawatan kulit apapun. Jangan mudah tergiur dengan harga miring. Untuk khasiat terbaik, pastikan clay mask yang kamu pilih dan gunakan telah memiliki izin edar dan telah teruji keamanannya. Pastikan untuk selalu memakai produk skincare yang lolos uji dan memiliki izin edar dari BPOM. 

 

Direkomendasikan untuk membeli clay mask hanya dari merek yang telah teruji keamanannya. Serta, belilah produk ini dari distributor yang sudah terpercaya.

 

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik

Selama memenuhi kebutuhan kulit saya sendiri, saya telah melakukan survey pada berbagai brand clay mask untuk memenuhi kebutuhan kulit saya.

 

Sekarang, setelah mengevaluasi dan menganalisis berbagai produk, saya akan memberikan 10 rekomendasi merek clay mask  terbaik untuk semua jenis kulit. Silahkan perhatikan tabel perbandingan di atas dan  penjelasan dari masing-masing merek clay mask di bawah ini.

 

Pond’s 

Siapa yang tidak kenal dengan Pond’s? Brand yang berada di bawah naungan Unilever ini merupakan salah satu merek produk kecantikan wanita Indonesia. Selain mudah ditemukan di supermarket, produk Pond’s terkenal memiliki harga yang relatif terjangkau.

 

Pond’s menawarkan produk Mineral Clay Mask berbentuk krim yang sangat mudah dan nyaman digunakan. Uniknya, produk ini dikemas dalam bentuk sachet sekali pakai yang ekonomis dan praktis digunakan kapan pun. 

 

Pond’s menawarkan dua varian clay mask, yakni D-Toxx Treatment dan Brighten Treatment yang mengandung Morrocan clay, Kaolin clay, dan Bentonite clay.

 

Jika kamu sering bepergian atau memiliki budget yang terbatas, maka clay mask dari Pond’s bisa menjadi pilihan ekonomis terbaik untuk kulitmu.

 

Emina

Brand kecantikan satu ini sudah menjadi favorit remaja seluruh Indonesia. Emina terkenal dengan produknya yang diformulasikan untuk kulit remaja yang sensitif dan dibanderol dengan harga yang sesuai dengan kantong remaja.

 

Emina menawarkan produk Emina Clay Mask dalam bentuk krim yang super moisturizing dan menyegarkan. Produk ini hadir dalam tiga varian, yakni Sebum Control, Soothe and Smooth, dan juga Brightening yang cocok mengatasi berbagai masalah kulit yang biasa muncul karena puber. Ketiganya mengandung campuran Kaolin clay dan Bentonite clay

 

Jika kulitmu sensitif atau masih kurang stabil karena proses puber, maka clay mask Emina bisa menjadi solusi terbaik untuk menyehatkan dan mencerahkan kulitmu.

 

MS Glow

MS Glow adalah sebuah merek yang sudah tidak asing lagi di dunia skincare Indonesia. Brand lokal satu ini terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas dan memiliki harga yang relatif terjangkau.

 

MS Glow menawarkan produk clay mask bernama Green Tea Pore Clay Mask. Sesuai dengan namanya, masker ini mengandung esktrak green tea yang menenangkan dan ampuh menangkal jerawat. Uniknya lagi, masker satu ini memiliki cooling sensation yang menyegarkan bagi kulit. 

 

Ingin masker yang cocok untuk me-time dan mampu menangkal polutan? Maka clay mask MS Glow adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Organic Supply Co

Sering dianggap sebagai brand luar negeri, ternyata Organic Supply Co merupakan brand asli Indonesia, lho. Brand ini terkenal denga produk-produk kecantikannya yang bersifat natural, organik, dan tentunya baik untuk kulit.

 

Brand ini menawarkan lima pilihan clay mask bubuk, yakni French Green Clay, French Pink Clay, French Red Clay, Kaolin White Clay, dan yang paling unik, Montmorillonite Clay. Kelimanya termasuk kategori lembut dan cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif.

