Suche
Generic filters
Nur genaue Treffer
Suche im Titel
Suche im Inhalt
Suche in Zusammenfassung
Kembali ke perbandingan Diperbarui pada:

Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri?

Gunakan hand sanitizer terbaik untuk perlindungan maksimalPada bulan April 2021 ini, berita terkait Covid 19 masih sering kita jumpai. Baik topik berita di televisi maupun berita di internet, semuanya masih membahas mengenai Covid 19. Tidak terasa juga virus Corona sudah satu tahun di Indonesia.

 

Seperti yang Anda ketahui, Corona masuk ke Indonesia pada tahun 2020, tepatnya Maret 2020. Dimulai dari daerah yang berada di waktu Indonesia Barat (WIB), kemudian menyebar hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Untuk mencegah penyebaran ini, salah satu caranya adalah dengan cara menjaga kebersihan tangan. Penggunaan hand sanitizer masih menjadi cara terpopuler untuk membersihkan tangan di tahun 2021 ini.

 

Bahkan, pada tahun 2020, hand sanitizer pernah menjadi barang yang sulit untuk dicari, hingga muncul beberapa berita terkait kelangkaan tersebut. Solusi untuk mengatasi kelangkaan tersebut adalah dengan cara membuat hand sanitizer sendiri.

 

Cara pembuatanyannya juga tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa bahan menjadi satu. Kemudian simpan campuran bahan tadi, ke dalam tempat yang sudah disiapkan. Jika Anda masih bingung cara membuatnya, Anda bisa membaca artikel dengan topik cara membuat hand sanitizer terbaik sendiri.

 

Hand Sanitizer buatan sendiri Mampu Mencegah Penyebaran Virus Corona

 

Untuk membuat hand sainitizer sendiri sangat mudah. Di tahun 2021 ini, sudah banyak artikel dan video tutorial yang membahas mengenai cara membuat hand sanitizer sendiri. Meski dibuat sendiri dengan alat yang seadanya, hand sanitizer ini cukup efektif untuk membunuh kuman dan melawan virus covid.

 

Hand sanitizer ini bisa Anda gunakan untuk mencuci tangan, apabila Anda tidak menemukan sabun. Untuk jenis hand sanitizer, Anda dapat memilih bisa membuat hand sanitizer dalam bentuk gel atau cair.

Berikut ini beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri.

Lidah buaya atau aloe vera

 

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya, merupakan salah satu bahan yang mudah dicari, khususnya di Indonesia. Aloe vera juga bisa Anda tanam di halaman rumah Anda. Untuk merawat tanaman lidah buaya juga tidak terlalu sulit, karena penyiraman air pada tanaman ini juga tidak terlalu sering dilakukan. Fungsi lidah buaya adalah untuk membuat hand sanitizer menjadi gel.

 

Selain itu, lidah buaya juga berfungsi agar kulit tangan Anda tidak kering. Namun, di tahun 2021 ini Anda tidak perlu repot-repot menanam tanaman aloe vera ini, Anda bisa membeli gel lidah buaya di beberapa marketplace.

 

Alkohol 60 persen

 

Selain aloe vera tadi, Anda juga memerlukan bahan lainnya pada saat membuat hand sanitizer, yaitu alkohol dengan kadar 60 persen. Alkohol ini yang membuat Anda merasa dingin ketika menggunakan hand sanitizer. Anda bisa membeli alkohol ini di toko kimia.

 

Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan alkohol diatas 60 persen. Alkohol dapat membunuh bakteri dan kuman, serta virus corona. Baca panduan untuk mengetahui berapa banyak alkohol yang diperlukan dalam pembuatan agar hand sanitizer, agar tidak membuat kulit Anda kering.

 

Esensial Oil

 

Salah satu bahan terpenting dalam pembuatan hand sanitizer, adalah esensial oil. Fungsi utama dari esensial oil adalah untuk memberikan aroma pada hand sanitizer Anda. Anda bisa memilih aroma sesuai dengan keinginan Anda.

 

Selain itu, esensial oil juga bisa melembabkan kulit tangan Anda. Baca secara teliti komposisi dan cara penggunaan esensial oil agar hand sanitizer Anda tetap aman dipakai.

 

Botol Penyimpanan

 

Gunakan botol penyimpanan higenis untuk hand sanitizerBotol penyimpanan berfungsi untuk penyimpanan gel atau cairan. Anda bisa membelinya sesuai dengan ukuran yang Anda perlukan. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga tetap efektif ketika digunakan.

 

Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Anda bisa mencucinya dengan air dan sabun terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk tempat penyimpanan.

 

Gelas Ukur dan Pengaduk

 

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi, Anda juga memerlukan alat pendukung, seperti gelas ukur untuk menakar bahan yang akan dicampur dan pengaduk untuk mencampur bahan-bahan di atas.

 

Ikuti Anjuran CDC Untuk Mencegah Penyebaran Corona

 

Beberapa CDC (Centers for Disease Control) baik di Indonesia maupun di luar negeri, menginformasikan bahwa di bulan April 2021 ini, masih banyak kasus covid 19 yang terjadi. Banyak artikel yang mereka share mengenai munculnya varian baru dari Covid 19.

 

Berbeda dengan tahun 2020, di bulan April 2021 ini muncul berbagai macam jenis virus corona baru yang dikhawatirkan memiliki kemampuan penyebaran lebih cepat dari sebelumnya. Oleh karena itu, CDC memberikan beberapa langkah rekomendasi yang bisa digunakan untuk mencegah meluasnya virus corona di masyarakat.

Berikut ini daftar rekomendasi dari CDC yang bisa Anda lakukan di tahun 2021 ini

 

✔ Mencuci tangan dengan air dan sabun.

✔ Selalu menggunakan hand sanitizer jika tidak ada air dan sabun.

✔ Membersihkan diri terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah.

✔ Menjaga selalu kesehatan dengan cara makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

✔ Menghindari kegiatan yang berkerumun lebih dari lima orang.

✔ Optimalkan kegiatan yang bisa Anda lakukan dari rumah Anda.

 

Tinggalkan Balasan

1 Bintang2 Bintang3 Bintang4 Bintang5 Bintang (belum dirating)
Loading...