 

Kalau kamu menginginkan clay mask natural yang gentle dan baik untuk semua jenis kulit, maka clay mask Organic Supply Co bisa menjadi pilihan terbaik untukmu.

 

Pore Hero

Nah, brand satu ini juga sering dikira sebagai brand asing karena kualitas produknya yang fantastis dan packaging-nya yang sangat estetik. Tapi, ternyata Pore Hero adalah brand lokal.

 

Salah satu produk andalah Pore Hero adalah Matcha Clay Face Mask yang mengandung Bentonite clay, esktrak daun green tea, dan gliserin. Hasilnya adalah sebuah clay mask yang bagus untuk detox kulit sambil melembabkan dan menenangkan iritasi.

 

Punya kulit kering dan sensitif? Kamu masih bisa menggunakan clay mask! Barangkali clay mask dari Pore Hero bisa menjadi solusi terbaik untuk merawat kulitmu.

 

Teddy Clubs

Penggemar skincare pasti sudah sering mendengar Teddy Clubs. Sempat viral karena membuat masker boba organik, Teddy Clubs juga ternyata menawarkan clay mask.

 

Teddy Clubs Matcha Green Tea Clay Mask ini super ampuh dalam membersihkan pori-pori, mengontrol sebum, dan juga menangkal jerawat serta komedo. 

 

Uniknya lagi, masker ini 100% natural dan vegan, jadi untuk kamu yang peduli lingkungan, clay mask Teddy Clubs adalah pilihan terbaik.

 

The Body Shop

Brand asal Inggris ini adalah salah satu brand kecantikan natural terbaik di Indonesia. Produk-produknya terkenal ramah lingkungan dan bebas dari animal testing.

 

Pilihan clay mask The Body Shop cukup beragam, kebanyakan berbentuk krim yang sangat moisturizing. Salah satu yang paling terkenal adalah Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask yang efektif untuk men-detox kulit.

 

Ingin clay mask yang teruji efektivitasnya dan dijamin ramah lingkungan? Kalau begitu, clay mask The Body Shop merupakan solusi terbaik untukmu.

 

Freeman

Para pecinta masker pasti sudah kenal baik dengan Freeman. Brand asal USA ini sangat terkenal dengan berbagai pilihan maskernya yang efektif dan menyegarkan saat diaplikasikan.

 

Freeman adalah salah satu brand masker terbaik satu-satunya yang menawarkan clay mask bentuk peel-off. Jadi, maskernya tidak perlu dibilas lagi, sehingga cocok untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk me-time.

 

Dan untuk kamu yang ingin maskeran sambil eksfoliasi, Freeman juga menawarkan clay mask yang mengandung scrub, lho.

 

Kamu sibuk dan butuh clay mask yang multifungsi dan anti-repot? Clay mask Freeman bisa menjadi solusi terbaik untukmu. 

 

Innisfree

Penggemar K-Pop dan Hallyu pasti sudah familiar brand asal Korea Selatan ini. Innisfree dianggap sebagai salah satu brand kecantikan terbaik yang dapat ditemukan di pasar Indonesia.

 

Salah satu produk Innisfree yang paling terkenal adalah Super Volcanic Pore Clay Mask. Clay mask satu ini diformulasikan dengan Kaolin clay dan Bentonite clay dari Jeju.

 

Tapi, masih banyak yang belum tahu kalau Innisfree juga menawarkan clay mask bentuk sheet khusus untuk mengatasi komedo di hidung, padahal kualitasnya juga tidak kalah dengan clay mask biasa, lho.

 

Ingin masker ala unnie dan oppa Korea yang praktis digunakan dan super ampuh dalam mencerahkan kulit? Kalau begitu, Innisfree adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Aztec Secret

Meskipun brand ini kurang populer di Indonesia, tapi pasti kamu mengenal produk clay mask mereka. Ya, Aztec Secret adalah produsen clay mask Indian Healing Clay yang sempat booming di seluruh dunia.

 

Indian Healing Clay merupakan masker Bentonite clay asal California yang kualitasnya sudah teruji. Hadir dalam bentuk bubuk, masker ini harus dilarutkan dengan air cuka apel, air mawar, atau face mist terlebih dahulu sebelum digunakan. Masker ini sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat, dan komedo.

 

Natural dan tanpa zat aditif lainnya, clay mask Aztec Secret adalah pilihan terbaik untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan sensitif.

 

Tips Terbaik Untuk Menggunakan Clay Mask

Clay mask memang merupakan produk perawatan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Tetapi, penggunaan yang salah justru dapat merusak kulitmu.
 

Takut kamu tidak bisa menggunakan clay mask dengan baik? Jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa tips terbaik supaya kamu bisa menggunakan clay mask dengan efektif dan mendapatkan hasil terbaik.

 

Gunakan Sesuai dengan Panduan

Menggunakan Clay Mask sesuai panduanBila kamu membeli sebuah clay mask, kamu pasti dapat menemukan panduan atau rekomendasi pemakaian pada kemasannya.

 

Untuk khasiat terbaik, pastikan kamu mengikuti panduan tersebut. Jangan gunakan lebih lama atau lebih sering dibandingkan panduan tersebut, bila tidak kamu berpotensi menyebabkan iritasi pada kulitmu.

 

Bersihkan Dulu Kulit

Sebelum menggunakan clay mask, direkomendasikan untuk membersihkan kulit dengan facial cleanser terlebih dahulu untuk khasiat terbaik. Kulit yang kotor akan mengurangi efektivitas clay mask dalam membersihkan pori-pori. 

 

Alih-alih menyerap kotoran yang menyumbat pori-pori, clay mak malah akan menyerap debu yang masih menempel di atas kulit terlebih dahulu.

 

Jangan Biarkan Clay Mask Mengering di Kulit

Merawat kulit dengan clay mask terbaikIni adalah salah satu aspek paling penting dalam mengaplikasikan clay mask: jangan biarkan masker tersebut diam di kulit hingga mengering.

 

Untuk hasil terbaik, clay mask harus dibilas saat masih setengah lembab. 

 

Bila sudah mengering, maka mineral yang seharusnya terserap ke dalam kulit akan diserap kembali oleh masker.

 

Tidak hanya demikian, clay mask yang kering juga akan menarik molekul air dari lapisan kulitmu, membuat kulit menjadi kering.

 

Bila maskermu sangat cepat mengering padahal belum digunakan terlalu lama, kamu bisa membasahinya lagi agar efeknya tetap maksimal. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan face mist atau toner.

 

Gunakan Berdampingan dengan Skincare Lainnya

Untuk mendapatkan khasiat terbaik, pastikan kamu menggunakan clay mask dengan produk skincare lainnya juga. Apalagi, terkadang clay mask dapat membuat kulit terasa agak kering, jadi kamu akan sangat membutuhkan moisturizer untuk membuat kulitmu lebih sehat dan lembab. 

 

Jangan Gunakan Terlalu Sering

Terakhir, semua yang berlebihan tidak baik. Jadi, jangan gunakan clay mask secara berlebihan ataupun terlalu sering. Untuk hasil terbaik, kamu cukup menggunakan clay mask sebanyak satu atau dua kali seminggu. Lebih dari itu, clay mask berpotensi menyebabkan kulit menjadi iritasi, kemerahan, kering, dan bahkan mengelupas.

 

Sumber

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2021/02/27/apa-itu-clay-mask-berikut-ini-4-manfaat-clay-mask-dan-cara-menggunakannya

https://womantalk.com/beauty/articles/5-aturan-dan-cara-pakai-clay-mask-yang-tepat-agar-hasilnya-lebih-maksimal-yQZ80

https://hot.liputan6.com/read/4352473/12-manfaat-clay-mask-untuk-kecantikan-bersihkan-kulit

https://stylo.grid.id/read/142413708/kenali-perbedaan-clay-mask-dan-mud-mask-cocok-untuk-jenis-kulit-berbeda-lho?page=all

https://www.fimela.com/beauty/read/4411407/5-kesalahan-menggunakan-clay-mask-bisa-bikin-kulit-kering-hingga-jerawat

 

FAQ

Apakah clay mask bisa menghilangkan komedo?

Ya, clay mask teruji ampuh untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Untuk hasil terbaik dalam mengatasi komedo, direkomendasikan untuk menggunakan clay mask satu atau dua kali per minggu.

Apakah clay mask bisa dipakai setiap hari?

Tidak, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan clay mask terlalu sering, apalagi setiap hari. Clay mask berfungsi untuk menarik sebum dari kulit. Sehingga, menurut eksperimen, penggunaan clay mask terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering. Menurut uji praktek, penggunaan satu atau dua kali seminggu akan memberikan hasil terbaik.

Apakah clay mask termasuk eksfoliasi?

Ya, clay mask termasuk dalam kategori produk eksfoliasi. Clay mask ampuh dalam membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, tapi bersifat le bih lembut dibandingkan dengan scrub biasa.

Mengapa clay mask terasa panas, gatal, dan perih di kulit?

Hal itu berarti clay mask yang kamu pilih tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Segera bilas hingga bersih. Untuk memilih clay mask terbaik untuk kulitmu, direkomendasikan melakukan uji kecocokan produk di sebagian kecil kulit di lehermu terlebih dahulu.

Apakah clay mask dapat mengatasi jerawat?

Ya, menggunakan clay mask adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat baru muncul. Hal ini dikarenakan clay mask mampu membersihkan pori-pori dari kotoran dan sebum berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Direkomendasikan untuk menggunakan clay mask satu atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Apakah clay mask bisa menghilangkan bekas jerawat?

Ya, menurut hasil pengujian, clay mask dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Hal ini karena clay mask mengangkat sel kulit mati dan mendorong terbentuknya jaringan kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Tidak hanya demikian, penggunaan clay mask juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Apakah clay mask akan membuat kulit menjadi kering?

Tidak, selama kamu memilih jenis clay yang cocok dengan kulitmu. Clay mask yang tepat justru akan membuat kulitmu menjadi lebih sehat, cerah, dan berkilau. Selain itu, direkomendasikan untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Menurut uji coba, penggunaan rutin sebanyak satu atau dua kali seminggu akan memberikan hasil terbaik.

Apakah clay mask dapat menyembuhkan kulit yang terbakar matahari?

Ya, menurut penelitian, clay mask bersifat lembut dan mampu menenangkan serta menyembuhkan kulit yang terbakar matahari. Direkomendasikan untuk membasuh kulit dengan air sejuk terlebih dahulu, gunakan clay mask selama 10-15 menit, bilas, dan lanjutkan dengan produk skincare lainnya.

Seberapa lama clay mask dapat disimpan?

Menurut hasil tes produk, clay mask yang masih tersegel rapat dapat digunakan dua tahun sejak diproduksi. Tetapi, clay mask yang telah dibuka akan kadaluarsa enam bulan sejak dibuka. Agar clay mask tahan lama, direkomendasikan untuk menyimpannya di tempat sejuk, tidak lembab, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Apakah saya bisa menggunakan scrub dan clay mask secara berdampingan?

Sangat tidak direkmendasikan untuk menggunakan scrub dan clay mask secara berdampingan. Keduanya merupakan produk eksfoliasi dan menurut analisis, menggunakannya berdampingan dapat membuat kulit iritasi. Selangi penggunaan scrub dan clay mask minimal selama 2-3 hari.

Tinggalkan Balasan